Cat Kayu Water Based Produk Inovasi Cat Aman dan Ramah Lingkungan

Cat yang memiliki kandungan kimia berbahaya sekarang berubah haluan lebih aman dengan munculnya teknologi cat kayu water based.

Bahaya VOC, Timbal Dan Merkuri Pada Tubuh

Cat adalah kumpulan dari bahan kimia dengan formula tertentu. Untuk bahan kimia yang digunakan sebenarnya bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh kita.  Bahan kimia tersebut antara lain adalah VOC (Volatile Organic Compound), timbal, merkuri, dll.

Kandungan bahan kimia tersebut sudah ada sejak dahulu karena masing-masing bahan memiliki fungsi dan peranan dalam membentuk sebuah produk cat yang mudah diaplikasikan, warna yang menarik dan melindugi kayu.

Tapi apa gunanya jika cat dapat melindungi kayu tetapi membahayakan tubuh kita? Anda harus lebih selektif dalam memilih produk cat yang aman yang saat ini sedang gencar dicanangkan oleh pemerintah Indonesia maupun luar negeri.

Jenis cat yang berbahaya adalah cat dengan bahan pelarut solvent atau thinner. Kandungan kimia thinner sudah ada sejak pembuatan di pabrik. Peranan solvent sebagai pencampur cat karena takaran yang pas akan menimbulkan kekentalan yang pas, cat mudah diaduk, mudah diaplikasikan dan cepat kering.

Namun thinner atau solvent tidak ramah bagi lingkungan dan juga kesehatan manusia. Polimerisasi (salah satu tahap dalam pembuatan cat) yang menggunakan teknologi terbaru memungkinkan proses pembuatan cat tidak membutuhkan solvent lagi yang disebut dengan cat kayu water based.

Bahaya VOC, Timbal dan Merkuri pada Tubuh

Sebelum memilih cat yang bagus, ada baiknya jika dipahami terlebih dahulu bahaya bahan kimia seperti VOC, timbal dan merkuri, serta peranannya di dalam cat. Dari sini maka Anda akan lebih percaya bahwa bahan kimia tersebut berbahaya dan dapat beralih menggunakan cat kayu water based yang lebih aman.

  1. VOC adalah kandungan senyawa organik yang mudah menguap. Yang termasuk di dalam VOC adalah solvent dan thinner. VOC ditandai dengan bau walaupun ada juga cat yang tidak berbau tetapi berbahaya. Efek solvent bisa dirasakan secara instan ketika memasuki ruang yang mengandung gas akibat penguapan solvent. Secara instan bahan ini bisa menyebabkan gangguan kesehatan ringan seperti mata pedas, kulit perih, gangguan saluran pernapasan atau alergi. Sedangkan bila dihirup dalam jangak waktu yang lama bahan ini bisa menyebabkan kanker kerusakan hati dan gangguan sistem saraf.
  2. Timbal, sering digunakan dalam campuran cat untuk menghasilkan warna warna cerah. Terkandung di dalam pigmen yaitu bahan untuk memberi warna pada cat. Cat warna kuning orange memiliki kandungan timbal yang lebih tinggi dibandingkan dengan warna lainnya. Penambahan timbal biasanya berlaku pada cat minyak. Timbal bisa menyebabkan gangguan sistem saraf dan organ reproduksi. Pada tubuh anak-anak timbal yang melebihi ambang batas akan mempengaruhi tingkat kecerdasan dan prilaku.
  3. Merkuri, bahan logam berat yang ada dalam cat. Merkuri salah satu yang digunakan dalam campuran anti jamur. Sedangkan merkuri bisa menyebabkan gangguan pada susunan saraf, otak, dan ginjal. Bila VOC berbahaya saat uapnya dihirup merkuri atau timbal akan memberikan efek buruk bila masuk ke dalam tubuh. Ini mudah terjadi ketika Anda atau anak Anda menyentuh dinidng dan serbuk menempel pada tangan kemudian memegang makan dan masuk ke dalam tubuh. Sebaiknya mencuci tangan terlebih dahulu.

Produk Cat Kayu Water Based yang Aman

Di Eropa dan Amerika permasalahan tentang cat solvent yang berbahaya sudah diperbincangkan sejak lama sehingga dibuatlah cat yang aman yaitu cat kayu water based. Cat water based tidak mengandung zat kimia berbahaya dan juga memiliki kadar yang tepat sehingga aman bagi tubuh kita.

Akan tetapi cat yang masih banyak juga cat yang mengandung baik itu VOC, timbal dan merkuri yang harus diwaspadai. Untuk itu mari kita sama-sama waspada dan lebih teliti memilih cat ayng digunakan pada hunian.

Di Indonesia, cat kayu water based bisa Anda temukan dalam produk Biovarnish. Produk ini diciptakan khusus dengan formula yang memperhatikan standar regulasi ECHA (European Chemical Agency) dan juga US EPA (Enviromental Protection Agency). Sehingga tidak ada kandungan formalin, timbal dan merkurinya. Bahkan kandungan VOC sangat rendah dibawah ambang batas yang telah ditetapkan dan hasilnya lebih baik.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Isu Kesehatan Dan Lingkungan"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.