Simak Tips Membeli Sofa Disini untuk Mendapat Kualitas Terbaik

Jika Anda memutuskan gaya sofa dan sekarang Anda siap untuk berbelanja ada banyak hal yang harus dipertimbangkan ketika membeli sofa daripada hanya memilih gaya dan warna. Sebelum Anda melakukan pembelian (yang kemungkinan akan menjadi salah satu yang termahal di rumah Anda), pastikan Anda tahu apa yang harus dicari.

  • Ukuran Sofa

Sofa akan membutuhkan banyak ruang baik secara visual maupun fisik. Sebelum membeli sofa pastikan itu cocok di rumah Anda. Ukur tinggi, lebar, kedalaman, tinggi kursi dan tinggi lengan. Anda harus memastikan agar muat melalui pintu, di sudut, dan menaiki tangga jika perlu. Tidak ada yang lebih buruk daripada memiliki sofa mahal yang dikirimkan hanya untuk menemukannya tidak muat melalui pintu.

  • Konstruksi

Ada banyak yang mempengaruhi kekuatan konstruksi sofa, dan secara umum Anda mendapatkan apa yang Anda bayar. Itulah mengapa disarankan untuk selalu membeli yang terbaik yang Anda mampu. Tetapi apa pun nilai harga Anda, pastikan untuk meletakkan tangan Anda di belakang sofa mana pun yang Anda pertimbangkan. Bagian belakang yang berongga bukan merupakan pertanda bagus karena biasanya menunjukkan konstruksi yang buruk.

  • Pilihan Kain

Kain adalah pertimbangan yang sangat penting di setiap sofa, dan apa yang Anda inginkan harus terkait langsung dengan cara Anda menggunakannya. Jika sofa masuk ke ruang keluarga dan akan melihat banyak aktivitas (anak-anak, hewan peliharaan, tumpahan noda, dll.). Kain yang tahan lama adalah tolak ukur yang sangat penting (pikirkan di sepanjang garis katun tebal, kanvas dan wol). Jika berada di ruang keluarga formal, Anda mungkin bisa pergi dengan sesuatu yang tidak menyenangkan seperti sutra. Ingat, sofa dan kainnya harus mencerminkan gaya hidup Anda jadi jangan membelinya hanya karena penampilan.

  • Warna dan Pola

Warna dan pola penting untuk beberapa alasan. Yang pertama bersifat dekoratif. Sofa akan memenuhi banyak ruang visual dan akan berdampak besar pada keseluruhan tampilan dan nuansa ruangan Anda. Sofa juga mahal dan tidak bisa diganti dengan mudah. Jadi, pastikan untuk memilih warna dan pola yang Anda sukai dan dapat menyukainya untuk waktu yang lama. Pertimbangan lain adalah bahwa tergantung di mana sofa akan berada, sofa dapat melihat terkena banyk tekanan dan dengan demikian rusak. Warna dan pola tertentu dapat membantu menyamarkan pakaian biasa dan banyak sofa yang robek.

  • Sarung sofa (slipcovers)

Sebagai aturan umum, pelapis adalah yang terbaik untuk tampilan yang bersih dan disesuaikan, tetapi itu tidak berarti adalah pilihan terbaik untuk rumah Anda. Slipcovers sangat bagus karena dapat dilepas dan dibersihkan dengan mudah. Ini membuat orang-orang yang memiliki anak-anak, hewan peliharaan, atau hanya cenderung menumpahkan banyak noda lebih mudah dibersihkan. Ini juga bagus karena Anda dapat dengan mudah mengubahnya jika Anda ingin mengganti dekorasi Anda sesuai dengan musim. Biasanya lebih murah untuk membeli sarung daripada membeli sofa baru, atau bahkan sofa yang sudah dibungkus ulang, jadi jika Anda memiliki masalah komitmen, sarung kursi bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Slipcovers juga bagus untuk menyembunyikan bingkai sofa yang rusak atau jelek.

  • Kenyamanan
Tips Untuk Membeli Sofa Berkualitas

Kenyamanan adalah kunci ketika memilih sofa. Sebelum Anda membeli menguji sofa di toko. Berbaringlah, angkat kaki Anda, sandarkan kepala Anda di lengan atau apa pun yang Anda rencanakan untuk lakukan di rumah harus dicoba di toko.

  • Biaya Sofa

Biaya sofa sangat bervariasi, dan mendapatkan kualitas terbaik yang sesuai dengan anggaran Anda harus menjadi prioritas. Ketika berpikir tentang biaya ingat aturan utama yaitu kualitas sofa – sofa harga pertengahan rendah harus bertahan sekitar 10 tahun, sementara sofa dengan harga lebih tinggi harus bertahan 25 tahun atau lebih. Anggarkan yang sesuai dengan kantong Anda.

Perhatikan Hal Berikut Sebelum Membeli Sofa Bed

Anda dapat mengubah ruangan menjadi kamar tidur atau ruang tamu dengan menyediakan tempat tidur sofa berkualitas. Sofa tempat tidur dengan nama apa pun adalah salah satu furnitur yang paling serbaguna dan banyak digunakan yang bisa Anda miliki. Sebagai soal fakta, beberapa tempat tidur sofa senyaman tempat tidur biasa.

Saat berbelanja sofa tempat tidur, penting untuk diingat bahwa tempat ini paling sering digunakan sebagai tempat duduk. Jadi, masuk akal untuk mencari fitur yang sama dengan yang Anda lakukan di sofa biasa, seperti desain yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi gaya Anda. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa Anda akan mencari kasur yang nyaman dan mekanisme operasi yang efisien juga.

  1. Carilah Bingkai Kayu

Bingkai yang paling kuat dan paling tahan lama untuk semua jenis sofa, termasuk tempat tidur sofa, adalah yang terbuat dari kayu keras yang dikeringkan atau kombinasi dari kayu keras yang dikeringkan dengan kiln dan kayu lapis kelas-furnitur. Hindari membeli kerangka yang terbuat dari kayu yang lebih lembut seperti pinus.

  1. Carilah Mekanisme yang Berkualitas Baik
Tips Untuk Membeli Sofa Berkualitas

Mekanisme dalam tidur yang baik harus mengangkat dan keluar dalam satu gerakan halus tanpa mencicit atau menempel. Carilah unit yang dirancang dengan bilah pengunci untuk memastikan penutupan yang tepat serta pembukaan yang mudah. Amati dengan seksama untuk memastikan mekanisme pembukaan disatukan dengan baik, dan bagian-bagiannya tidak akan pecah atau lepas dengan mudah.

  1. Rasakan Permukaan halus pada Semua Mekanisme

Semua bagian mekanisme dalam tempat tidur sofa harus memiliki permukaan yang halus sehingga seprai dan selimut tidak tersangkut atau tersangkut dan robek sebagai akibatnya. Saat Anda menggunakan tempat tidur sofa di rumah Anda sendiri, dan bahkan di tempat dengan mekanisme operasi terbaik, selalu ada baiknya untuk melepas seprai dan selimut sebelum menutup unit. Dengan cara itu tidak akan menyebabkan keselarasan pada bagian yang berbeda bergeser.

  1. Periksa Kualitas Kasur

Kasur berkualitas membuat tidur malam yang nyenyak dan akan dengan nyaman mendukung tubuh di bahu, pinggul, dan punggung bawah. Kasur yang lebih tebal tidak selalu lebih baik; yang lebih tipis, lebih baik dibangun mungkin menawarkan dukungan yang lebih baik. Anda juga dapat mempertimbangkan menggunakan alas kasur yang nyaman di atas saat Anda menggunakan sofa tempat tidur untuk tidur.

  1. Pengujian

Menjadi ide yang bagus untuk menguji tempat tidur sofa sebelum Anda membelinya. Coba buka dan tutup untuk melihat bagaimana rasanya. Sofa harus mudah dioperasikan, dan Anda tidak perlu susah untuk membukanya. Buka dan berbaring untuk melihat bagaimana rasa dari kasur tersebut.

  1. Ukur terlebih dahulu

Selalu pastikan bahwa Anda mengukur sofa tempat tidur Anda sebelum Anda berkomitmen untuk membeli. Jangan lupa untuk mencari tahu apa ukurannya ketika dibuka. Ingat bahwa itu membutuhkan banyak ruang sebagai tempat tidur atau lebih ketika dibuka sepenuhnya. Jika Anda berencana menempatkan perabot apa pun di depannya, pastikan mereka ringan dan mudah dipindahkan sehingga Anda dapat dengan mudah mengangkatnya keluar dari jalan sebelum membuka tempat tidur sofa.

Pertimbangkan Menggunakan Sofa Kayu

Anda mungkin sudah memilih mana saja jenis sofa yang hendak dibeli, tapi sebagai pertimbangan terbesar, menggunakan sofa kayu bisa jadi pilihan tepat. Alasan utamanya adalah material kayu lebih kuat, apalagi jika terekspos alias bukan jenis rangka kayu di dalam kain. 

Jenis kayu yang bagus untuk digunakan seperti kayu jati, kayu sonokeling hingga jenis kayu keras lainnya. Jika kayu ini diperlihatkan sebagai sofa di dalam rumah bisa memunculkan kesan klasik nan eksotis. Warna serat kayu akan terlihat dan memberikan kesan alami di dalam ruangan. 

Jadi tidak ada salahnya jika Anda menggunakan sofa kayu, supaya empuk tinggal memberikan tambahan bantalan saja. Ada beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan sofa dari kayu selain tampilannya yaitu sebagai berikut:

  • Lebih murah dibandingkan sofa kain

Harga dari sofa kayu tentunya lebih murah dibandingkan dengan sofa kain. Anda bisa membandingkannya langsung di toko furniture. Mengapa lebih murah? Karena desain sofa kayu lebih simpel dan tidak sulit untuk dibuat. Pengrajin juga tidak perlu menambahkan kain sebagai lapisan luarnya. 

  • Mudah untuk perawatannya

Sofa dari kayu lebih mudah dirawat, karena Anda tidak perlu membersihkan menggunakan mesin vakum. Kayu hanya perlu dipoles secara rutin setiap beberapa bulan sekali supaya tampilannya menjadi lebih mengkilap dan seperti baru. 

  • Bisa memilih tampilan sendiri

Jika Anda menggunakan sofa kayu ada begitu banyak tampilan yang bisa dipilih sendiri. Karena sofa kayu lebih mudah untuk masuk ke proses finishing. Anda bisa menggunakan pernis atau lapisan sanding sealer sehingga kayu tampak transparan dan natural. 

  • Lebih tahan lama

Kayu yang tidak dilapisi kain bisa lebih tahan lama, apalagi jenis kayu yang digunakan adalah kayu keras. Apabila dirawat dengan baik, sofa akan bertahan lebih lama daripada sofa kain. Ketahanan ini tentu saja adalah yang banyak dicari sehingga tidak perlu membeli sofa baru setiap beberapa tahun sekali. 

Bahan Finishing agar Sofa Kayu Lebih Awet

Apabila Anda sudah memutuskan untuk membeli sofa kayu, maka perawatan menjadi lebih mudah. Jika Anda menggunakan sofa ini maka bahan finishing yang dipilih harus tepat. Khusus sofa kayu, bahan finishing yang disarankan adalah Biovarnish

Produk finishing berpelarut air inilah yang akan membuat lapisan pada sofa kayu menjadi lebih terjaga. Selain itu bahan finishing ini lebih aman digunakan tidak mengeluarkan terlalu banyak bau yang menyengat, jadi tergolong aman. 

Kelebihan Biovarnish untuk sofa kayu adalah sebagai berikut:

  1. Warna merata dan natural transparan sehingga mampu memperlihatkan keindahan dari kayu aslinya. 
  2. Aplikasi yang lebih mudah, karena hanya menggunakan kuas sehingga tidak terlalu membutuhkan peralatan yang berlebihan. 
  3. Memberikan warna natural yang transparan sehingga bisa memperlihatkan kesan yang alami dan warna kayu lebih cantik. 
  4. Memberikan perlindungan dari goresan hingga perubahan cuaca, jadi cocok juga untuk furniture luar ruangan. 
  5. Memiliki kandungan anti jamur sehingga tidak membutuhkan lapisan anti jamur tambahan. Sofa tidak akan mudah berjamur di masa depan. 

Menggunakan Biovarnish untuk sofa adalah keputusan yang sangat tepat. Anda tidak perlu memikirkan masalah keamanan furniture dalam ruangan hingga warnanya. Apalagi jika lapisan ini akan membuat furniture bisa bertahan lebih lama. 

Anda bisa menggunakan Biovarnish untuk bermacam-macam jenis furniture mulai dari furniture dalam ruangan hingga outdoor dan bermacam-macam jenis kayu. 

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Tips Memilih Bahan Finishing"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 Cat Kayu - by DH

CAT KAYU