Cat Kayu untuk Outdoor Terbaik untuk Segala Furniture

Furniture outdoor harus difinishing dengan cat kayu terbaik, perlindungan dari cat kayu untuk furniture outdoor harus maksimal dan tahan lama. Pastikan Anda memilih cat kayu outdoor terbaik yang mampu melindungi furniture secara maksimal.

Finishing Natural Patio Dengan Sanding Sealer Outdoor

Ingin meletakan furniture di luar ruangan? Saatnya untuk memilih cat kayu untuk outdoor terbaik. Pada saat cuaca sedang baik pemilik rumah pasti ingin menghias taman tidak lupa untuk mengadakan acara pesta barbeque.

Membersihkan semua furniture yang sudah lama tidak digunakan menjadi tugas penting. Beberapa furniture mungkin mudah untuk dibersihkan namun beberapa tidak. Kotoran yang menempel atau lapisan cat lama memulai rusak karena terkena perubahan cuaca.

Anda bisa memutuskan untuk mengganti dengan furniture yang baru atau meluangkan waktu untuk mengecat ulang. Memutuskan untuk mengecat ulang dan memperbaiki maka saatnya untuk memilih jenis cat yang digunakan.

Segudang merk bahan finishing di pasaran akan membuat Anda sulit untuk memilihnya. Pada artikel ini Anda akan dibantu untuk memilih manakah bahan cat kayu outdoor yang sebaiknya digunakan.

Faktor Penting dalam Finishing Furniture Outdoor

Mengapa Anda perlu melakukan finishing ulang pada furniture outdoor? Sinar UV dari paparan panas matahari belum lagi curah hujan yang tinggi di Indonesia akan membuat furniture cepat rusak.

Hanya jenis kayu berkualitas tinggi seperti jati kampung yang akan bertahan lebih lama karena perubahan cuaca yang sering. Furniture yang bersentuhan dengan tanah akan lebih mudah untuk ditumbuhi jamur dan menimbulkan pembusukan kayu.

Oleh karena itu lebih banyak orang yang akan memilih menggunakan bahan finishing outdoor yang berkualitas. Pada pemilihannya cat, Anda perlu menemukan cat yang sesuai dengan proyek finishing.

Berikut ini beberapa faktor yang sangat penting untuk dipertimbangkan pada saat memilih cat :

–> Perawatan

Semua bahan finishing baik itu indoor maupun outdoor memiliki satu hal yang sama yaitu tidak dapat bertahan selamanya. Walaupun beberapa jenis cat akan bertahan lebih lama dibandingkan yang lainnya.

Cat Kayu untuk Outdoor Terbaik untuk Segala Furniture

Faktor utama yang perlu dipertimbangkan adalah seberapa sering Anda akan membersihkan cat yang menempel pada furniture. Apakah Anda melakukan pembersihan setiap tiga bulan atau bahkan tiga tahun sekali.

–> Aplikasi

Apakah Anda ingin mendapatkan cat yang dapat diaplikasikan dengan cepat? Atau justru Anda memilih bahan finishing yang lebih mudah diaplikasikan? Semua itu tergantung dengan alat aplikasi yang Anda miliki dan kuasai.

Anda bisa memilihnya sesuai alat dan kemampuan. Beberapa merk cat memberikan anjuran untuk aplikasi dengan alat tertentu untuk hasil maksimal.

–> Penampilan

Bagaimana hasil finishing yang akan Anda berikan? Apakah Anda memilih untuk memberikan hasil finishing yang natural untuk meningkatkan kecantikan warna kayu. Bahkan Anda bisa memilih berbagai macam warna baru di berbagai merk.

Perlu juga memilih berdasarkan hasil tampilan gloss dan tidak. Sangat disarankan untuk memberikan tampilan glossy pada furniture outdoor agar lebih tahan goresan.

–> Biaya

Faktor terakhir yang perlu diperhatikan adalah biaya. Melakukan refinishing artinya Anda akan menghemat lebih banyak biaya daripada menggantinya dengan furniture bari. Namun tentukan juga berapa biaya perbaikan dan pengecatan yang akan dikeluarkan.

Jangan karena murah Anda tidak membuat anggaran. Biaya pengecatan yang dilakukan sendiri terdiri dari harga cat dan alat. Anda perlu meluangkan waktu dari pagi untuk melakukan finishing.

Inilah saatnya Anda untuk menentukan manakah jenis cat yang dibutuhkan. Khususnya untuk hasil apa yang diinginkan maka akan lebih mudah memilih cat kayu untuk outdoor yang dibutuhkan.

Jenis Bahan Finishing Outdoor yang Bisa Digunakan

Anda yang sudah menentukan hasil finishing yang akan dilakukan, perlu mengetahui lebih luas mengenai bahan finishing apa saja yang beredar di pasaran. Banyak sekali cat anti panas dan hujan yang berbeda bahan pembuatnya dan hasilnya.

Semua jenis cat untuk furniture outdoor memiliki cara kerja yang berbeda. Bahan pembuatnya juga berbeda-beda. Inilah yang menjadikan cat kayu untuk outdoor memiliki banyak jenis.

Berikut ini beberapa jenis bahan finishing yang bisa Anda pilih di pasaran :

√ Penetrating finishes

Bahan finishing jenis ini memiliki cara kerja meresap ke dalam permukaan kayu dan menjaganya dari air. Bahan finishing ini tidak memberikan perlindungan pada tampilan kayu dan sedikit perlindungan dari panas.

Penetrating finishes adalah bahan finishing yang sangat mudah diaplikasikan dan dirawat. Banyak bahan finishing yang termasuk dalam cara kerja ini seperti water repellents, water repellent preservatives, teak oils dan tung oil.

Hasil finishing yang didapatkan adalah tampian natural. Semakin sedikit bahan finishing yang diaplikasikan atau semakin jarang maka perlindungan akan semakin rendah. Mari kita mulai dari water repellent dan water repellents preservatives.

Pada awal aplikasi menggunakan water repellent kayu tidak tampak telah di finishing. Tampilannya sangat transparan yang terbuat dari solvent, paraffin wax, dan drying oil. Tambahan dari preservative membuat lapisan menahan serangan jamur.

Cat Kayu untuk Outdoor Terbaik untuk Segala Furniture

Teak oil dan tung oil, bahan yang digunakan untuk teak oil bukan dari minyak kayu jati namun merupakan bahan kimia. Sedangkan tung oil adalah minyak tumbuhan yang menyerap oksigen yang digabungkan untuk menciptakan polymer.

Keduanya memberikan ketahanan yang rendah dario panas, air dan perubahan cuaca jadi tidak cocok digunakan untuk furniture outdoor. Namun banyak yang menggunakannya karena cara aplikasi yang mudah.

√ Film Forming Finishes

Berbeda dari jenis cat yang pertama, cat ini akan memberikan lapisan film pada furniture yang tidak meresap jauh ke dalam pori kayu. Sangat disarankan untuk digunakan pada furniture outdoor apapun.

Jenis cat ini memberikan hasil finishing yang transparan dan tersedia dalam berbagai sheen level. Jika Anda mendapatkan jenis cat ini dengan kualitas terbaik maka ketahanannya akan lebih lama.

Hanya saja jika tidak hati-hati menggunakannya akan menimbulkan cacat finishing seperti blistering, peeling, dan cacat lainnya. Anda perlu menggunakan bahan kimia khusus jika ingin menghilangkan lapisan cat ini.

Beberapa cat yang membentuk lapisan film ini adalah, cat duco, pernis, dan polyurethane. Jenis cat yang pertama yaitu cat duco, cat ini memberikan warna solid yaitu warna yang menutup kayu. Anda bisa mendapatkan warna baru dengan cat ini.

Mengenal Cat Kayu untuk Finishing Furniture Outdoor

Pernis adalah jenis cat yang memberikan lapisan film dengan tampilan transparan. Pernis tidak memiliki warna dan akan memberikan lapisan yang tahan lama. Lebih tahan terhadap panas, hujan serta perubahannya.

Melalui pernis Anda bisa mendapatkan tampilan kayu asli yang memperlihatkan serat atau warna kayu. Pernis dapat diaplikasikan menggunakan kuas, spray, roll atau dengan kain. Perbedaan pernis dan polyurethane hanya dari bahan pembuatnya.

Cat Kayu untuk Outdoor Terbaik untuk Segala Furniture

Pernis memberikan ketahanan yang lebih rendah dibandingkan polyurethane. Cat polyurethane akan memberikan perlindungan yang jauh lebih tinggi bahkan sampai tahan gores. Banyak furniture di pantai yang menggunakan polyurethane dibandingkan pernis.

Setelah dilihat dari jenis cat, maka disarankan untuk memilih film forming finishes untuk kebutuhan finishing outdoor. Anda dapat menggunakan pernis kayu Biovarnish yang akan memperlihatkan tampilan warna kayu asli.

Biovarnish adalah produk pernis yang terbuat dari bahan dasar air. Anda tidak perlu bingung untuk mengaplikasikannya karena bisa menggunakan kuas atau spray gun. Semua hasil finishing akan transparan dan tahan lama.

Tiga produk dari Biovarnish yang wajib Anda gunakan adalah wood filler, liquid stain dan clear coat. Pilihlah warna yang sesuai dengan keinginan Anda pada produk wood filler dan juga liquid stain.

Tersedia dalam 20 warna, khusus untuk furniture outdoor disarankan untuk memilih warna gardena teak. Anda akan mendapatkan warna kayu jati asli yang cocok untuk nuansa taman di rumah.

Cara Aplikasi Cat Kayu Outdoor

Biovarnish Sebagai pilihan utama untuk finishing furniture outdoor, maka tidak terlepas dari rahasia melakukan finishing yang tepat. Anda perlu mengikuti dan mengaplikasikan produk sesuai urutannya untuk mendapatkan hasil sempurna.

Warna Finishing Jati Dengan Biovarnish Pada Furniture Outdoor

Tiga produk dari Biovarnish harus diaplikasikan secara berurutan dimulai dari wood filler, liquid stain kemudian clear coat. Setelah Anda memastikan warna apa yang diinginkan siapkan alat dan bahan lain sebagai berikut ini:

  • Air
  • Gelas plastik
  • Pengaduk
  • Kuas nilon
  • Amplas alumunium oxide nomor 240 dan 400
  • kain lap bersih
  • pisau palet

Jangan lupa siapkan juga ketiga produk Biovarnish yang tersedia dalam kemasan 1 kg. Pastikan kuas yang digunakan adalah kuas baru. Hindari menggunakan kuas bekas karena beresiko memiliki bulu yang rontok.

Jika semua bahan dan alat sudah disediakan, pastikan ruangan finishing bersih. Dilakukan di dalam garasi Anda agar sirkulasi udara tetap terjamin. Ikut langkah berikut untuk finishingnya.

1. Persiapan

Bersihkan furniture dari debu dan kotoran. Jika itu adalah furniture lama maka hilangkan lapisan cat lama. Pastikan permukaan furniture sudah benar-benar bersih dan kering.

2. Gunakan Wood Filler

Tambal bagian kayu yang berlubang dengan Biovarnish Wood Filler. Gunakan pisau palet untuk aplikasinya. Lanjutkan dengan perataan wood filler. Tunggu filler mengering sekitar 20 menit baru lanjutkan dengan pengamplasan.

Warna Dempul Kayu

Gunakan amplas nomor 240 untuk proses pengamplasan wood filler. Dilakukan hingga permukaan merata dan halus. Bersihkan debu bekas pengamplasan dengan kain bersih.

3. Lakukan Pewarnaan

Campurkan Biovarnish Liquid Stain sesuai warna yang diinginkan dengan air. Aduk merata dalam gelas plastik. Celupkan kuas jangan semua bulu kuas cukup ujungnya saja.

Produk-Biovarnish-liquid-stain

Sapukan kuas merata ke permukaan furniture searah serat kayu. Usahakan setiap penguasan tidak terputus. Dilakukan hingga merata dan tunggu kering selama 60 menit. Lanjutkan dengan pengamplasan ambang dengan amplas 400. Bersihkan debu amplas, jika warna kurang gelap aplikasikan Liquid Stain sekali lagi.

4. Aplikasikan Clear Coat

Terakhir campurkan Biovarnish Clear Coat glossy dengan air dalam gelas plastik. Aduk clear coat hingga merata kemudian celupkan kuas. Sapukan kuas ke permukaan furniture hingga merata searah serat kayu. Diamkan furniture dalam ruangan selama semalaman atau 24 jam. Jangan menjemur furniture karena akan merusak proses pengeringan cat.

Clear Coat

Kunci keberhasilan Anda mendapatkan hasil finishing yang tepat terletak pada proses pengeringan dan sapuan kuas. Hindari mendapatkan bekas sapuan kuas, jika muncul segera amplas setelah kering.

Anda perlu berlatih untuk mendapatkan hasil finishing yang halus dan merata hanya dengan kuas. Pastikan Anda mendapatkan larutan yang tepat yaitu 11-12 detik NK2 untuk Liquid Stain dan Clear Coat.

Bentuk larutan harus tepat agar bisa segera meresap ke dalam pori kayu dan menciptakan ikatan yang kuat. Mengingat cara aplikasi yang mudah dan cepat disarankan bagi Anda untuk melakukan finishing di pagi hari.

Agar pada saat sore hari semua pekerjaan telah selesai. Anda tidak perlu membayar profesional untuk melakukan finishing karena kini proses finishing dapat dilakukan sendiri.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Knowledge"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing, perawatan, dan pencegahan kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

WhatsApp : 087839346433

©2015 - 2020 catkayu.com - All Right Reserved.