Cara Mengecat Kursi Besi untuk Teras Rumah

32
Cara Mengecat Kursi Besi untuk Teras Rumah

Ingin teras rumah tampak lebih menarik? Tambahkan furniture di sana, maka Anda bisa menikmati keindahan teras dan taman sambil bersantai. Modern ini banyak rumah yang memiliki teras baik itu teras di depan rumah maupun di belakang rumah. Teras ini biasanya difungsikan sebagai tempat bersantai dan tempat untuk mencari ketenangan setelah lelah bekerja.

Banyak furniture dan juga hiasan yang diberikan pada teras rumah. Jika tidak memiliki taman yang cukup luas maka tanaman yang menggantuk di dinding rumah akan memberikan kesan dekat dengan alam yang sangat apik.

Selain tanaman pemilihan furniture pada teras juga harus diperhatikan. Material apakah yang akan digunakan, warna apa yang harus dipilih atau bahkan Anda tidak perlu membeli furniture baru namun memanfaatkan yang sudah ada.

Jika Anda menegok ke dalam rumah, apakah terdapat kursi dan meja yang sudah tidak terpakai? Atau penampilannya yang sudah mulai usang? Apapun bentuknya Anda bisa memperbaiki dan mengecat ulang kemudian meletakannya di teras rumah. Dengan begitu Anda akan menghemat budget.

CS Biovarnish

Melakukan perbaikan ada syaratnya yakni jika furniture atau kursi masih layak untuk digunakan kembali. Jika Anda memiliki kursi besi maka kemungkinan besar pasti masih bisa digunakan. Kursi yang terbuat dari material besi selalu memiliki konstruksi yang lebih baik daripada kursi kayu. Kursi dari kayu akan mudah keropos seiring penggunaannya.

Mengetes Kualitas Kursi Besi yang Masih Bagus

Nah bagaimana dengan kursi besi yang akan diperbaiki dan dicat ulang? Tentu saja Anda perlu mengetes apakah kursi tersebut masih layak untuk digunakan. Anda bisa memulai dengan mencoba duduk di atasnya. Apakah kursi masih kuat untuk menoang beban berat Anda? Jika terjadi goyangan periksa darimanakah itu berasal.

Lihatlah pada bagian siku. Beberapa kursi besi menggunakans ekrup dan baut untuk merangkai siku tersebut. Namun beberapa kursi yang lainnya menggunakan las untuk menyatukan besi. Jika dirangkan menggunakan sekrup dan besi kemungkinan besar kerusakan terjadi karena pengait tersebut yang mulai rusak. Anda bisa menggantikannya dengan yang baru.

Jika kerusakan terjadi pada bagian las-lasan yang sudah mulai patah atau keropos aka sebaiknya jangan gunakan kembali kursi tersebut demi alasan keamanan. Nah setelah melihat pada bagian siku perhatikan permukaan lapisan yang menyelimuti kursi.

Di mana saja timbul karat harus Anda perhatikan. Jika ada apakah karat tersebut banyak atau sedikit? Anda akan mengecat ulang bagian karat namun Anda harus memastikan jika karat tersebut masih bisa dihilangkan. Coba gunakan cuka dapur dan teteskan pada permukaan besi yang berkarat. Amplas dan lihat apakah karat mulai hilang? Jika ya berarti besi masih bisa dilapisi cat ulang.

Pengecekan terakhir adalah pada bagian cushion. Anda akan memperhatikan bagaimana cushion pada kursi besi tersebut ditembelkan. Apakah sandaran dan dudukan yang empuk dapat dilepas? Jika tidak maka Anda harus berusaha untuk melepaskannya.

Pilihlah cushion untuk kursi dengan kualitas busa yang terbaik agar bisa tahan lama terasa kenyamananya. Sesuaikan warnanya dengan warna kerangka kursi besi yang akan Anda berikan. Apakah Anda akan memilih warna kontras atau warna harmoni.

Pikirkan ini sambil imajinasikan warna apa yang cocok pada teras Anda.

Memilih dan Mengaplikasikan Bahan Cat untuk Finishing Besi

Anda akan akan menegcat material besi, maka bahan cat yang digunakan juga tidak asal pilih. Asal memilih bahan cat akan berakibat fatal pada kursi besi yang diletakan di teras. Carilah cat khusus besi yang akan memberikan beberapa perlindungan seperti tahan gores, tahan panas, tahan hujan dan kelembaban dan yang paling penting adalah memiliki kandungan bahan anti karat.

Cara Mengecat Kursi Besi untuk Teras RumahBesi adalah material yang mudah berkarat apabila terdapat pada area yang lembab seperti teras. Untuk engatasi itu maka lapisan cat luar yang terbentuk harus kuat dan mengandung zincalume yakni bahan anti karat. Dengan begitu ketahanan kursi besi yang telah difinishing ulang akan lebih tahan lama.

Apakah jenis cat yang cocok dan direkomendasikan? Banyak pengrajin furntiure atau pabrikan yang menggunakan bahan cat kayu besi Orchid. Cat Orchid adalah salah satu produk cat water based yang aman dan juga ramah lingkungan bisa diaplikasikan pada besi. Tidak banyak cat besi yang terbuat dari water based di Indonesia yang berkualitas baik seperti cat kayu besi Orchid ini.

Dilihat dari segi perlindungan saja cat Orchid mampu melindungi besi dari panas dan huja. Bahkan lapisannya akan menempel dengan baik sebagai perisai yang tahan lama. Kursi ataupun meja teras yang terbuat dari besi akan terlindungi dengan baik menggunakan cat kayu besi ini.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan pilihan warna cat kayu besi Orchid sediakan 24 warna mulai dari warna gelap hingga warna terang sesuai kebutuhan. Cara apliksinya pun sangat mudah, baik untuk profesional maupun pemula. Yang dibutuhkan hanyalah air dan juga kuas untuk proses aplikasi.

Bagaimana dengan apliksinya? Anda hanya perlu menyiapkan bahan-bahan berikut ini:

  • 1 kg cat kayu besi Orchid sesuai warna yang diinginkan
  • Kuas busa
  • Amplas 400
  • Gelas plastik
  • Air

Cara mengecat:

Pertama, amplas seluruh permukaan kursi besi. Jika terdapat lapisan cat lama dan karat hilangkan semuanya. Bersihkan debu amplas selanjutnya.

Kedua, campurkan cat kayu besi Orchid dengan air. Perbandingan yang digunakana dalah 4 bahan : 1 air. Anda bisa menggunakan sendok untuk menakarnya. Aduk larutan cat dalam gelas plastik kemudian kuaskan pada permukaan kursi besi hingga rata. Perhatikan jika penguasan harus satu arah agar hasilnya halus dan rata.

Ketiga, tunggu kering lapsan cat yang sudah melekat pada kursi besi. Pastikan Anda tidak menjemur kursi untuk proses pengeringan ini. Karena cat water based tidak akan mengering sempurna jika dijemur langsung. Diamkan saja kursi besi dalam ruangan. Setelah kering amplas ambang permukaan kursi hingga rata dengan amplas 400.

Keempat, ulangi pengecatan cat Orchid pada permukaan kursi besi tersebut. Tunggu kering, amplas dan aplikasikan kembali. Lakukan langkah ini hingga warna besi tertutup dan hasilnya sesuai keinginan. Anda bisa melapisi kursi hingga 3 atau 4 kali. Terakhir diamkan kursi hingga benar-benar kering.

Keempat langkah di atas cukup mudah untuk dilakukan oleh siapa saja. Kecepatan kering yang cukup baik biasanya hanya 60 menit saja membuat proses finishing tidak memakan waktu hingga berhari-hari. Bagi Anda yang memiliki waktu sedikit untuk mengecat maka pilihan cat kayu besi Orchid ini sangat cepat.

Terakhir setelah Anda mengecat dan lapisan cat mengering sempurna, pasang cushion yang telah dibuat terpisah. Pemasangan harus terakhir agar kain tidak kotor karena lapisan cat. Kini kursi teras besi Anda sudah kembali menjadi baru dan siap untuk digunakan kapan saja.

 

CS Biovarnish