Gunakan Cat Dapur yang Aman Ini Sebelum Terlambat

125

Pemilihan cat untuk dapur Anda seringkali salah. Ketika Anda membangun rumah baru maka produk cat yang digunakan belum tentu sesuai dengan keinginan Anda. Jadi Anda harus mengambil peran ketika pada pembangun rumah mulai melakukan finishing rumah khususnya wilayah dapur.

Ada banyak jenis cat dan banyak merk yang beredar di pasaran sehingga ketelitian untuk memilih bahan finishing sangat dianjurkan. Ketika Anda menginginkan untuk mendapatkan produk yang tepat banyak cara yang perlu dilalui. Khususnya ketika memilih produk yang aman.

Coba Anda perhatikan ketika Anda membuka ruangan dapur Anda dan muncul aroma yang sangat menyengat. Aroma yang berasal dari lapisan cat pada dinding maupun pada furnitur inilah asal mula dimana lapisan cat yang berbahaya digunakan pada dapur Anda.

Jangan remehkan aroma yang Anda hirup tersebut, Anda pasti akan merasakan pusing batuk bahkan bisa berdampak pada kesehatan jangka panjang. Bagaimana Anda bisa betah berada di dalam dapur jika ruangan tersebut menimbulkan aroma yang menyengat dan mengganggu?

CS Biovarnish

Untuk itu pahami apa saja kandungan yang ada dalam cat konvensional. Mengetahui kandungan di dalamnya akan mempermudah Anda menentukan manakah jenis cat yang berkualitas dan juga cat yang aman untuk digunakan pada dapur Anda.

Unsur-unsur dari cat konvensional mungkin termasuk formaldehid, logam berat dan yang dikenal sebagai senyawa organik yang mudah menguap, atau VOC untuk jangka pendek. VOC tersebut digunakan pada saat finishing akhir dan hingga lima tahun setelah lapisan cat Anda kering.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa dekorator profesional adalah 40% lebih mungkin untuk terkena kanker paru-paru, jadi tidak ada lompatan besar untuk bertanya-tanya apakah cat di rumah merugikan mereka yang tinggal di sana (hanya meminta orang-orang yang mendapatkan reaksi alergi).

Belum lagi proses yang berpotensi berbahaya yang terlibat dalam pembuatan cat. Ini, bagaimanapun, adalah industri petrokimia, sehingga tidak hanya produksi melibatkan penggunaan sumber daya tidak lestari, dikatakan bahwa memproduksi satu liter cat dapat menghasilkan dalam hingga 30 liter limbah beracun.

Apa itu Cat yang Aman?

Pada 2010, produsen cat akan diwajibkan untuk mematuhi batasan baru UE yang ketat pada level VOC. Beberapa sudah mematuhinya dan memberi label produk mereka sebagai ‘ramah lingkungan’ – tetapi itu tidak selalu demikian.

Menurut sustablebuild.co.uk, banyak cat ‘tidak beracun’ dari perusahaan konvensional “masih mengandung pelarut VOC, pigmen kimia dan fungisida”. Sama membingungkannya, gerakan ke arah VOC rendah, cat cat berbasis air juga kontroversial, karena itu berarti produsen harus menambahkan lebih banyak bahan, menggunakan proses produksi yang lebih intensif, daripada sebelumnya.

Gunakan Cat Dapur yang Aman Ini Sebelum TerlambatBahkan di antara produsen cat ‘eco’ atau ‘alami’ tidak ada definisi yang dipotong dan dikeringkan tentang arti deskripsi itu. Beberapa menggunakan bahan-bahan sintetis, petrokimia, hanya dalam jumlah yang lebih rendah; yang lain dibuat dengan pelarut alami, yang masih mengandung VOC (meskipun bukan memancarkan gas berbahaya mereka cenderung mencium buah jeruk dari mana mereka sering berasal).

Beberapa mengandung produk hewani. Dan beberapa mengandung titanium dioksida sebagai pemutih, yang merupakan penyumbang besar masalah lingkungan. Jelas, ada derajat ‘eco’, dan satu-satunya cara untuk memutuskan adalah membaca label dengan hati-hati dan mempertimbangkan semua klaim yang dibuat oleh produsen.

Konsumen Etis menyimpulkan panduan pembeli untuk mengilap cat dengan panduan hijau 60 detik yang bermanfaat ini: ‘Umumnya, cat berbasis tanaman, air-ditanggung adalah yang terbaik, diikuti oleh yang berbahan dasar, yang mengandung pelarut dengan pelarut alami. Cobalah untuk menghindari mereka yang menggunakan titanium dioksida.

Bagaimana Hasil Finishing dengan Cat Aman?

Cat ramah lingkungan mungkin sulit diperoleh mereka masih hanya menyumbang persentase sekian persen dari pasar dan sebagainya, meskipun mereka ditebar di gerai hijau di seluruh Inggris, mungkin paling mudah untuk membelinya secara online.

Mereka juga lebih mahal daripada cat konvensional, meskipun tidak saat ini masih belum banyak yang menggunakan cat aman terutama ketika Anda mempertimbangkan bahwa Anda membayar untuk bahan-bahan alami dan, sangat sering, produksi rendah karbon atau karbon-netral.

Menggunakan cat ramah lingkungan berarti mengutak-atik bubuk pencampur dan cat dasar, tetapi sekarang Anda dapat membeli cat ramah lingkungan yang siap dicampur, dalam berbagai warna, dan bahkan memiliki warna yang sesuai dengan warna yang Anda inginkan. Mereka dapat diterapkan dengan cara yang sama seperti cat biasa, dengan cakupan yang sama, meskipun cat yang dibuat dengan minyak alami cenderung lebih lama kering.

Dimana Saja Cat Aman dapat Digunakan?

Cukup banyak di mana saja Anda akan menggunakan cat ramah lingkungan. Karena mereka ideal untuk dinding di rumah yang lebih tua, yang perlu bernapas. Mereka juga sempurna untuk kamar anak-anak dan mainan.

Jika cat yang digunakan saja aman untuk kamar anak tentu sangat direkomendasikan untuk ruangan dapur Anda.  Cat tidak akan menimbulkan kontaminasi pada dapur sehingga makanan yang diolah pun akan aman.

Cat aman tersedia dalam banyak tampilan seperti warna natural maupun solid, Anda dapat membeli cat alami yang tahan lama dan bisa digunakan untuk digunakan di dapur, lorong dan sebagainya, atau, di ujung lain dari skala, distempers yang hanya untuk penggunaan rendah, area kering.

Produk yang disarankan untuk digunakan saat ini adalah Biovarnish. Sebagai cat aman produk Biovarnish tentu saja akan memberikan berbagai macam keuntungan pada dapur Anda. Khususnya pada furnitur, cat Biovarnish akan memberikan perlindungan yang kuat namun tetap elastis.

Furnitur kayu yang Anda finishing dengan Biovarnish akan membuat warna lebih transparan dengan serat kayu yang terlihat. Ketika Anda akan menggunakan produk ini cukup menggunakan kuas dan juga air.

Proses aplikasi yang mudah setara dengan keamanan yang diberikan. Sebagai cat aman, produk Biovarnish hanya mengandung logam berat 100gram per liternya dimana standar yang ditentukan oleh ECHA dan US EPA adalah kandungan logam berat di bawah 300 gram per liternya.

Tingkat keamanan dibuktikan pula dengan tidak keluarnya aroma menyengat bahkan ketika Anda membuka tutup kaleng cat. Bahan dasar air serta keamanan akan menghemat waktu Anda mencari produk yang berkualitas dan juga menghemat kantong.

CS Biovarnish