Cara Memaksimalkan Aplikasi Cat Terbaik untuk Lemari Kayu Jati

Cat kayu jati yang berkualitas perlu digunakan untuk mendapatkan hasil finishing lemari kayu jati yang lebih menarik. Gunakan cat kayu water based untuk hasil terbaik!

Kayu jati merupakan salah satu jenis kayu populer di dunia industri kayu dan permebelan. Furniture seperti lemari dengan media kayu jati justru akan bertahan lebih lama. Penggunaan kayu jati tidak hanya dipilih karena keawetan dari kayu itu sendiri namun juga karena serat kayu jati memiliki nilai estetika yang tinggi.

Untuk menjaga nilai estetika dari kayu jati, maka perlu polesan cat kayu jati untuk menonjolkan warna asli serta melindungi kayu jati dari kerusakan yang disebabkan oleh debu ataupun jamur. Penggunaan cat kayu yang digunakan untuk finishing kayu jati juga perlu diperhatikan. Pastikan untuk menggunakan cat yang ramah lingkungan dan aman untuk digunakan.

Aplikasi Cat Kayu Jati Pada Lemari

Masyarakat akan tetap menjaga furniture seperti lemari jika awet digunakan dan tidak mudah rusak. Salah satu kayu yang memiliki keawetan yang bagus adalah kayu jati. Lemari dengan kayu jati seringkali dipoles dengan cat kayu jati dengan wana natural kayu agar tetap menampilkan serat kayu jati itu sendiri.

Kayu Cedar : Pengolahan hingga Cara Finishingnya yang Mudah

Gunakan cat kayu water based yang aman dan ramah lingkungan. Cat kayu jati yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan rendah VOC seperti Biovarnish sangat tepat digunakan untuk finishing lemari kayu jati. Adapun teknik finishing lemari kayu jati dengan Biovarnish adalah sebagai berikut:

  1. Amplas seluruh permukaan furniture kayu dengan kertas amplas no. 240 untuk menghilangkan kotoran atau sisa minyak yang masih menempel. Jangan lupa untuk membersihkan debu sisa pengamplasan.
  2. Setelah itu, aplikasikan Biovarnish Wood Filler dengan pisau palet setelah diencerkan menggunakan air bersih dengan perbandingan 2:1. Aplikasikan secara merata untuk menutup pori-pori maupun cacat pada kayu jati.
  3. Gunakan Biovarnish Liquid Stain yang telah diencerkan dengan perbandingan 2:1. Anda dapat mengaplikasikan secara merata dengan menggunakan kuas ataupun spray gun. Tunggu kering sekitar 30 menit, kemudian amplas ambang dengan amplas 400. Ulangi aplikasi jika dirasa perlu.
  4. Terakhir, aplikasikan biovarnish clear coat untuk menjaga lapisan coating. Anda dapat mengaplikasikan biovarnish clear coat setelah diencerkan dengan air bersih pada perbandingan 2:1. Aplikasikan dengan kuas maupun spray gun, tunggu hingga kering sempurna selama semalaman.

Cat Kayu Jati Yang Aman dan Ramah Lingkungan

Biovarnish liquid stain adalah cat kayu jati dengan bahan water based acrylic yang aman dan ramah lingkungan. Bahan yang digunakan tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan rendah VOC sehingga cat tersebut tidak beracun dan tidak berbau.

Hal ini juga membantu dalam proses pengaplikasiannya karena tidak mengganggu aplikator akibat bau yang menyengat. Proses finishing dengan biovarnish liquid stain akan lebih mudah dan lebih cepat. Tentu saja pemilihan cat ini untuk finishing furniture kayu jati adalah hal yang sangat tepat.

Selain dapat digunakan untuk media kayu jati, Biovarnish liquid stain juga cocok diaplikasikan pada furniture atau perabotan dengan berbagai media. Segala jenis kayu, bambu, MDF, plywood, rotan ataupun serat alam lainnya dapat difinishing menggunakan cat water based dari biovarnish liquid stain.

Keunggulan Biovarnish Liquid Stain untuk Finishing Kayu Jati

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai berbagai keunggulan biovarnish liquid stain dibandingkan dengan jenis cat pewarna kayu jati lainnya, simak ulasannya berikut ini:

  • Aman dan ramah lingkungan

Karena merupakan wood stain liquid water based, kandungan pada biovarnish liquid stain aman dan ramah lingkungan untuk digunakan. Diformulasikan tanpa bahan kimia berbahaya dengan kandungan VOC yang rendah membuat cat jenis ini menjadi lebih aman dan ramah lingkungan

  • Transparansi warna baik

Salah satu keunggulan biovarnish liquid stain adalah memiliki tingkat transparansi yang tinggi.  Dengan transparansi warna yang tinggi dan baik, maka aplikasi produk ini akan menonjolkan serat alami kayu sehingga sangat cocok digunakan untuk finishing lemari kayu jati anda

  • Meningkatkan clarity warna

Karena diformulasikan dengan water based colorant, salah satu keunggulan biovarnish liquid stain adalah dapat meningkatkan ketajaman warna. Sehingga proses aplikasinya akan lebih cepat karena sangat mudah dan cepat untuk mencapai warna yang diinginkan

  • Penetrasi warna lebih cepat

Proses finishing lemari kayu jati akan lebih cepat jika menggunakan biovarnish liquid stain. Hal ini dipengaruhi oleh performa bivarnish liquid stain yang mempunyai penetrasi warna yang cepat kedalam media finishing

  • Hasil lebih natural

Hasil aplikasi menggunakan biovarnish liquid stain memberikan kesan lebih natural, hal ini dikarenakan produk ini merupakan cat kayu water based dengan tingkat transparansi tinggi sehingga hasilnya jelas akan lebih natural dengan serat alami kayu yang semakin terlihat

  • Aplikasi lebih fleksibel

Penggunaan wood stain liquid water based ini dapat dilakukan menggunakan beberapa metode. Sangat fleksibel untuk diaplikasikan, anda dapat menggunakan spray gun maupun dengan menggunakan kuas. Semuanya dapat disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan anda.

Jadi, masih bingung memilih cat kayu untuk finishing lemari kayu anda? Jangan ragu lagi, gunakan biovarnish liquid stain untuk finishing lemari kayu jati kesayangan anda. Temukan berbagai varian produk biovarnish lainnya disini!