Hati-Hati Memilih Cat Kayu Aman untuk Mainan Anak, Pahami Ini

Memilih cat kayu aman untuk furniture maupun mainan anak adalah hal wajib bagi setiap orang tua agar tidak mempengaruhi tumbuh kembang anak.

Tahukah Anda bahwa umur 0-8 tahun adalah masa emas anak Anda dalam belajar? Ketika anak umur hingga 8 tahun akan mudah menyerap pengetahuan melalui media seperti mainan. Bahkan permainan yang diberikan akan mempengaruhi kecerdasan anak ketika dewasa nanti.

Menurut berbagai penelitian 100% kecerdasan otak manusia dibentuk pada saat umur 0-8 tahun jadi ketika Anda memberikan mainan edukasi sejak dini akan membantu anak Anda memperoleh kecerdasan untuk bekal kelak dewasa. Mainan tidak hanya dipilih yang eduktif tetapi juga aman. S

aat ini banyak sekali permainan yang dibuat oleh industri mainan dengan berbagai macam material seperti plastik, bambu, kayu,besi, karet, dll. Dilihat dari bahannya mainan yang paling aman tidak lain adalah serat alam seperti kayu atau bambu.

Jika Anda menemukan permainan edukasi dari kayu seperti kapla, puzzle, tangram atau alat peraga dari kayu maka Anda harus memperhatikan cat kayu yang digunakan. Sudahkah mainan tersebut berstandar SNI dan menggunakan cat kayu aman? Produk mainan tentu tidak akan menarik jika tidak diberikan warna atau difinishng.

Disinilah letak kewaspadaan Anda dalam mainan karena tidak semua cat kayu yang digunakan untuk mainan adalah aman. Banyak kandungan berbahaya pada cat yang merupakan bahan kimia ini maka Anda harus memilih yang tidak memiliki zat kimia berbahaya.

Kandungan Berbahaya Pada Cat Kayu

kandungan-racun-dicat

Jika dijelaskan lebih rinci maka banyak sekali kandungan kimia berbahaya yang biasa digunakan pada cat. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) salah satu bahan yang berbahaya yang masih sering terdapat pada cat adalah timbal. Karena efeknya dalam menurunkan kecerdasan sangatlah tinggi.

Bahkan terdapat catatan bahwa 0.6 % dari beban penyakit global bersumber dari timbal. Jika melihat dari satu kandungan timbal saja sudah berbahaya lalu zat apalagi yang mebahayakan? Mari kita pelajari bersama zat lain yang membahayakan dan harus diwaspadai untuk memudahkan dalam memilih cat kayu aman:

  1. VOC (Volatile Organic Compound). Zat ini selalu ada pada cat karena berfungsi untuk membuat cat mudah diaduk dan cepat kering. VOC merupakan bahan kimia organik yang dapat menguap mencemari udara. Maka VOC menjadi parameter wajib yang diperhatikan oleh formulator dan juga konsumen bahan kimia. VOC dapat mempengaruhi kesehatan baik jangka panjang dan jangka pendek serta memberikan pengaruh pada pemanasan global. Bayangkan saja anak Anda akan menghirup gas yang ditimbulkan dari VOC terus menerus sungguh berbahaya bukan?
  2. Ftalat atau phthlate merupakan senyawa kimia sintetis yang terbuat dari reaksi ftalat anhidrat dengan alkohol. Biasanya digunakan sebagai plastilizer produk plimer karena menimbulkan elastisitas, transparan dan tahan lama. Kandungan ftalat ini dapat mengakibatkan gangguan reproduksi, anak Anda memiliki tubuh yang kecil, anak suka memasukan bedan ke dalam mulut, anak tidak memiliki defensif yang baik.
  3. Merkuri, merupakan logam berat yang berfungsi membuat cat sebagai anti jamur. Dari segi kesehaan merkuri akan menimbulkan dampak penyakit pada susunan saraf, otak , dan ginjal.
  4. Formalin, jika Anda sering menedengar berita tentang kandungan formalin pada makanan yang sangat berbahaya sama halnya dengan kandungan formalin pada cat. Formalin pada cat membuat cat menimbulkan bau yang menyengat, proses penyebarannya sama seperti VOC yaitu melalui udara. Formalin merupakan larutan yang tidak memiliki warna dengan bau tajam. Kandungan kimia 37% Foealdehid (metanal) dan metanol 15 %. Efek dari formalin sendiri jika terhirup adalah iritasi saluran pernapasan, reaksi alergi dan memicu pertumbuhan kanker.

Memilih Jenis Cat Kayu Aman untuk Mainan Anak

Agen Cat Kayu Terbaik Biovarnish

Dari penjabaran di atas maka bisa ditarik kesmipulan seperti apakah maianan yang menggunakan cat kayu aman dan harus Anda pilih. Pertama, jika Anda membeli mainan pastikan mainan tersebut telah memiliki SNI (Standar Nasional Indonesia).

Mainan yang sudah memiliki SNI maka cat yang digunakan pun pasti sudah aman. Kedua adalah jangan membeli mainan sembarangan Anda harus memperhatikan perusahaan yang menciptkanannya, lihat sejarahnya apakah memiliki kredibilitas yang bisa dipercaya.

Ketiga, hirup bau dari mainan jika mainan menimbulkan bau menyengat maka cat yang digunakan sudah pasti mengandung formalin atau amonia. Keempat, Anda bisa menanyakan apakah jenis cat yang digunakan. Jika menggunakan cat kayu water based seperti Biovarnish atau BioColours amka maianan tersebut sudah pasti aman.

Cat Biovarnish dan BioColours telah memenuhi standar regulasi ECHA (European Chemical Agency) dan US EPA (Enviromental Protection Agency) yang melarang penggunaan zat kimia berbahaya serta menetapkan ambang batas penggunaan VOC.