DIY – Cara Memanfaatkan Kayu Palet Daur Ulang untuk Lantai Kayu

Palet adalah pilihan yang sangat populer di antara pengrajin yang menggunakan palet karena ringan dan efisien. Anda tahu bahwa lebih dari 300.000 ton kayu palet dibuang ke tempat pembuangan sampah di luar negeri setiap tahun?

Mempertimbangkan bahwa industri palet mengkonsumsi sekitar 4,5 miliar palet kayu keras setiap tahun (yang sering dibuat dari kayu mahal seperti jati, hickory, dll.). Banyak papan yang berpotensi berharga akan terbuang. Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana Anda dapat menggunakan kayu palet untuk lantai dengan cara yang mudah dan dapat dilakukan sendiri. Mari mulai dengan mempelajari cara menemukan palet untuk lantai Anda.

Tempat Bagus Untuk Menemukan Kayu Palet Untuk Kebutuhan Lantai DIY Anda

Ketika Anda mulai mengumpulkan palet dari pusat bisnis, individu, dan bahkan tempat pembuangan sampah untuk lantai Anda, pastikan Anda mendapatkan izin. Beberapa toko tidak akan dapat membagikan palet mereka secara gratis karena berbagai alasan.

Mengumpulkan semua palet yang Anda butuhkan untuk membuat lantai kamar atau rumah mungkin memerlukan waktu cukup lama. Sehingga sebaiknya pertimbangkan untuk menemukan kayu palet secara perlahan hingga akhirnya terkumpul dalam jumlah banyak. Berikut beberapa tempat bagus untuk mulai mencari:

  • Anda dapat menemukan palet di sebagian besar toko bahan kayu, department store, dan gudang. Setiap tempat yang menerima pengiriman besar produk ekspor atau impor secara teratur kemungkinan akan memiliki banyak palet yang mereka miliki. Anda dapat mencari teman di daerah Anda dan bertanya apakah mereka memiliki palet kayu yang mereka tidak gunakan. Dalam banyak kasus, mereka akan memberi tahu Anda bahwa mereka sering membuangnya dan Anda dapat mengambilnya tanpa mengeluarkan biaya.
  • Toko perangkat keras kecil, bisnis baru yang baru saja dibuka dan toko taman kecil umumnya tidak memiliki cara sistematis untuk menyingkirkan kayu palet mereka dan umumnya tidak akan memiliki masalah jika Anda ingin mengambil dari tempat mereka.
  • Lokasi TPA sering mengandung sejumlah besar palet yang dibuang secara teratur. Meskipun ini jelas merupakan pilihan terakhir, cukup diingat bahwa seringkali sulit untuk mengetahui di mana kayu tersebut digunakan sebelumnya. Ini dapat menimbulkan masalah keamanan ketika Anda menggunakannya sebagai peralatan makan atau furnitur di kamar anak Anda.
  • Anda juga dapat membeli palet dari sebagian besar toko perangkat keras. Kelemahan dari ini adalah bahwa ini akan dikenakan biaya uang Anda dan ini mungkin tidak benar-benar bernilai saat Anda, terutama jika Anda mempertimbangkan untuk melakukan lantai palet DIY untuk menghemat uang pada awalnya.

Tips : Selalu ingat untuk menyimpan palet di tempat yang kering di mana tidak akan terkena kelembaban atau serangga. Ini pasti sesuatu yang perlu dipertimbangkan sebelum memulai proyek, Anda perlu tempat untuk menyimpannya! Juga, Anda harus realistis, jika Anda benar-benar menginginkan lantai kayu walnut di rumah Anda, hampir tidak mungkin mengharapkan untuk mencari palet yang hanya terbuat dari jenis kayu ini. Dengan mengingat hal ini, bersiaplah untuk mencampur dan mencocokkan berbagai jenis kayu palet lantai, yang  beberapa terbuat dari kayu keras yang lebih gelap dan yang lain yang jauh lebih ringan.

Umur Rata-rata Lantai Kayu Palet Daur Ulang

Umur panjang lantai Anda sangat tergantung pada berapa banyak lalu lintas pejalan kaki setiap hari. Namun, ini tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Bahkan dengan aktivitas biasa, asalkan Anda mempertahankan lantai Anda, Anda hanya akan mengalami kerusakan yang sangat sedikit dari waktu ke waktu. Namun, lantai kayu palet memang memiliki kelebihan yang unik. Jika ada bagian yang rusak, sangat mudah untuk mengganti area itu dengan sisa dari saat Anda membangun lantai. Bahkan jika Anda tidak memiliki sisa, Anda dapat dengan mudah menemukan lebih banyak dan melakukan penggantian DIY dalam satu atau dua jam.

Manfaat Kayu Palet Daur Ulang Untuk Lantai DIY

Jika Anda ingin menjaga lantai agar tampak bersih, Anda juga dapat menginstruksikan anggota keluarga untuk melepas sepatu mereka sebelum berjalan di lantai Anda dan menghentikan hewan peliharaan berjalan di atasnya setiap hari. Selain itu, Anda melakukan finishing papan kayu palet Anda dengan produk berkualitas baik.

Memastikan Kayu Palet yang Cocok untuk Digunakan

Pertama, hanya gunakan palet kayu yang mengandung logo IPPC dan hindari yang memiliki referensi ke “MB” (Metil-bromida) atau “CT” (Diolah secara Kimia). Saya juga merekomendasikan melewatkan palet berwarna karena mereka sering mengandung formaldehida.

Jika Anda ingin menambahkan warna ke lantai Anda, Andabisa mengecat setelahnya. Bahan kimia seperti cat mampu memberikan perlindungan  yang baik dalam menjaga serangga dan beberapa bakteri. Idealnya, pilih kayu dengan cap “HT”, yang berarti bahwa itu “Heat Treated“, yang sangat cocok untuk digunakan di dalam ruangan.

Kedua, cari tahu apa penggunaan palet sebelumnya. Jauhi palet yangpernah digunakan untuk menyimpan produk makanan (terutama daging) karena ini kadang-kadang meninggalkan bakteri berbahaya (seperti E. Coli, Salmonella dan Listeria) pada kayu itu sendiri. Ingat bahwa bakteri dapat tetap tinggal di kayu selama berminggu-minggu.

Ketiga, coba dan temukan palet yang belum terkena kondisi basah untuk waktu yang lama. Jika kayu telah berada di luar di bawah hujan selama berminggu-minggu, maka sering mulai mengembangkan jamur dan Anda pasti tidak menginginkannya di rumah.

Kumpulkan palet yang tidak melengkung dengan ketebalan  sama. Meskipun mungkin menggunakan planer untuk menyelesaikan masalah, ini adalah langkah ekstra yang dapat dihindari.

Manfaat Kayu Palet Daur Ulang Untuk Lantai DIY

Sebaiknya amplas dan cat papan palet untuk membuat mereka lebih aman untuk digunakan di dalam ruangan tetapi Sebagai aturan praktis, jika Anda tidak dapat mengonfirmasi bahwa palet tersebut aman, lebih baik jangan menggunakannya. Jadi selalu pastikan dan periksa terlebih dahulu apakah papan palet yang akan digunakan ini aman.

Memotong Kayu Palet dan Membersihkan Paku

Memotong palet adalah salah satu bagian tersulit dari proyek pengolahan kayu palet menjadi lantai DIY. Anda memiliki beberapa opsi yang tersedia yaitu sebagai berikut ini menggunakan alat untuk memecahkan palet kayu.

  • Gunakan palu cakar – Palu palu biasa berfungsi tetapi dapat merusaknya karena tidak cocok untuk tugas ini.
  • Gunakan linggis (ply bar) – Ini adalah pilihan alat yang bagus (jika Anda memilikinya), berhati-hatilah agar Anda tidak merusak papan ketika menggunakannya.
  • Gunakan alat pemecah palet khusus – Gunakan panduan alat pemecah palet DIY yang terlihat efektif untuk memecah palet.
  • Gunakan gergaji bundar untuk memotong palet menjadi papan yang lebih kecil, sehingga menghilangkan kebutuhan untuk memecahnya menggunakan alat. Metode ini sangat cepat, tetapi Anda tidak akan mendapatkan potongan kayu yang sangat panjang.

Cara Mudah Melakukan Finishing Lantai dari Kayu Palet

Selesai memilih palet, membersihkannya dan mengolahnya sebagai lantai, maka tahapan terakhir adalah finishing. Tak ada yang bisa mengubah tampilan lantai kayu menjadi apik selain cat. Bahkan bahan poles sekalipun tidak bisa memberikan efek yang sama seperti pernis atau plitur. 

Bahan poles seperti wax perlu diaplikasikan secara berulang karena lapisannya akan menghilang perlahan selama penggunaan. Proses finishing terdiri dari beberapa tahapan yaitu pemilihan bahan finishing dan teknik aplikasinya. Pemilihan cat berdasarkan keamanan, warna dan ketahanannya. 

Biovarnish series adalah produk yang sangat direkomendasikan untuk aplikasi pengecatan lantai kayu palet. Produk ini direkomendasikan karena pilihan warna natural yang beragam, aman dan juga ketahanannya baik untuk lantai. Biovarnish adalah bahan finishing water based yang menggunakan pelarut air sehingga Anda bisa berhemat saat mengecat. 

Tidak perlu lagi membeli tinner, tidak perlu lagi bermasalah dengan bau cat saat aplikasi maupun pengeringan. Bahkan warna yang natural transparan akan membawa keindahan lantai kayu palet yang tadinya bekas dan banyak cacat tampak seperti baru. Bukan masalah jika Anda menggunakan warna yang berbeda-beda. 

Mengaplikasikan Biovarnish Series untuk Lantai Kayu Palet

Setidaknya ada empat produk dari Biovarnish yang harus Anda aplikasikan secara bertahap. Mengingat kayu palet memiliki pori kayu yang besar dan juga cenderung lunak, maka lapisan coating yang digunakan harus kuat. Mulai dari Biovarnish wood filler, sanding sealer liquid stain dan clear coat. 

Khusus untuk clear coat yang merupakan pernis, sebaiknya pilih yang tampilannya gloss. Lantai kayu mengkilap mampu menyembunyikan kerusakan akibat goresan pada lantai karena penggunaan. Untuk proses aplikasinya, Anda bisa menggunakan alat roller atau kuas berbulu nilon untuk merapikan bagian sudut. 

Ada lima langkah aplikasi, demi kelancaran finishing sebaiknya kosongkan ruangan untuk mempermudah pengecatan. Berikut ini kelima langkah aplikasi yang bisa Anda ikuti. 

  • Mempersiapkan lantai kayu palet

Tak ada proses finishing tanpa persiapan karena menentukan hasil akhir dan tingkat kehalusan lantai. Persiapan bisa dimulai dengan mengamplas permukaan lantai kayu, gunakan hand sander dan kertas amplas nomor 220. Amplas sampai ke sudut ruangan, untuk bagian yang sulit dijangkau bisa dilakukan secara manual. 

Bersihkan debu bekas pengamplasan dengan mesin vakum. Anda bisa membersihkan ruangan kemudian diamkan selama beberapa menit agar debu hilang. 

  • Memperbaiki cacat kayu

Kayu palet yang pernah digunakan tentu memiliki banyak cacat lubang. Cacat tersebut bisa ditutup degan Biovarnish wood filler. Caranya adalah dengan mengisi lubang dengan wood filler hingga penuh. Kemudian ratakan permukaannya dengan scrape. Lakukan langkah tersebut pada semua lubang lantai. 

Diamkan selama 20 menit kemudian lanjutkan dengan pengamplasan. Gunakan amplas 240 untuk merapikan. Jangan lupa gunakan vakum kembali untuk mengangkat debu. 

  • Mengaplikasikan liquid stain

Pilih warna stain yang diinginkan, kemudian larutkan Biovarnish liquid stain dengan air. Gunakan perbandingan 2:1 air dan kuas hingga merata. Lakukan penguasan atau dengan roller searah serat kayu. Baru tunggu kering selama 60 menit dan lanjutkan dengan pengamplasan. 

Kali ini pengamplasan hanya dilakukan dengan ringan, gunakan amplas 400. Selesai mengamplas, bersihkan debu dengan vakum. 

  • Mengaplikasikan sanding sealer

Sanding sealer Biovarnish berfungsi melindungi warna stain dan memperkuat lapisan clear coat. Warnanya transparan dan cara mengaplikasikannya sama persis dengan liquid stain. Hanya saja Anda cukup memberikan satu lapisan. 

  • Mengaplikasikan clear coat 

Clear coat Biovarnish diaplikasikan sebagai pelindung terakhir. Cara menggunakannya sama dengan liquid stain, hanya saja proses pengeringan adalah semalaman. Jika sudah kering Anda tak perlu lagi mengamplasnya. 

Apabila ingin melakukan finishing sendiri, inilah langkah yang bisa Anda lakukan, Tapi juga harus menggunakan Biovarnish, karena setiap merk aplikasinya berbeda. Untuk mendapatkan produk Biovarnish Anda bisa langsung ke link :

  1. https://www.bukalapak.com/u/agen_biovarnish
  2. https://shopee.co.id/biovarnish.official
  3. https://www.tokopedia.com/biovarnishseries

 

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Knowledge"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing, perawatan, dan pencegahan kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2020 catkayu.com - All Right Reserved.