You are currently viewing Cek Kualitas dan Harga Dempul Kayu yang Bagus untuk Dasar Finishing 

Cek Kualitas dan Harga Dempul Kayu yang Bagus untuk Dasar Finishing 

Pilih Kualitas dan Harga Dempul Kayu Bagus Untuk Dasar Finishing

Untuk kualitas furniture juga bagus, tentu juga perlu jeli dalam memilih harga dempul kayu yang bagus untuk kebutuhan finishing.

Kendala dalam memilih dempul seringkali terjadi adalah dempul tidak melekat dengan bagus, bahkan tidak merata dengan sempurna. Harga dempul kayu biasanya dipengaruhi oleh bahan dasar yang digunakan, proses produksi atau bahkan branding produk yang sudah dikenal di pasaran. Namun tidak semua merk plamir kayu atau dempul memiliki kualitas bagus dengan harga mahal.

Maka dari itu, perlu memilah harga dempul kayu bagus yang sesuai dengan kebutuhan finishing furniture yang akan atau sedang Anda kerjakan.

Baca Juga : teknik aplikasi dempul kayu yang tepat

Kisaran Harga Dempul Kayu yang Bagus di Pasaran 

Finishing untuk furniture warna solid, biasanya menggunakan dempul warna putih atau abu-abu. Kenapa harus kedua warna tersebut, warna putih bisa digunakan untuk kebutuhan warna cerah sedangkan warna abu-abu lebih tidak menyerap warna daripada warna hitam. Berikut harga dempul kayu bagus untuk kebutuhan finishing furniture dengan hasil akhir warna solid.

  1. Dempul Afatex dijual dengan harga Rp. 50.000,- per kilogram
  2. Dempul Cap kapak harga Rp. 30.000,- per kilogram
  3. Dempul Cap Kelinci harga Rp. 27.000,- per kilogram
  4. Dempul Sanpolac harga Rp. 50.000,- per kilogram
  5. Dempul  Isamu harga Rp. 65.000,- per kilogram

Dempul di atas mrupakan dempul yang berfungis untuk menutup pori-pori atau menutup cacat kayu sehingga lebih meratakan kayu. Namun, dempul kayu di atas menggunakan bahan berupa pasta (oil/solvent based), bahan pengisi, resin dan bahan-bahan lainnya. Bahan yang mengghunakan solvent based biasanya lebih berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan.

Ciri Dempul Kayu yang Bagus untuk Dibeli 

Jangan hanya melihat dari segi harga, dempul murah atau mahal belum tentu berkualitas. Anda bisa mengetahui kualitasnya dengan melakukan percobaan langsung. 

Apakah dempul mudah diaplikasikan, merekat dengan baik dan memperbaiki cacat sempurna. Banyak pertanyaan yang perlu dijawab usai Anda mengaplikasikannya. 

Mempermudah Anda melakukan pemilihan, berikut ini beberapa ciri dari dempul kayu yang bagus. 

1. Menutup Cacat Kayu dengan Baik 

Permukaan kayu yang tadinya cacat, setelah ditambal dengan dempul seharusnya berubah menjadi lebih rata. Sekilas Anda tidak akan melihat lagi efek cacat yang terjadi pada kayu. 

Baik itu cacat yang lebar, dalam atau hanya cacat goresan semuanya harus tertutup secara sempurna. Tanpa ciri ini, kinerja dempul perlu diragukan. Mengingat jika dempul saja tidak bekerja baik akan mempengaruhi lapisan di atasnya. 

Bayangkan saja cat duco mengelupas hanya karena Anda tidak menggunakan dempul yang berkualitas. Oleh karena itu pastikan hasil pendempulan benar-benar rata.

2. Ringan dan Empuk Ketika Diamplas

Pengamplasan adalah bagian dari finishing dan yang menentukan kemudahannya tergantung dengan bahan finishing yang digunakan. Dempul harus memiliki kualitas yang mudah untuk diamplas.

Saat pengamplasan dempul harus terasa ringan namun sudah merekat dengan sangat kuat. Anda pun tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama untuk menyelesaikan pengamplasan. 

Selain itu dempul juga tidak akan mengelupas atau peeling saat diamplas. Anda pun tidak perlu mengaplikasikan berulang kali karena sekali aplikasi dempul sudah merekat sempurna. 

3. Tidak Timbul Efek Retakan setelah Kering 

Ciri dempul kayu yang bagus juga akan terlihat setelah mengering. Seharusnya dempul rata dan tidak muncul retakan sama sekali. Baik itu retakan yang jelas atau retakan sehalus rambut. 

Retakan ini menandakan bahwa dempul tidak cukup fleksibel dalam mengisi celah cacat pada kayu. Nantinya retakan ini akan bertambah ketika kayu berubah bentuk akibat perubahan cuaca. 

Anda bisa meneliti kembali apakah retakan ini muncul pada dempul yang sudah diaplikasikan untuk menutup cacat kayu. 

4. Mampu Menutup Warna Dasar Kayu 

Primer adalah bahan finishing yang akan menutup warna kayu, namun bukan berarti Anda tidak membutuhkan dempul kayu. Dempul juga harus bisa menutup setidaknya warna dasar kayu. 

Tujuannya untuk mempermudah kinerja lapisan cat primer di atasnya. Efek ini bisa didapatkan jika dempul kayu dibekali dengan formula warna yang solid lebih baik. Biasanya warna putih dari dempul inilah yang menentukan. 

Anda bisa tahu apakah dempul memiliki daya tutup warna baik setelah dua atau tiga kali aplikasi di permukaan kayu. 

5. Aplikasi yang Sangat Fleksibel 

Bukan hanya pernis atau cat duco saja yang aplikasinya harus fleksibel. Dempul juga harus memenuhi kriteria ini. Setidaknya dempul bisa diaplikasikan menggunakan kuas usai dilarutkan dengan air. 

Dempul juga bisa diaplikasikan dengan pisau palet langsung dan mudah untuk diisikan pada lubang cacat kayu. Fleksibilitas inilah yang akan mempermudah Anda dalam pengaplikasian. 

Dempul Kayu Berkualitas dengan Harga Terjangkau 

Merk plamir kayu atau dempul yang lebih aman dan ramah lingkungan adalah Bioduco Wood Putty dari Bio Industries. Dempul jenis ini merupakan dempul yang berkarakter liquid (air) sehingga tidak mencemari lingkungan karena bahan kimia berbahaya. Cocok digunakan untuk finishing dengan hasil akhir warna solid.

Produk ini menawarkan harga yang lebih terjangkau sekaligus berpelarut air. Anda yang ingin mengisi cacat kayu berukuran kecil tinggal melarutkannya dengan sedikit air. Alat aplikasinya juga bisa berupa kuas, spray sampai dengan pisau pallet langsung. Bioduco Wood Putty tersedia dalam warna putih yang akan langsung menutup warna dasar kayu lebih sempurna. 

1 can harga dempul kayu bagus water based ini adalah Rp. 26.000,-. Silahkan menghubungi Customer Service Bio Industries via telp. ke no. 0822-2026-5056 atau WA ke no. 0878-3934-6433 untuk informasi lebih lanjut atau pemesanan. Atau kunjungi kantor Bio Industries di Jl. Sidikan no. 94, Yogyakarta.

Disarankan untuk menghentikan penggunaan bahan finishing yang berbahaya dan beralih pada bahan finishing yang lebih aman dan ramah lingkungan. Demikian ulasan singkat harga dempul kayu bagus yang sesuai untuk kebutuhan finishing furniture dengan hasila khir warna solid.