3 Cara Mudah Menggunakan Sanding Sealer Pada Furniture Bambu

Menggunakan Sanding Sealer pada bambu dengan cara yang benar tentu dapat meningkatkan kualitas dari produk yang dihasilkan. Furniture bambu akan lebih awet dan memiliki tampilan lebih natural dengan aplikasi Sanding Sealer. Maka, memilih produk Sanding Sealer terbaik sudah semestinya menjadi perhatian Anda agar furniture bambu bisa digunakan lebih lama.

Memilih Material Kursi Bambu Hingga Finishingnya

Bambu merupakan material yang banyak dijumpai di Indonesia. Material bambu adalah bagian yang sangat mudah dibentuk menjadi berbahai macam jenis furniture hingga kerajinan seperti pada dekorasi ruangan. Apakah terdapat furniture bambu di rumah Anda? Sudahkah Anda memberikannya lapisan yang aman dan juga ramah lingkungan?

Lapisan atau cat yang dibutuhkan untuk furniture bambu adalah lapisan yang akan memberikan perlindungan. Bambu memiliki pori kayu yang membutuhkan perlindungan tepat agar serangan rayap dan juga jamur tidak merusak. Apakah Anda ingin mendapakan lapisan cat terbaik? Maka selalu pilih jenis sanding sealer bambu yang berkualitas.

Mengenal Karekateristik Bambu Sebagai Furniture

Bambu adalah salah satu material yang banyak diminati dan juga banyak digunakan sebagai bahan baku furniture. Banyak alasan mengapa bambu diminati dan diolah menjadi berbagai macam cara. Salah satunya adalah dianyam atau hanya dipotong lalu dirakit dan menjadi furniture. Bambu sudah dikenal sejak ratusan tahun lamanya sebagai material furniture.

Hanya saja pengolahannya yang beragam sesuai dengan perkembangan zaman di mana manusia semakin kreatif dalam melakukan pengolahan. Jika Anda ingin melakukan finishing pada bambu ada banyak cara yang bisa dipilih. Memilih warna untuk bambu atau memilih bahan cat yang akan memberikan proteksi kepada furniture material bambu.

Cara Menggunakan Sanding Sealer Bambu yang Benar

Untuk lebih singkatnya berikut ini beberapa karakteristik yang terdapat dalam material bambu sebagai furniture.

1. Ekonomis

Bambu adalah salah satu tanaman yang tumbuh paling cepat dengan beberapa varietas yang tumbuh hingga 4 inci atau 1,6 inci dalam satu jam. Palet bambu yang sudah difinishing bisa berharga cukup mahal. Namun, tentu saja dari segi kekuatan tidak sekuat kayu keras seperti pohon jati. Potongan bambu dijual sebagai veneer. Di Asia, industri furniture dan produk kerajinan bambu merupakan sumber pendapatan penting bagi banyak pihak. Bambu juga merupakan sumber daya alam yang berlimpah dan cepat diproduksi.

2. Kekuatan Kompresif

Secara umum, bambu memiliki kekuatan tekan yang lebih tinggi daripada kayu, batu bata atau beton. Kekuatan tekan bambu yang sebenarnya tergantung pada spesies, ukuran dan bagian dari tanaman dengan serat. Seperti kekuatan tekan papan bambu yang direkayasa bergantung pada pabrikan hingga bisa saja menjadi sangat tinggi.

3. Kekuatan Tarik

Kekuatan tarik adalah kemampuan untuk menolak. Bambu memiliki kekuatan tarik yang lebih rendah daripada baja. Ini sekitar 10 kali kekuatan tarik dari kayu lunak seperti pinus.

4. Tingkat Kelenturan

Tingkat kelenturan adalah kemampuan suatu material untuk mudah dibentuk tanpa putus. Bambu memiliki kekuatan lentur yang lebih tinggi daripada kayu. Ini adalah salah satu kualitas bambu yang paling dikenal karena secara umum digunakan untuk benda-benda yang lentur seperti pancing.

Bahan komposit bambu tertentu telah melebihi kekuatan lentur dari plastik yang diperkuat serat kaca dalam pengujian. Hal ini membuat tingkat kelenturan bambu sebagai material industri yang paling tinggi.

5. Warna

Memilih Material Kursi Bambu Hingga Finishingnya

Kayu bambu berwarna hijau ketika dipotong dan kuning menjadi cokelat ketika dikeringkan. Warna hitam pada kayu bambu menunjukkan pembusukan jamur. Kayu bambu yang diolah sering berwarna kuning muda sampai hampir putih. Dengan warna dasar putih, membuat bambu bisa diwarnai dengan warna apa saja.

Nah, melihat karakteristik bambu dari kekuatan hingga warnanya maka ada dua hal yang perlu dipenuhi oleh produk sanding sealer bambu. Yaitu memiliki daya lentur yang akan mengikuti perubahan bentuk dari bambu dan juga warna yang tepat yakni natural jika ingin mengekspose tampilan alaminya.

Maka jika dilihat dari kebutuhan tersebut, penggunaan Sanding Sealer Biovarnish sangat tepat diaplikasikan untuk furniture bambu.

Mengenal Sanding Sealer dan Manfaatnya untuk Bambu

Sanding sealer untuk material bambu yang berkualitas adalah sanding sealer yang dirancang khusus agar dapat menempel dengan baik pada permukaan bambu seperti Biovarnish. Produk Biovarnish Sanding Sealer adalah merk cat kayu yang paling mudah diaplikasikan dan menghasilkan mutu yang baik.

Apabila Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal dalam perlindungan furniture bambu maka Biovarnish adalah jawabannya. Selain bagus untuk bambu, Biovarnish adalah produk yang aman dan ramah lingkungan. Mengapa? Karena kandungan toxic Biovarnish sangatlah rendah. Anda tidak akan mendapatkan masalah pencemaran lingkungan di dalam ruangan.

Sudahkah Lantai Kayu Anda Menggunakan Biovarnish Sanding Sealer - Sanding Sealer Biovarnish

Seperti yang tertera dalam regulasi ECHA dan EPA dari Amerika dan Eropa, kandungan VOC atau bahan organik yang berbahaya untuk lingkungan harus di bawah 300 gram per liternya. Aturan dalam regulasi pun setiap tahun akan diperbaharui batasan penggunaannya.

Produk Biovarnish dalam pembuatannya mengikuti aturan regulasi yang telah diberlakukan tersebut. Bahkan untuk menghindari kelebihan dari ambang batas penggunaan VOC, Biovarnish hanya menggunakan sebanyak 50 gram per liternya. Jumlah yang sangat sedikit apabila dibandingkan dengan regulasi yang telah ditentukan. Jadi tentu saja Sanding Sealer Biovarnish adalah produk yang aman dan juga ramah lingkungan digunaan pada furniture di dalam ruangan.

Sebelum melakukan finishing sanding sealer pada bambu lebih  baik untuk mengetahui karakteristik bambu yang akan difinishing. Alasannya adalah Anda akan lebih mengenal bagaimana cara untuk melakukan finishing menggunakan Biovarnish secara benar. Nah ingin tahu apa saja karakteristiknya? Anda akan mengetahuinya dalam artikel ini.

Cara Menggunakan Biovarnish Sanding Sealer Bambu

Cara aplikasi sanding sealer Biovarnish pada umumya sama seperti ketika Anda akan mengaplikasikannya pada kayu. Larutan yang digunakan harus tepat, proses aplikasi menggunakan alat semprot, pengamplasan yang halus dan ruang pengeringan yang bersih.

Cara Menggunakan Sanding Sealer Bambu yang Benar

Jika Anda ingin mengaplikasikannya berikut ini langkah-langkah aplikasi yang bisa diikuti:

√ Lakukan Pengamplasan

Amplas seluruh permukaan material bambu dengan amplas kasar khususnya pada bagian ujung bambu yang berpori. Jika pada permukaan batang pastikan di setiap jari-jari bambu Anda mengamplas dengan halus. Bersihkan debu amplasan dengan kain.

√ Aplikasikan Sanding Sealer

Pentingnya Sanding Sealer BioColours Untuk Finishing Meja Cafe

Campurkan terlebih dahulu Biovarnish Sanding Sealer bambu dengan air kemudian aduk rata dan tuang ke dalam alat semprot yang telah disiapkan. Nyalakan kompresor kemudian semprotkan secara merata dari atas ke bawah. Tunggu lapisan kering kemudian lenjutkan dengan pengamplasan ambang dengan amplas 400.

√ Gunakan Clear Coat

Lapisan akhir adalah Biovarnish Clear Coat, di sini Anda bisa memilih tampilan gloss atau matte sesuai selera. Aplikasinya campurkan top coat dengan air kemudian campuran larutan masukan ke dalam alat tabung semprot.

Clear Coat Terbaik Untuk Finishing Furniture Rotan Tahan Lama - Biovarnish Clear Coat

Kemudian aduk rata dan semprotkan ke seluruh permukaan bambu. Langkah akhir tunggu lapisan mengering selama 24 jam atau semalaman. Pastikan ruangan bersih bebas debu namun tetap memiliki sirkulasi udara yang baik.

Kelebihan dari cat kayu Biovarnish dibandingkan sanding sealer bambu lainnya adalah waktu kering yang cepat. Anda tidak akan bermasalah dengan waktu kering lama dan tergantung dengan panas matahari. Di sini Anda hanya perlu mengaplikasikan sekali atau dua kali lapisan dan menunggu kering dalam ruangan.

Bahkan waktu kering sanding sealer terbilang cepat yakni 60 menit saja. Oleh karena itu Anda tidak akan bermasalah dengan waktu kering lama yang akan menghambat pekerjaan.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Coating Schedule"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing, perawatan, dan pencegahan kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2020 catkayu.com - All Right Reserved.