Cermati Perbedaan Aplikasi Cat Kayu Coklat Transparan dan Solid

Saat memilih warna coklat untuk finishing, Anda bisa menggunakan cat kayu solid maupun transparan. Hasil finishing coklat solid maupun transparan bisa Anda peroleh setelah memilih jenis cat kayu yang akan digunakan. Agar Anda tidak bingung dalam memilih cat kayu coklat yang solid atau transparan, simak rekomendasinya disini.

Apa Merk Cat Kayu Warna Coklat Terbaik Di Indonesia?

Pernahkah Anda bingung dalam memilih hasil finishing cat kayu warna coklat? Banyak sekali pilihan warna coklat untuk finishing kayu. Setiap merk cat memiliki tingkatan warna yang berbeda. Namun terdapat perbedaan dasar yang perlu Anda ketahui yakni warna solid dan juga warna kayu transparan.

Perbedaan Finishing Warna Coklat Solid dan Transparan

Walaupun sama-sama memberikan warna coklat dan efek yang diberikan sangat berbeda. Warna kayu coklat solid adalah warna yang menutup warna kayu itu sendiri sampai pada serat kayunya. Tidak ada kesan natural yang didapatkan Namun tampilan yang benar-benar berbeda.

Pada finishing warna coklat transparan Anda akan menggunakan cat jenis pernis dan plitur. Warna coklat natural yakni transparan asli kayu bisa didapatkan. Warna coklat bisa didapatkan dari warna asli kayu dan dye seperti wood stain. Serat kayu akan tetap terlihat dan kesan natural sangat dirasakan.

Banyak alasan Anda akan memilih warna kayu coklat solid atau transparan, rata-rata jawaban para pengguna bahan finishing adalah selera. Ya semua itu ditentukan sesuai selera yang Anda inginkan. Apakah Anda ingin mendapatkan hasil finishing kayu natural dan tidak. Beberapa ada yang menggabungkan dengan desain atau gaya ruangan yang akan diciptakan.

Aplikasi masing-masing warna coklat tersebut berbeda mulai dari produk hingga langkah-langkah pun berbeda. Anda harus lebih berhati-hati dengan finishing coklat solid karena warna tersebut harus berhasil menutup warna dan serat kayu.

Cat Kayu Warna Coklat Terbaik

Jika Anda sudah memutuskan manakah warna coklat yang akan digunakan, kini saatnya mempelajari bagaimana cara mengaplikasikannya. Bagi DIY dan profesional aplikasi masing-masing cat tidak sulit Anda hanya perlu membaca petunjuk penggunaan pada kemasan cat dan ikuti langkahnya dengan benar.

Cat Water Based Vs Solvent Based

Produk cat yang digunakan juga tidak boleh salah. Apabila Anda tidak menggunakan jenis cat yang tepat hasil juga belum tentu maksimal. Produk yang kini banyak digunakan adalah cat kayu water based. Baik itu warna solid atau warna transparan cat water based adalah yang terbaik memberikan hasil akhir.

Alasannya adalah warna dari cat kayu water based tidak mengecewakan. Warna akan tetap stabil dan tidak berubah karena efek cuaca. Anda tidak akan menemukan efek warna menguning seperti yang terdapat pada cat solvent. Tidak perlu takut dengan warna kuning yang akan mengurangi efek keindahan dari finishing.

Cara Aplikasi Cat Kayu Coklat Solid

Mengenai cat kayu coklat solid yang terbuat dari bahan water based, cat kayu Bioduco adalah produk yang sangat direkomendasikan. Semua proses aplikasi membutuhkan alat semprot dan kompresor. Mempelajari bahkan menguasai cara aplikasi spray gun akan sangat menguntungkan dalam langkah ini.

Ada empat produk cat kayu Bioduco yang harus digunakan dalam finishing warna kayu coklat solid. Dimulai dari Bioduco Wood Putty untuk menambal seluruh bagian kayu yang rusak, dilanjutkan dengan Bioduco Primer Coat untuk menutup warna kayu dan serat kayu. Produk ketiga adalah Bioduco Solid Colour warna coklat dan terakhir adalah Bioduco Top Coat.

Perbedaan Cara Aplikasi Cat Kayu Coklat Transparan dan Solid

Khusus untuk lapisan top coat Anda bisa memilih untuk mendapatkan hasil finishing glossy dan matte. Pemilihan ini tergantung dengan selera. Keempat produk cat harus tersedia berikut dengan beberapa alat berikut ini:

  • Amplas alumunium oxide 220, 240 dan 400
  • Gelas plastik
  • Peralatan semprot (spray gun dan kompresor)
  • Kain lap bersih
  • Pisau palet
  • Pengaduk cat

Agar lebih mudah ikuti beberapa langkah aplikasinya berikut ini:

1. Lakukan Persiapan

Amplas seluruh permukaan kayu dengan amplas aluminum oxide nomor. 220. Amplas sampai permukaan halus dan merata. Bersihkan debu amplas dengan kain lap.

2. Gunakan Wood Putty

Lanjutkan dengan aplikasi Bioduco Wood Putty. Jika terdapat lubang isilah dengan dempul kayu ini aplikasikan merta dengan pisau palet.

Tunggu lapisan mengering kurang lebih 20 menit dan lanjutkan dengan pengamplasan. Amplas dengan ukuran kertas amplas nomor 240 jika perlu gunakan hand sander untuk memperingan pekerjaan. Bersihkan debu amplas.

3. Gunakan Primer Coat

Aplikasikan Bioduco Primer Coat yang sudah dicampur dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. Aduk dengan pengaduk, buatlah larutan di dalam gelas plastik.

Berani Gunakan Cat Kayu Hitam Doff? Ini Produk Andalannya

Tuang larutan yang telah tercampur ke dalam tabung spray dan tutup. Memulai semprotkan cat primer ke seluruh permukaan kayu. Gunakan teknik aplikasi spray yang benar. Tunggu lapisan kering dan amplas ambang dengan amplas 400.

4. Lakukan Pengecatan

Aplikasikan Bioduco Solid Colour warna coklat yang sudah dicampur dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk merata dalam gelas plastik.

Cat Duco Aman

Tuangkan larutan ke dalam tabung spray yang sebelumnya telah dicuci bersih. Semprotkan merata ke seluruh permukaan kayu. Tunggu lapisan mengering selama 60 menit dan dilanjutkan dengan pengamplasan ambang dengan amplas 400.

5. Beri Top Coat

Aplikasikan Bioduco Top Coat pilihan yang sudah dicampur dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. Larutan masukan ke dalam tabung spray dan tutup. Aplikasikan hingga merata dan tunggu lapisan kering selama semalaman.

Jika ingin hasil yang merata dan benar maka Anda bisa mengaplikasikan primer coat dan Bioduco warna coklat dua kali lapisan dan hingga mendapatkan warna coklat yang tajam. Jangan lupa aplikasikan tipis-tipis setiap lapisan coating.

Cara Aplikasi Cat Kayu Coklat Transparan

Jika finishing warna kayu coklat perlu dengan spray gun agar hasil merta tidak dengan aplikasi cat kayu coklat transparan. Di sini Anda bisa menggunakan produk cat water based Biovarnish yang merupakan pernis dan plitur kayu. Hasil finishing yang dihasilkan sangat merta walaupun hanya menggunakan kuas saja.

Perbedaan Cara Aplikasi Cat Kayu Coklat Transparan dan Solid

Kuas yang bisa digunakan untuk hasil yang halus adalah kuas busa dan kuas nilon kedua bahan ini akan memberikan hasil yang benar-benar merata. Tiga produk yang perlu dipersiapkan adalah Biovarnish Wood Filler, Liquid Stain sesuai dengan warna yang diinginkan dan juga Clear Coat.

Sama seperti top coat, clear coat juga tersedia dalam warna gloss dan matte. Jika bahan sudah lengkap berikut ini alat yang harus disiapkan.

  • Amplas alumunium oxide 220, 240 dan 400
  • Gelas plastik
  • Kuas nilon dan busa segala ukuran
  • Kain lap bersih
  • Pisau palet
  • Pengaduk cat

Cara aplikasi Biovarnish Series adalah:

1. Lakukan Pengamplasan

Amplas seluruh permukaan kayu dengan amplas aluminum oxide nomor 220. Amplas sampai permukaan halus dan merata. Bersihkan debu amplas dengan kain lap.

2. Gunakan Wood Filler

Warna Dempul Kayu

Aplikasikan Biovarnish Wood Filler merata dengan pisau palet. Lakukan hingga pada cacat pada kayu menjadi rata. Tunggu lapisan kering dan lanjutkan dengan pengamplasan amplas 240. Dilakukan hingga warna dan serat kayu terlihat. Bersihkan debu amplas dengan kain.

3. Gunakan Liquid Stain

Lanjutkan dengan aplikasi Biovarnish Liquid Stain yang telah dicampur dengan air dalam gelas plastik. Gunakan perbandingan 4 bahan dan 1 air serat aduk merata.

Produk Liquid Stain

Masukkan searah serta lapisan Liquid Stain ke seluruh permukaan kayu. Tunggu lapisan kering dan lanjutkan dengan proses pengamplasan ambang dengan amplas 400.

4. Lapisi dengan Clear Coat

Lapisan akhir adalah Biovarnish Clear Coat. Campurkan clear coat ke dalam gelas plastik dengan air perbandingan 2 : 1. Aduk merata kemudian masukkan ke seluruh permukaan kayu hingga merata. Tunggu lapisan akhir ini kering semalaman.

Pernis Kayu Jati Belanda

Apabila Anda ingin mendapatkan warna kayu yang lebih tajam dan gelap aplikasikan wood stain dua dan tiga kali. Bahkan Anda bisa mengaplikasikan wood stain sampai mendapatkan warna yang diinginkan.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing, perawatan, dan pencegahan kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2020 catkayu.com - All Right Reserved.