Alasan Mengapa Harus Memilih Cat Kayu Biovarnish Tahan Cuaca

365
Cat Kayu Biovarnish Tahan Cuaca

Jika musim hujan tiba udara pasti akan menjadi lembab. Bagi Anda yang memiliki furniture baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan harus waspada. Sebentar lagi musim penghujan tiba, apakah Anda sudah melakukan perawatan terbaik untuk furniture di rumah? Jangan sampai Anda terlambat mengetahui perawatan furniture yang benar untuk melalui musim penghujan di tahun ini.

Perawatan pada furniture dilakukan bertahap, pertama adalah pada saat furniture atau mebel belum difinishing lalu selanjutnya adalah proses finishing dan terakhir proses recoating.  Ketiga proses tersebut akan membuat furniture lebih tahan lama melalui beberapa tahun musim penghujan ke depan.

Proses pertama yaitu memberikan Biocide Insecticide dan juga BioCide Wood Fungicide agar serangga dan juga jamur tidak mudah merusak. Setelah itu Anda masuk ke dalam tahapan finishing yaitu mengaplikasikan cat kayu Biovarnish tahan cuaca. Memilih cat ini tidak bisa sembarangan karena tanpa cat Biovarnish yang tahan cuca, furniture di rumah Anda bisa saja akan rusak bahkan tidak bisa digunakan kembali setelah musim hujan selesai.

Perawatan yang terakhir adalah proses recoating. Ini bisa Anda aplikasikan apabila lapisan coating furniture di rumah sudah mulai mengelupas. Mengelupasanya lapisan ini membuat air hujan dapat masuk ke dalam pori kayu kemudian menumbuhkan jamur dan membuat kayu cepat lapuk.

CS Biovarnish

Fungsi utama cat kayu tahan cuaca tidak sekedar melindungi dari musim hujan saja. Cat kayu Biovarnish tahan cuaca akan melindungi dari perubahan cuaca dari panas ke hujan dan juga dari hujan ke panas. Perubahan cauca ini akan membuat lapisan coating mudah retak dan rusak. Maka perlindungan dari jenis cat yang tepat sangat dibutuhkan.

Tingkatan Tahan Cuaca Cat Kayu Kuas Biovarnish

Dari mana Anda mengetahui cat tersebut tahan cauca? Cara mudahnya adalah Anda bisa melihat dari label produk tersebut apakah tertera keterangan tahan cuaca. Mungkin bagi sebagian Anda masih kurang percaya, tetapi keterangan tersebut akan dicantumkan apabila sudah dilakukan berbagai macam percobaan untuk menguji ketahanan terhadap pengaruh panas, dingin bahkan goresan.

Lalu bagaimanakah cat kayu Biovarnish di uji dalam ketahanan cuaca? Berikut ini uji test ketahanan yang dilakukan pada substrat kayu yang sudah dilapisi oleh cat kayu kuas Biovarnish:

  1. Uji coba ketahanan terhadap panas

Percobaan yang telah dilakukan untuk menguji ketahanan panas cat Biovarnish adalah dengan memanggang substrat kayu didalam oven hingga 100˚ Celcius. Pemanasan dilakukan selama 1 jam kemudian dikeluarkan dengan penjepit. Hasilnya tidak ada retakan bahkan cat yang mengelupas.

  1. Uji coba ketahanan terhadap dingin

Percobaan ini berlangsung setelah substrat kayu dioven selama satu jam. Substrat kayu dimasukan ke dalam freezer selama satu jam dengan suhu -4˚ celcius. Setelah dikeluarkan tidak terjadi perubahan papun baik itu cat yang retak dan mengelupas.

  1. Uji coba ketahanan panas dan dingin

Pengujian panas dan dingin ini dilakuakn secara berkala dan bergantian. Susbtrat kayu yang sudah dilapisi oleh Biovarnish dimasukan ke dalam oven bersuhu 100˚ celcius kemudian dipindahkan ke dalam frezer bersuhu -4˚ celcius. Perpindahan ini dilakuakn sebanyak enam kali. Hasilnya tidak ada perubahan pada lapisan coating Biovarnish. Menandakan cat Biovarnish tahan oleh perubahan cauca panas dan dingin.

  1. Uji coba tidak lengket

Tahan terhadap tekanan dan goresan ini diuji setelah substrat kayu dimasukan ke dalam oven selama 1 jam dengan suhu 100˚ celcius. Lalu substrat kayu dikeluarkan dan diberikan beban seberat 1psi (7kg). Beban dibiarkan selama satu jam dan hasilnya lapisan coating tidak lengket.

Melalui berbagai tahapan pengujian tersebut, terbukti cat kayu Biovarnish tahan cuaca. Anda tidak perlu takut apakah Anda menggunakannya pada furniture di Indonesia maupun di luar negeri yang memiliki musim dingin.

Bagi Anda pemilik industri furniture yang akan dikirim keluar negeri maka sangat membutuhkan cat kayu Biovarnish yang sudah teruji ketahanannya terhadap perubahan cuaca. Lapisan coating akan bertahan dengan lama sekalipun Anda menggunakannya pada outdoor.

Cat Kayu Tahan Cuaca Bagus Untuk Furniture Outdoor

Tidak hanya untuk furniture indoor saja, cat Biovarnish yang tahan cuaca dapat digunakan untuk furniture outdoor. Sangat jarang sekali sebuah produk finishing yang mampu digunakan untuk furniture indoor dan juga outdoor. Bahkan sudah teruji ketahanannya dengan baik.

Cat Kayu Biovarnish Tahan Cuaca

Selain tahan cuaca, cat kayu yang dibutuhkan untuk furniture outdoor adalah cat yang memiliki kandungan anti rayap dan anti jamur. Furniture outdoor terlebih lagi furniture yang bersentuhan dengn tanah secara langsung memiliki resiko yang sangat tinggi untuk dimakan oleh rayap, mengingat kayu adalah makanan rayap.

Tanaha memiliki kandungan air yang sangat tinggi maka furniture kayu akan cepat ditumbuhi oleh jamur. Jamur inilah yang akan mengundang  datanganya rayap. Jika Anda sudah memberikan lapisan coating Biovarnish maka walaupun furniture Anda bersentuhan langsung dengan rayap maka tidak akan dengan mudah ditumbuhi jamur dan didatangi oleh rayap.

Penampilan Furniture Outdoor Tetap Terjaga

Selain dari segi perlindungan baik cuaca, rayap dan jamur  penampilan furniture juga perlu untuk diperhatikan. Cat kayu tahan cuaca Biovarnish tidak hanya melindungi substrat kayu tetapi juga melindungi dari segi penampilan.

Warna natural yang diberikan tidak mudah berubah karena lapisan top coat transparan yang memberikan proteksi sangat baik. Lapisan top coat adalah clear yang akan melindungi warna wood stain di bawahnya. Terlebih lagi lapisan clear ini tidak akan menimbulkan efek menguning.

Tidak adanya efek menguning ini disebabkan tidak adanya kandungan formalin. Jika Anda menggunakan clear merk lain kemungkinan besar, efek menguning akan muncul karena kandungan formalin yang tinggi.

Timbulnya efek menguning ini akan menurunkan nilai estitak terlebih lagi jika terkena panas terus menerus. Lapisan clear dari Biovarnish Clear Coat ini ada dua yaitu gloss dan doff. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang sangat natural seolah-olah tidak dilapisi lapisan coating Anda bisa memilih Clear Doff.

Untuk pilihan warna Biovarnish Wood Stain terdapat 20 jenis warna yang berbeda dan sesuai dengan jenis kayu misalnya saja warna mahogany, warna jati, warna sonokeling, warna yellow ox, dll. Pilihan warna ini tentunya akan menyesuaikan gaya apakah yang akan Anda terapkan, apakah gaya klasik, gaya modern, gaya kontemporer, dll.

Dapat ditarik kesimpulan cat kayu Biovarnish tidak hanya memberikan perlindungin dari sisi ketahanan cuaca yang telah diuji menggunakan berbagai cara tetapi juga memberikan penampilan dari segi  warna dan tingkat glossy. Lalu manakah warna cat Biovarnish Anda? Segera pilih sekarang juga.

CS Biovarnish