Temukan Cat Kayu yang Cocok untuk Finishing Patina pada Furniture

Finishing pada furniture bisa berbagai macam warna dan juga berbagai macam tekstur. Ya melakukan finishing pada kayu tidak hanya sekedar memberikan cat kayu namun juga membutuhkan perhitungan yang lainnya.

Jenis cat kayu yang cocok untuk digunakan juga menjadi salah satu tolak ukur yang tidak bisa dilupakan. Bagi Anda yang ingin mendapatkan hasil yang maksimal maka perlu produk bahan finishing yang juga berkualitas.

Memberikan lapisan pada kayu tidak hanya asal menguas atau asal menyemprot saja. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang rapi dan rata Anda harus mengetahui bagaimana cara Anda mendapatkan hasil finishing yang searah serat kayu atau bagaimana Anda mendapatkan permukaan kayu yang rata dan halus.

Jangan sampai Anda sudah menggunakan produk cat dengan harga mahal namun pada akhirnya finshing tidak rata. Untuk menghindari hal tersebut maka sebaiknya Anda pelajari terlebih dahulu bagaimana cara finishing yang benar dan manakah produk yang sesuai.

Kebutuhan Finishing Patina dengan Cat Kayu

Mempelajari cara finishing furniture kayu agar memiliki hasil warna yang sesuai bisa dilakukan dengan memnentukan hasil akhir finishing yang ingin didapatkan. Ada banyak sekali gaya yang bisa Anda pilih untuk mendapatkan furniture yang sesuai dengan tema di rumah Anda.

Salah satu gaya furniture yang banyak dicari di tahun 2018 ini adalah finishing patina. Untuk mendapatkan hasil finishing patina ini Anda bisa menggunakan berbagai macam jenis bahan finishing. Kebutuhkan finishing warna patina pada kayu adalah untuk memperlihatkan kayu baru atau kayu yang masih selesai ditebang menjadi terlihat telah berumur lama.

Efek artistik yang diberikan warna patina pada furniture akan memberikan kesan dan juga gaya yang mengesankan. Maka tidak heran di tahun 2018 ini furniture warna patina banyak dicari.

Untuk menghasilkan finishing patina ada dua jenis yang bisa Anda pilih yaitu permukaan halus rata atau permukaan kayu yang bertekstur. Jika Anda ingin memiliki permukaan yang bertekstur maka Anda bisa menggunakan teknik rustik terlebih dahulu sebelum proses finishing. Sedangkan jika Anda ingin mendapatkan hasil finishing yang rata maka Anda harus menghaluskan permukaan terlebih dahulu.

Furniture dengan tampilan patina bisa Anda gunakan di berbagai gaya secara meluas seperti gaya vintage, shabby chic dan klasik. Melihat berbagai gaya membutuhkan tampilan furniture patina maka Anda bisa menggunakannya untuk  kebutuhan rumah Anda dengan gaya tersebut saat ini.

Produk Finishing Yang Cocok Untuk Warna Patina

Anda yang ingin mendapatkan hasil warna patina tentu perlu untuk mencoba berbagai macam jenis cat atau bahan finishing. Namun akan membutuhkan waktu lama akhirnya untuk finishing satu furniture saja.

Untuk mempersingkat waktu Anda sebaiknya gunakan produk cat Bioduco yang  merupakan cat water based yang mudah diaplikasikan. Kemudahan aplikasi ini salah satunya adalah cara finishing yang cepat.

Jenis Cat Kayu Yang Cocok Untuk Finishing Patina

Proses finishing cepat menggunakan Bioduco ini didukung dengan proses finishing yang tidak membutuhkan waktu yang lama. Bahkan Anda tidak membutuhkan panas matahari agar cat cepat mengering. Jika Anda ingin mendapatkan hasil finishing yang rata Anda bisa menggunakan spray system.

Produk Bioduco akan mengubah kayu yang baru terlihat natural dan benar-benar terlihat seperti kayu yang sudah melampaui waktu yang sangat lama. Anda tidak membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan tampilan kayu lapuk.

Ya, kunci keberhasilan dari warna kayu patina adalah kayu terlihat telah memakan banyak waktu sehingga penampilan lebih keabu-abuan silver. Maka untuk mendapatkan hasil finishing ini membutuhkan teknik dan produk yang sesuai seperti Bioduco.

Cara Finishing Patina Grey Kayu Sungkai

Jika warna patina sangat dibutuhkan maka ada banyak tampilan patina yang bisa Anda pilih. Namun di setiap warna yang berbeda tersebut Anda juga membutuhkan cara aplikasi yang berbeda. Kali ini Anda bisa belajar aplikasi cara untuk mendapatkan warna furniture patina grey khususnya pada kayu sungkai. Grey adalah warna yang sering diaplikasikan untuk memberikan tampilan patina.

Satu lagi yang perlu Anda ketahui, proses aplikasi cat pada jenis kayu yang berbeda juga akan memberikan hasil warna yang berbeda. Hal tersebut disebabkan dengan warna asli kayu berbeda satu sama lain.

Https://www.catkayu.com/jenis-cat-kayu-yang-cocok-untuk-finishing-patina/

Maka ada banyak warna yang bisa Anda dapatkan jika ingin menggunakan warna patina pada jenis kayu yang berbeda. Persiapan yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan permukaan bertestur adalah dengan menciptakan efek rustik. Gunakan alat rustik pada kayu sehingga Anda mendapatkan tekstur kayu yang sesuai.

Sebelum memulai Anda juga harus memastikan bahwa kayu yang digunakan benar-benar kering dengan MC kayu sekitar 12%. Kayu mindi yang digunakan akan memiliki warna kuning kemeraan dengan warna antara kayu gubal dan teras terlihat cukup jelas. Perbedaan warna kayu ini tidak akan menjadi masalah justru akan memperlihatkan kayu tampak natural.

Kedua perisapkan bahan yang dibutuhkan yaitu Bioduco Grey, Bioduco Top Coat Matte, Amplas halus no. 400, dan juga kain lap yang bersih.

Ketiga adalah cara finishing yang benar. Berikut ini langkah-langkah finishing patina grey pada kayu sungkai:

  • Campurkan Bioduco grey dengan air dengan perbandingan 1 bahan : 1 air hingga mendapatkan viskositas 11-12 detik NK2. Setelah itu semprotkan ke seluruh permukaan kayu hingga rata. Tunggu permukaan kayu kering tanpa dijemur di panas matahari, pastikan ruangan penyimpanan memiliki sirkulasi udara yang baik.
  • Amplas permukaan kayu yang telah kering dengan kertas amplas no. 400 secara ambang saja dan mendapatkan permukaan kayu lebih halus.
  • Campurkan Bioduco Grey dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian campur hingga rata dan semprotkan ke permukaan kayu yang telah kering dan diamplas tadi. Pastikan permukaan telah kering selama kurang lebih 60 menit dalam ruangan yang sama dan amplas kembali dengan kertas amplas no. 400.
  • Terakhir adalah apliasi Bioduco Top Coat Matte yang telah dicampur air perbandingan 2 bahan : 1 air. Kemudian Anda bisa langsung menyemprotkan top coat ke seluruh permukaan kayu hingga rata. Tunggu cat mengering sekitar satu malam.

Cara Finishing Patina Grey Kayu Mindi

Selain finishing patina pada kayu sungkai Anda juga bisa menggunakannya pada jenis kayu mindi. Aplikasi patina pada kayu mindi tidak jauh berbeda hanya saja Anda membutuhkan takaran bahan pelarut yang berbeda.

Kayu mindi memiliki warna kayu yang lebih terang dibandingkan dengan kayu sungkai. Maka Anda akan mendapatkan hasil finishing yang lebih terang untuk warna patina. Perlakukan sebelum proses finishing tidak jauh berbeda, Anda harus memastikan bahwa kayu harus kering dengan MC kayu 12%.

Jenis Cat Kayu Yang Cocok Untuk Finishing Patina

Setelah itu Anda bisa menggunakan teknik rustik untuk mendapatkan tekstur kayu yang diinginkan. Pastikan juga permukaan kayu yang telah di rustik sudah bersih dari debu atau kotoran yang menempel pada sela-sela permukaan kayu.

Produk yang digunakan sama yaitu Bioduco Grey dan Bioduco Top Coat Matte. Untuk proses finishing yang dilakukan adalah sebagai berikut ini:

  • Campurkan Bioduco Grey dengan air perbandingan 1 bahan : 2 air dan dicampur hingga mendapatkan viskositas 11-12 detik NK2. Semprotkan ke seluruh permukaan kayu hingga mendapatkan permukaan kayu yang rata terkena Bioduco. Tunggu kering sekitar 60 menit baru Anda lakukan proses pengamplasan dengan kertas amplas no. 400 secara ambang.
  • Jika sudah selesa diamplas aplikasikan Bioduco yang telah dicampur dengan air perbandingan 1: 5 dan semprotkan ke seluruh permukaan kayu hingga rata. Jika Anda sudah mendapatkan permukaan kayu yang rata tunggu kering sekitar 60 menit.
  • Amplas kembali dengan kertas amplas aluminium ocide no. 400 hingga permukaan rata dan pori-pori terbuka agar lapisan cat terakhir melekat dengan baik.
  • Terakhir aplikasikan Bioduco top coat death matte yang telah dicampur air dengan perbandingan 2 : 1 air. Semprotkan ke seluruh permukaan kayu hingga rata dan tunggu kering sekitar satu malam.

Kelebihan Penggunaan Bioduco untuk Finishing Patina Grey

Supaya warna sempurna, mengaplikasikan warna cat harus yang tepat. Jika tidak memilih warna yang sesuai, hasilnya tidak akan transparan. Belum lagi soal teknik mengaplikasikan. Kesulitan sering terjadi ketika menggunakan cat solvent. 

Alasannya adalah cat solvent lebih lama proses pengeringannya, padahal untuk finishing ini dibutuhkan waktu kering yang relatif cepat. Proses kering tergantung dengan produk cat yang digunakan. Bioduco hadir untuk mengatasi masalah proses kering cat yang lama. 

Hanya dalam waktu 60 menit setiap lapisan coating bisa kering dengan sangat cepat. Anda yang tak ingin menghabiskan waktu terlalu lama menunggu bisa memilih Bioduco. Selain itu perpaduan warna yang disiapkan sudah tepat untuk patina grey. 

Ada beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan sebagai DIY atau pengrajin jika menggunakan Bioduco untuk finishing warna ini. Berikut ini beberapa keuntungan yang akan langsung didapatkan. 

  • Mudah untuk dilarutkan

Bahan pelarut Bioduco yang dibutuhkan adalah air, bahan ini memudahkan cat warna solid cepat larut. Sehingga tidak akan terjadi endapan, namun perlu diingat untuk tetap mengaduknya sesekali selama proses aplikasi. 

Endapan menandakan bahwa partikel cat tidak dapat menyatu dengan bahan pelarutnya. Namun karena Bioduco sudah diproduksi dengan formulasi yang tepat endapan tidak akan muncul. Sebaliknya cat mudah larut dengan air. 

  • Memiliki warna grey yang pas

Patina adalah warna yang cukup unik, karena akan terlihat seperti silver ketika terkena cahaya. Pada kayu yang memiliki warna patina asli, warna tersebut muncul karena proses oksidasi kayu. Sehingga warna pun sulit diciptakan apalagi hanya dengan cat solid. 

Lagi-lagi Bioduco memiliki warna yang tepat untuk hasil finishing patina. Tingkat warna abu-abunya diciptakan agar sesuai dengan hasil patina. Jika menggunakan takaran pelarut yang pas ditambah dengan top coat akan tampak seperti silver. 

  • Memiliki daya rekat yang kuat

Bukan hanya warna, dari segi kerekatan Bioduco dirancang memiliki high bonding. Artinya sekali diaplikasikan cat akan masuk ke dalam pori kayu. Ketika kering cat akan mengeras tetapi tetap lentur, sehingga ketika kayu berubah bentuk karena perubahan cuaca akan membuat lapisan coating tetap bertahan. 

Tak akan ada efek retak bahkan mengelupas yang akan muncul. Inilah kemampuan rekat yang dimiliki Bioduco sehingga furniture dengan warna patina dapat digunakan di luar ruangan. 

  • Perlindungan terhadap perubahan cuaca

Selain memiliki kualitas daya rekat, perlindungan akan diberikan pada Bioduco warna grey. Dengan melapisi kayu memanfaatkan Bioduco top coat tentunya akan membuat perlindungan semakin sempurna. Warna patina tak akan mudah pudar karena panas dan hujan. 

Selain itu perlindungan dari perubahan cuaca ini juga berhubungan dengan ketahanan kayu sebagai furniture. Ketika kerusakan dari masalah tersebut muncul biasanya akan memicu masalah lain seperti jamur dan rayap. 

  • Perlindungan dari rayap dan jamur

Tak hanya tahan perubahan cuaca, Bioduco juga telah dilengkapi dengan bahan pengawet kayu yaitu anti rayap dan jamur. Sehingga kerusakan dari penyakit kayu ini dapat dicegah sejak awal. Karena bahan tersebut, membuat rayap tidak berani membuat sarang pada kayu. 

Bahan anti jamur juga akan mencegah kayu ditumbuhi oleh jamur permukaan yang seringkali menimbulkan bekas pada kayu. Bekas tersebut bisa menjadi noda yang warnanya sulit dihilangkan kecuali melalui refinishing. 

Tertarik untuk membeli Bioduco untuk finishing furniture warna patina grey? Anda bisa mendapatkannya di sini:

  1. https://www.tokopedia.com/biopaint102
  2. https://www.tokopedia.com/bioindustrieso
  3. https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Coating Schedule"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 Cat Kayu - by DH

CAT KAYU