Memanfaatkan Palet Kayu Menjadi Meja Tamu Sampai Finishingnya

Tahukah Anda jika palet kayu dapat dimanfaatkan menjadi meja tamu? Kreasi untuk memanfaatkan palet kayu menjadi meja tamu tentu bisa Anda lakukan sendiri. Meskipun bukan seorang profesional dan hanya hobi melakukan DIY, Anda tetap bisa membuat meja tamu hanya dengan menggunakan palet kayu.

Apakah Anda memiliki hobi DIY woodworking? Jika iya pasti sudah tidak asing lagi dengan palet kayu. Palet kayu adalah material paling mudah didapatkan untuk berlatih di bidang perkayuan. Harga palet yang murah dan bisa dibeli di mana saja menjadi palet kayu banyak digunakan. Tahukah Anda apa jenis kayu yang digunakan sebagai palet ini.

Ada banyak jenis kayu yang sering dijadikan palet seperti kayu pinus, kayu jati belanda, kayu sungkai atau jenis kayu lunak lainnya. Jenis kayu lunak dipilih agar kayu palet mudah digunakan menjadi apa saja. Kebanyakan kayu palet digunakan sebagai bahan untuk pengepakan barang yang akan dikirim melalui cargo.

Sisanya kayu palet dijual untuk diolah kembali menjadi furnitur seperti kerangka sofa atau kerangka tempat tidur. Kayu palet juga banyak digunakan sebagai bahan baku kerajinan atau sebagai hiasan. Nah tertarik untuk menggunakan kayu palet kira-kira kerajinan apa yang bisa dibuat dari kayu ini ya?

Membuat Meja Tamu dari Kayu Palet

Kayu palet banyak dipilih sebagai materal latihan membuat kerajinan karena pertama beratnya yang ringan tidak mempersulitnya untuk pengangkutan dari toko ke  studiao tempat Anda bekerja. Kedua karena tingkat kekerasannya yang rendah membuat kayu palet mudah dipotong dan dibentuk sesuai desain bahkan untuk desain yang berukuran sangat kecil. Kayu yang mudah dipotong atau tidak terlalu keras tidak akan mempercepat tumpulnya gergaji atau alat potong yang digunakan.

Ketiga adalah kebanyakan kayu palet memiliki warna dasar cerah atau putih sehingga jika ingin dilapisi dengan cat warna atau dengan pernis tetap akan memberikan penampilan yang menarik. Di sini Anda bisa mulai belajar untuk menggunakan kayu palet menjadi meja tamu.

Memanfaatkan Palet Kayu Menjadi Meja Tamu

Siapa sangka jika Anda bisa membuat meja tamu artistik dari kayu palet? Kuncinya ada pada desain yang akan Anda buat. Apakah Anda ingin mendapatkan desain yang rumit atau tidak. Untuk permulaan Anda bisa membuat desain sederhana cukup dengan bentok box.

Alat dan bahan yang dibutuhkan :

  • Palet kayu bisa Anda gunakan 3 atau 4 tergantung dengan ukuran yang akan dibuat.
  • Palu
  • Beberapa paku besar
  • Alat ukur (bisa penggaris atau meteran)
  • Pemotong (bisa gergaji atau saw table)

Cara Pembuatan :

  1. Siapkan semua palet kayu dan potong sesuai dengan ukuran pada desain yang telah disiapkan. Potong sesuai ukuran dan pastikan Anda membuat tanda bisa menggunakan pensil pada palet kayu untuk bagian atas bawah dan depan belakang.
  2. Rakit semua potongan palet kayu bisa menggunakan paku dan palu. Pukul paku pada seluruh sudut yang merangkai palet kayu menjadi siku. Jangan sisakan kayu yang menonjol karena bisa membuat cedera.
  3. Berdirikan meja tamu dan lihat apakah Anda sudah mendapatkan konstruksi yang benar. Apakah meja sudah seimbang dan coba untuk meletakan segelas air digelas bening untuk melihat apakah permukaan atasnya rata.
  4. Meja tamu Anda sudah selesai dan Anda bisa melanjutkan pada proses finishing.

Proses Finishing

Apakah jenis finishing yang akan Anda pilih pada meja yang baru saja dibuat? Tentu saja di mana Anda akan meletakan meja tersebut akan menentukan finishing apa yang akan diberikan. Misalnya Anda memiliki ruang tamu dengan gaya klasik, Anda menggunakan kursi dan sofa dari kayu jati tentu saja tidak cocok jika Anda meletakan meja tamu kayu palet dengan warna kuning atau warna orange.

Memanfaatkan Palet Kayu Menjadi Meja Tamu

Pemilihan warna sangat penting terlebih lagi pemilihan bahan finishing yang aman. Apa gaya ruang tamu Anda akan menentukan warna dan bahan finishing apa yang digunakan. Jika menerapkan gaya pop art maka tidak menjadi masalah jika menggunakan bahan finishing warna orang pada meja.

Nah jika Anda memiliki ruang tamu yang netral maka warna natural dari palet kayu patut diberikan. Palet kayu bukan hanya kayu murah yang tidak memiliki penampilan menarik. Jika Anda memberikan pernis atau plitur yang baik maka kayu akan menciptakan tampilan serat kayu yang menawan.

Anda akan dengan mudah melihat serat kayu dan cocok digunakan dalam ruangan yang netral. Nah produk cat aman yang perlu digunakan tidak lain adalah Biovarnish. Cat kayu Biovarnish adalah produk cat yang aman dan ramah lingkungan.

Produk ini sangat cocok untuk DIY pemula karena proses aplikasi hanya menggunakan kuas namun bisa memberikan penampilan yang maksimal. Jika Anda tertarik menggunakannya tidak hanya warna transparan saja yang didapatkan namun Anda juga bisa memilih warna-warna kayu dari wood stain yang telah tersedia banyak.

Cat kayu Biovarnish series terbagi menjadi tiga produk yang pertama adalah Biovarnish Wood Filler, kedua Biovarnish Liquid Stain dan ketiga adalah Biovarnish Clear Coat. Jika Anda ingin mendapatkan tampilan natural maka Biovarnish Clear Coat Matte bisa menjadi solusi yang terbaik.

Sudah siap dengan proses finishingnya? Berikut ini langkah-langkah yang bisa diikuti:

1. Lakukan Persiapan

Persiapkan meja yang akan difinishing. Persiapan meliputi pengamplasan dan pembersihan debu amplas. Amplaslah dengan kertas amplas kasar nomor 240 atau hand sander kemudian bersihkan debu amplas dengan vakum cleaner atau kain bersih. Pastikan tidak ada debu atau kotoran yang masih menempel.

2. Gunakan Wood Filler

Siapkan Biovarnish Wood Filler dengan warna yang diinginkan. Aplikasikan Wood Filler ke seluruh permukaan meja tamu palet dengan pisau scrape. Pastikan Anda mengaplikasikannya berlawanan dengan arah serat kayu. Jika terdapat lubang kecil Anda bisa mengisinya dengan Wood Filler hingga penuh.

Dempul Kayu

Tunggu lapisan ini kering sekitar 20 menit setelah diaplikasikan lalu amplas dengan kertas amplas 240. Anda harus mengamplas hingga serat dan warna kayu terlihat serta permukaan menjadi lebih halus.

3. Aplikasikan Cat

Siapkan Biovarnish Liquid Stain yang telah dipilih warnanya. Campurkan terlebih dahulu Liquid Stain dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. Anda bisa menakarnya menggunakan sendok dan aduk dalam wadah plastik. Gunakan kuas busa dan aplikasikan cat merata searah serat kayu, jangan terlalu tebal agar cat benar-benar meresap dan cepat kering.

Produk-biovarnish-liquid-stain

Tunggu lapisan Liquid Stain mengering tanpa harus dijemur, biasanya akan mengering dalam waktu 60 menit. Setelah itu amplas dengan amplas 400 secara ambang dan manual tidak menggunakan hand sander. Jika warna kurang sesuai Anda bisa mengaplikasikan Liquid Stain kembali dan warna akan menjadi lebih gelap. Warnai meja palet sesuai keinginan dan selera.

4. Gunakan Clear Coat

Meja-kayu-yang-dfinishing-dengan-Biovarnish

Terakhir siapkan Biovarnish Clear Coat. Campurkan clear coat dengan air dalam gelas plastik perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk rata. Gunakan kuas busa yang bersih atau telah ducuci dan dihilangkan airnya. Kuaskan ke seluruh permukaan meja tamu hingga merata. Tunggu benar-benar kering semalaman sebelum meja digunakan.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 Cat Kayu - by DH

CAT KAYU