Beginilah Cara untuk Memunculkan Nilai Estetika dari Seni Kayu Palet

Apakah pekerjaan kayu adalah sebuah kesenian? Jika iya dimana dan bagaimana nilai seni itu muncul? Tentunya sekian lama Anda telah melihat berbagai  macam furnitur mulai dari bentuk hingga warna yang muncul. Bahkan Anda dapat melihat ada berbagai macam gaya mulai dari zaman dahulu hingga sekarang. Salah satunya terdapat pada seni kayu palet.

Namun apakah karya Anda yang telah Anda buat selama ini memiliki nilai estetika dan juga seni? Kesenian adalah sebuah karya yang dibuat oleh manusia yang merupakan proyeksi dari objek yang telah dilihat sebelumnya. Jadi manusia melihat objek, mengolahnya dan pikiran kemudian menuangkannya dalam sebuah objek.

Jadi tentu saja iya, semua karya yang telah Anda ciptakan selama ini adalah sebuah kesenian. Namun apakah Anda sudah menciptakan seni kayu palet? Sebuah kesenian di bidang kayu yang hanya memanfaatkan material dari kayu palet.

subsidi ongkir

Mungkin bagi dunia profesional atau industri, kayu palet seringkali disepelekan karena kualitas dan ketahanannya yang cenderung rendah. Namun bagi pemula di bidang woodworking, kayu palet bagaikan tambang emas untuk menciptakan karya seni kayu palet.

Ada banyak yang bisa dirancang dari sebuah kayu palet jadi belanda. Anda bisa menghabiskan akhir pekan atau liburan Anda sibuk di ruang kerja mengerjakan hobi yang telah Anda rancang dan menciptakan nilai estetika yang tinggi.

Namun bagaimana nilai estetika bisa Anda dapatkan dan muncul? Hal utama yang perlu Anda dapatkan adalah referensi. Ketika Anda akan menciptakan sebuah karya seni maka referensi sangat penting.

Furnitur apa yang akan Anda buat atau kerajinan apakah yang akan Anda ciptakan. Jika Anda memenuhi itu maka akan ada banyak inspirasi baru yang akan membuat karya terbaik Anda. Nah dalam artikel ini Anda bisa belajar bagaimana menciptakan nilai estetika pada kesenian yang bermaterialkan kayu palet. Mulai dari persiapan hingga finishing yang dibutuhkan.

Jangan melupakan langkah finishing, karena finishing ini akan menentukan hasil akhir yang menarik atau tidak.

Persiapan dalam Pekerjaan Kayu Palet

Anda akan membuat sebuah rancangan besar maka Anda perlu desain. Buatlah desain yang bagus dan sesuai. Pastikan tidak abstrak dan hanya berbentuk angan-angan saja. Anda tidak akan mendapatkan hasil sempurna jika hanya Anda pikirkan.

Buatlah sebuah rancangan dalam bentuk gambar beserta dengan ukurannya. Sebuah ukuran dari kayu palet sangat penting. Anda akan mengetahui berapa jumlah dan ukuran dari kayu palet yang Anda butuhkan. Anda juga akan mengetahui seberapa besar karya yang akan diciptakan.

Pemilihan jenis kayu palet sangat penting. Kayu palet tersedia dalam berbagai macam grade. Anda bisa memilih grade tinggi atau tidak. Anda bisa memilih berbagai jenis kayu seperti kayu sungkai atau kayu jati belanda yang sangat mudah ditemukan.

Jika ingin mendapatkan yang lebih Anda bisa menggunakan kayu cedar namun pastikan Anda sudah ahli dalam memotong agar tidak salah dan kekurangan material nantinya. Jika masih ragu dalam hal memotong belilah kayu palet lebih banyak daripada yang diperkirakan.

Setelah persiapan bahan dan juga rancangan mulailah untuk mempersiapkan alat. Gunakan persiapan berikut ini :

  • Gunakan peralatan yang tajam

Anda akan melakukan pemotongan kayu palet maka pastikan Anda menggunakan peralatan pemotong yang tajam. Misalnya Anda akan menggunakan saw table maka pastikan mata pisau tajam dan Anda tidak memotong secara terbalik. Mata pisau yang tumpul akan memotong kayu tidak rata belum lagi serpihan kayu yang bisa mengenai diri Anda.

Jika Anda akan melakukan pemahatan pastikan pisau pahat Anda tajam. Pisau pahat yang tumpul hanya akan membuat pahatan menjadi tidak rapi.

  • Gunakan serutan tangan

Jika ingin memperhalus permukaan kayu dan menipiskannya gunakan serutan tangan. Menggunakan serutan ini tentu saja akan mengasah kepekaan Anda terhadap material yang akan diciptakan. Anda perlu merasakan sebarapa dalam dan seberapa lama Anda akan menyerut permukaan hingga mendapat ketebalan kayu yang diinginkan dan permukaan yang halus.

  • Gunakan penyambungan siku
Bagaimana Nilai Estetika Dari Seni Kayu Palet Itu Muncul

Anda perlu mengetahui penyabungan siku apakah yang tepat dan juga manakah yang perlu Anda gunakan. Jika Anda ingin mendapatkan penyambungan siku yang tepat maka Anda bisa menggunakan manual. Gunakan seperti finger joint atau menggunakan pasak. Penyambungan dengan finger joint membutuhkan lem yang tidak meninggalkan bekas. Namun jika penyambungan pasak Anda bisa menyambung tanpa menggunakan lem. Mengerti masalah penyambungan akan memudahkan Anda dalam menciptakan siku kursi atau meja.

Tiga hal di atas adalah dasar yang perlu Anda pahami jika ingin membangun sebuah karya yang artistik dengan cara sederhana. Anda bisa memulainya dengan membuat sebuah kerajinan kecil baru beralih pada sebuah furnitur.

Menggunakan palet sebagai proyek pertama Anda juga merupakan salah satu bagian yang terbaik karena palet adalah material yang mudah dibentuk dan difinishing.

Materi Finishing yang Penting untuk Tampilan Akhir

Nilai estetika dari sebuah proyek kayu tentunya akan ditentukan oleh bahan finishing. Bagian ini sangat penting karena merupakan langkah akhir Anda akan mendapatkan permukaan kayu yang berwarna, halus atau bertekstur dan ketahanan yang lama.

Perlu Anda ketahui bahwa fungsi dari bahan finishing adalah memberikan penampilan sekaligus memberikan perlindungan pada kayu. Jika Anda ingin mendapatkan seni kayu palet maka pilihlah bahan finishing yang tepat dan mampu melindungi dalam waktu yang lama.

Misalnya saja Anda akan menciptakan sebuah furnitur yang akan diletakan di luar ruangan. Anda memilih warna natural karena kayu palet Anda adalah kayu palet jati belanda yang memiliki serat menarik. Namun bagaimana sifat kayu jati belanda yang lunak dan mudah rusak dapat terlindungi dengan baik oleh cat?

Maka Anda perlu menggunakan bahan cat kuat seperti poliurethane. Bahan ini akan membuat karya Anda lebih tahan terhadap panas dan hujan atau tekanan suhu udara. Lapisan film yang dibentuk berbeda dari lapisan cat lainnya.

Bagaimana Nilai Estetika Dari Seni Kayu Palet Itu Muncul

Bahan poliurethane yang disarankan untuk Anda beli adalah water based. Bahan water based akan memberikan nilai transparansi tinggi yang tahan lama. Bahan cat water based selain memberikan transparansi juga memiliki fungsi perlindungan lingkungan.

Ketika Anda menggunaka poliurethane water based Anda tidak akan merasakan toxic yang menguap ke udara dengan aroma yang keras dan menyengat di hidung. Kandungan dari logam berat sangat rendah dan dibuat agar tidak membahayakan manusia serta lingkungan sekitar.

Produk yang disarankan untuk kelancaran proyek Anda adalah Biovarnish. Produk ini setara dengan pernis dan plitur namun bebas dari logam berat dan proses aplikasi hanya membutuhkan kuas saja tanpa perlu untuk takut dari adanya efek brush mark.

Dirancang dengan teknologi tinggi cat kayu water based Biovarnish ini akan menghasilkan finishing yang halus, rata dan juga transparan dengan ketahanan yang lebih dari tiga tahun. Untuk mendapatkannya Anda bisa membeli melalui situs ini.

Biovarnish Mampu Meningkatkan Nilai Estetika Kayu Palet

Seni kayu palet yang telah diukir atau bahkan memiliki bentuk unik tak lepas dari peranan finishing. Sebagai pemanis kayu palet, Biovarnish adalah pilihan tepat untuk para pengrajin. Jika Anda ingin meningkatkan tampilan estetika kayu palet, perli pemilihan warna Biovarnish dan langkah mengaplikasikannya. 

Biovarnish terdiri dari empat produk yaitu wood filler, sanding sealer liquid stain dan juga clear coat. Keempat produk ini saling melengkapi untuk mewujudkan seni kayu palet yang indah. Untuknya kayu palet memiliki warna dasar putih kekuningan jadi warna liquid stain apa saja bisa dipilih. 

Bagaimana peranan Biovarnish mampu meningkatkan keindahan seni kayu palet? Simak kelebihannya dari segi penampilan berikut ini. 

  • Warna natural transparan

Selain ada 20 pilihan warna natural dari segi hasil, Biovarnish liquid stain memiliki transparan yang lebih baik. Serat kayu dari kayu palet dapat terlihat bahkan ketika Anda memilih warna eksotis yang gelap seperti papua rose, black hingga dark walnut sekalipun. Karena pada beberapa produk warna stain lainnya justru menutup serat hampir semi warna solid. 

Karena kesan transparan yang diberikan ini, maka tampilan kayu asli bisa didapatkan. Kayu palet bisa terlihat sekilas seperti kayu walnut, jati atau bahkan oak tergantung dengan warna stain yang dipilih. 

  • Memiliki dua jenis tampilan akhir

Bukan sekedar warna, dalam penggunaan Biovarnish clear coat digunakan sebagai lapisan akhir. Clear coat adalah produk pernis yang memiliki dua tampilan yaitu gloss dan juga death matte. Dua tampilan ini akan memberikan kesan seni kayu palet yang sangat berbeda bahkan sampai ke perawatannya. 

Tampilan gloss memiliki kelebihan dari segi ketahanannya terhadap goresan. Bisa dibilang perawatan kayu yang dilapisi clear coat gloss lebih mudah dan cocok untuk olahan kayu di luar ruangan. Sedangkan death matte yang tidak terlalu mengkilap memberikan kesan mewah dan lebih natural, cocok untuk furniture dalam ruangan. 

  • Warna clear coat tidak berubah

Perubahan seringkali terjadi pada clear coat berpelarut solvent, namun karena Anda menggunakan Biovarnish warna akan tetap sama. Perubahan warna disebabkan oleh kandungan formalin yang tinggi serta dipicu oleh sinar uv yang menyinari kayu terus menerus. Tak hanya warna dari pernis saja, biasanya stain juga akan mulai memudar. 

Tak perlu khawatir lagi soal warna yang tidak mampu bertahan. Biovarnish menggunakan pelarut air dengan formalin rendah. Baik itu warna pernis dan stain bisa bertahan lama kurang lebih 5 tahun. 

  • Warna yang lebih tajam

Warna transparan didapatkan, namun bagaimana dengan ketajamannya? Semua warna liquid stain dari Biovarnish memiliki ketajaman yang tinggi. Anda bisa menggunakannya beberapa kali lapisan sesuai dengan diinginkan. Semakin banyak lapisan stain di permukaan kayu maka warnanya akan lebih gelap. 

Biasanya untuk mendapatkan warna sempurna bisa mengaplikasikan dua hingga tiga kali lapisan. Setiap lapisannya bisa digunakan tipis sehingga hasil warna lebih alami dan halus.

  • Tingkat kecerahan warna tinggi

Tak hanya warna yang tajam, tingkat kecerahan warna dari Biovarnish liquid stain cukup tinggi. Sekali mengaplikasikan saja Anda bisa langsung melihat perubahannya. Bahkan pada jenis kayu apapun tidak selalu kayu palet. Namun ada satu hal yang perlu diingat dalam pemilihan warna. 

Apabila Anda menggunakan jenis kayu lainnya yang memiliki warna asli kayu sudah gelap. Contohnya saja warna walnut, maka hindari menggunakan warna yang cerah seperti yellow ox. Pemilihan warna bisa disesuaikan dengan warna asli kayunya. 

Apabila Anda ingin menggunakan Biovarnish sebagai bahan finishing, bisa langsung masuk ke link berikut ini untuk melakukan pembelian. 

  1. https://www.bukalapak.com/u/agen_biovarnish
  2. https://shopee.co.id/biovarnish.official
  3. https://www.tokopedia.com/biovarnishseries

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Knowledge"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.