Ini Dia Cat Kayu Aman dan Berkualitas yang Banyak Dicari DIY

Dalam memilih cat kayu untuk kebutuhan finishing, yang perlu Anda perhatikan sebelum kualitasnya adalah cat kayu aman dan ramah lingkungan.

Indonesia merupakan salah satu negara yang aktif dalam memproduksi furniture atau perabotan dari media alam. Karena permintaan konsumen yang beraga, maka industri cat pun juga selalu mengadakan modifikasi pada produk catnya guna memberikan tampilan furniture jauh lebih baik.

Saat ini, industri cat kayu tidak hanya mengembangkan cat dari segi kualitasnya saja namun juga dari segi keamanan bahannya. Cat kayu aman jauh lebih dipilih karena tidak menyebabkan dampak buruk pada kesehatan dan lingkungan sekitar.

Cat Kayu Aman

Cat Kayu yang Aman dalam Penggunaannya

Cat kayu solvent based memang telah menjadi cat kayu yang dipercaya dari segi kualitasnya. Cat ini memang memiliki tampilan akhir yang maksimal dengan gloss mencapai 100%. Namun cat ini tidak baik untuk kesehatan dan lingkungan karena kandungan logam berat yang terdapat dalam cat yaitu timbal atau merkuri. Selain itu, cat solvent based juga memiliki kandungan VOC yang sangat tinggi.

Cat kayu dengan kandungan VOC yang sangat tinggi dapat memicu kerusakan pada kesehatan dan lingkungan. bahkan regulasi keamanan internasional telah melarang penggunaan cat kayu yang memiliki kandungan VOC yang tinggi. Namun, Indonesia saat ini telah mengebangkan cat kayu aman yaitu Biovarnish. Untuk aplikasi Biovarnish, perhatikan langkah-langkah berikut:

  1. Ampelas permukaan furniture agar lebih rata dan halus sehingga mudah untuk diaplikasikan cat
  2. Aplikasikan Biovarnish Wood Filler ke seluruh permukaan kayu lalu ampelas dengan kertas ampelas no. 240.
  3. Aplikasikan Biovarnish Wood Stain menggunakan kuas ke seluruh permukaan kayu. Tunggu hingga kering selama 60 menit kemudian ampelas dengan halus menggunakan kerta ampelas no. 400.
  4. Terakhir aplikasikan Biovarnish Clear lalu diamkan selama semalam untuk hasil akhir maksimal

Cat Kayu yang Aman dan Ramah lingkungan

Cat Kayu Aman

Cat kayu aman dan ramah lingkungan adalah cat kayu yang tidak menggunakan bahan kimia berbahaya dan VOC yang tinggi. Salah satunya adalah Biovarnish, bahkan kandungan bahan cat ini telah disesuaikan dengan standar regulasi keamanan internasional seperti US EPA dan ECHA, sehingga tidak beracun dan tidak berbau.

Informasi dan pemesanan cat kayu aman Biovarnish, silahkan menghubungi kontak berikut via phone maupun WhatsApp  ke no. 0822-1935-7399. Atau via market place kami di BukaLapak www.bukalapak.com/catwaterbased.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top