Mengulik Pembuatan Kitchen Set Mainan Anak yang Aman

Memiliki anak perempuan? Ingin mereka betah bermain di rumah? Jika iya Anda harus pertimbangkan mainan apa saja yang akan membuat mereka betah di rumah dan juga aman digunakan. Tidak semua mainan aman, kini banyak mainan dari plastik dari daur ulang yang berbahaya jika digunakan oleh anak-anak. Kebanyakan mainan tersebut mengandung bahan berbahaya dan kimia yang akan mengganggu kesehatan anak. Tidak ingin terganggu dengan jenis mainan tersebut kini Anda bisa membuat mainan anak yang aman sendiri di rumah.

Pernahkah Anda terpikirkan untuk membangun rumah-rumahan untuk anak Anda di rumah atau mainan yang paling sempel seperti kitchen set? Jika Anda ingin membangunnya ada banyak material yang dengan harga murah dan juga aman untuk digunakan. Membuat kitchen set untuk dimainkan anak Anda tentulah tidak sulit, karena Anda hanya perlu memilih bahan, membuat desain dan membangunnya.

Namun apakah Anda sudah mengetahui bagian mana saja yang penting dan harus diperhatikan? Bahkan walaupun Anda membuatnya sendiri, perhatikan segi keamanan untuk membangunnya jangan karena murah Anda memilih bahan yang berbahaya baik material dan juga bahan finishingnya. Ingin membangun dan menjadi kegiatan yang menarik? Membuat kitchen set akan menarik jika Anda juga melibatkan anak Anda untuk ikut serta membuat mainan mereka sendiri.

Bagian Apa yang Membuat Kitchen Set Aman?

Pertama-tama Anda harus mengetahui apa saja bagian penting dan membuat kicthen set mereka aman. Dari membangun dan memilih material yang aman maka Anda akan mendapatkan mainan murah, tahan lama dan tidak berbahaya. Berikut ini apa saja bagian yang perlu diperhatikkan untuk dipilih dan dibeli.

  • Material

Ada banyak material di luar sana yang bisa Anda pilih seperti kardus misalnya. Anda perlu membeli material kardus yang cukup tebal dan budah dibentuk. Kardus bekas juga bisa Anda gunakan jika ingin lebih berhemat. Namun kardus mudah rusak karena air, jika anak akan menggunakan air maka kitchen set yang akan dibuat akan cepat rusak. Material yang sangat disarankan adalah plywood. Sama seperti kitchen set buatan pabrikan mainan anak, Anda bisa membeli plywood karena kekuatannya yang bagus untuk konstruksi dan udah untuk dipotong. Bahkan plywood sangat mudah untuk diberikan warna kesukaan anak Anda. Plywood adalah material yang bisa Anda beli dalam berbagai ukuran dan ketebalan tergantung dengan kebutuhan. satu papan plywood yang besar bisa Anda gunakan untuk membuat satu buah kitchen set.

  • Konstruksi
Mengulik Pembuatan Kitchen Set Mainan Anak Yang Aman

Sebuah konstruksi yang tepat menggabungkan ukuran dan siku yang dipasang. Anda harus menyesuaikan dengan ukuran tinggi anak Anda agar nyaman mereka mainkan. Jika tidak kitchen set bisa saja terlalu rendah atau terlalu tinggi. Ambil ketinggian kitshen set setinggi tulang panggul mereka dan ukur dari ketinggian tersebut. Mereka akan nyaman untuk memainkannya. Pastikan seluruh siku Anda rekatkan dengan bahan perekat yang baik. Jangan sampai mainan yang Anda buat roboh dan mencelakai anak Anda.

  • Bahan perekat

Bagaimana Anda akan membentuk konstruksi? Maka bahan perekat akan sangat dibutuhkan untuk mendapatkan siku yang tepat pada kitchen set. Mendapatkan bahan perekat yang aman adalah salah satu bagian paling penting. Ada banyak jenis lem kayu di luar sana baik yang berwarna putih, bening dan juga berwarna putih. Keamanan kesehatan anak Anda tergantung dengan jenis lem yang Anda pilih. Jika Anda membeli lem kuning maka anak Anda bisa saja mengidap kanker dan mengalami ketagihan akibat aroma yang keluar dari lem kuning. Lem ini juga akan memberikan tampilan buruk pada saat kicthen set dilapisi cat. Pilihlah lem yang berwarna putih dan terbuat dari bahan dasar air. Lem tersebut akan bebas bahan kimia berbahaya sekaligus tidak akan meninggalkan bekas lem. Kitchen set mainan anak Anda akan rapi.

  • Bahan finishing

Ini yang paling penting, apakah kicthen set anak Anda menggunakan bahan finishing yang menarik dan aman? Ketika menggunakan cat maka apakah merk dan bahan dasar apa yang digunakan pada cat tersebut? Hati-hati warna yang mencolok pada sebuah lapisan cat menandakan kandungan timbal yang sangat tinggi. Dalam cat timbal berfungsi untuk memberikan efek warna terang yang mencolok seperti merah atau kuning dan merupakan warna yang disukai oleh anak Anda. Jika Anda tidak ingin memiliki warna cat dari bahan yang berbahaya sebaiknya pilih cat dengan bahan dasar air. Cat dengan bahan dasar air hanya akan mengandung logam berat rendah yang tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh anak Anda.

Melakukan Finishing Pada Mainan Kitchen Set

Bagian terpenting dan bagian akhir pada pembuatan kitchen set mainan anak Anda adalah finishing. Anda bisa mengajak anak untuk sama-sama bekerja menyelesaikan mainan mereka dengan mengecat. Anda bisa menggunakan cat kayu besi Orchid karena aplikasinya yang sangat mudah yaitu hanya dengan kuas saja. Anda cukup memint anak Anda untuk memilih warna dari mainan baru mereka. Setelah meilih beberapa warna ada persiapan yang harus Anda penuhi sebelum melakukan pengecatan.

Persiapan yang dilakukan adalah mempersiapkan substrat plywood dengan benar agar anak Anda mudah melakukan pengecatan. Tenang saja cat kayu besi Orchid adalah cat kayu water based yang aman digunakan dan tidak berbahaya digunakan anak-anak. Lanjutkan dengan pengamplasan plywood kitchen set yang sudah selesai dibangun. Anda bisa mengamplas halus bahkan dengan hand sander. Gunakan amplas kasar sekitar ukuran 220.

Pengamplasan berfungsi untuk membuka permukaan kayu agar lebih mudah lapisan cat menempel. Untuk memberikan warna dasar Anda membutuhkan BioColours primer coat warna putih. Warna dasar putih akan mempertajam warna dari cat kayu besi Orchid nantinya. Campurkan primer coat dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk hingga rata. Setelah itu Anda bisa menyemprotkan laruta primer ke seluruh permukaan kitchen set.

Tunggu lapisan mengering dan amplas dengan amplas halus nomor 400. Pengamplasan bisa dilakukan secara ambang dan halus serta rata. Lakukan cara ini hingga warna dari plywood tertutup benar. Anda bisa melapisinya kembali jika dirasa warna belum tertutup dengan benar.

Lanjutkan dengan aplikasi cat kayu besi Orchid. Sebelum Anda mengajak anak Anda mengecat, siapkan kuas nylon dan campurkan cat ke dalam gelas yang sudah berisi air. Untuk takaran perbandingan dengan air adalah 4 bahan dengan 1 air. Aduk rata pada masing-masing gelas plastik berisi cat.

Ajak anak Anda untuk mulai mengecat, ajari mereka cara mengecat yang benar kemudian ratakan cat dan tunggu mengering. Lakukan pengamplasan dengan amplas 400 secara ambang. Lapisi kitchen set kembali dengan warna yang sama. Anda bisa melapisi kitchen set dengan Orchid hingga 3 atau 4 kali lapisan.

Langkah akhir adalah mendiamkannya selama semalaman atau 24 jam agar mengering dengan benar sebelum menggunakannya.

Artikel "Featured"

About Us

Catkayu.com merupakan web official untuk produk Biovarnish, bahan finishing kayu water based yang aman dan ramah lingkungan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft.

WA: 082219357399

©2015 - 2019 CatKayu.com - All Right Reserved.