Dempul Triplek Water Based yang Tahan Air dan Ramah Lingkungan

Dempul kayu untuk triplek yang sangat disarankan saat ini adalah dempul kayu water based. Walaupun termasuk dalam dempul water based, Anda tidak perlu takut jika dempul mudah luntur atau rusak karena air. Daya rekat dari dempul water based justru lebih baik dibandingkan dengan dempul konvensional.

Berbagai bentuk olahan kayu banyak digunakan karena harga yang lebih murah dan termasuk salah satu cara melestarikan alam. Kayu buatan seperti plywood, MDF, HDF kini lebih banyak digunakan.

Plywood adalah salah satu jenis kayu olahan yang paling banyak dipilih untuk membentuk furniture. Triplek dan multiplek adalah turunan dari plywood. Multiplek memiliki lebih dari tiga lapisan veneer kayu sedangkan triplek memiliki tiga lapisan kayu.

Masing-masing bisa memiliki ketebalan yang berbeda dan pada dasarnya dibedakan sesuai jumlah lapisan. Walaupun hasil dari olahan kayu, baik kayu multiplek dan triplek memiliki kelebihan lain selain harganya yang murah.

Triplek mudah dibentuk dan lebih mudah ditangani sebagai furniture. Tidak perlu waktu lama seperti kayu solid untuk mengolahnya. Agar memiliki ketebalan yang kuat maka setiap lapisan direkatkan dengan arah serat yang berbeda.

Bahan perekat yang digunakan adalah lem, dan memiliki kekuatan yang sangat baik. Hanya saja kayu olahan ini tidak dapat digunakan di luar ruangan. Lem tidak dapat terkena air bahkan terkena perubahan cuaca.

Dempul Triplek Tahan Air yang Ramah Lingkungan

Triplek akan mudah melengkung karena perubahan cuaca, jadi sebaiknya gunakan furniture berbahan triplek pada daerah yang kering. Cacat pada triplek juga seringkali mempersulit proses finishingnya.

Jangan khawatir, dempul triplek dapat digunakan untuk memperbaiki yang muncul pada permukaan furniture bertroplek. Permukaan yang tadinya tidak merata dan bisa mencelakai penggunanya akan kembali memiliki penampilan yang menarik, rata dan halus.

Cacat Triplek yang Harus Diperbaiki

Perlu diketahui ada beberapa cacat pada triplek yang dapat diatasi oleh dempul dan adapun yang tidak. Anda harus memahami ini agar tidak salah memperbaiki cacat tersebut. Berikut ini beberapa jenis cacat yang dapat diperbaiki oleh dempul triplek.

  • Peeling

Cacat pertama ini artinya permukaan triplek mengelupas. Pengelupasan ini bisa disebabkan oleh berbagai hal. Misalnya saja pengupasan yang kasar, ini disebabkan pada saat di pabrik kayu dikupas dengan kasar.

Mesin yang mengupas kayu dengan kasar akan menimbulkan bekas kupasan pisau dan membuat permukaan triplek sedikit mengelupas. Dempul dapat memperbaiki cacat ini, sebelumnya cukup dengan mengamplas triplek dan mengambilnya dengan dempul.

  • Perakitan

Kerusakan yang diakibatkan oleh rakitan setiap lapisan veneer juga bisa terjadi. Misalnya saja back laps, pada bagian lapisan akhir tidak menyambung dengan merata dan baik. Sehingga pada ujung triplek muncul veneer bagian dalam.

Cacat ini juga bisa diperbaiki dengan dempul triplek. Caranya mudah yaitu mengisi bagian yang terbuka dengan wood filler atau dempul kayu.

  • Sanding marks

Pada kayu triplek yang di amplas dengan salah, biasanya terjadi pada triplek yang berukuran tebal. Anda bisa memperbaikinya dengan wood filler, jika di amplas ulang maka resiko mendapatkan permukaan yang terlalu tips akan terjadi.

Menggunakan dempul triplek akan mengatasi masalah tersebut dan menjadikan permukaan triplek menjadi lebih merata. Caranya sama seperti menggunakan dempul pada umumnya.

Ciri Dempul Kayu Ramah Lingkungan

Berbagai cacat pada triplek dapat diperbaiki oleh dempul triplek. namun sebelum membeli sebaiknya pilih dempul kayu yang memiliki tingkat keamanan terbaik. Dempul kayu yang aman perlu digunakan untuk mengurangi resiko polusi yang terjadi di dalam ruangan.

perlu diingat bahwa toxic dalam, ruangan salah satunya bisa terjadi karena bahan finishing yang digunakan pada furniture. Dempul adalah salah satu bahan finishing yang akan diaplikasikan pada furniture.

Apabila tidak berhati-hati dalam memilih dempul maka kesehatan keluarga Anda bisa terancam. Bahan organik yang ada dalam dempul yang harus diperhatikan. Berapa jumlah bahan organik yang aman dan apakah sebaiknya produk yang digunakan.

Dempul Kayu Water Based untuk Triplek

Dempul kayu untuk triplek yang sangat disarankan saat ini adalah dempul kayu water based. Walaupun termasuk dalam dempul water based Anda tidak perlu takut jika dempul mudah luntur atau rusak karena air. Daya rekat dari dempul water based justru lebih baik dibandingkan dengan dempul konvensional.

Selain itu, jika Anda ingin mendapatkan hasil finishing natural, dempul ini akan meresap lapisan di atasnya dengan baik. Baik itu wood stain atau sanding sealer akan memiliki warna yang transparan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dempul triplek water based bukanlah produk yang susah untuk ditemukan. Kini sangat mudah mendapatkannya, dan dipastikan bahwa varian warna yang disediakan sangat beragam sesuai dengan warna dasar dari berbagai jenis kayu.

Dempul water based adalah dempul yang ramah lingkungan karena bahan organik yang digunakan sangat rendah. Untuk memastikannya saat membeli, pastikan dempul tidak menggunakan thinner dan tidak mengeluarkan aroma yang menyengat.

Dempul yang menggunakan thinner maka bahan organik yang digunakan dua kali lipat lebih banyak dari keamanan yang ditentukan.Jika bahan organik sangat tinggi jumlahnya aka polusi udara dalam ruangan tidak dapat dihindari.

Selain itu juga proses finishing dempul yang membutuhkan thinner lebih lama dibandingkan dempul kayu water based. Dempul solvent membutuhkan waktu dua hingga tiga kali lamanya dari dempul water based.

Inilah alasan penting mengapa Anda harus menggunakan dempul triplek yang lebih aman dan ramah lingkungan.

Biovarnish Dempul Triplek yang Tahan Air

Produk dempul triplek yang ramah lingkungan untuk bisa dipilih adalah Biovarnish Water Based. Dempul yang yang tersedia adalah dempul untuk hasil finishing warna natural. Biovarnish wood filler adalah produk cat dasar kayu yang digunakan untuk menutup pori kayu.

Anda tidak perlu bingung proses aplikasinya karena dempul ini bisa digunakan dengan berbagai macam cara. Mulai dari cara aplikasi yang langsung dengan pisau scrape atau dicampur dengan air.

Proses menggunakan dempul triplek Biovarnish dapat disesuaikan dengan cacat yang terjadi pada triplek. Pada proses aplikasinya sangat disarankan untuk tidak mengaplikasikannya dengan dijemur.

Pengeringan dempul kayu water based ini tidak memerlukan panas matahari. Panas matahari justru akan mengakibatkan triplek menjadi melengkung dan wood filler tidak akan mengering dengan sempurna.

Kelemahan triplek akan kelembaban dalam ruangan akan diatasi oleh dempul kayu Biovarnish ini. Apabila Anda memiliki rumah dengan keadaan yang lembab, maka dempul Biovarnish akan menutup permukaan triplek dengan sempurna.

Dengan begitu fungsi dari dempul kayu yang tahan air akan bekerja. Biovarnish wood filler pada dasarnya dapat diaplikasikan pada furniture outdoor, jadi ketahanannya terhadap air sangat tinggi.

Triplek yang tidak memiliki pori kayu seperti pada kayu solid tidak perlu dikhawatirkan. Biovarnish wood filler memiliki tingkat kerekatan dan adhesi yang sangat tinggi. Hanya dengan goresan yang diciptakan dari amplas akan membuat Biovarnish melekat dengan maksimal.

Ketahanan terhadap airnya akan menahan triplek mudah melengkung bahkan terserang jamur dan rayap. Untuk memperkuat lapisan yang dibentuk Biovarnish wood filler semakin kuat, jangan lupa untuk menggunakan wood stain dan clear coat dari produk yang sama.

Penggunaan produk dengan merk sama akan membuat cat triplek anti air karena lapisan film yang kuat dan lebih tahan lama.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Knowledge"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.