Simak Tips Paling Tepat untuk Merawat Rumah Kayu Agar Tahan Lama

Merawat rumah kayu perlu dilakukan dengan rutin agar tetap terawat dengan baik. Selain karena alasan perawatan, menjaga estetika bisa dilakukan dengan merawat rumah kayu melalui berbagai cara perawatan yang tepat. Anda bisa melakukan berbagai cara untuk merawat rumah kayu, diantaranya adalah dengan cara melakukan finishing ulang. Pengecatan ulang pada material kayu yang digunakan di rumah kayu bisa dilakukan untuk memperkuat dan memperindah tampilan kayu yang digunakan.

Rumah kayu kembali dilirik di dunia properti terkait bencana gempa yang beberapa waktu lalu terjadi di Indonesia. Meskipun tidak mengadopsi secara utuh konsep rumah kayu yang seringkali berbentuk rumah panggung. Beberapa desain yang memadukan model rumah permanen dengan rumah kayu mulai banyak diminati. Kesadaran masyarakat untuk kembali ke alam juga ikut mempengaruhi trend ini.

tips merawat rumah kayu

Selain banyak menggunakan elemen kayu, desain interior rumah masa kini juga banyak yang menggunakan furniture berbahan kayu. Furniture eksterior juga banyak menggunakan bahan kayu, seperti halnya gazebo dan garden furniture. Rumah yang menggunakan banyak elemen berbahan kayu akan menimbulkan kesan hangat. Anda bisa menyesuaikan furniture yang digunakan dengan bahan kayu yang sesuai dengan elemen rumah.

Kayu banyak dipilih sebagai furniture atau elemen rumah, baik eksterior maupun interior, karena kayu memiliki banyak keunggulan. Kayu lebih mudah dibentuk, sehingga kita bisa berkreasi secara lebih bebas untuk membentuknya. Selain itu, kayu memiliki beragam tekstur serat yang sangat indah. Kayu juga memberikan banyak pilihan model coating, sehingga memudahkan kita memilih sesuai konsep yang dibuat.

Selain berbagai kelebihan yang melekat pada bahan kayu, tak bisa dipungkiri bahwa rumah dengan elemen kayu maupun furniture kayu yang banyak membutuhkan perawatan yang ekstra. Ini terkait dengan beberapa kelemahan yang seringkali ditemukan pada bahan kayu. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk melakukan perawatan secara rutin.

Tips Merawat Rumah Kayu

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat rumah kayu :

  • Rumah yang memiliki banyak elemen maupun furniture berbahan kayu sebaiknya dijadwal secara rutin untuk dicoating ulang, paling tidak tiap 6 bulan sekali. Terutama untuk elemen eksterior dari rumah yang langsung bersentuhan dengan efek cuaca. Angin, hujan dan sinar matahari merupakan musuh utama bagi elemen rumah dan furniture berbahan kayu. merawat-rumah-kayu
  • Pilihlah coating yang sesuai dengan peruntukannya. Jika Anda memilih finishing dengan menggunakan politur untuk mempertahankan serat kayunya agar terlihat, maka pilihlah politur yang berkualitas sekaligus ramah lingkungan. Anda bisa menggunakan Polyurethane yang terbukti kualitasnya dan juga ramah lingkungan. Produk ini sudah memenuhi standar US-EPA untuk kandungan Volatile Organic Compound (VOC), dan EU-ECHA untuk uji non toksik.
  • Tambahkan atap tempiasan pada pintu dan jendela agar hujan dan sinar matahari tak mengenai secara langsung. Biasanya atap tempiasan lebarnya berkisar antara 60 cm hingga 120 cm. Namun Anda bisa menyesuaikan dengan desain pintu dan jendela serta desain rumah secara keseluruhan.

Demikianlah beberapa tips merawat rumah kayu atau rumah yang banyak menggunakan elemen dan furniture kayu, baik untuk interior maupun eksteriornya. Pengaruh penggunaan cat kayu yang digunakan untuk perawatan rumah kayu juga penting untuk diperhatikan. Anda sebaiknya menggunakan cat kayu dengan kualitas terbaik dan lebih aman untuk diaplikasikan. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan cat water based untuk melakukan perawatan terhadap rumah kayu.

Cat Water Based untuk Perawatan Rumah Kayu

Saat ini, beberapa produsen cat kayu sudah banyak yang memproduksi cat kayu water based. Tapi, tidak semua cat kayu yang diperjual belikan tersebut merupakan cat kayu yang aman untuk diaplikasikan. Sebagai cat yang telah diformulasi dengan standar keamanan bahan kimia internasional, cat Biovarnish bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda.

Terdiri dari serangkaian produk yang lengkap, berbagai varian produk cat kayu Biovarnish sangat tepat untuk Anda aplikasikan. Anda bisa menggunakan rangkaian produk Biovarnish mulai dari dempul, wood stain atau liquid stain, sanding sealer, dan clear coat. Seluruh penggunaan produk ini bisa diaplikasikan dengan mudah dan cepat. Anda sebagai seorang pelaku DIY juga bisa melakukannya, meski bukan seorang profesional di bidang finishing kayu.

Ingin Anyaman Bambu Tampak Natural Gunakan Cat Kayu Yang Bagus Dan Tahan Lama - Biovarnish

Anda juga bisa mengaplikasikan cat Biovarnish dengan mudah karena hanya perlu mengencerkannya dengan air bersih. Selain lebih mudah, tentunya juga lebih hemat karena Anda tidak membutuhkan biaya tambahan untuk membeli bahan pengencer organik seperti thinner, solar, dan sebagainya. Pengaplikasiannya bisa menggunakan kuas, alat semprot, maupun dengan alat roll. Anda hanya perlu menyesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Cat kayu Biovarnish bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda yang membutuhkan proses finishing mudah, cepat dan aman. Anda bisa melakukan pengeringan cat Biovarnish dengan mudah, karena tidak perlu dijemur dibawah sinar matahari langsung. Proses pengeringan bisa dilakukan dengan cara diangin anginkan, karena tidak berbau Anda bisa melakukan finishing kapan saja dan dimana saja. Termasuk melakukan finishing di dalam ruangan dan saat kondisi hujan sekalipun.

Cara Finishing Uang Rumah Kayu dengan Biovarnish

Untuk Anda yang ingin melakukan finishing ulang dan merawat rumah kayu, berikut ini beberapa langkah yang perlu Anda ikuti:

1. Tahap Persiapan

Anda bisa melakukan persiapan dengan membersihkan lapisan cat yang sebelumnya. Bersihkan dengan pisau scrape atau semacamnya agar cat terkelupas. Gunakan amplas untuk membantu pengelupasan cat yang sebelumnya. Setelah terkelupas dengan sempurna, bersihkan seluruh kotoran agar media kayu siap difinishing ulang.

2. Gunakan Dempul Kayu

Sudahkah Lantai Kayu Anda Menggunakan Biovarnish Sanding Sealer - Wood Filler Aplikasi

Setelah siap, Anda bisa mengaplikasikan media kayu dengan menggunakan dempul kayu. Produk Biovarnish Wood Filler bisa Anda gunakan untuk menutup bagian yang cacat pada media kayu. Anda juga bisa mengaplikasikan produk ini dengan mudah, dengan mengunakan pisau scrape atau dengan menggunakan kuas. Aplikasikan hingga merata dan tunggu hingga kering sempurna. Lakukan pengamplasan dan bersihkan debunya hingga bersih.

3. Aplikasikan Wood Stain

Untuk mengaplikasikan cat ini, Anda perlu melakukan pengenceran terlebih dahulu dengan air bersih. Encerkan dengan menggunakan perbandingan 2 bahan : 1 air bersih. Anda bisa menggunakan kuas, spray gun, maupun roll. Tentunya, tinggal sesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Biovarnish Wood Stain

Aplikasikan dengan halus dan merata ke seluruh permukaan media kayu. Kemudian tunggu mengering setelah kurang lebih 60 menit diaplikasikan. Lakukan pengamplasan secara ambang dengan menggunakan kertas amplas alumunium oxyde. Kemudian bersihkan debu sisa pengamplasan yang telah terbentuk akibat pengamplasan.

4. Gunakan Clear Coat

Top Coating Kayu Clear Coat Water Based

Untuk tahap akhir dari serangkaian proses finishing, Anda bisa menggunakan produk Biovarnish Clear Coat. Cara aplikasinya sama seperti produk lainnya, hanya saja Anda perlu lebih lama untuk mengeringkannya. Tunggu kering setelah 24 jam diaplikasikan. Kemudian rumah kayu atau furniture kayu siap untuk digunakan kembali.

Informasi Dan Pemesanan Produk

Anda dapat membeli seluruh varian produk Biovarnish secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini:

https://www.tokopedia.com/biopaint102

https://www.tokopedia.com/bioindustrieso

https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries

https://www.tokopedia.com/bioindustries

https://www.tokopedia.com/rayapjamur

https://www.bukalapak.com/u/agen_biovarnish

https://shopee.co.id/biovarnish.official

https://www.tokopedia.com/biovarnishseries

https://www.tokopedia.com/catkayu

https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased

 

Anda juga bisa membeli seluruh produk Biovarnish secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

 

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta

Indonesia 55162
Phn / fax: +62 274 388301

e-mail: [email protected]

 

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan
Jepara, Jawa Tengah 59417
Phn: +62.291.598992
e-mail: [email protected]

 

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04,

Desa Tegalwangi, Weru,

Cirebon, Jawa Barat 45154
Phn: +62 231 320759
e-mail: [email protected]

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Knowledge"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.