Menggunakan Sanding Sealer Tahan Cuaca untuk Garden Furniture

22
Menggunakan Sanding Sealer Tahan Cuaca untuk Garden Furniture

Musim hujan telah tiba, saatnya melindungi garden furniture dengan lapisan cat tahan cuaca. Apa lapisan cat yang tahan cuaca dan bagaimana menggunakannya? Tidak perlu bingung karena cat water based memiliki jawabannya dan bisa Anda gunakan dengan mudah.

Banyak pengrajin furniture di Indonesia yang lebih memilih untuk menjual garden furniture tanpa difinishing. Langkah ini dilakukan karena banyak permintaan dari konsumen yang memilih untuk melakukan finishing sendiri. Banyak konsumen yang kurang puas dari hasil finishing yang diberikan oleh pabrik furniture.

Hal ini juga bukan tanpa alasan, pabrik furniture yang berskala kecil atau UKM biasanya tidak menggunakan alat finishing khusus seperti roll coater yang umumnya dimiliki oleh pabrik-pabrik besar saja. Para UKM ini menggunakan alat spray atau finishing menggunakan kuas saja. Namun karena furniture yang harus difinishing tepat waktu dalam jumlah banyak mereka membutuhkan waktu yang lebih lama.

Belum lagi harga furniture yang telah difinishing akan lebih mahal dibandingkan garden furniture yang telah dicat. Selain itu juga bahan finishing yang diberikan belum tentu sesuai dengan kebutuhan garden furniture. Untuk penekanan biaya para pengrajin akan memilih cat yang lebih murah.

CS Biovarnish

Cat dengan harga murah ini tentunya tidak memiliki kualitas terjamin. Hasilnya pada saat musim penghujan tiba atau beralih kembali pada musim panas cat akan mudah mengelupas atau warnanya yang mulai memudar.

Maka banyak konsumen yang akhirnya memilih untuk membeli furniture yang belum difinishing. Cara ini bahkan lebih mudah dan murah apalagi jika Anda suka sekali dengan eksperimen warna dan bahan cat. Hasil yang didapatkan tentu sesuai keinginan dan lebih sempurna.

Cat yang Dibutuhkan untuk Garden Furniture

Sebelum masuk ke dalam tahapan pengecatan terlebih dahulu Anda harus memilih manakah yang termasuk jenis cat dibutuhkan oleh garden furniture. Kayu apakah yang digunakan untuk pembuatan furniture dan warna apa yang akan Anda terapkan? Bagaimana perlindungan yang diberikan oleh cat akan menjawab seberapa lama Anda akan menggunakan garden furniture tersebut.

Sanding sealer tahan cuaca adalah salah satu bahan cat yang dibutuhkan dari rangkaian finishing natural. Finishing natural sendiri pada awalnya hanya mengandalkan bahan pernis atau plitur. Namun bahan itu saja belum cukup memberikan perlindungan khusus teruntuk garden furniture.

Menggunakan Sanding Sealer Tahan Cuaca untuk Garden Furniture
kursi kayu jati yang belum difinishing

Sanding sealer akan bekerja sebagai cat dasar kayu sekaligus lapisan antara cat di atas dan di bawahnya. Ketika memilih sanding sealer ini tentu haruslah bahan yang mudah merekat dengan baik ke dalam pori kayu sekaligus harus mudah mengikuti perubahan bentuk dari kayu atau furniture. Ingat furniture yang terkena perubahan cuaca akan mengalami pemuaian dan penyusutan secara drastis.

Apabila bahan cat dasar yang dipilih tidak dapat mengikuti perubahan material kayu maka akan mudah rusak atau retak. Tidak menginginkan hal tersebut terjadi, Anda harus memilihnya dengan benar.

Apa saja yang dibutuhkan sebuah produk cat untuk garden furniture? Berikut ini penjelasannya:

  1. Cat harus tahan cuaca, tidak hanya mengikuti perubahan bentuk material namun cat juga harus lebih tahan terhadap panas dan hujan bahkan perubahannya. Cat harus tidak mudah pudar atau mudah retak. Ini adalah keharusan untuk furniture tetap menarik dalam jangka waktu yang lama.
  2. Cat harus mudah diaplikasikan. Anda akan melakukan finishing sendiri jadi semakin mudah cat bisa disemprot atau dikuas adalah pilihan yang terbaik.
  3. Cat harus cepat kering, Anda akan berpacu dengan waktu kering agar segera menyelesaikan pengecatan. Cat yang mudah kering dibutuhkan di sini agar tidak membuang banyak waktu untuk menyelesaikannya.
  4. Cat harus memiliki banyak pilihan warna natural. Ada banyak jenis warna kayu dan seratnya yang perli ditampilkan. Nah banyaknya pilihan warna natural akan membantu mempercantik tampilan garden furniture Anda.

Jika melihat dari keempat syarat atau jenis cat yang dibutuhkan untuk garden furniture maka kini Anda bisa menggunakan cat BioColours. Sanding sealer BioColours sendiri adalah produk yang bisa digunakan pada waktu hujan karena kecepatan keringnya yang tinggi.

Bahkan hanya dalam waktu 60 menit saja Anda bisa melanjutkan proses pengamplasan dan penyemprotan lapisan selanjutnya. Untuk hasil halus tidak hanya sanding sealer BioColours saja yang dibutuhkan tapi juga material garden furniture yang sudah diamplas dengan halus dan dibersihkan dari debu pengamplasan.

Cara Mengecat Garden Furniture Warna Natural

Anda yang sudah tidak sabar untuk melakukan pengecatan dengan produk BioCOlours bisa mempersiapkan material garden furniture terlebih dahulu. Pertama Anda bisa mulai dengan mengamplas, agar cepat selesai gunakan hand sander dan gunakan kertas amplas 180 hingga 220 bergantian secara bertahap.

Menggunakan Sanding Sealer Tahan Cuaca untuk Garden FurnitureJika pengamplasan dirasa sudah cukup dan permukaan material diraba sudah halus maka bersihkan debu pengamplasan. Bersihkan hingga debu amplas serta kotoran yang lainnya hilang. Lalu jika sudah ikuti langkah berikut ini:

  1. Aplikasikan BioColours wood filler yang sudah dicampurkan dengan sedikit air. Cara mengaplikasikannya adalah dengan menguasapkan secara memutar menggunakan kain katun yang bersih. Tekan dan lakukan merata. Tunggu lapisan ini kering kemudian amplas dengan amplas 240 hingga warna kayu dan serat kayu terlihat.
  2. Siapkan sanding sealer BioColours yang sudah dicampur dengan air dalam gelas plastik. Gunakan perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk rata. Masukan ke dalam tabung spray dan semprotkan ke seluruh permukaan kayu merata. Tunggu lapisan ini kering dan lanjutkan dengan pengamplasan ambang menggunakan amplas 400.
  3. Aplikasikan BioColours wood stain dengan pilihan warna sesuai dengan warna kayu. Campurkan dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. Masukan ke dalam alat spray kemudian semprotkan ke seluruh permukaan garden furniture hingga merata. Lakukan cara ini dan diamkan hingga kering selama 60 menit. Apabila warna kurang merata aplikasikan cat kembali. Lanjutkan dengan pengamplasan ambang dengan amplas 400.
  4. Aplikasikan terkahir BioColours top coat gloss. Campurkan top coat dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk rata. Tuangkan ke dalam alat spray kemudian semprotkan secara merata ke garden furniture. Lakukan langkah ini bisa dua kali untuk mendapatkan lapisan film yang kuat.
  5. Untuk lapisan akhir mengering dengan sempurna Anda perlu menunggu hingga 24 jam dan mendapatkan lapisan coating keras sempurna. Jika belum kering tunggu agar tidak terjadi cacat finishing nantinya.

Salah satu cara agar hasil halus dan kering merata adalah jangan menjemur garden furnture di bawah panas matahari langsung selama proses finishing berlangsung. Jangan lakukan agar cat mengering dengan cepat, cat water based tidak akan mengering dengan sempurna dan penguapan yang terjadi tidak akan sempurna.

Hasilnya justru akan buruk. Cara paling baik menunggu kering adalah mendiamkan garden furniture di dalam ruangan yang kering dan memiliki sirkulasi udara baik selama proses finishing.

CS Biovarnish