Lemari Kayu Mulai Keropos karena Lembab? Perbaiki dengan Dempul Ini

Cepat perbaiki lemari pakaian berbahan kayu yang mulai keropos dengan dempul. Lemari kayu memang murah, tetapi Anda juga harus lebih berhati-hati dalam perawatannya. Mulai dari penempatan, berapa jumlah pakaian yang disimpan hingga bagaimana cara memperbaikinya jika rusak. Walaupun ada banyak perawatan yang harus diperhatikan, tidak semuanya sulit untuk dilakukan. 

Anda hanya perlu lebih perhatian apabila muncul rayap kayu yang membuat lemari menjadi keropos. Keropos bisa saja timbul karena Anda meletakkan lemari menempel pada dinding. Hal ini akan membuat kelembaban pada bagian belakang lemari dan mengundang jamur hingga rayap. 

Keropos bisa juga datang karena jenis kayu yang digunakan tidaklah begitu keras sehingga rayap lebih mudah untuk menyerang. Masalah ini kerap kali terjadi pada jenis kayu murah dan buatan seperti jati belanda, pinus hingga plywood. Kerusakan yang ditimbulkan bahkan bukan hanya sekedar keropos, tetapi lemari bisa saja hancur. 

Menghindari keropos semakin menjadi parah, maka Anda perlu segera memperbaikinya. Caranya, ketahui dimana saja bagian lemari kayu yang lebih sering cepat keropos, kemudian menembaknya dengan dempul bahkan wood filler. Proses penambalan bisa disesuaikan dengan tingkat kerusakannya. 

Jadi bagi Anda yang memiliki lemari kayu jati belanda atau bahkan plywood, segera teliti kembali. Perbaikan harus sesegera mungkin dilakukan dan prosesnya tidak memakan waktu yang lama. Bahkan Anda bisa mendapatkan warna lemari yang sama pada bagian lainnya. 

Cara Mengecek Bagian Lemari Kayu yang Keropos

Rayap bisa saja menyerang berbagai desain lemari, baik itu lemari kayu minimalis hingga klasik. Hanya saja ada satu hal yang perlu diperhatikan, jika lapisan lemari adalah hpl maka tidak mungkin untuk mendempulnya. HPL adalah lapisan berbentuk plastik yang digunakan untuk menggantikan peranan cat pada furniture.

Karena proses pemasangan HPL adalah dengan lem, maka Anda tidak bisa membongkar dan memperbaiki keropos. Namun jika lemari hanya dilapisi oleh pernis, masih ada harapan untuk bisa memperbaikinya. 

Langkah pertama adalah mengecek lemari, bagian mana saja yang keropos? Bagian ini bisa saja tersembunyi dan harus segera Anda ketahui. Berikut ini beberapa cara mengecek yang bisa Anda ikuti:

√ Bagian-bagian yang sering keropos

Ketahui bagian mana saja yang seringkali muncul keropos. Bagian ini adalah kaki lemari, bagian bawah lemari, dan bagian belakang lemari. Anda bisa mengecek terlebih dahulu bagian kaki. Apakah muncul keropos yakni kayu sudah tidak utuh. Kemudian cek bagian belakang apakah muncul jamur dan kayu sudah melunak hingga bisa rusak ketika ditekan. 

√ Cek apakah muncul bubuk kayu

Langkah kedua adalah dengan memperhatikan adanya bubuk kayu. Bubuk ini adalah tanda keberadaan rayap yang sedang merusak substrat kayu dari dalam. Selain pada bagian kaki, bubuk ini juga akan ditemukan di bagian dalam lemari. Bubuk kayu bisa saja mengotori pakaian atau benda yang disimpan di dalamnya. 

√ Ketuk lemari untuk mengecek keberadaan rayap

Terakhir adalah ketuk papan dan konstruksi pada lemari di setiap sisi. Anda bisa melakukan ini juga tidak ada bubuk kayu yang muncul. Biasanya ketika papan diketuk akan terdengar bunyi yang menggema dari dalam kayu. Selain itu, bubuk kayu hingga rayap bisa saja jatuh.

Cara Menghilangkan Rayap Lemari 

Sebelum Anda memperbaikinya dengan dempul, maka akan lebih baik jika menghilangkan rayap terlebih dahulu. Percuma saja jika Anda mendempul lemari yang keropos tetapi tidak menghilangkan sumber perusaknya yaitu rayap. Rayap akan bersembunyi di dalam substate kayu dan membangun koloni kembali setelah selesai diperbaiki. 

Apakah obat rayap yang sangat efektif? Anda bisa menggunakan Biocide Insecticide yang manjur dalam menghilangkan rayap. Anda bahkan tidak perlu menggunakan solar atau minyak tanah yang selama ini digunakan untuk pengawet kayu dari rayap. Proses aplikasinya pun mudah yaitu dengan air. 

Berikut ini cara menggunakan Biocide Insecticide pada lemari kayu keropos:

  1. Bersihkan rayap dengan kuas. Setelah hilang langsung di amplas hingga permukaan pori kayu terbuka. 
  2. Campurkan Biocide Insecticide dengan sedikit air, kemudian kumasukkan pada bagian kayu yang menjadi sarang rayap. 
  3. Jemur lemari di bawah panas matahari langsung kemudian tunggu hingga kering. 
  4. Rayap akan langsung mati dan tidak akan muncul merusak lemari kayu lagi. 

Cara ini cukup efektif bahkan untuk mencegah rayap datang kembali. Akan lebih baik Anda melakukan proses ini sehari sebelum finishing, agar kayu menjadi benar-benar kering terlebih dahulu. 

Dempul Terbaik untuk Perbaikan Lemari Kayu Keropos

Bertanya-tanya soal dempul apakah yang terbaik untuk memperbaiki keropos? Anda bisa menggunakan Biovarnish wood filler. Produk ini adalah dempul kayu water based yang akan menutup permukaan kayu keropos secara maksimal. Selain itu juga, wood filler mampu memberikan warna natural sehingga jika ingin di finishing dengan pernis dan wood stain tidak akan terlihat. 

Ada beberapa keunggulan yang akan Anda dapatkan dari produk ini, efeknya adalah terhadap proses dan hasil. Pertama wood filler ini akan mengeras dan fleksibel pada pori kayu. Jadi ketika kayu berubah bentuk, wood filler tidak akan retak atau mengalami kerusakan yang parah. 

Kedua adalah ada empat pilihan warna yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan jenis kayunya. Warna ini adalah jati, sungkai, mahoni dan juga ramin dimana keempat warna ini nantinya bisa juga Anda campurkan dengan wood stain sehingga harganya bisa sesuai. 

Ketiga adalah wood filler akan menutup permukaan maksimal dan tidak boros. Setelah diaplikasikan wood filler hanya akan memadat dan berkurang sedikit. Bahkan setelah di amplas tidak akan menimbulkan efek peeling. 

Cara Aplikasi Dempul Untuk Lemari Kayu Keropos

Saatnya masuk pada proses aplikasi. Bentuk keropos yang besar pada lemari akan membutuhkan lebih banyak bubuk kayu. Bubuk ini akan membantu mengisi kerusakan akibat keropos dan wood filler bekerja sebagai lem. Serbuk kayu yang digunakan harus halus dan warnanya sesuai dengan hasil yang diinginkan. 

Berikut ini cara Anda bisa memperbaiki lemari kayu kecil atau besar dengan dempul kayu. 

Tahap 1. Pertama adalah amplas permukaan lemari yang keropos kembali. Amplaslah dengan amplas no 220. Setelah selesai, saring bubuk kayu tersebut, atau Anda juga bisa membersihkan serbuk kayu yang baru. 

Tahap 2. Campurkan Biovarnish wood filler dengan serbuk kayu yang sudah dipersiapkan. Aduk hingga mendapatkan bentuk adonan pasta kental yang mudah diaplikasikan. Pastikan saja jumlah bubuk cukup banyak agar hasilnya bisa memadat dengan sempurna. 

Tahap 3. Isikan pasta wood filler tadi dengan scrape ke dalam bagian lemari yang keropos. Isilah hingga penuh dan tidak ada rongga yang tersisa di dalam kayu. Jangan ragu untuk menekan dengan kuat ke dalam lubang keropos. 

Tahap 4. Ratakan permukaan wood filler yang selesai diisikan masih dengan scrape. Diamkan wood filler mengering selama 20 menit baru amplas dengan amplas 240. Selesai, dan Anda bisa mengaplikasikan pernis atau wood stain. 

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 Cat Kayu - by DH

CAT KAYU