Yuk Kenali 6 Jenis Kayu Solid Mahal dan Finishing Terbaiknya

Sedang bingung memilih jenis kayu untuk finishing furniture di rumah? Simak artikel ini sampai tuntas!

Untuk membuat furniture anda perlu mengetahui jenis kayu terbaik dan teknik finishing kayu yang tepat sesuai dengan jenis furniture yang akan dibuat. Anda perlu memilih kayu yang sesuai dengan kebutuhan anda, pastikan juga anda menggunakan bahan finishing dan teknik finishing terbaik agar menghasilkan furniture yang berkualitas.

Mengenal Jenis-Jenis Kayu Terbaik Untuk Furniture Dan Finishingnya - kayu keras

Mengenal jenis kayu dan teknik finishing apa saja yang cocok digunakan akan memudahkan Anda menentukan pilihan. Tidak semua jenis kayu cocok digunakan untuk furniture luar ruangan dan juga sebaliknya. Bahkan tidak semua cocok di finishing dengan warna natural. 

Jadi apa saja jenis kayu dan cara finishing terbaik yang bisa diaplikasikan untuk membuat furniture berkualitas? Mari simak ulasannya berikut ini!

Berbagai Jenis Kayu dan Finishing Terbaik yang Cocok 

Indonesia terkenal dengan hutan tropis yang sangat luas dengan sumber kayu solid yang sangat beragam. Namun tidak semua jenis kayu terbaik tersedia di Indonesia, karena sebagian besar diekspor ke luar negeri. Saat ini, sangat mudah untuk membeli kayu impor yang memang tidak ada di Indonesia. Beberapa jenis kayu juga lebih kuat dan memiliki karakteristik yang lebih bagus dibandingkan kayu dari Indonesia.  

Mengenal Jenis-Jenis Kayu Terbaik Untuk Furniture Dan Finishingnya - kayu impor kayu lokal

Sebaiknya Anda cermati karakteristik baik itu kayu impor atau kayu lokal berikut ini. Jangan lupa pikirkan apakah finishing yang terbaik untuk digunakan pada kayu tersebut. 

Jenis Kayu Walnut dan Finishing Terbaik

Jenis kayu ini tidak tumbuh di Indonesia, biasanya hanya tumbuh di Eropa dan juga Amerika. Kayu yang tumbuh di negara empat musim ini memiliki kekuatan dan ketahanan yang sangat baik. Warna dari kayu ini coklat tua keemasan dan merupakan kayu terbaik di dunia. Jika dibeli harganya sangat mahal. 

Kelebihan dari kayu ini meliputi tekstur, warna yang lebih tajam bahkan ketika tidak finishing hingga penggunaannya. Penggunaan dari kayu walnut sendiri sangat luas baik itu furniture dalam ruangan atau luar ruangan. Walnut merupakan jenis kayu terbaik dari segi ketahanannya terhadap rayap dan jamur, sehingga kayu walnut tidak mudah rusak. 

Mengenal Jenis-Jenis Kayu Terbaik Untuk Furniture Dan Finishingnya - kayu walnut

Finishing yang cocok dilakukan pada kayu walnut adalah hanya dengan dipoles atau dengan top coat saja. Pemolesan bisa dilakukan pada furniture kayu walnut yang diletakan di dalam ruangan. Finishing furniture dengan top coat akan mempertahankan warna kayu asli dan juga seratnya. 

Kayu Maple dan Finishingnya

Masih dengan kayu yang hanya tumbuh di negara empat musim, kayu maple bisa didapatkan dengan lebih mudah. Stok dari kayu maple cukup banyak dan harganya lebih murah dibandingkan dengan kayu walnut. Warna dari kayu maple ini coklat kemerahan tetapi tidak semerah warna mahoni. 

Serat kayu maple termasuk lurus dan ketahanannya terhadap kelembaban masih kurang baik. Anda bisa menggunakan kayu ini untuk semua jenis furniture dalam ruangan di tempat yang kering. Misalnya tempat tidur, kursi ruang tamu atau meja makan. 

Kayu maple

Sedangkan untuk finishingnya, kayu maple membutuhkan lapisan coating yang kuat. Anda bisa menggunakan pernis, lacquer, plitur, hingga lapisan coating lainnya. Apapun cat yang digunakan Anda bisa menghasilkan dua warna yaitu natural atau natural transparan. 

Kayu Mahoni dan Finishingnya

Pertumbuhan kayu mahoni terjadi di berbagai belahan dunia, baik di Indonesia atau Amerika. Warna dari kayu mahoni ini kemerahan dan tidak tahan terhadap panas apalagi hujan. Tidak disarankan untuk menggunakan kayu mahoni untuk furniture luar ruangan. Namun Anda bisa menggunakan furniture di dalam ruangan yang kering. 

Bentuk serat dari kayu mahoni adalah lurus dan warnanya yang kemerahan memberikan kesan hangat tersendiri. Jika terkena panas terus menerus, warna dari kayu akan cepat memudar karena efek dari sinar UV. Anda bisa menggunakannya sebagai meja makan, kursi tamu atau tempat tidur. 

Kayu Terbaik Untuk Furniture Dan Finishingnya - kayu mahoni

Ketahanannya yang kurang baik terhadap sinar UV membuat Anda harus memberikan lapisan coating yang kuat. Pernis dan juga polyurethane adalah pilihan tepat sebagai bahan finishing. Anda bisa juga memberikan lapisan wood stain warna mahoni untuk mempertajam warnanya. 

Kayu Ek dan Finishingnya

Satu lagi jenis kayu terbaik yang berasal dari luar negeri yaitu kayu ek. Ada dua jenis kayu ek yaitu ek putih dan ek merah. Keduanya memiliki ketahanan yang berbeda dan yang paling bagus kualitasnya adalah ek putih. Anda bisa menggunakan ek putih sebagai furniture luar ruangan. Sedangkan ek merah hanya bisa digunakan untuk furniture dalam ruangan. 

Jenis kayu ek putih memiliki warna putih yang mirip dengan kayu pinus. Bentuk seratnya lurus tidak beraturan dan terlihat sangat indah. Kayu ek merah memiliki warna coklat gelap dengan bentuk serat tidak beraturan yang memiliki warna lebih gelap lagi. 

Kayu Terbaik Untuk Furniture Dan Finishingnya - kayu ek

Finishing dari kayu ek putih dan juga ek merah yang terbaik adalah warna natural transparan. secara fisik, kayu ini tidak memiliki banyak cacat warna sehingga tidak perlu menggunakan wood stain untuk mempertajam warnanya. Cukup menggunakan top coat dan memilih tingkat glossy yang tepat. 

Jenis Kayu Pinus dan Finishing Terbaik

Pinus adalah jenis kayu terbaik yang sangat populer karena sangat mudah diolah menjadi berbagai macam desain. Kayu ini sangat ringan dan memudahkan siapa saja untuk memindahkan furniture. Dari segi harga, kayu ini juga lebih murah dan mudah untuk diolah demi mengasah kemampuan pengolahan kayu. 

Kayu ini memiliki warna putih dengan serat yang lurus tidak beraturan. Karena ringan maka tidak cocok digunakan untuk furniture luar ruangan. Sebaiknya gunakan kayu pinus untuk furniture indoor seperti kabinet, meja tamu, atau kursi tamu. 

Mengenal Jenis-Jenis Kayu Terbaik Untuk Furniture Dan Finishingnya - kayu pinus

Warna kayu yang putih memudahkannya untuk di finishing dengan cat apapun baik warna natural atau solid. Proses finishing warna natural agak sedikit rumit karena adanya blue stain yang biasanya mengganggu. Perlu pemutih kayu terlebih dahulu sebelum Anda mengecatnya. 

Kayu Jati dan Finishingnya

Kayu yang sangat kuat dan ketahanannya sangat terjamin. Apalagi Anda bisa dengan mudah mendapatkannya di Indonesia. Jika Anda berhasil mendapatkan kayu jati yang tua, maka ketahanannya akan sangat tinggi. Jati adalah kayu yang lebih tahan terhadap panas, hujan dan perubahahnnya bahkan jamur dan rayap.

Ketahanan dari kayu membuatnya lebih luas penggunaannya. Tidak hanya sebagai furniture outdoor tetapi hingga dek kolam renang atau balkon. Proses pengolahannya cukup lama mengingat kayu jati memiliki tekstur yang sangat keras. 

Jenis-Jenis Kayu

Finishing dari kayu jati sendiri yang cocok adalah warna natural atau natural transparan. Bahkan untuk furniture dalam ruangan Anda bisa juga hanya menggunakan bahan poles saja. Kayu jati memiliki efek warna keemasan pada permukaannya yang harus diperlihatkan. 

Butuh Inspirasi Finishing Kayu?

Anda bisa mendapatkan berbagai info lain mengenai jenis kayu terbaik dan inspirasi gaya finishing lainnya di beberapa kanal kami berikut ini:

Website : https://www.biovarnish.com/
Facebook : https://web.facebook.com/biovarnish/
Instagram : https://www.instagram.com/biovarnish/
Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCLlPdr6osQD3eUWbLQDJJzQ

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing, perawatan, dan pencegahan kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

WhatsApp : 087839346433

©2015 - 2020 catkayu.com - All Right Reserved.