Cat Kayu Mengkilap Yang Bagus Untuk Finishing Lemari Pakaian

Cat Kayu Mengkilap

Lemari pakaian sering menggunakan warna natural kayu dengan tampilan gloss, sehingga memerlukan cat kayu mengkilap yang tepat agar lebih optimal.

Lemari pakaian merupakan salah satu furniture interior yang harus ada dalam hunian rumah karena fungsinya yang sangat dibutuhkan untuk kebutuhan rumah tangga dalam menyimpan pakaian bagi penghuni rumah. Agar tampilan lemari pakaian lebih menarik biasanya menggunakan tampilan gloss sebab lebih terkesan bersih dan elegan.

Pengaplikasian cat kayu mengkilap pada lemari pakaian akan sangat bagus dengan menggunakan cat kayu yang memiliki daya rekat film yang kuat serta transparansi warnanya yang bagus.

Aplikasi Cat Kayu Mengkilap Pada Lemari Pakaian

Lemari pakaian dengan tampilan gloss akan jauh lebih baik menggunakan cat kayu mengkilap yang tepat. Pada umumnya, cat kayu yang digunakan untuk menampilkan kesan gloss pada lemari adalah cat solvent based. cat tersebut memang dikenal dengan tingkat glossynya yang maksimal mencapai 100% namun bonding dari cat solvent based tersebut tidak cukup baik karena mudah menguap di udara. Terlebih lagi, cat yang mudah menguap ke udara mengindikasikan bahwa cat tersebut memiliki kandungan VOC yang tinggi sehingga berdampak buruk pada kesehatan dan lingkungan.

Sedangkan cat untuk mengkilapkan kayu yang aman untuk digunakan adalah cat water based. Walaupun di Indonesia cat water based termasuk cat yang baru berkembang namun kualitas cat ini sangat bagus. Salah satu cat water based yang memiliki kualitas serta bahannya yang aman adalah Biovarnish. Adapun cara aplikasi Biovarnish sebagai berikut:

  1. Ampelas permukaan kayu agar lebih halus dan rata sehingga mudah diaplikasikan cat.
  2. Aplikasikan Biovarnish Wood Filler ke seluruh permukaan kayu lalu ampelas dengan kertas ampelas no. 240.
  3. Aplikasikan Biovarnish Wood Stain menggunakan kuas yang dilapisi kain ke seluruh permukaan kayu. Tunggu hingga kering selama 60 menit kemudian ampelas dengan halus menggunakan kerta ampelas no. 400.
  4. Terakhir aplikasikan Biovarnish Clear lalu diamkan selama semalam untuk hasil akhir optimal.

Tips Mendapatkan Hasil Kilap yang Berhasil

Seringkali masalah muncul yaitu tidak muncul tingkat kilap yang tinggi. Masalah ini sering muncul karena kesalahan pengguna pemula yang tidak tahu apa arti dari kilap dan bagaimana menciptakannya. Walaupun sudah menggunakan cat kayu kilap yang baik untuk lemari namun bisa saja lemari tidak glossy dan bersinar.

Belajar dahulu apa itu kilap dan faktor apa saja yang mempengaruhinya akan mempermudah jalannya finishing. Beberapa hal berikut ini yang akan mempengaruhi tingkat kilap pada hasil finishing:

  1. Permukaan harus merata dan halus. Kilap muncul karena adanya pantulan cahaya pada mata. Sudut mata memandang permukaan yang merata juga akan mempengaruhi tingkat kilap yang dihasilkan. Jadi pastikan permukaan kayu harus merata.
  2. Lemari harus terkena cahaya untuk bisa mengkilap. Jika lampu tidak dinyalakan atau tidak terkena sinar matahari maka kilap pada cat di lemari tidak akan terlihat. Sangat penting menjaganya untuk tetap terkena cahaya untuk mengetes tingkat glossy yang dimiliki furniture.
  3. Cat harus merata dan halus. Sama seperti pada permukaan kayu yang rata , cat juga harus merata dan halus. Jika tidak maka tingkat kilap juga akan berkurang. Adanya brush mark, sagging atau cacat finishing kayu lainnya akan menimbulkan efek mengkilap yang berkurang.

Apabila dilihat dari ketiga faktor diatas maka tingkat kilap yang akan dihasilkan dari cat Biovarnish maka sangat bergantung pada teknik finishing yang dilakukan. Apakah teknik finishing Anda sudah sempurna untuk dilakukan pada lemari?

Ingin mendapatkan hasil mengkilap bisa dilakukan dengan beberapa teknik mudah berikut ini:

  • Pengamplasan

Pengamplasan dilakukan dengan cara yang benar. Ingat permukaan kayu harus rata sebelum di finishing sehingga sangat penting untuk dilakukan. Cara memastikan apakah kayu sudah rata atau belum bisa dengan rabaan, semakin peka rabaan Anda maka akan semakin baik hasilnya.

Pengamplasan dilakukan dengan berurutan menggunakan amplas alumunium oxide. Gunakan amplas kasar bisa dimulai dari 150 kemudian beralih dengan amplas 180 terakhir 220. Pengamplasan dilakukan berurutan agar permukaan kayu tidak kasar dan tidak boros amplas.

Ingat juga untuk melakukan pengamplasan di antara lapisan cat. Pada antara lapisan cat ini Anda perlu mengaplikasikan secara ambang. Kertas amplas yang digunakan adalah nomor 400. Kertas amplas harus halus agar tidak melukai lapisan cat. Oleh karena itu sebaiknya gunakan amplas paling halus.

  • Ruang yang terang dan bersih

Seperti yang telah dijelaskan Anda akan melihat tingkat glossy dengan baik apabila lemari diarahkan pada sumber cahaya. Hal ini bisa didapatkan jika Anda mengecat dengan baik dalam ruangan yang bersih dan juga terang. Akan sangat sulit untuk mengecat dalam ruangan yang gelap.

Bahkan Anda tidak akan mengetahui bagian furniture manakah yang belum terlapisi cat dengan baik. Lanjutkan dengan ruangan yang bersih. Ruangan harus bersih sehingga kotoran dan debu tidak menempel pada permukaan cat yang masih basah.

  • Proses penguasan yang benar

Anda perlu mendapatkan proses penguasan yang benar. Menguaskan cat Biovarnish juga perlu memperhatikan beberapa faktor. Pertama adalah searah serat kayu, menguaskan cat searah serat adalah hal penting untuk menghindari brush mark. Bahkan hasilnya akan memperlihatkan serat kayu yang menarik.

Kedua adalah pastikan jenis kuas yang digunakan sudah tepat. Kuas yang cocok digunakan pada cat kayu water based adalah bulu nilon dan kuas busa. Anda bisa memilih salah satu diantaranya karena tidak akan meresap air sehingga tidak membuat bulu kuas menjadi kaku.

Ketiga adalah kondisi kuas harus bersih. Jika Anda menggunakan kuas yang sebelumnya pernah digunakan, pastikan kuas sudah benar-benar dibersihkan. Jika tidak sisa cat sebelumnya akan menempel pada permukaan kayu dan membuat kotor.

  • Pelarutan cat yang tepat

Larutan cat yang tidak tepat misalnya terlalu cair atau terlalu kental akan membuat permukaan menjadi mudah brush mark. Cat yang tepat akan membuat permukaan kayu menjadi lebih halus dan merata.

Tidak hanya itu saja proses penguasan sangat ringan. Tenang saja cat kayu water based Biovarnish adalah cat yang sangat ringan untuk dikuaskan. Anda hanya perlu mencampurkan cat dengan perbandingan 2 bahan : 1 air sehingga cat tidak akan menimbulkan efek brush mark setelah diaplikasikan.

Inilah beberapa faktor yang harus diperhatikan pada saat aplikasi cat Biovarnish series pada lemari kayu. Dengan begitu akan mudah mendapatkan lemari dengan tampilan glossy yang bersih dan juga merata.

Cat Kayu Yang Aman dan Ramah lingkungan

Cat kayu mengkilap Biovarnish sangat aman digunakan karena kandungan bahannya yang telah disesuaikan dengan standar regulasi keamanan bahan kimia internasional seperti US EPA dan ECHA. Cocok ini bagus digunakan untuk finishing natural kayu dengan tampilan gloss karena memiliki tingkat gloss mencapai 80% namun tidak mudah menguap sehingga lebih bertahan lebih lama.

Cat Kayu Mengkilap

Untuk informasi dan pemesanan cat kayu Biovarnish, silahkan menghubungi kotak berikut via phone maupun WhatsApp ke no. 0822-1935-7399. Atau via market place kami di BukaLapak www.bukalapak.com/catwaterbased.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.