Pastikan Finishing Meja TV Kayu Jati dengan Cat Ramah Lingkungan Ini

Anda sedang membutuhkan cat kayu jati untuk finishing meja tv dari bahan yang ramah lingkungan? Simak ulasan cat yang sesuai kebutuhan anda disini!

Memilih Gaya Meja TV Minimalis

Meja TV seringkali menggunakan media kayu jati sebagai bahan utamanya karena kuat dan tahan lama. Selain itu, tampilan dari meja TV dengan kayu jati seringkali berwarna natural. Hal ini karena kayu jati dapat tetap menonjolkan serat alaminya. Hal ini akan lebih mudah diperoleh jika anda menggunakan cat water based yang ramah lingkungan.

Proses finishing dengan cat kayu jati yang tepat tentu dapat mempengaruhi hasil akhir finishing pada meja TV. Maka dari itu anda perlu menggunakan cat kayu dengan kualitas yang terpercaya dan aman untuk digunakan. Salah satu cat yang dapat anda gunakan adalah Biovarnish liquid stain. Cat water based yang satu ini adalah plitur kayu water based yang ramah lingkungan dan aman untuk digunakan.

Finishing Meja TV Kayu Jati Dengan Cat  Ramah Lingkungan

Memilih Pelapis Kayu Untuk Jati

Cat kayu jati yang banyak dijumpai di pasaran biasanya mempunyai bau yang sangat menyengat. Biasanya bau tersebut terdapat pada cat kayu solvent based dengan pelarut thinner atau sejenisnya. Jenis cat kayu ini sangat tidak disarankan karena kandungan bahan kimianya yang berbahaya bagi kesehatan manusia.

Sedangkan cat kayu jati yang aman dan ramah lingkungan adalah cat kayu dengan bahan pelarut air atau dikenal dengan cat water based. Salah satu cat water based yang baik digunakan untuk furniture kayu jati seperti meja TV adalah Biovarnish. Cat ini merupakan cat water based yang memang diformulasikan sebagai pengganti cat solvent based.

Dengan menggunakan biovarnish liquid stain pada finishing meja tv kayu jati, hasil finishing natural akan lebih mudah diperoleh. Hal ini karena cat pewarna kayu jati dari biovarnish ini memiliki tingkat transparansi warna yang tinggi, sehingga hasil finishingnya menjadi lebih natural dan tahan lama.

Cara Finishing Meja Kayu Jati dengan Biovarnish

Dengan menggunakan cat kayu biovarnish, anda tidak hanya akan mendapatkan hasil finishing yang natural. Serat kayu jati juga akan lebih terekspos sehingga menambah kesan alami dan hangat pada ruang keluarga anda saat menonton tv.

Finishing Meja Trembesi

Untuk memperoleh hasil finishing terbaik dan berkualitas dengan biovarnish, berikut ini langkah aplikasi yang perlu anda lakukan:

  1. Amplas permukaan meja tv kayu jati dengan kertas amplas no 240 untuk menghilangkan debu atau kotoran lainnya yang masih menempel. Bersihkan debu sisa pengamplasan.
  2. Selanjutnya, aplikasikan Biovarnish Wood Filler yang diencerkan dengan air bersih pada perbandingan 2:1, hal ini dilakukan untuk menutup pori-pori kayu jati yang terbuka. Penggunaan wood filler juga dapat membantu menutupi cacat pada kayu jati.
  3. Aplikasikan cat pewarna kayu jati Biovarnish Liquid Stain setelah diencerkan dengan air bersih pada perbandingan 2:1, aplikasikan secara merata lalu tunggu hingga kering selama kurang lebih 60 menit kemudian amplas hingga halus secara ambang dengan amplas no 400. Ulangi pewarnaan jika dirasa perlu.
  4. Terakhir, aplikasikan Biovarnish Clear Coat untuk melindungi lapisan coating. Encerkan dengan air bersih pada perbandingan 2:1. Anda dapat memilih untuk menggunakan clear coat mate ataupun gloss. Aplikasikan secara merata, kemudian diamkan semalaman untuk hasil kering optimal.

Keunggulan Biovarnish Liquid Stain untuk Finishing Kayu Jati

Biovarnish merupakan cat kayu jati dengan formulasi bahan yang telah disesuaikan dengan standar regulasi keamanan kimia seperti regulasi US EPA da ECHA. Sehingga bahan tersebut tidak mengandung bahan kimia berbahaya, tidak beracun, rendah VOC dan tentu tidak berbau.

Biovarnish Liquid Stain Series

Berikut ini beberapa keunggulan dari cat pewarna meja tv kayu jati biovarnish liquid stain yang perlu anda ketahui:

  • Aman dan ramah lingkungan

Merupakan cat kayu water based yang berbahan dasar air dengan tingkat VOC lebih rendah dan sesuai dengan regulasi yang ada, membuat biovarnish liquid stain menjadi cat kayu yang ramah lingkungan. Selain itu, dari standar keamanan cat ini juga lebih aman untuk diaplikasikan.

  • Warnanya natural

Pewarna kayu jati biovarnish liquid stain memiliki warna yang natural seperti warna kayu asli. Sehingga dalam proses finishing furniture kayu jati, penggunaan jenis cat ini tentu sangat tepat untuk digunakan.

  • Transparansi tinggi

Untuk menambah kesan natural, biovarnish liquid stain juga memiliki tingkat transparansi yang tinggi. Dengan transparansi yang tinggi, maka serat alami dari kayu jati akan lebih terlihat. Hal ini tentu akan menambah kesan alami dari penggunaan furniture kayu jati di rumah anda.

  • Penetrasi warna cepat

Proses finishing meja tv kayu jati anda akan lebih cepat dilakukan dengan biovarnish liquid stain. Aplikasi produk ini mampu melakukan penetrasi warna dengan cepat. Hal ini juga akan membuat proses finishing berjalan lebih cepat dan lebih murah. Karena warna lebih cepat menyerap, waktu pengeringan lebih cepat, tenaga yang digunakan untuk finishing juga lebih sedikit. Sangat efisien bukan?

  • Tahan lama digunakan

Selain memeprhatikan berbagai aspek sebelumnya, anda juga perlu mengetahui bahwa cat kayu jati biovarnish liquid stain ini dapat tahan lama digunakan. Dapat digunakan untuk finishing furniture outdoor maupun indoor membuatnya memiliki ketahanan terhadap berbagai kondisi cuaca. Sehingga, penggunaan cat ini dapat lebih awet dan tahan lama.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 Cat Kayu - by DH

CAT KAYU