Cat Enamel Water Based Orchid Mudah Diaplikasikan, Lihat Hasilnya

Melakukan finishing kayu dengan cat orchid dapat anda lakukan pada berbagai media kayu, cat orchid akan membuat finishing dengan hsil menarik. Menggunakan cat orchid dapat membuat hasil finishing kayu dengan warna beragam.

Ada beragam jenis cat yang di produksi di Indonesia namun seringkali Anda bingung untuk memilih jenis cat dan merk apa yang digunakan. Sehingga Anda harus sangat berhati-hati ketika akan melakukan proses pemilihan cat. Jika sekali Anda salah untuk memilih maka ketahanan dan kecocokan terhadap material bisa tidak bertahan lama dan cat tidak menjalankan fungsinya dengan baik.

Pemilihan sesuai dengan material yang akan dicat juga berhubungan cara aplikasi yang tepat. Misalnya saja Anda akan melakukan finishing pada material kayu dan juga besi, manakah jenis cat yang cocok untuk keduanya yang akan bertahan lama.

Nah dalam artikel ini akan diulas bagaimana Anda akan memilh jenis cat yang tepat dan bagaimana Anda bisa mengaplikasikannya pad material yang ada di rumah.

Jenis Media Kayu yang Butuh Finishing Perlindungan Cat Orchid Enamel

Cat Orchid enamel adalah jenis cat yang bisa digunakan dalam beberapa cara finishing kayu maupun besi. Paling dominan, cat enamel memiliki tampilan yang mengkilap atau mengkilap. Ini juga bisa memiliki tampilan yang buram atau agak tidak jelas. Fitur umum dengan semua cat enamel adalah keras, tahan lama, dan bisa dicuci. Karena kualitas ini, cat enamel digunakan pada berbagai permukaan.

Jika Anda memiliki cat enamel tua yang Anda cari berguna atau Anda hanya ingin tahu apakah itu akan bekerja pada proyek tertentu, lihat panduan ini. Ini adalah enam kegunaan terbaik untuk finishing dengan cat enamel.

>> Dapur

Fakta bahwa cat enamel sangat tahan lama dan mudah dibersihkan membuatnya ideal untuk digunakan di area tertentu di dapur yang sering terkena kotoran dan noda umum. Tampilan glossy biasanya dipilih karena dapur harus menampilkan tampilan yang berkilau dan bersih. Cat enamel dapat digunakan pada jendela dan pintu juga.

>> Kamar mandi

Cat enamel juga digunakan di kamar mandi. Kamar mandi oleh alam terdiri dari utilitas mengkilap dan ubin, sehingga mengkilap enamel cocok dengan baik ketika digunakan di ruang-ruang ini. Ini dapat digunakan pada kusen jendela dan pintu atau perbatasan. Cat enamel juga dapat digunakan untuk mengecat lemari atau perabotan lain yang digunakan untuk menyimpan barang-barang kamar mandi.

>> Pintu dan Jendela

Cara Finishing Kayu dengan Orchid, Cat Enamel Water Based

Menggunakan cat enamel untuk mengecat pintu dan tepi jendela sangat populer. Perbatasan dan tepi ketika dicat dengan cat enamel terlihat bagus, sementara juga memiliki manfaat yang tahan lama. Selesai mengkilap alami membuat mereka terlihat halus dan bersih tanpa harus mengelapnya secara teratur.

>> Lantai

Cat enamel bahkan digunakan untuk mengecat beberapa lantai yang rawan lalu lintas tinggi. Permukaan lantai yang bisa dicat dengan cat enamel bervariasi. Lapisan enamel tidak hanya akan membantu membuat lantai terlihat menyenangkan, tetapi juga bersih, terutama jika lapisan glossy digunakan.

>> Peralatan

Cat enamel juga dapat digunakan untuk melukis peralatan, yang biasanya terbuat dari baja tahan karat. Kedua lapisan mengkilap dan buram digunakan dalam kasus ini, meskipun kemilau tipis biasanya disukai. Karena cat enamel keras dipakai dan tahan lama, sangat ideal untuk fungsi ini karena dapat melindungi logam yang mendasari sambil memberikan tampilan yang menarik. Selain itu, mudah untuk membersihkan dan mengurangi karat dan efek korosi negatif lainnya.

Cara Aplikasi Cat Enamel Water Based Orchid

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa ciri utama dari cat enamel adalah glossy atau mengkilap. Di sini Anda dapat menggunakan produk cat enamel Orchid yang terbuat dari water based. Mengapa Anda perlu memilih cat enamel dengan bahan dasar air? Jawabannya adalah cat berbahan dasar air lebih aman dan ramah lingkungan dibandingkan dengan jenis cat yang lainnya.

Ketika Anda akan menggunakan cat pertimbangkan apabila terjadi pencemaran lingkungan. Tentunya Anda tidak ingin menjadi penyebab utama munculnya polusi di udara karena proses pengeringan cat solvent yang menimbulkan logam berat di udara sehingga polusi berasal dari bahan cat yang Anda gunakan.

Menghindari hal tersebut dan tetap dapat mejaga kesehatajn lingkungan sambil Anda mengerjakan pekerjaan Anda cat enamel akan membantu. Hasil yang diberikan akan sesuai kebutuhan begi juga dengan perlindungan yang diberikan. Diperkirakan cat enamel dapat bertahan lebih dari lima tahunan. Untuk memulai proses aplikasi cat enamel pada material kayu maka persiapkan kayu dengan benar agar tidak terjadi kegagalan.

>> Pertama

Kayu harus kering sempurna dengan MC 12. Sedangkan untuk permukaan kayu perlu diamplas dan dibersihkan dari kotoran. Tutup warna dari kayu dan serat kayu menggunakan primer coat. Anda bisa menggunakan bahan dari BioColours Primer Coat yang telah dicampur air dan Anda semprotkan secara merata ke seluruh permukaan kayu. Setelah itu tunggu permukaan berubah menjadi kering dan amplas menggunakan amplas 400. Pengamplasan dilakukan secara mengambang agar lapisan tidak habis.

Jika warna dan serat kayu belum tertutup Anda bisa mengaplikasikan primer coat kembali dan tunggu kering lalu amplas. Fungsi dari primer coat adalah menutup warna dan serat kayu agar lapisan cat dari cat enamel Orchid dapat menimbulkan warna yang tajam.

Cara Finishing Kayu dengan Orchid, Cat Enamel Water Based

Berbeda jika Anda mengaplikasikannya pada material besi. Besi tidak memiliki warna serat yang tajam jadi sebagian besar besi tidak membutuhkan cat primer pada proses finishingnya. Jika material besi Anda bisa langsung mengaplikasikan cat enamel.

>>Kedua

Sekarang Anda sudah mendapatkan material kayu yang tertutup dengan primer coat dan memiliki warna dasar. Saatnya Anda mencampur cat enamel Orchid dengan sedikit air perbandingan 4 bahan : 1 air kemudian aduk hingga rata. Perlahan aplikasikan cat Orchid tipis-tipis menggunakan kuas busa dalam satu arah. Jangan menguaskan ke arah yang berlawanan karena akan menimbulkan brush mark. Pastikan Anda menggunakan jenis kuas yang tepat dan halus, jika tidak ada kuas busa Anda bisa menggunakan kuas berbulu nylon.

Tunggu lapisan pertama cat enamel mengering biasanya membutuhkan waktu 60 menit. Lalu mulai amplas jika sudah mengering. Tingkat kering cat enamel bisa Anda cek menggunakan ibu jari Anda, pastikan jika tidak ada sidik jari yang tertinggal memberikan tanda sudah kering.

>> Ketiga

Selanjutnya Anda bisa mengaplikasikan cat enamel kembali. Idealnya dalam satu material membutuhkan dua hingga tiga lapis dari cat enamel agar memberikan perlindungan yang benar-benar baik.

Pada lapisan akhir Anda hanya perlu mendiamkan material dalam ruangan yang kering dan bersih selama 24 jam. Jika material itu adalah pagar kayu maka cat akan lebh cepat mengering tanpa Anda harus memindahkannya ke dalam ruangan.

Apabila Anda tidak ingin memiliki kesan mengkilap dari cat enamel Orchid maka Anda bisa melapisi kembali pada bagian akhir dengan top coat. Pilihlah top coat matte atau top coat doft untuk menurunkan tingkat glossy namun Anda juga harus mengetahui bahwa menurunkan tingkat glossy artinya material akan mudah menampilkan goresan.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Tips Memilih Bahan Finishing"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing, perawatan, dan pencegahan kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

WhatsApp : 087839346433

©2015 - 2020 catkayu.com - All Right Reserved.