Perbedaan Cat Kayu Campuran Air dan Thinner – Referensi Finishing

Membedakan tipe atau jenis cat kayu air dan thinner yang cocok untuk digunakan sesuai dengan proyek sangat penting untuk menyelesaikan sebuah proyek dengan hasil sempurna. dapatkan informasi yang lengkap dari masing-masing jenis cat yang tersedia di pasaran. Membedakan jenis cat bisa membutuhkan waktu yang panjang.

Apabila Anda bisa membedakan manakah jenis cat yang tepat untuk digunakan pasti hasil finishing yang didapatkan sangat maksimal. Membedakan jenis cat bisa dimulai dari memilih cat sesuai bahan campurannya. Cat kayu terdiri dari beberapa jenis campuran yaitu thinner, spiritus dan juga air.

Cat kayu campuran air sering disebut dengan cat water based dan cat dengan campuran thinner sering disebut dengan cat solvent. Baik warna kayu natural atau warna kayu solid sama-sama memiliki jenis dengan bahan campuran atau pelarut tersebut.

Melihat dari perbedaan jenis bahan campuran yang digunakan cat kayu antara air dan thinner, maka cat manakah yang akan Anda gunakan? Pastikan Anda mengetahui dengan benar masing-masing karakteristik cat mulai dari cara aplikasi hingga hasil yang diberikan.

Pelajari dengan benar manakah jenis cat yang benar-benar Anda butuhkan. Pada artikel ini akan dijelaskan lebih detail mengenai cat kayu campuran air dan pelarut solvent.

Apa Saja Perbedaan Cat Kayu Air dan Thinner?

Ketika membicarakan masalah cat kayu solvent atau water based sebenarnya kita membicarakan tentang jenis pelarut yang digunakan dalam cat. Dimana pelarut ini adalah komponen yang akan menguap dan membuat cat dapat mengering.

Cat kayu dengan campuran solvent menggunakan bahan organik dan dikenal dengan voc (volatile organik compound) yang juga merupakan bahan cat yang mengandung bahan mineral seperti formalin, merkuri, timbal.

Sedangkan pada cat kayu campuran air bahan pelarut yang digunakan seluruhnya adalah air. Cat ini juga dikenal sebagai cat acrylic. Kandungan voc pada jenis cat berpelarut air sangat rendah sehingga aman digunakan.

Apakah voc itu sesungguhnya dan bagaimana peranannya pada cat kayu? Voc seperti yang sudah dijelaskan merupakan bahan organik yang dapat menguap dan membuat cat mengeras. Bahan ini akan menguap dan melepaskan gas yang mengandung bahan organik ke udara.

Bahan organik ini terbuat dari petrokimia dan tanaman yang akan menimbulkan gas di atmosfer ketika menguap, sehingga akan mengeluarkan bau yang sangat kuat yaitu bau cat yang sudah kita kenal selama ini.

Gas yang keluar dan menguap ini mudah terbakar dan dapat menimbulkan efek yang berbahaya bagi kesehatan manusia. Ketika voc menguap di udara dan dihirup oleh manusia bisa mengakibatkan pusing, iritasi kulit, dan mual bagi beberapa orang.

Ketika muncul bau dalam ruangan tersebut maka sebaiknya bukalah jendela untuk menciptakan sirkulasi udara yang terbaik. Inilah yang wajib Anda dilakukan ketika menggunakan jenis cat berpelarut solvent yang mengandung voc tinggi.

Berbeda dengan cat solvent, cat kayu campuran air sebagian besar terbuat dari air. Cat tipe ini akan mengeluarkan voc dalam jumlah yang rendah ke udara. Efek yang diberikan tersebut membuat cat ini lebih cocok digunakan demi keamanan kesehatan lingkungan dan manusia.

Mengenal Karakteristik Cat Kayu Berbasis Air dan Thinner

Membedakan kedua produk ini tidak hanya dari jenis bahan campuran dan kandungan voc saja namun juga dapat dilihat dari hasil akhirnya. Bagaimana kekuatan yang diberikan, bagaimana tampilannya hingga apa saja yang bisa menggunakan cat tersebut.

Membedakan Cat Kayu Campuran Air dan Thinner

Semua ini akan terangkum dalam karakteristik masing-masing jenis cat. Berikut ini beberapa karakteristik yang bisa Anda lihat dari cat kayu campuran air atau cat solvent.

√ Sheen level

Cat kayu dengan bahan larutan solvent atau minyak akan memberikan tingkat kilau yang tinggi. Tingkatan kilau pada sebuah furniture yang telah dicat dikenal dengan sheen level. Sheen level ini bisa bernilai 0 hingga 100%. 0% untuk permukaan kayu yang tidak mengkilap sama sekali dan 100% untuk cermin.

Tentu saja furniture hanya membutuhkan sheen level sampai ukuran 95% atau high gloss yang bisa didapatkan jika Anda menggunakan cat kayu solvent. Sayangnya karena tingkatan glossy ini, cat akan mudah sekali ksusam dan menurun tingkat glossynya.

Pada saat yang bersamaan, cat water based hanya bisa memberikan sheen level yang lebih rendah yaitu 85% saja yang dikenal dengan gloss. Walaupun tampilannya hanya mencapai gloss, ketahanannya akan lebih baik dibandingkan cat solvent. Tampilan gloss akan bertahan lebih lama walaupun banyak goresan yang muncul.

√ Ketahanan

Biasanya, cat solvent akan lebih keras ketika sudah mengering. Cat yang keras memang bagus namun karena terlalu keras lapisan coating jadi kurang fleksibel padahal cat perlu menyesuaikan perubahan bentuk kayu. Inilah yang membuat furniture akan memiliki tampilan retak, berkapur, dan mengelupas.

Tidak hanya itu saja, ketahanan penampilan dari cat solvent akan berubah menjadi kuning semakin lama. Hal ini disebabkan kandungan formalin di dalam cat sangat tinggi. Ketahanan yang diberikan cat water based berbeda.

Cat water based akan kering dan mengeras namun dirancang khusus untuk bisa menyesuaikan pembentukan dari kayu. Jadi jika kayu berubah bentuk tidak perlu khawatir dengan efek kerusakkan. Cat juga tidak akan berubah warna seiring berjalannya waktu.

√ Penggunaan Eksterior

Cat water based akan memberikan hasil finishing yang terbaik pada furniture kayu eksterior. Hal ini dikarenakan cat kayu water based lebih tahan terhadap sinar UV dan akan membuat mereka memiliki sheen level dan warna yang lebih tahan lama.

Fleksibilitas yang diberikan pada cat kayu water based tentu akan membuat furniture bisa bertahan melawan panas, hujan dan perubahannya. Fleksibilitas yang dimiliki inilah yang membuat cat water based cocok untuk furniture eksterior.

Cat kayu solvent tidak memberikan performa yang terbaik pada furniture dengan kondisi eksterior. Cat solvent yang mengering sangat mudah retak karena panas matahari contohnya saja cat melamin. Panas matahari yang mengandung sinar UV akan membuat cat berkapur.

Membedakan Cat Kayu Campuran Air dan Thinner

Rendahnya fleksibilitas dari cat akan membuat cat tidak dapat memuai dan menyusut sesuai dengan kondisi kayu. Sehingga tidak cocok digunakan pada furniture kayu eksterior.

Perbedaan Aplikasi dan Cara Membersihkannya

Perbedaan yang selanjutnya bisa dilihat adalah cara aplikasi. Bagaimana cara aplikasi yang benar dan bagaimana cara membersihkan cat apabila terkena area luar kerja. Ada beberapa faktor yang akan dibahas secara khusus pada bagian ini yaitu kondisi permukaan dan cara aplikasi.

Berikut ini perbedaan aplikasi cat kayu campuran air dengan cat solvent based sesuai dengan cara aplikasinya.

1. Kondisi Permukaan

Persiapan furniture kayu sebelum mengecat harus selalu menjadi bagian yang penting untuk diperhatikan. Jenis cat kayu water based adalah jenis cat kayu yang dapat mentoleransi sedikit kelembaban yang sering muncul pada permukaan kayu.

Cat water based dapat menyerap kelembaban yang ada pada permukaan kayu misalnya saja jika MC kayu lebih tinggi dibandingkan dengan standar. Cat akan menyerap kelembaban dan tidak akan menimbulkan efek pada kemampuan cat untuk melekat pada permukaan.

Jenis cat solvent tidak dapat bersatu dengan air sehingga cat tidak dapat menyerap kelembaban yang tersisa di permukaan. Ketika kayu tidak memiliki MC standar maka cat solvent tidak bisa menciptakan high bonding atau ikatan yang kuat.

Hasilnya tentu saja cat akan mudah mengelupas dan tidak akan menyerap ke pori kayu. Maka jika ingin menggunakan cat solvent permukaan kayu wajib benar-benar dalam kondisi yang kering.

2. Aplikasi

Sudah menjadi rahasia umum jika cat berpelarut solvent memiliki waktu kering yang lebih lama dibandingkan cat water based. Cat solvent tidak akan menjadi keras dan padat dengan cepat. Pada saat proses finishing, cat solvent memerlukan waktu yang lama untuk membuat voc menguap dengan benar.

Inilah yang membuat cat menimbulkan bau yang sangat lama. Ketika menggunakan cat kayu campuran air, cat tidak mengandung voc yang tinggi oleh karena itu cat tidak akan menimbulkan bau menyengat yang lebih lama. Cat juga akan cepat mengering.

Ada beberapa tingkat kering yang perlu diperhatikan. Pertama adalah tingkat kering sentuh, cat solvent membutuhkan tingkat kering sentuh selama 6 hingga 8 jam. Cat water based membutuhkan waktu kering sentuh sekitar 30 hingga 60 menit.

Kering sentuh yang dimaksud adalah tingkat keras cat yang sudah dapat disentuh dan bisa memulai di amplas. Kedua adalah tingkat kering untuk aplikasi cat baru, pada cat water based dibutuhkan waktu 2 hingga 3 jam sedangkan cat solvent membutuhkan waktu 16 hingga 20 jam.

Kapan waktu yang tepat untuk lapisan cat diberikan lapisan cat baru di atasnya harus diperhatikan dengan benar. Cat yang belum kering benar tidak bisa diaplikasikan lapisan coating yang baru.

Ketiga adalah lapisan cat kering seluruhnya, cat solvent membutuhkan waktu kering 2 hingga 3 hari sedangkan cat water based membutuhkan waktu kering 1 hingga 4 minggu. Waktu kering ini akan menentukan apakah furniture kayu sudah siap digunakan hingga di packing untuk dikirim menggunakan peti kemas.

Dilihat dari perbedaan tingkat kering akan menentukan manakah jenis cat kayu yang akan membuat furniture Anda bisa segera digunakan. Pada lapisan akhir cat water based memang membutuhkan waktu kering yang lama karena untuk memberikan tingkat fleksibilitas yang tinggi.

Pada kasus cat solvent lapisan akhir memang membutuhkan waktu yang singkat dan cat akan mudah retak karena tingkat keras yang terlalu tinggi.

3. Proses Pembersihan

Proses mengecat tidak pernah lepas dari kotor dan cat yang menempel pada lantai dan pada area lain. Jika tidak segera dibersihkan maka cat akan membuat ruang kerja Anda terlihat kotor.

Dari cat solvent, proses cara membersihkan cat melamin yang sudah mengering memerlukan bantuan dari thinner. Efek thinner sebagai bahan pelarut akan menghilangkan lapisan cat secara perlahan. Sayangnya thinner bisa merusak material yang dibersihkan dan menimbulkan bau mengandung voc tinggi.

Cat water based lebih mudah dibersihkan, bahan pelarut air membuat air yang dibutuhkan untuk membersihkan cat yang mengotori ruangan. Jika Anda mendapati cat yang sudah mengering, cobalah untuk gunakan air hangat.

Jika Anda melihat cat water based yang mengenai lantai atau karpet bisa segera dibersihkan dengan kain biasa. Cat akan cepat menghilang ketika kondisi masih basah.

Dimanakah Anda bisa Mendapatkan Cat Water Based Terbaik?

Jika anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, silahkan hubungi HotLine kami disini : HotLine Bio. Atau melaui e-mail di [email protected]

Anda dapat membeli seluruh varian produk dari Bioindustries secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini:

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bioindustries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55162
Phone / fax: 0274 388301
Hp / WhatsApp: Klik Disini
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah 59417
Phone: 0291 598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154
Phone: 0231 320759
e-mail: [email protected]

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 Cat Kayu - by DH

CAT KAYU