Ini Dia Warna Plitur Kayu yang Cocok untuk kayu Jati Belanda

593

Melakukan finishing sendiri pada furnitur yang telah dibuat atau dibeli adalah sebuah keasyikan tersendiri yang tidak bisa digantikan. Nah untuk itu mempelajari masalah teknik aplikasi, pemilihan warna dan juga bagaimana Anda mempersiapkan kayu yang akan difinishing adalah hal yang sangat penting.

Jangan pernah menyepelekan masalah pemilihan warna karena warna yang salah akan memberikan hasil yang berbeda dengan konsep yang ditentukan sejak awal. Apabila Anda memilih warna maka pastikan warna kayu yang akan Anda gunakan sesuai dengan warna yang akan Anda inginkan. Terlebih lagi jika Anda ingin memberikan warna natural menggunakan plitur.

Karakter dari plitur kayu adalah transparan namun modern ini plitur dapat berwarna, bagaimana caranya? Anda cukup menambahkan wood stain sebelum mengaplikasikan plitur kayu. Maka Anda akan menemukan warna yang sesuai dan juga warna yang tepat.

Jenis kayu jati belanda adalah salah satu kayu yang sangat diminati oleh banyak orang karena harganya yang murah dan juga karena mudah untuk didapatkan. Keindahan serat kayu jati belanda yang menjadi alasan utama jenis kayu ini sering difinishing menggunakan plitur kayu.

CS Biovarnish

Bagi Anda yang belum pernah mendapatkan warna yang tepat dari kayu jati belanda dengan plitur maka di sini akan dijelaskan pilihan warna yang bisa Anda dapatkan dari produk terkemuka yaitu Biovarnish.

Produk Biovarnish merupakan plitur kayu water based yang menggunakan sistem air. Sistem air yang digunakan ini tentu saja akan memberikan transparansi yang bagus sehingga Anda tidak perlu bingung menghadapi plitur kayu yang beracun dan berseiko mengeluarkan banyak polusi dalam udara.

Pilihan Warna Plitur Untuk Kayu Jati Belanda

Produk Biovarnish adalah produk plitur series yang memerlukan tiga bahan untuk proses aplikasi finishing pori kayu tertutup. Finishing dengan pori kayu tertutup akan memberikan hasil yang maksimal dibantu tiga produk yaitu Biovarnish wood filler, Biovarnish wood stain dan juga Biovarnish Clear Coat.

Sebelum masuk ke dalam pemilihan warna Anda perlu memilih warna dari wood filler. Bahan ini berfungsi untuk menutup pori kayu dan juga memberikan lapisan dasar pada kayu. Lapisan dasar ini akan memberikan Anda beberapa pilihan warna yaitu warna ramin, warna jati, warna mahoni dan juga warna sungkai.

Keempat warna di atas perlu Anda pilih untuk memberikan warna dasar dan mempertajam warna di atasnya yaitu lapisan wood stain. Apabila Anda salah memilih warna maka Anda akan mendapatkan warna belang pada hasil akhirnya.

Menghindari hal tersebut terutama pada jenis kayu jati belanda maka Anda harus memanfaatkan teknik aplikasi yang tepat.Wood filler akan mengisi pori kayu yang terkecil dan juga besar caranya adalah mencampurkan menggunakan air kemudian Anda perlu mengaplikasikan menggunakan kain lap kering dan ditekan hingga ke dalam pori kayu.

Jika Anda melakukannya secara merata maka Anda akan mendapatkan warna yang rata dan warna dasar yang rata. Cara ini memudahkan Anda untuk mendapatkan warna tajam atau natural di atasnya. Aplikasi wood filler juga bisa menggunakan pisau palet caranya, tanpa dicampur dengan sedikit air Anda bisa mengaplikasikan wood filler ke seluruh permukaan kayu.

Anda cukup menunggu lapisan wood filler mengering kemudian amplas dengan amplas 240 hingga permukaan kayu jati belanda berubah menjadi rata dan halus dengan serat kayu yang terlihat. Jika terdapat lubang maka Anda bisa mengisinya dengan wood filler hingga penuh.

Pilihan warna wood filler pada kayu jati belanda yang cocok adalah warna ramin. Warna ini cocok karena hasilnya warna putih seperti kayu jati belanda. Namun apabila Anda ingin memiliki warna natural yang kekuningan maka pilih warna wood filler sungkai.

Warna kayu sungkai diduplikasi pada Biovarnish wood filler untuk memberikan hasil warna kayu yang kekuningan. Nah jika Anda sudah memilih warna wood filler maka selanjutnya adalah pemilihan warna Biovarnish wood stain.

Dalam pilihan warna Biovarnish wood stain terdapat 20 pilihan warna kayu natural yang sangat beragam. Anda bisa memilih warna kehitaman seperti kayu sonokeling, warna kemerahan seperti kayu mahoni dan atau warna cokelat seperti warna kayu jati.

Namun di sini Anda akan memilih warna natural transparan dari kayu jati belanda. Nah wood stain ini akan memberikan warna kayu namun tetap memperlihatkan serat kayu jati belanda dan tidak mengubahnya jadi Anda tidak perlu khawatir ketika akan menggunakannya.

Dari 20 pilihan warna yang ada, terdapat lima pilihan warna unggulan dari Biovarnish yang bisa Anda pilih dan gunakan. Penggunaan Biovarnish wood stain sendiri sangat mudah. Yang perlu Anda lakukan adalah mencampurkan dengan air sesuai dengan takaran yang ada pada kemasan kemudian aduk rata dan kuaskan.

Penguasan produk wood stain harus sesuai dengan arah serat kayu, cara ini berbeda dengan aplikasi wood filler yang harus berlawanan arah serat agar filler dapat mengisi pori kayu dengan baik. Selanjutnya ketika Anda mengaplikasikan wood stain pastikan Anda hanya mengambil sedikit cat pada kuas karena lapisan yang terlalu tebal hanya akan memperlama waktu keringnya saja.

Nah sebelum Anda mengaplikasikan, berikut ini lima pilihan dari warna unggulan yang terdapat pada cat kayu Biovarnish wood stain:

  1. Yellow ox

    Seperti yang telah dijelaskan di atas tetang wood filler sungkai, apabila Anda ingin mendapatkan warna natural kekuningan dari kayu jati belanda maka pilihan warna dari wood stain yellow ox adalah pilihan yang sangat tepat. Warna kekuningan membutuhkan warna dasar dari wood filler sungkai.

  1. Salak brown

Warna yang menyerupai dengan warna kulit buah salak dengan efek keemasan yang juga akan Anda dapatkan. Warna ini sangat mudah menyala karena ketajaman yang didapatkan dari serat kayu jati belanda. Warna putih kayu jati belanda mempermudah Anda untuk memperlihatkan warna salak brown yang asli.

  1. Walnut brown

Kayu walnut sangat jarang dan mahal didapatkan di Indonesia, namun Anda bisa mendapatkan warnanya melalui produk Biovarnish wood stain. Di sini Anda akan mendapatkan hasil warna yang sesuai dan juga warna yang tepat. Anda akan mendapatkan warna walnut brown yang tajam dengan wood filler warna jati atau ramin.

  1. Candy brown

Warna yang menyerupai warna kayu jati ini namun memberikan warna yang lebih muda atau terang. Kesan warna jati tua dengan efek keemasan juga akan Anda dapatkan melalui warna candy brown. Namun jika Anda ingin mempertajam efeknya gunakan wood filler ramin.

  1. Light Walnut

Warna dari walnut brown namun hasilnya lebih terang dan juga cerah. Warna ini banyak disukai bagi Anda yang ingin memiliki gaya minimalis atau gaya skandinavia yang mencerminkan warna cerah.

Hasil warna natural yang akan Anda dapatkan dari produk Biovarnish didukung dengan lapisan akhir dari Biovarnish clear coat matte. Tanpa adanya kilap Anda akan mendapatkan efek natural sekaligus perlindungan yang baik pada kayu jati belanda.

 

 

CS Biovarnish