Cat Plitur Kayu Terbaik Untuk Kursi Kayu Mahoni

Kursi adalah salah satu jenis mebel yang sangat dibutuhkan dan sangat penting bagi kehidupan manusia di dalam maupun di luar rumah. Kursi terbuat dari berbagai macam material salah satunya adalah kayu. Kursi ada dua jenis yaitu yang sering juga disebut dengan bangku atau kursi yang tidak menggunakan sandaran Sedangkan adapula jenis kursi yang menggunakan sandaran. Melihat peranan kursi yang sangat penting tidak mungkin jika sebuah hunian tidak dilengkapi dengan kursi. Kursi dibuat sedemikian rupa agar menarik dan juga nyaman untuk digunakan.

Cat Plitur Kayu Terbaik Untuk Kursi Kayu Mahoni

Cat adalah bahan finishing yang dibutuhkan untuk memberikan perlindungan sekaligus tampilan. Salah satunya adalah untuk finishing kursi kayu.Ketika sebuah kursi telah difinishing maka akan memiliki harga jual yang lebih tinggi dibandingkan tidak diberikan cat. Melihat peranan kursi dan juga cat yang tidak bisa dilepaskan ini maka cat adalah bahan finishing yang harus digunakan dan juga stidak boleh dilewatkan.

Ada banyak sekali jenis cat tergantung dengan material kursi yang akan difinishing serta hasil yang diinginkan. Jika menggunakan material besi maka cat yang digunakan adalah jenis cat enamel seperti cat kayu besi Orchid. Sedangkan jika material dari kursi adalah kayu maka dapat menggunakan cat plitur kayu yang akan memberikan hasil warna natural. Namun bukan berarti material kayu hanya bisa difinishing menggunakan bahan plitur saja, karena bagi Anda yang suka dengan warna solid maka bisa mengecat kursi kayu menggunakan warna solid seperti yang terdapat dalam cat Orchid.

Namun kali ini yang akan dibahas lebih lanjut adalah jenis cat untuk kursi yang akan memberikan hasil warna natural. Mengapa memilih warna natural pada kursi kayu? Alasannya sudah sangat jelas yaitu untuk memperlihatkan serat kayu serta warna kayu yang asli. Cat plitur kayu tidak akan merusakn serat kayu dan juga menutup warna kayu seperti cat solid. Namun justru memberikan ketajaman pada serat kayu dan mengekspose warna dari kayu menjadi lebih tajam. Cara finishing ini akan memperlihatkan sebuah kursi warna natural dan memberikan kehangatan di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Mengenal Kayu Kelebihan Dan Kekurangan Kayu Mahoni

Salah satu jenis kayu yang sering digunakan sebagai furniture bahkan kursi kayu adalah kayu mahoni. Sebelum masuk ke dalam cara finsihing kayu mahoni mari pelajari terlebih dahulu bagaimana dengan karakter kayu mahoni. Mengenal kayu mahoni menjadi sangat penting sehingga Anda tidak salah dalam memilih kayu serta salah memilih warna plitur kayu. kayu mahoni adalah jenis kayu yang meruaah kayu khas dari daerah tropis. Jadi pohon mahoni hanya tumbuh di negara tropis seperti halnya Indonesia. Kayu mohoni adalah anggota suku Meliaceae yang tinggi pohon bisa mencapai 35 hingga 40 meter dengan diameter 125. Ukuran diameter ini bisa lebih besar dibandingkan dengan kayu jati. Warna kulit luar dari pohon mahoni adalah coklat kehitaman denganbatang lurus berbentuk silindris dan tidak memiliki banir. Kulit batang dari kayu mahoni berwarna abu-abu dan halus ketika masih muda namun setelah berubah menjadi tua akan menjadi warna coklat tua.

Cat Plitur Kayu Terbaik Untuk Kursi Kayu Mahoni

Pertumbuhan dari pohon mahoni biasanya tumbuh pada pasir payau dekat dengan pantai. Pohon mahoni berperan penting untuk mengurangi polusi udara hingga mencapai 47% hingga 69%. Tidak heran pohon mahoni disebut juga dengan filter udara dan daerah tangkapan air. dalam 35 tahun terakhir ini phon mahoni sudah mulai untuk dibudidayakan karena kayu yang dihasilkan memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Sebagai mebel, kualitas dari kayu mahoni sendiri cukup bagus walaupun masih di bawah dari kayu jati.

Jenis kayu mahoni sendiri sudah sering untuk digunakan pada furniture Jepara selain kayu jati. Di Jepara kayu mahoni seringkali digunakan untuk mebel model klasik karena banyak sekali pembeli dari eropa dan juga Amerika yang menyukai gaya klasik dari kayu mahoni. Ada beberapa kelebihan dan juga kekurangan yan terdapat dalam kayu mahoni yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan finishing atau menggunakannya sebagai furniture.

Kelebihan dari kayu mahoni adalah sebagai berikut ini:

  • Memiliki serat kayu yang halus serta beragam. Sehingga untuk furniture klasik sangat dibutuhkan plitur yang akan menonjolkan serat dari kayu mahoni.
  • Memiliki penampang kayu yang stabil sehinggi memiliki kekuatan yang tinggi terhadap munculnya penyusutan dan juga perubahan bentuk. Maka selain digunakan sebagai bahan baku kursi atau mebel, kayu jati seringkali digunakan sebagai bahan baku alat musik seperti gitar.
  • Memiliki kandungan minyak yang rendah. Karena kandungan minyak yang rendah ini resiko untuk muncul efek menguning ketika selesai difinishing sangat rendah. Namun tentu saja dibutuhkan juga kayu mahoni yang harus kering sebelum di finishing.

Kekurangan dari kayu mahoni adalah sebagai berikut ini:

  • Kayu mahoni adalah jenis kayu yang mudah diserang oleh hama karena tidak seperti kayu jati yang memiliki resin khusus yang tidak disukai oleh rayap.
  • Kayu mahoni membutuhkan perlakuan yang khusus sehingga untuk proses pengeringan, penyimpanan kayu sebelum diolah harus hati-hati. Bahkan proses finishing harus menggunakan produk yang tepat seeprti cat kay water based.

Jenis-Jenis Kursi Kayu Mahoni

Anda sudah mengetahui bagaimana detil dari karakter kayu mahoni. Nah untuk menentukan jenis finishing manakah yang tepat untuk kursi kayu mahoni Anda maka sebaiknay carilah inspirasi terlebih dahulu. Ketika Anda sudah mendapatkan gambaran dari inspirasi tersebut maka Anda bisa dengan mudah menentukan jenis finishing manakah yang akan Anda gunakan. Berikut ini beberapa inspirasi yang bisa Anda gunakan.

Cat Plitur Kayu Terbaik Untuk Kursi Kayu Mahoni Cat Plitur Kayu Terbaik Untuk Kursi Kayu Mahoni

Cara Finishing Kursi Kayu Mahoni Dengan Cat Plitur Kayu

Anda sudah mendapatkan banyak informasi dari kayu mahoni dan juga inspirasi yang cukup banyak dari finishing kursi kayu mahoni. Kini Anda bisa menentukan manakah jenis cat yang akan digunakan sebagai finishing. Seperti yang telah dikatakan bahwa kayu mahoni adalah jenis kayu yang mudah diserang oleh rayap. Maka Anda juga harus memilih jenis cat yang mengandung bahan anti rayap sekaligus anti jamur. Jenis cat ini adalah produk Biovarnish. Cat kayu Biovarnish adalah merk plitur kayu yang bagus atau plitur water based yang telah dirancang khusus untuk melindungi furniture baik itu furniture indoor maupun outdoor.

Cat Plitur Kayu Terbaik Untuk Kursi Kayu Mahoni

Cat kayu Biovarnish jika digunakan akan sangat hemat bugdet finishing karena bahan pelarutnya adalaha air yang mudah dicampur dan tidak mahal. Bagi Anda yang sudah tidak sabar untuk melakukan proses finishing pada kursi kayu mahoni maka ikut langkah berikut ini untuk finishing.

  • Pastikan kursi kayu mahoni telah kering dengan MC kayu 12% untuk mencegah perutmbuhan jamur di kemudian hari. Pastikan juga kursi kayu telah bersih dair debu dan kotoran. Sebaiknya sebelum Anda melakukan finishing lakukan pengamplasan dengan kertas amplas nomor 180. Tahapan ini sangat penting untuk membuka pori-pori kayu sehingga cat dapat masuk dan menempel dengan baik.
  • Cat Plitur Kayu Terbaik Untuk Kursi Kayu Mahoni
  • Aplikasikan Biovarnish wood filler mahoni. Aplikaskan wood filler dengan pisau pallet khususnya pada bagian cacat kayu. Aplikasikan ke seluruh permukaan baru tunggu wood filler menjadi kering sekitar 20 menit. Amplas kursi kayu mahoni dengan kertas amplas nomor 240 hingga serat kayu mahoni terlihat dan siap untuk langkah selanjutnya.
  • Aplikasikan Biovarnish wood stain mahoni. Jika Anda ingin mengaplikaskan plitur untuk kayu mahoni maka gunakan warna kayu mahoni. Pilihan warna ini akan memperlihatkan ketajaman warna dari kayu mahoni yang kemerahan. Campurkan 2 bahan dengan 1 air di dalam gelas plastik dan aduk hingga benar-benar rata. Jika Anda ingin menggunakan kuas sebaiknya gunakan kuas yang sudah dilapisi dengan kain katun yang bersih. Jika tidak Anda bisa menggunakan jenis kuas sponge.
  • Tunggu cat mengering sekitar 60 menit tanpa dijemur pada panas matahari cukup diangin-anginkan saja. Jika sudah maka Anda bisa mengamplas dengan kertas amplas nomor 400 hingga permukaan kursi kayu menjadi halus. Jika warna yang diinginkan belum sesuai Anda bisa mengaplikasikan kembali cat Biovarnish hingga mendapatkan warna yang diinginkan.
  • Cat Plitur Kayu Terbaik Untuk Kursi Kayu Mahoni
  • Lapisan terakhir adalah Biovarnish clear coat. Anda bisa memilih tampilan matt atau gloss. Proses ini tidak jauh berbeda dengan wood stain cukup mencampurkan dengan air perbandingan 2 bahan dengan 1 air kemudian kuaskan ke seluruh permukaan kursi kayu hingga rata. Tunggu hingga kering sekitar satu malam. Setelah itu Anda bisa langsung menggunakan kursi kayu mahoni.

Cara memplitur kayu di atas adalah cara yang paling umum dan paling mudah yang bisa dilakukan. Bahkan untuk melakukannya Anda tidak perlu memanggil tukan atau membawa kursi Anda pada tukang reparasi. Cat yang cepat kering serta tidak berbau akan menurunkan resiko tercemarnya lingkungan akibat polusi dari cat.

Keuntungan yang akan Anda dapatkan dari kursi kayu mahoni jika menggunakan cat Biovarnish adalah hasilnya yang bebas brush mark. Walaupun cat menggunakan kuas untuk proses finishing namun tidak ada efek brush mark yang muncul. Jika Anda mengaplikasikan sesuai dengan cara yang telah ditentukan tentuy saja hasilnya akan sangat maksimal. Anda tidak akan membutuhkan produk lain lagi untuk melakukan finishing warna kayu mahoni.

Jika Anda ingin segera membeli produk cat kayu Biovarnish warna mahoni atau koleksi warna yang lainnya untuk berbagai macam jenis kayu bahkan serat alam lainnya seperti rotan dan bambu bisa langsung membeli di cabang Cirebon dengan alamat Jalan Kisabalanang no. 23 Megucilik, Weru,m Cirebon, Jawa Barat 45154 telepon 0231-320759.

Artikel "Coating Schedule"

About Us

Catkayu.com merupakan web official untuk produk Biovarnish, bahan finishing kayu water based yang aman dan ramah lingkungan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft.

WA: 082219357399

©2015 - 2019 CatKayu.com - All Right Reserved.