Bahan Dasar Kayu untuk Alat Panahan

24
Bahan Dasar Kayu untuk Alat Panahan

Bahan baku untuk busur yang merupakan kayu adalah material yang telah banyak digunakan sejak dulu. Busur yang dibuat harus memiliki kekuatan untuk memberikan kelenturan dan juga ringan. Namun tidak hanya itu saja masih banyak persyaratan yang tepat dalam pemilihan jenis kayu terbaik untuk digunakan.

Hal yang paling sederhana dan dapat dipahami oleh orang awam adalah kayu yang dipilih untuk busur pada alat panahan harus dapat menekuk namun tidak patah. Dalam Basis Data Kayu yang merupakan bank data tentang kayu belum ada pengukuran tunggal yang dilakukan secara langsung untuk menunjukan kemampuan kayu yang dapat melengkung dengan mudah tanpa putus.

Namun ada beberapa istilah mudah yang dapat dipahami yaitu kombinasi dari dua nilai: modulus elastisitas kayu (juga dikenal sebagai MOE), dan modulus pecah (juga dikenal sebagai MOR).

Berikut ini sifat yang harus dimiliki kayu dengan istilah yang paling sederhana:

  • Modulus elastisitas (MOE) mengukur seberapa mudah kayu menekuk, (semakin tinggi angkanya, semakin keras dan kaku).
  • Modulus of rupture (MOR) mengukur seberapa mudah kayu akan pecah, (semakin tinggi angka, semakin sulit untuk pecah atau pecah).
CS Biovarnish

Melihat adanya data mekanis mentah dari kayu, kayu busur terbaik cenderung mereka yang memiliki MOE rendah dan MOR yang tinggi. (Dinyatakan dengan cara lain, kayu busur yang terbaik cenderung menjadi yang mudah ditekuk, dan tidak pecah).

Keuntungannya kecil jika kayu tertentu mendapat nilai yang baik di satu area, dan buruk di daerah lain (yaitu MOE yang sangat rendah atau MOR yang sangat tinggi). Apa yang paling penting, terlepas dari seberapa rendah MOE mungkin, atau seberapa tinggi MOR mungkin, adalah rasio MOE ke MOR; itu harus mudah ditekuk dan sulit dipatahkan.

Mengingat alasan dan persyaratan, persamaan dapat dibentuk untuk menilai secara kasar kecocokan kayu untuk penggunaan busur: (MOR / MOE) * 1000. (Faktor tambahan dari 1000 adalah hanya untuk membawa nomor ke ukuran yang lebih mudah dikelola dan menghindari berurusan dengan nilai desimal 0,00xx kecil). Karena tidak ada istilah yang lebih baik, rasio ini hanya akan disebut sebagai “Indeks Busur” kayu.

Jenis Kayu untuk Membuat Busur

Anda sudah mengetahui apa ciri kayu yang harus ada untuk dipilih digunakan sebagai material pembuatan busur. Selanjutnya ciri di atas terdapat dalam jenis kayu apa saja lalu bagaimana dengan perawatannya?

Berikut ini beberapa jenis kayu yang bisa Anda pilih dan gunakan ketika Anda sedang memilih busur kayu:

  • Red oak

Hal hebat tentang pohon ek merah adalah mudah ditemukan dan harganya murah. Ini ideal untuk seseorang yang baru memulai. Hampir setiap Home Depot sudah memilikinya. Mereka menjualnya dalam ukuran yang sempurna juga. Biasanya dalam ukuran 72 “papan panjang yang mereka sebut 1×2, yang sebenarnya 3/4 x 1-1 / 2.

Bahan Dasar Kayu untuk Alat PanahanRed oak sangat berpori, dan sebagian besar pori-pori berada di cincin pertumbuhan awal, jadi sangat penting untuk menemukan cincin pertumbuhan akhir yang tebal atau yang lain itu akan tampak rapuh. Jika Anda menemukan papan dengan pori yang sangat lurus, Anda tidak perlu memundurkannya, tetapi itu adalah ide yang baik untuk mendukung setiap papan busur.

  • Bambu

Hal yang luar biasa tentang bambu adalah Anda dijamin memiliki pori-pori lurus. Busur bambu jarang gagal jika dilakukan dengan benar. Sebagian orang menyebut fiberglass dari alam bambu. Ini bahan busur yang bagus, dan harganya murah. Bambu datang dalam berbagai bentuk seperti papan bambu dan papan bambu.

Jika Anda mendapatkan papan lantai, pastikan untuk mendapatkan pori vertikal. Butiran horizontal akan terlepas. Lantai bambu membuat busur besar jika didukung dengan bambu mentah. Bambu lebih tenang daripada busur lain dan ada sesuatu tentang apa yang mereka rasakan ketika Anda menggambarnya dan menembaknya yang sulit dijelaskan.

Bambu mentah hanya sepotong potongan bambu yang solid dengan simpul masih utuh. Itu membuat dukungan besar untuk hampir semua jenis busur. Bambu sangat kuat dalam kekuatan perada, sehingga harus sangat tipis untuk menghindari kuatnya kayu perut. Beberapa kayu yang bagus dengan backing bambu mentah termasuk osage, yew, ipe, dan bambu, karena mereka dapat menahan kekuatan kompresi.

  • Hickory

Hickory sangat populer untuk mendukung busur. Seperti bambu, sangat kuat dalam kekuatan perada, jadi harus tipis. Itu tidak cukup kuat dalam kekuatan kompresi. Itu membuat busur diri yang baik juga.. Beberapa orang mempertanyakan daya tahannya. Rupanya, dibutuhkan banyak pengaturan dari waktu ke waktu dan menjadi lamban.

Perlu pengering dari kayu lain untuk mendapatkan kinerja terbaik dari itu. Satu-satunya masalah dengan menggunakannya untuk membuat busur diri adalah bahwa hampir tidak mungkin untuk mendapatkan kulit. Namun ada metode berbeda yang paling populer adalah memasukkannya ke dalam air panas selama 20 atau 30 menit sebelum mencoba mengeluarkan kulit kayu dengan pahat.

  • Osage

Beberapa orang menganggap osage (bois d’ark) sebagai gulma, tetapi bagi mereka yang membuat busur, itu adalah emas. Saya suka segala sesuatu tentang osage kecuali kenyataan bahwa sulit untuk menemukan sepotong lurus tanpa knot. Baunya enak, kelihatannya enak, dan itu kayu busur yang ideal. Itu berlangsung selamanya tanpa mengambil satu set, dan itu sangat kuat dalam kekuatan kompresi. Saya tidak bisa mengatakan cukup tentang osage. Saya hanya menyukainya. Kalau saja itu lebih mudah didapat!

  • Ipe

Kayu ini diucapkan EE-pay. Ini sama dengan walnut Brasil. Ini sangat kuat, sehingga Anda dapat membuat kaki yang lebih tipis dan lebih ringan, menghasilkan busur yang lebih cepat. Ini berjalan dengan baik dengan dukungan bambu. Ipe digunakan di dek, karena sangat tahan terhadap pembusukan. Itu membuatnya menjadi kayu busur yang bagus juga. Beberapa orang memiliki reaksi alergi terhadapnya, jadi berhati-hatilah.

  • Cedar

Ada berbagai jenis cedar. Kayu cedar memang agak rapuh jika diolah menjadi busur namun penggunaannya sering dikombinasikan pada busur yang terbuat dari fiberglass. Busur dari kayu cedar juga memiliki aroma yang harum.

  • PoplarBahan Dasar Kayu untuk Alat Panahan

Kayu poplar adalah jenis kayu yang murah dan sangat mudah untuk ditemukan. Tidak heran kayu ini menjadi pupoler dalam komunitas penghobi memanah. Namun Anda harus berhati-hati ketika membuatnya karena kayu ini terlalu lunak.

Kini Anda telah memiliki berbagai macam jenis kayu untuk dijadikan material pembuatan busur. Selanjutnya adalah bagaimana Anda melakukan finishing pada busur kayu. Agar nyaman digunakan maka Anda bisa menggunakan produk Biovarnish yang akan kering sempurna.

Produk Biovarnish cepat kering dengan sempurna sehingga ketika Anda memegang busur panah dari kayu, lapisan finishing tidak lengket di tangan dan licin. Warnanya pun tidak akan cepat memudar sehingga Anda juga tidak perlu kahwatir untuk masalah penampilannya.