Top Coat Kayu Water Based Di Indonesia

755
Top Coat Kayu Water Based Di Indonesia

Sebagai pelaku di industri kayu, proses finishing adalah salah satu sentuhan terakhir pada furniture yang tidak boleh dilewatkan. Namun sayangnya banyak sekali para pekerja kayu yang masih mnegabaikan hal ini. Namun ada juga furniture memang tidak dilakukan proses finishing sesuai dengan permintaan konsumen. Namun tidak ada salahnya Anda mengetahui bahan finishing yang cocok digunakan dalam proses finishing.

Bahan finishing yang selama ini dikenal dan telah banyak digunakan adalah pernis dan juga plitur kayu. Keduanya adalah bahan finishing yang telah diciptakan oleh manusia zaman dahulu. Plitur atau pernis kayu salah satu bahan yang akan memberikan lapisan luar pada kayu dengan warna natural transparan.

https://www.angieslist.com/articles/how-choose-finish-your-hardwood-flooring.htm

Lapisan yang dibentuk oleh pernis dan plitur ini berfungsi untuk memberikan warna yaitu meningkatkan nilai estetika dari kayu dan juga memberikan perlindungan pada kayu. Sifat perlindungan ini akan membuat kayu bertahan lama dari rayap, jamur dan juga goresan.

CS Biovarnish

Di zaman modern ini, jenis pernis yang banyak digunakan lebih dikenal dengan top coat. Berbentuk cairan bening yang dapat diaplikasikan dengan alat semprot atau kuas. Sedangkan untuk bahan top coat yang digunakan ada dua jenis yaitu top coat solvent dan juga top coat water based.

Top coat solvent membutuhkan thinner sebagai pelarutnya sedangkan untuk top coat water based Anda hanya membutuhkan air sebagai pelerut. Keduanya memiliki efek perlindungan dan proses aplikasi yang berbeda. Apabila Anda ingin mencoba aplikasi maka Anda bisa menggunakan berbagai merk top coat untuk aplikasi dan membandingkannya.

Jika disarankan Anda sebaiknya menggunakan top coat water based yang sudah pasti aplikasinya lebih mudah,. Bahkan dari segi aplikasi Anda hanya membutuhkan air sebagai pelarutnya yang sudah pasti tidak akan menghabiskan budget Anda untuk membeli bahan finishing seperti thinner.

Di Indonesia kesadaran untuk mendapatkan produk yang aman dan ramah lingkungan masih sangat minim. Mungkin Anda juga masih ragu untuk menggunakan top coat berbasis air, karena jika dilihat secara sekilas harga yang didapatkan lebih tinggi dibandingkan top coat solvent. Namun kembali lagi pada bahan pelarutnya Anda tidak perlu untuk membeli thinner bahkan jika Anda ingin melakukan ekspor bahan cat water based lebih  banyak dicari di luar negeri seperti di Eropa, Amerika dan juga Jepang.

Ciri Top Coat Kayu Water Based Berkualitas

Melihat dari potensi top coat water based di Indonesia banyak dibutuhkan di luar negeri, lalu apakah Anda masih akan tetap menggunakan top coat solvent? Jika Anda masih menggunakan top coat solvent maka resiko untuk masalah kesehatan para aplikator.

Top coat solvent sangat terkenal dengan bahan pelarut thinner yang mengandung logam berat dan sangat berbahaya apabila masuk ke dalam tubuh manusia. Padahal thinner adalah cairan yang sangat mudah menguap dan mencemari udara yang dihirup oleh manusia. Jika udara saja sudah mudah untuk tercemar tentu saja Anda tidak akan mendapatkan kesehatan yang baik terutama dalam jangka panjang.

Top Coat Kayu Water Based Di Indonesia

Namun jangan salah, top coat water based yang diproduksi juga masih seringkali mengandung logam berat. Hal tersebut bukan tidak berasalan karena bahan utama pembuat cat adalah resin yang merupakan salah satu solvent. Jika Anda tidak teliti sebelum membeli maka Anda akan mendapatkan top coat water based yang masih mengandung logam berat cukup tinggi.

Berikut ini beberapa ciri top coat water based yang berkualitas dan aman untuk digunakan:

  • Tidak mengeluarkan bau

Anda tentu akan merasa terganggu ketika mengaplikasikan top coat yang mengeluarkan bau menyengat. Adanya bau menyengat juga merupakan salah satu ciri bahwa top coat masih mengandung formalin cukup tinggi. Bau menyengat yang disebarkan mengandung formaldehyde sehingga akan sangat berbahaya ketika di hirup oleh manusia.

  • Cat memiliki standarisasi

Sebuah produk top coat akan aman apabila pembuatannya sudah memenuhi beberapa standar luar negeri misalnya saja seperti ECHA dan juga US EPA. Kedua standar tersebut mengatur dalam pembuatan bahan kimia seperti cat agar tidak mengandung logam berat berlebih dan membahayakan manusia.

  • Tidak menimbulkan efek yellowing

Pernahkah Anda mendapati top coat yang sudah kering dan diaplikasikan dalam beberapahari kemudian akan menimbulkan efek menguning? Jika pernah maka top coat tersebut telah mengandung formalin. Kandungan formalin juga akan menimbulkan efek menguning pada furniture dan menurunkan nilai estetika dari kayu tersebut. Maka pastikan top coat telah Anda coba terlebih dahulu pada media lain dan amati apakah top coat water based tersebut mengeluarkan warna menguning atau tidak.

  • Ketahanan terhadap panas

Anda bisa saja meletakan furniture di luar ruangan seperti garden furniture misalnya. Namun Anda juga harus menyesuaikan jenis top coat yang digunakan. Anda harus menggunakan top coat yang memiliki ketahanan terhadap panas. Biasanya diproduksi khusus dengan keterangan top coat water based untuk outdoor. Jangan menggunakan top coat indoor karena memiliki ketahanan yang berbeda. Hal ini sama halnya dengan ketahanan terhadap perubahan, cuaca, hujan dan juga gangguan musim lainnya.

  • Aplikasi mudah

Tidak semua top coat mudah untuk diaplikasikan. Top coat yang berkualitas akan memberikan hasil maksimal baik itu aplikasi menggunakan kuas dan juga aplikasi menggunakan spray system. Bahakan untuk proses pengeringan lebih cepat dibandingkan dengan cat solvent yang sangat bergantung dengan panas matahari. Jika Anda menggunakan top coat water based furniture akan kering hanya dalam suhu ruangan dengan sirkulasi udara yang baik.

 Merk Top Coat Kayu Water Based Banyak Dicari

Teknologi pembuatan cat kay water based sebenarnya telah ada sejak setengah abad yang lalu. Namun masih banyak yang beranggapan bahwa cat water based adalah produk yang mahal dan sulit unuk diaplikasikan. Pradigma tersebut dipatahkan karena kebutuhan manusia akan bahan kimia seperti bahan finishing yang bebas dari polusi udara. Maka cat water based pun menjadi salah satu syarat utama produk furniture difinsihing dan bisa masuk ke negera tetangga.

Top Coat Kayu Water Based Di Indonesia

Melihat dari ciri-ciri cat water based di atas maka Anda bisa langsung memilih manakah cat yang seharusnya Anda gunakan dan tidak. Salah satu produk yang ditawarkan tidak lain adalah BioColours Top Coat. Produk ini telah diproduksi lebih dari 15 tahun di Indonesia khususnya di kota Yogyakarta.

Sebagai merk top coat yang berkualitas, BioColours menawarkan hal yang berbeda dibandingkan dengan pesaingnya. Produk ini juga aman digunakan pada mainan anak. Hal ini dikarenakan BioColours sudah memneuhi syarat penggunaan bahan kimia yang aman digunakan pada mainan anak dari standar ECHA dan US EPA. Sebagai produsen mainan anak kini Anda bisa tenang karena dengan menggunakan BioColours top coat Anda ikut menjaga kesehatan konsumen Anda.

Kelebihan tersebut membuat BioColours top coat banyak dicari, produk ini tersedia dalam dua macam tampilan yaitu gloss dan juga doft. Anda bisa menggunakan keduanya sesuai dengan kebutuhan bahan finishing project Anda.

Cara Aplikasi Top Coat Water Based Yang Tepat

Proses aplikasi BioColours top coat yang belum Anda ketahui pasti akan sangat memudahkan Anda dalam memenuhi kecepatan proses finishing. Anda tidak lagi beurusan dengan proses finishing lama karena lapisan cat yang tidak kunjung kering. Anda bahkan tidak tergantung dengan panas matahari lagi untuk mendapatkan cat yang kering sempurna.

Top Coat Kayu Water Based Di Indonesia

Yang Anda perlukan hanyalah tempat finishing yang bersih dan juga kering. Apabila Anda ingin mendapatkan bahan finishing yang kering dengan cepat, di sinilah tempat yang tepat. Untuk proses aplikasi top coat kayu water based berikut ini langkah mudah yang bisa Anda lakukan:

  • Persiapkan kayu dengan benar. Kayu harus memenuhi MC kayu kering yaitu 12% sehingga tidak akan menimbulkan jamur di kemudian hari ketika selesai proses finishing. Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, pastikan kayu juga sudah halus dengan sebelumnya di amplas dan membuka pori-pori kayu.
  • Jika Anda ingin mendapatkan warna natural aplikasikan BioColours Sanding Sealer terlebih dahulu untuk menutup porib kayu. Campurkan BioColours Sanding Sealer dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian Anda bisa menyemprotkan ke seluruh permukaan kayu hingga rata. Tunggu kering sekitar 60 menit dengan diangin-anginkan saja kemudian amplas dengan kertas amplas no. 400.
  • Baru Anda mengaplikasikan BioColours Top Coat gloss atau matte sesuai kebutuhan. Campurkan BioColours Top Coat dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian Anda bisa mencampurnya dan menytemprotkan ke seluruh permukaan kayu hingga rata. Untuk kering benar Anda bisa menunggu sekitar semalaman. Dan kering untuk packing adalah 7X24 jam.

Jika Anda ingin segera mendapatkan BioColours Top Coat maka langsung saja menghubungi agen terdekat di kota Anda atau bisa langsung menghubungi ke nomor costumer service.

Bagi Anda yang mendapatkan permasalahan dengan bahan finishing atau cara finishing bisa langsung datang kea lama Jalan Sidikan no. 94 Sorosutan Yogyakarta untuk mendapatkan solusi dari masalah finishing serta produk cat water based yang tepat.

CS Biovarnish