Mengenal Plitur Kayu Jati Belanda Biovarnish yang Banyak Dicari

Apakah Anda sudah menggunakan jenis plitur untuk kayu jati belanda yang berkualitas tahan lama seperti Biovarnish? Jika belum, maka kini saatnya Anda mendapatkan plitur kayu yang berkualitas. Terlebih lagi, jika Anda ingin menggunakannya pada furniture atau kerajinan yang terbuat dari kayu jati belanda.

Pemilihan plitur kayu jati belanda yang tepat seperti Biovarnish akan menentukan hasil akhirnya. Apakah Anda akan mendapatkan furniture dengan tampilan natural transparan yang maksimal. Ada banyak hasil buruk dari pemilihan plitur kayu yang tidak tepat.

Misalnya saja kendala hasil akhir yang meninggalkan brush mark bisa juga warna akhir yang tidak sesuai yang Anda inginkan. Jenis plitur kayu jati belanda yang terbaik adalah transparan sehingga akan memperlihatkan serat kayu jati belanda yang artistik.

Jika tidak hasilnya serat tidak akan tampak mewah karena kayu jati belanda yang murah. Misalnya saja Anda menggunakan plitur kiloan yang banyak ditemukan di toko bahan kimia. Namun dalam jangka waktu beberapa bulan saja sifat transparan dari plitur akan berubah.

Perubahan yang muncul bisa berupa warna yang menguning atau memutih. Muncul retakan karena plitur yang tidak sanggup menahan panas matahari dan juga hujan bahkan perubahan suhu dan juga masih banyak kendala yang lainnya.

Jika Anda menggunakan plitur tersebut maka hasilnya akan sangat membahayakan di waktu mendatang. Furnitur kayu jati belanda Anda juga membutuhkan perawatan yang perlu Anda perhatikan.

Jenis Plitur Kayu yang Paling Banyak Dicari

Lalu apakah jenis plitur yang harus Anda gunakan? Ketika Anda memilih tentu ada beberapa ciri-ciri yang perlu diperhatikan ketika memilih plitur. Berikut ini beberapa ciri yang perlu diperhatikan dan menandakan bahwa plitur tersebut harus Anda hindari:

√ Tidak Menimbulkan Bau

Alasan kesehatan adalah salah satu faktor yang sangat penting ketika Anda menggunakan bahan kimia seperti cat. Jika Anda tidak memahaminya maka sebaiknya amati dari aroma yang keluar dari cat ketika pertama kali Anda membukan.

Mengenal Plitur Kayu Jati Belanda Biovarnish

Jika muncul aroma yang sangat menyengat karena gas yang dikeluarkan maka cat tersebut telah mengandung logam berat. Ketika proses pengeringan logam berat ini akan menguap yang dipicu ileh bahan pelarut yang digunakan.

Ketika pengeringan maka udara akan bercampur dengan logam berat sehingga Anda akan menghirupnya. Di masa mendatang efek kesehatan akan Anda rasakan seperti kanker. Anda juga bisa merasakan ketika menghirup aroma tersebut maka merasa pusing bahkan batuk. Maka, selalu hindari penggunaan bahan cat yang menimbulkan bau.

√ Menggunakan Pelarut Solvent

Hingga saat ini plitur kayu selalu memanfaatkan bahan pelarut solvent. Bahan pelarut solvent yang bisa berupa thinner atau spiritus ini akan memicu percepatan dari penguapan bahan plitur ketika dijemur di bawah panas matahari.

Sayangnya bukan hanya plitur yang dapat mengandung logam berat namun bahan pelarut yang digunakan juga dapat mengandung logam yang sama. Ini sangat berbahaya dan ketika penguapan terjadi maka polusi udara akan didapatkan.

Solusinya adalah menggunakan bahan plitur yang membutuhkan pelarut air. Bahan pelarut air tentu bebas logam berat. Gunakan plitur water based untuk jenis ini.

√ Memilih Cat Sesuai Kebutuhan

Anda akan menggunaka plitur kayu jati belanda maka Anda juga harus memiliuh plitur sesuai dengan kebutuhannya. Jika Anda akan menggunakan pada furnitur teras atau luar ruangan maka Anda wajib menggunakan plitur outdoor.

Sedangkan jika Anda hanya akan melakukan pengecatan pada furnitur dalam ruangan maka pilih plitur kayu indoor. Namun kini ada yang lebih mudah yaitu Anda bisa memilih plitur yang dapat digunakan untuk furnitur eksterior maupun interior.

Pastikan Anda membaca label dengan benar untuk membedakannya. Jika perlu tanyakan pada penjaga toko.

√ Penggunaan Sesuai Kemampuan

Jika Anda masih belum handal dalam hal mengecat maka Anda bisa memilih plitur kayu yang proses aplikasinya bisa dilakukan dengan mudah. Mulai dari alat yang digunakan hingga kecepatan kering untuk mendapatkan hasil finishing yang maksimal.

Untuk cara aplikasi yang paling mudah Anda bisa menggunakan kuas dan juga air. Pencampurannya sangat mudah dan akan memberikan hasil yang sangat transparan. Namun jika Anda adalah seorang profesional atau pekerja pabrik maka memilih cat yang hasilnya maksimal dengan proses aplikasi spray system sebaiknya dipilih.

Merk Plitur Biovarnish untuk Jati Belanda

Kini, hal terakhir yang perlu Anda dapatkan adalah jenis plitur yang akan digunakan. Jika mencari jenis yang aman, maka selalu gunakan plitur kayu water based. Sedangkan, jika Anda ingin mendapatkan plitur kayu yang transparan ,maka water based juga akan menjamin tingkat transparan yang Anda butuhkan.

Terlebih lagi jika Anda memilih menggunakan plitur kayu Biovarnish untuk media jati belanda. Produk ini akan sangat mudah Anda gunakan dan juga akan sangat cepat mengering sesuai kebutuhan tanpa harus dijemur terlebih dahulu.

Mengenal Plitur Kayu Jati Belanda Biovarnish

Sebagai produk plitur kayu jati belanda Anda akan mendapatkan tingkat transparansi yang baik dan tahan lama. Ada dua tingkat tampilan atau sheen level yang bisa Anda pilih sebagai plitur yaitu gloss dan juga death matte. Proses keduanya cukup dicampurkan dengan air.

Untuk proses aplikasinya ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Pastikan Anda sudah menyiapkan material kayu jati belanda siap finishing. Yaitu kayu yang sudah halus dan bebas dari debu dan kotoran. Untuk mendapatkan lakukan pengamplasan dan penghapusan debu amplas.
  2. Aplikasikan Biovarnish Sanding Sealer untuk memperkuat politur Biovarnish nantinya. Aplikasikan dengan dicampur air terlebih dahulu dan semprotkan ke seluruh permukaan kayu hingga rata.
  3. Tunggu sanding sealer mengering kemudian amplas ambang dengan amplas 400.
  4. Proses aplikasi plitur Biovarnish Clear Coat adalah dengan mencampurkan dahulu dengan air. Jumlah campuran air adalah 2 bahan : 1 air kemudian aduk. Jika Anda ingin hasil yang halus gunakan kuas yang sudah dibalut dengan kain katun bersih.
  5. Aplikasikan plitur searah serat kayu kemudian tunggu kering selama 60 menit. Pastikan Anda tidak menjemur di bawah panas matahari langsung. Sebaiknya gunakan ruangan yang bersih dan juga memiliki sirkulasi udara yang baik.
  6. Amplas ambang kembali seluruh permukaan dengan amplas 400. Pastikan Anda juga membersihkan sisa debu amplas yang dihasilkan.
  7. Terakhir Anda bisa mengaplikasikan Biovarnish Clear Coat kembali dan tunggu kering selama 24 jam. Jika Anda ingin mengemas barang dan mengirim maka tunggu setidaknya 7X24 jam untuk kering packing.

Hasil yang didapatkan tergantung dengan yang Anda inginkan. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang benar-benar natural maka gunakan Biovarnish Clear Coat death matte sedangkan jika Anda ingin hasil kayu jati belanda tampak mewah maka gunakan gloss.

Keduanya akan memberikan hasil yang sangat berbeda namun untuk tingkat transparansi dijamin Anda akan mendapatkan yang terbaik bahkan bisa tahan lama lebih dari tiga tahun ditambah dengan perawatan yang tepat.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Biovarnish"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing, perawatan, dan pencegahan kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2020 catkayu.com - All Right Reserved.