DIY : Panduan dan Tips Mudah Finishing Table Top untuk Pemula

Anda seorang pemula yang ingin belajar melakukan finishing table top? Sebelum memulai, mari simak panduannya disini!

Finishing table top bisa menjadi hal yang sangat sulit dilakukan. Apalagi jika anda adalah seorang pemula yang akan mengecat table top berukuran besar. Anda harus memastikan seluruh permukaan dapat diaplikasikan dengan merata agar cepat kering dan tidak lengket. Selain itu, anda juga perlu memilih lapisan coating yang tepat untuk menyamarkan kerusakan seperti goresan.

Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui beberapa tips aplikasi untuk pemula yang akan sangat membantu Anda. Temukan cara yang tepat agar anda dapat menghasilkan finishing terbaik untuk top table pada artikel ini.

Panduan DIY Tips Finishing Table Top Bagi Pemula dengan Biovarnish - table top

Ruang Kerja untuk Hasil Finishing Table Top Bebas Kotoran

Langkah awal yang harus dimulai adalah dengan mempersiapkan ruang kerja. Tidak ada ruang kerja yang lebih baik daripada bebas debu. Semua ruang tidak boleh memiliki debu yang mudah menempel pada permukaan kayu yang masih basah.

Jika perlu, tutup dinding ruang kerja dengan plastik bersih, tutup juga bagian atap bila diperlukan. Langkah ini akan mencegah debu turun ke permukaan cat. Lantai juga harus dibersihkan, sebaiknya pel lantai dengan air untuk menghilangkan debu halus.

Panduan DIY Tips Finishing Table Top Bagi Pemula dengan Biovarnish - bengkel kayu

Perkecil udara yang masuk karena berpotensi membawa debu. Jika banyak jendela pada ruang finishing, sebaiknya tutup agar udara luar yang berpotensi membawa debu dan kotoran tidak terlalu banyak masuk kedalam ruangan. Kemudian, setting tempat yang akan digunakan untuk Anda akan mengecat. Jika meja tersebut bongkar pasang, maka lepaskan semua bagiannya. Anda bisa memasangnya setelah lapisan cat mengering.

Jangan lupa untuk menggunakan alat bantu untuk mempermudah pemasangan alat finishing yang akan digunakan. Siapkan meja khusus untuk mengecat sehingga mempermudah pergerakan anda saat mengaplikasikan cat.

Finishing Pengamplasan Table Top untuk Permukaan Lebih Halus

Selanjutnya adalah proses pengamplasan, langkah ini termasuk dalam tahap persiapan. Pengamplasan dilakukan untuk mendapatkan permukaan kayu yang halus dan merata. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat melakukan pengamplasan, yaitu:

  • Gunakan kertas amplas nomor 240 hingga atau 400.
  • Amplas dengan mesin atau balok kayu. Bisa juga mengkombinasikan keduanya untuk mengamplas seluruh sudut bagian.
  • Selalu cek kembali apakah pengamplasan sudah halus dan ganti kertas amplas secara berkala.
  • Jangan pernah melewatkan satu grit amplas karena akan menghasilkan finishing yang tidak halus.

Panduan DIY Tips Finishing Table Top Bagi Pemula dengan Biovarnish - amplas meja kayu

Jika mengikuti tips di atas, Anda akan mendapatkan hasil permukaan yang halus setelah pengamplasan. Lanjutkan proses pengamplasan dengan membersihkan debu bekas amplas. Semua debu bisa dibersihkan dengan kain basah atau vakum.

Pastikan semua permukaan kayu tidak memiliki debu yang menutup pori kayu. Debu yang ada di permukaan kayu hanya akan mencegah peresapan lapisan coating menjadi tidak merata.

Proses Aplikasi Finishing Cat Biovarnish untuk Table Top

Produk Biovarnish adalah bahan finishing terbaik untuk top table. Semua rangkaian produk biovarnish akan menciptakan lapisan coating yang kuat sekaligus warna natural kayu yang sangat menarik. Ada empat produk yang perlu diaplikasikan di sini, yaitu wood filler, liquid stain, sanding sealer dan juga clear coat.

Keempat produk ini sangat mudah diaplikasikan karena proses aplikasi yang ringan dan memiliki kecepatan kering yang tinggi. Apabila Anda ingin mendapatkan hasil finishing terbaik, Biovarnish adalah pilihan produk yang tepat.

Closed Pore Step Biovarnish

Peralatan dan bahan yang dibutuhkan untuk aplikasi dengan biovarnish adalah wadah untuk melarutkan cat, kuas berbulu nilon, amplas nomor 240 dan 400, kain lap, serta air. Pastikan semua bahan dan alat sudah disiapkan dengan benar. Lalu anda dapat mulai memasuki tahap aplikasi, ikuti langkah aplikasi berikut ini:

Aplikasi Wood Filler untuk Menutup Pori Table Top

Bagian top table untuk jenis meja yang sering digunakan sebaiknya difinishing dengan close pore. Biovarnish wood filler akan bekerja secara efektif untuk menutup pori kayu. Warna dari wood filler yang digunakan dapat disesuaikan dengan berbagai jenis kayu yang anda gunakan untuk top table.

Cara aplikasi biovarnish wood filler sangat mudah. Anda perlu melakukan pengenceran wood filler menggunakan air bersih sebelum digunakan. Aduk hingga merata lalu aplikasikan ke seluruh permukaan top table dengan menggunakan scrub. Tunggu lapisan mengering, pastikan tidak ada bagian yang terlewatkan. Setelah kering selama kurang lebih 20 menit, Anda bisa lanjutkan dengan mengamplasnya.

Biovarnish Wood Filler

Gunakan amplas nomor 240 hingga warna kayu dan seratnya terlihat. Artinya semua pori kayu telah tertutup dengan rata. Kemudian lanjutkan dengan proses membersihkan semua debu amplas. Jika masih terdapat lubang kecil yang belum tertutup, ulangi aplikasi dengan wood filler.

Kemudian ratakan permukaannya mengering kembali, lalu amplas lagi. Semua permukaan top table harus benar-benar rata dan tidak ada lubang atau cacat lagi sebelum dilanjutkan dengan tahap berikutnya.

Aplikasi Liquid Stain untuk Memberikan Warna Natural Table Top

Bagi Anda yang ingin menduplikasi warna kayu lain dari top table, bisa memilih 20 pilihan warna yang tersedia pada biovarnish liquid stain. Tersedia 20 warna yang akan membuat tampilan meja menjadi lebih menarik. Tidak hanya itu, semua aplikasinya bisa dilakukan dengan kuas ataupun spray.

Anda hanya perlu melarutkan liquid stain dengan air, menggunakan perbandingan 2 : 1. Aduk larutan hingga merata kemudian kuaskan cat ke seluruh permukaan kayu. Pastikan lapisan pertama ini hanya menciptakan coating yang tipis dan merata. Kemudian tunggu top table mengering selama kurang lebih 30 menit.

Katalog Biovarnish Liquid Stain

Berikutnya, anda bisa melanjutkan proses finishing dengan pengamplasan secara ambang hingga permukaan menjadi lebih rata. Bersihkan debu sisa pengamplasan. Lalu aplikasikan liquid stain kembali, Anda bisa mengulangi langkah yang sama hingga warna berubah menjadi lebih tajam atau sampai mencapai warna yang anda inginkan.

Liquid stain perlu diaplikasikan searah dengan serat kayu agar hasilnya lebih merata. Jangan lupa untuk menunggu lapisan sampai benar-benar kering, baru kemudian di amplas. Jika Anda memberikan beberapa lapisan coating, maka warna akan menjadi lebih gelap. Perlu pertimbangan berapa banyak lapisan yang akan Anda ciptakan nantinya.

Aplikasi Sanding Sealer untuk Melindungi Warna Table Top

Warna dari liquid stain akan bertahan lebih lama jika Anda menggunakan Biovarnish sanding sealer. Produk ini akan membuat warna menjadi lebih tahan lama sekaligus memperkuat pondasi dari pernis kayu atau clear coat nantinya.

Biovarnish Sanding Sealer

Proses aplikasi bisa dimulai dengan mengencerkan sanding sealer bersama air. Kuaskan ke seluruh permukaan kayu searah dengan serat kayu. Tunggu kering selama 60 menit dan Anda bisa mengamplasnya secara ambang menggunakan kertas amplas no 400. Lakukan pengamplasan searah dengan serat kayu, jangan lupa untuk bersihkan debu sisa pengamplasan.

Aplikasi Clear Coat untuk Perlindungan Terakhir

Lapisan terakhir yang harus Anda bentuk adalah Biovarnish clear coat gloss. Top table yang sering digunakan membutuhkan tampilan gloss agar dapat menutup cacat pada permukaan seperti goresan. Proses aplikasinya masih sama seperti liquid stain dan juga sanding sealer.

Biovarnish Clear Coat

Campurkan Biovarnish clear coat dengan air dalam wadah terpisah kemudian aduk hingga merata. Kuaskan cat ke seluruh permukaan kayu hingga merata kemudian tunggu kering selama 24 jam. Anda bisa membiarkannya mengering dengan sendirinya selama semalaman.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.