Ingin Mendapatkan Cat Kayu yang Paling Bagus? Cermati Cara Berikut Ini

Memilih cat yang paling bagus dapat memberikan tampilan finishing furniture kayu yang berkualitas. Cat kayu yang paling bagus memberikan hasil yang menutup permukaan kayu dari ketidak sempurnaan. Ingin mendapatkan cat kayu yang paling bagus? Simak cara mendapatkannya disini.

Membeli cat yang lebih baik juga memiliki arti tidak harus mengeluarkan uang lebih karena cat yang lebih baik memberikan daya tutup tinggi. Anda juga tidak harus selalu menggunakan cat yang berpelarut thinner karena aroma yang dikeluarkan sangat mengganggu.

Baca Juga : ingin mendapatkan hasil finishing kayu mengkilap gunakan biovarnish

Perlu dicatat bahwa fungsi dari cat kayu adalah untuk melindungi material kayu dalam menghadapi rayap, jamur dan kerusakan lainnya. Dibutuhkan cara yang tepat untuk bisa membedakan kualitas cat sesuai dengan levelnya dari berbagai macam merk.

Mengenal apa faktor apa saja yang akan membuat sebuah cat berkualitas sangat penting. Dengan begitu Anda akan segera mengenal jenis cat yang paling bagus manakah untuk digunakan pada furniture kayu.

Bahan Pabrikan dalam Produksi Cat Kayu Bagus

Faktor pertama yang harus Anda ketahui adalah bahan-bahan yang digunakan untuk membentuk cat. Secara umum terdapat empat bahan utama yaitu pigment, binder, resin (liquid) dan additives.

Baca Juga : rekomendasi cara mendapatkan cat anti air untuk kayu yang berkualitas

Berikut ini penjelasan dari masing-masing bahan yang terdapat dalam cat kayu.

1. Pigmen

Pigmen adalah komponen dalam cat yang akan memberikan warna. Terbuat dari bubuk alami yang tidak dapat hilang. Bubuk pigmen harus dapat larut di dalam cairan dan terdapat dua jenis pigmen.

Pertama adalah pigmen primer, pigmen ini memberikan warna primer pada cat. Jenis pigmen ini sangat mahal dan hanya terdapat pada cat berkualitas tinggi. Kedua adalah extender pigments.

Baca Juga : cara menggunakan cat kayu untuk mendapatkan transparansi kayu yang bagus

Jenis kedua dari pigmen ini lebih murah daripada pigmen prime. Fungsinya tidak terlalu baik untuk menutup ketidaksempurnaan pada kayu. Biasanya pigmen ini dibuat dari bahan clay, silica dan talk atau chalk.

2. Binder

Bahan kedua yang digunakan adalah binder yang merupakan komponen pembentuk lapisan film. Berbagai macam binder digunakan yang sering disebutkan dalam merk cat seperti acrylics, polyurethanes, resins, epoxy dan oil.

Baca Juga : cara mendapatkan motif kayu yang bagus dengan jenis cat kayu waterbased

binder cat acrylic

Binder memiliki fungsi mengontrol cat akan mengering dan mengeras. Komponen pelarut akan menguap dan binder akan membentuk lapisan film yang keras di atas lapisan kayu. Tergantung dengan jenis binder yang digunakan, beberapa jenis cat sulit untuk mengering atau harus dalam kondisi tertentu baru bisa kering.

3. Resins (liquid)

Pada dua jenis liquid dan bahan pelarut yang digunakan yaitu air dan solvent. Fungsinya adalah untuk membentuk viskositas dari cat dan kekentalan. Sebagai contoh air adalah bahan pelarut yang memiliki viskositas rendah dan madu memiliki viskositas yang tinggi.

Baca Juga : cara mendapatkan cat kayu untuk pintu yang bagus dan berkualitas

Semakin rendah viskositas larutan cat maka akan semakin mudah untuk diaplikasikan pada kayu. Dengan kata lain semakin banyak bahan pelarut yang digunakan maka akan semakin luas permukaan yang terlapisi cat.

Sekilas hal tersebut terlihat bagus namun akan semakin tipis lapisan cat yang terbentuk. Belum lagi warna yang dihasilkan dari pigmen juga akan semakin pudar. Anda bisa memberikan beberapa lapisan jika mengaplikasikan dengan jenis cat dengan viskositas rendah.

Baca Juga : cara mendapatkan warna yang sesuai untuk kayu mahoni dengan cat kayu ini

Cat dengan viskositas yang rendah akan lebih baik untuk menutup cacat pada permukaan kayu. Maka Anda akan menemukan beberapa jenis cat yang dapat diaplikasikan dengan satu lapisan film. Perhatikan pada label yang tertera pada cat atau tanyakan pada penjual di toko.

4. Additives (pengawet)

Bahan pengawet juga diikutsertakan dalam cat. Selain ketiga bahan di atas additives menjadi bahan keempat yang di beberapa jenis cat tidak digunakan. Beberapa kandungan additives akan meningkatkan flow pada saat cat diaplikasikan.

Cat yang memiliki aliran aplikasi tepat akan meningkatkan tampilan furniture khususnya yang diaplikasikan dengan kuas. Beberapa juga akan mengontrol bisa dan memberikan proteksi terhadap sinar UV.

Proteksi terhadap sinar matahari ini penting untuk menjaga warna cat tidak cepat pudar. Bahan pengawet ini juga akan menjaga agar tidak ada bakteri yang tumbuh ketika cat diaplikasikan pada furniture untuk area basah seperti dapur dan kamar mandi.

Jenis-jenis bahan additives antara lain : Biocides, Thickeners, Surfactants, dan defoamers.

Memilih Jenis Daya Tahan Lapisan Film sesuai Sheen Level

Apakah jenis cat terbaik yang dapat membuat lapisan coating bertahan lebih lama? Jika di atas kita mempelajari tentang bahan-bahan yang digunakan kini saatnya untuk memilih tampilan yang akan melindungi furniture.

Ketika selesai mengaplikasikan cat, lapisan akhir yang berwarna transparan dikenal sebagai top coat menghasilkan tampilan kilau yang berbeda. Tingkat kilau ini dikenal sebagai sheen level, ukuran sheen level tidak dapat dilihat dengan mata telanjang namun diukur dengan alat disebut sebagai glossy meter.

Tampilan kilau ini didapatkan dari pantulan cahaya di atas permukaan lapisan top coat yang telah mengering. Semakin tinggi kilaunya maka akan semakin tinggi sheen level yang diciptakan.

Masing-masing tingkat kilau ini sendiri juga akan memberikan bentuk perlindungan berbeda. Berikut ini masing-masing sheen level yang akan Anda temukan dari top coat pada umumnya.

√ Gloss

Ingin Mendapatkan Cat Kayu yang Paling Bagus? Cermati Cara Berikut

Sheen level yang dikategorikan sebagai glossy adalah 60 hingga 79%. Anda akan dilihat tingkat kilau yang halus dan sangat menguntungkan karena mudah dibersihkan. Gloss akan memberikan perlindungan yang sangat baik membuat cat menjadi lebih tahan lama. Kekuatannya membuat top coat gloss banyak digunakan untuk furniture outdoor.

√ Satin

Tampilan satin ini paling banyak digunakan untuk furniture indoor. Berbeda dengan gloss, tingkat kilau lebih rendah sekitar 30-39% saja. Oleh karena itu cat tidak akan memberikan perlindungan atas goresan dan cukup sulit dibersihkan.

√ Matte

Berada di bawah satin dan tidak akan memantulkan cahaya. Tingkat sheen levelnya adalah 10-19% artinya Anda hampir tidak dilihat pantulan cahaya. Banyak yang menggunakan top coat matte untuk furniture tampak lebih natural. Sayangnya kurang tahan terhadap goresan yang membuat cat cepat rusak.

Apabila diperhatikan ada tiga pilihan yang sangat umum dari top coat. Sebenarnya ada beberapa sheen level lainnya namun cukup jarang ditemukan. Misalnya seperti semi gloss, doff, high gloss, dan death matte.

Ciri-Ciri Cat Kayu Bagus Berkualitas yang Harus Dicermati

Apa yang membuat cat menjadi lebih bagus satu dengan lainnya. Anda akan menemukan berbagai merk cat di pasaran dan disinilah tantangan untuk memilih dimulai. Jika Anda akan mengerjakan proyek besar sangat penting untuk membandingkan secara langsung antar merk cat.

Anda mungkin akan mengeluarkan lebih untuk melakukan percobaan satu sama lain dan perlu waktu lebih. Nah sebelum melakukan percobaan Anda perlu mencermati jenis cat kayu yang bagus berikut ini.

Tips Dan Teknik Mengecat Kayu Dengan Cat Solid Menggunakan Kuas - kuas

— Pigmen dengan daya tutup yang baik —

Kandungan dominan dalam pigmen adalah titanium dioxide yang merupakan bubuk putih dengan kualitas daya tutup yang baik. Cat yang baik memiliki persentase tinggi kandungan pigmen ini.

Anda tidak dapat menilai cat hanya berdasarkan kandungan dari pigmen di dalamnya. Gabungkan juga dengan faktor lainnya seperti hasil tampilan yang lebih mengkilap. Cat yang menggunakan pigmen terbaik biasanya memiliki harga mahal.

— Binder yang dapat melekat dengan baik dan tahan lama —

Seperti yang telah dijelaskan binder adalah bahan yang akan membentuk lapisan film dan mengeras setelah bahan pelarut menguap. Jenis binder yang paling baik dan digunakan hingga saat ini adalah acrylic.

Ingin Mendapatkan Cat Kayu yang Paling Bagus? Cermati Cara Berikut

Bahan acrylic terbaik terbuat dari partikel yang sangat kecil sehingga dapat meresap ke dalam pori kayu dengan baik. Oleh karena itu binder terbaik dapat bertahan lebih lama dan tahan terdapat pengapuran, peeling dan rusak. Artinya daya rekat dan adhesi yang terbentuk sangat baik.

— Memiliki lebih banyak bahan solid —

Jika dilihat dari penjelasan mengenai sheen level tingkat kilau memiliki rasio pengikat dengan pigmen. Oleh karena itu top coat matte memiliki lebih sedikit kandungan pigmen dan sedikit binder.

Cat mengkilap atau gloss dan high gloss memiliki lebih sedikit pigmen namun memiliki kandungan binder yang lebih tinggi. Disamping sheen level ini cat berkualitas tinggi memiliki kombinasi bahan solid yaitu pigmen dan binder yang tinggi dan sedikit kandungan air.

— Kandungan additives yang meningkatkan kualitas protektif —

telah diterangkan sebelumnya bahwa bahan additives atau pengawet dalam cat sangat dibutuhkan. Namun sayangnya tidak semua cat memiliki additives yang lengkap. Cat dengan harga murah hanya mengandung thickeners dan Biocide.

Padahal sangat penting untuk memiliki semua bahan additives dalam satu produk cat. Bahan additive lainnya akan membantu cat memiliki larutan yang tepat sehingga mudah diaplikasikan. Sedangkan bahan lainnya akan membantu mengurangi cat menimbulkan busa pada permukaan setelah diaplikasikan.

Memastikan Jenis Cat Manakah yang Harus Dibeli

Kini sudah saatnya Anda akan membeli. Mungkin Anda akan membandingkan dua atau tiga merk cat. Anda mungkin juga tidak memiliki waktu untuk mencoba satu merk dengan yang lainnya.

Inilah yang dilakukan para profesional ketika membeli cat yaitu mengingat bahwa kita bukanlah seorang pakar kimia. Pada saat Anda bingung memilih antara merk belilah produk yang merupakan 100% acrylic dan belilah produk yang mahal.

Anda akan mendapatkan lebih banyak keuntungan dengan cat tersebut karena cat dengan kualitas bagus akan bertahan lebih dari 10 tahun. Bahkan Anda bisa menggunakannya pada furniture outdoor daripada Anda membeli cat yang hanya bertahan tiga atau lima tahun kemudian.

cat kayu paling bagus

Cat yang memiliki kualitas tinggi akan memiliki harga yang mahal. Disisi lain, cat dengan harga murah tidak akan menawarkan kualitas yang baik. Beberapa cat dengan harga mahal belum tentu juga memiliki kualitas yang baik. Sebagai rekomendasi, Anda bisa memilih menggunakan cat kayu besi Orchid Enamel Paint untuk finishing kayu maupun besi dengan warna solid.

https://www.youtube.com/watch?v=dPHdUU3urf0&t=1s

Anda juga bisa memilih menggunakan cat kayu Biovarnish Series untuk mendpatkan hasil finishing kayu natural transparan. Serat kayu yang terlihat eksotis akan sangat menarik bagi furniture kayu Anda.

Sementara, jika Anda ingin melakukan finishing duco, cat Bioduco Series bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda. Finishing rustic atau dengan teknik distressing bisa Anda lakukan menggunakan cat Bioduco sebagai bahan finishingnya.

cat kayu paling bagus

Keamanan produk Biovarnish, Orchid Enamel, serta Bioduco sudah tidak perlu Anda khawatirkan lagi. Diformulasikan sesuai standar keamanan US EPA dan ECHA, ketiga jenis cat ini adalah cat water based yang aman dan ramah lingkungan untuk diaplikasikan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top