Lindungi Perabotan Dapur Outdoor dengan Cat Kayu Tahan Cuaca

Nuansa dapur adalah salah satu bagian penting sebuah hunian yang harus dipikirkan masak-masak. Jika sebuah hunian tidak memiliki tampilan menarik dan senada maka akan terlihat sangat menarik, maka dapur pun adalah salah satu bagian yang harus diperhatikan.

Apa saja bagian dapur yang harus diperhatikan? Kemudian bagaimana membuat dapur berpenampilan menarik? Sebelum Anda menentukan tampilan maka Anda harus menentukan apakah Anda akan membuat dapur indoor atau dapur outdor. Keduanya dapat Anda rancang dengan baik.

Dapur outdoor akan memudahkan Anda apabila akan membuat pesta kebun. Jika Anda menggunakan dapur outdoor maka Anda bisa menunjukan live cooking yang sangat menarik.

Sebelum itu mari dalami bagian apa saja pada dapur yang harus Anda ketahui agar Anda lebih mudah untuk menentukan bagian mana saja yang harus Anda rancang.

  1. Lantai

Lantai untuk dapur sebaiknya dipilih jenis-jenis lantai yang tidak licin. Lantai yang licin biasanya adalah jenis lantai marmer, keramik, teraso, atau lantai yang berpotensi bertambah licin apabila mulai terkikis. Banyak material yang bisa Anda pilih untuk digunakan sebagai lantai seperti kayu, batu alam, ubin, laminasi, linoleum dan PVC.

  1. Langit-langit

Untuk bagian langit-langit harus dibuat agak tinggi. Pada dapur outdoor, atap juga harus dibuat tinggi alasan pertama adalah agar terlihat luas. Alasan kedua agar suasana dapur tidak panas. Kawasan dapur yang panas akan bertambah sesak apabila atap yang diciptakan pendek.

  1. Kitchen Set

Ada berbagai macam jenis kitchen set yang diciptakan sesuai gaya. Apabila Anda ingin gaya klasik, gaya modern, kontemporer dan juga futuristik Anda cukup memilihnya. Bahan yang biasanya digunakan untuk membuat kitchen set ini adalah kayu solid, plywood, MDF, blockboard, partikel board, teakblock. Bahan-bahan tersebut akan dikombinasikan dengan material lain seperti kaca, alumunium, besi, keramik dan juga stainless steel.

Dari ketiga bagian dapur yang sangat penting tersebut saling melengkapi. Untuk desain utama bisa Anda tentukan dari bentuk kitchen set karena furniture tersebutlah yang akan banyak digunakan. Jika Anda memilih furniture untuk kitchen set ini maka perhatikan juga penggunaan cat kayu tahan cuaca. Mengapa Anda harus memilih cat tersebut? Cat kayu tahan cuaca sangat dibutuhkan untuk dapur outdoor yang mengutamakan dapur terbuka. Dapur terbuka ini sangat rentan oleh panas matahari, cuaca hujan, sehingga perubahan dari panas ke dingin bahkan sebaliknya harus dapat dilindungi melalui cat.

Selain sebagai pelindung, cat juga berfungsi untuk memberikan warna pada material kayu. pewarnaan ini tentu saja akan sangat memperlihatakn dapur yang bergaya. Tampilan dari dapur Anda akan penuh dengan ciri khas terutama jika Anda memilih warna kayu yang sangat menarik dengan memperlihatkan serat kayu. Banyak sekali jenis-jenis gaya yang memanfaatkan warna natural pada dapur belum lagi jika Anda menggunakannya untuk dapur outdoor.

Pentingnya Memilih Cat Kayu Tahan Cuaca untuk Dapur

Bagian-bagian dapur di atas sangat membutuhkan lapisan cat yang bagus, baik itu langit, langit lantai bahkan kitchens set. Apabila Anda ingin memilih gaya klasik misalnya untuk dapur outdoor maka Anda membutuhkan cat jenis plitur atau pernis yang memiliki hasil warna transparan.

Tapi tidak semua jenis cat adalah cat kayu tahan cuaca. Hanya cat tertentu saja misalnya cat khusus outdoor, karena ada juga cat khusus indoor yang memang hanya diperuntukan untuk finishing indoor saja. Perbedaan dari kedua cat indoor dan outdoor adalah dari segi perlindungannya.

Perlindungan dari cat kayu outoor tentu lebih bagus dibandingkan dengan cat kayu indoor. Jika Anda ingin menggunakan cat kayu untuk dapur outdoor maka gunakanlah cat kayu untuk outdoor.

Lalu cat apakah yang termasuk jenis cat kayu tahan cuaca untuk dapur outdoor? Ada banyak sekkali jenis cat yang dapat digunakan seperti cat acrylic water based, nitrocelulose, melamin, polyurethane. Dari keempat jenis bahan finishing tersebut, cat acrylic water based dan cat polyurethane adalah yang paling sering dipilih dan digunakan terutama jenis water based. Jenis cat tersebut tentu saja adalah jenis cat yang aman dan ramah lingkungan.

Dapur outdoor yang menggunakan cat kayu water based akan lebih tahan lama karena tidak akan menimbulkan jamur dan juga tidak mengundang rayap. Bayangkan saja jika Anda sedang mengolah makanan tetapi ternyata makanan Anda tidaklah higienis karena kitchen set yang mulai berjamur dan banyak diherogoti oleh rayap.

Tampilan dari dapur outdoor yang tahan lama juga ditentukan oleh penggunaan cat. Jika Anda tidak menggunakan cat yang tepat warna kitchen set akan mudah pudar bahkan ada juga cat yang menimbulkan efek retak. Warna yang pudar diakibatkan cat tidak mampu melindungi furniture dari panas matahari.

Jika Anda ingin menciptakan dapur outdoor dengan warna natural maka Anda bisa menggunakan cat kayu Biovarnish yang termasuk dalam katagori cat kayu acrylic water based. Sistem perlindungannya diciptakan dari tiga lapisan mulai dari dempul kayu, coloring dan juga top coat.

Produk terbsut terangkai dalam merk Biovarnsih Wood Filler, Biovarnish Wood Stain dan juga Biovarnish Clear Coat. Untuk pilihan warna natural terdapat 20 pilihan warna yang sangat menarik dengan tampilan gloss atau doff.

Jika melihat dari cara aplikasi, Anda hanya membutuhkan kuas dan juga air saja dan bisa langsung melakukan pengecatan. Untuk masalah keamanan dan ramah lingkungan, cat kayu Biovanrish ini telah memenuhih standar regulasi ECHA dan US EPA. Di mana standar tersebut telah mengatur penggunaan bahan kimia logam berat yang  berbahaya bagi tubuh manusia.

Inspirasi Outdoor Kitchen Nuansa Natural

Jika Anda akan menciptakan dapur outdoor maka sangat dibutuhkan banyak inspirasi sebelum Anda membangunnya. Apabila Anda membangun tanpa desain dan inspirasi yang menarik atau hanya gambaran abstrak saja tentu saja Anda tidak akan mendapatkan dapur seperti yang Anda inginkan.

Bahkan jika perlu konsultasikan kepdaa arsitektur atau pada ahli yang berpengalaman. Berkiut ini beberapa inspirasi yang dapat membantu untuk mewujudkan dapur outdoor yang menarik.

Anda bisa memanfaatkan bahan kayu mulai dari atap, lantai bahkan untuk set dining table. Jangan takut akan perawatan kayu karena Indonesia merupakan wilayah tropis yang memiliki curah hujan tinggi dan beresiko merusak kayu. Anda dapat menggunakan banyak perawatan kayu serta cat kayu tahan cuaca. Jadikan dapur outdoor ini merupakan bagian rumah yang menyatu untuk memudahkan Anda keluar masuk rumah apabila musim hujan tiba.

Cat Kayu Tahan Cuaca

Untuk jenis dapur outdoor ini diperuntukan apabila terdapat acara pesta kebun. Dengan peralatan dapur yang terbuat dari stainless steel akan membuat peralatan lebih tahan lama dan tidak mudah berkarat. Bangunan dapur outdoor terpisah dari rumah utama sedangkan untuk tempat dining table dapat dibuat knock down sehingga bisa disimpan apabila tidak digunakan.

Jenis dapur ini adalah semi open sehingga ketika musim penghujan tiba Anda tetap bisa menggunakannya. Letak dari dapur ini di dalam bersama dengan rumah utama. Untuk perawtannya tetap harus menggunakan cat kayu tahan cuaca karena sinar matahari akan tetap masuk dan menyinari lantai dan perabotan kayu.

Tampilan dari dapur oputdoor ini sangat modern dan terpisah dari bangunan utama atau lebih tepatnya hanya digunakan apabila sednag menjamu tamu. dapur ini menggunakan lantai dari batu alam yang tidak licin dan sangat mudah dibersihkan. Untuk kitchen ser menggunakan kayu yang harus dilindungi dengan cat kayu tahan cuaca.

Kesan yang didapatkan dari dapur jenis ini adalah kesan klasik. Dengan memanfaatkan material kayu dan juga batu alam. Penyatuan keduanya menjadi satu kesatuan harmoni ditambah dengan tungku perapian yang akan menghangatkan suasana dapur outdoor yang dingin karena terbuka. Penambahan kanopi akan menambah kesan santai seperti sedang liburan.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Featured"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 Cat Kayu - by DH

catkayu.com