Pernis Kayu Terbaik Mempercantik Garden Furniture Jati Kampung

Garden furniture dari kayu jati kampung membutuhkan pernis untuk perlindungannya, berbagai bentuk garden furniture dari jati kampung akan lebih awet jika dilindungi pernis. Pastikan anda memilih pernis terbaik yang mampu merawat dan menjaga kualitas garden furniture dari kayu jati kampung.

Garden Furniture Jamur Lumut

Penggunaan garden furniture baik di Indonesia dan juga luar negeri cukup tinggi. Banyaknya garden furniture yang diciptakan di Jawa dan di ekspor setiap tahunnya meningkat. Garden furniture yang diciptakan terbuat dari kayu jati.

Di Indonesia kayu jati sangat terkenal dengan kekuatannya terhadap perubahan cuaca sehingga memiliki predikat kayu dengan kelas kekuatan dan keawetan kelas I. Jadi jika Anda menggunakan kayu jati pada garden furniture akan tetap tahan lama.

Pernis Kayu Terbaik Untuk Garden Furniture Dari Kayu Jati Kampung

Jenis kayu jati yang digunakan pun bervariasi ada yang menggunakan kayu jati mas, kayu jati kampung dan juga jati perhutani. Ketiga varian dari kayu jati tersebut memiliki kelebihan dan kemampuan yang berbeda namun pada intinya semua jenis tersebut dapat digunakan pada furniture outdoor seperti garden furniture. Ketahanan dari garden furniture sendiri tidak terlepas dari peranan bahan pelapisan kayu yang disebut dengan pernis kayu.

Pernis kayu adalah bahan pelapis untuk furniture yang akan memperlihatkan tampilan natural sehingga serat kayu akan terlihat dengan baik. Dengan menggunakan pernis kayu terbaik maka baik itu warna asli dari kayu jati dan juga serat kayu akan terlihat dengan baik.

Mengenal Kayu Jati di Indonesia

Kayu jati adalah material kayu yang sangat terkenal baik di Indonesia dan juga di luar negeri. Jika dilihat dari sejarahnya kayu jati sendiri sudah digunakan sejak zaman kerajaan Majapahit untuk pembangunan rumah dan juga alat pertanian.

Bahkan pada zaman penjajahan Belanda, kayu jati menjadi salahs atu sumber daya alam yang banyak diambil melalui cara kerja paksa kemudian kayu jati dikirim ke Belanda untuk digunakan sebagai bahan baku pembuatan kapal. Kayu jati membuat Rotterdam dan Amsterdam menjadi pusat industri kapal kelas dunia.

Jadi jangan heran apabila di luar negeri banyak sekali gedung dan bangunan dengan kualitas terbaik, akrena bahan pembuatannya adalah berasal dari Indonesia yaitu kayu jati. Di Indonesia ada beberapa daerah penghasil dari kayu jati yaitu di jawa Barat, jawa tengah dan juga Jawa timur. Kayu jati yang tumbuh dari ketiga daerah tersebut memiliki ciri yang berbeda dan mempengaruhi kualitas kayu itus sendiri.

Pernis Kayu Terbaik Untuk Garden Furniture Dari Kayu Jati Kampung

— Kayu Jati Jawa Barat

Mari kita kenali kayu jati yang berasal dari Jawa Barat khususnya di daerah Ciamis. Harga kayu jati yang ada di kota Ciamis terkenal murah dibandingkan kayu jati di daerah lain. Namun perbedaan harga tersebt juga dibarengi dengan kualitas yang diberikan. Kualitas kayu jati yang diberikan memiliki pori-pori yang besar sehingga tidak memiliki kekuatan yang lebih baik.

Pernis Kayu Terbaik Untuk Garden Furniture Dari Kayu Jati Kampung

Selain itu ciri lain dari kayu jati di Jawa Barat adalah warnanya yang coklat kemerahan ketika baru saja ditebang. Namun apabila telah dijemur di bawah sinar matahari akan berubah menjadi warna coklat keemasan. Janis kayu jati ini disebut juga dengan jati mas. Karena memiliki warna yang mengkilap keemasan ketika sudah kering. Masa tumbuh dari kayu jati ini lebih cepat yakni 7 hingga 15 tahun.

— Kayu Jati Jawa Tengah

Selanjutnya adalah kayu jati yang berada di Jawa tengah khususnya di Blora yang memiliki luas wilayah sekitar 1820,59. Di kabupaten ini banyak sekali masyarakat yang bekerja sebagai petani dan pada saat penjajahan VOC kayu jati dari wilayah Blora ini yang paling banyak ditebang.

Di wilayah Blora ini ada dua jenis kayu jati yang digunakan yaitu kayu jati kampun dan kayu jati perhutani. Kayu perhutani adalah jenis kayu yang memiliki kualitas paling tinggi dan juga memiliki harga sangat mahal dan biasnaya digunakan untuk bahan ekspor.

Pernis Kayu Terbaik Untuk Garden Furniture Dari Kayu Jati Kampung

Sedangkan untuk kayu jati kampung memiliki kualitas di bawah kayu jati perhutani. Kayu jati kampung digunakan untuk pembuatan furniture dalam negeri dan banyak dimanfaatkan sebagai furniture ukiran yang sangat terkenal di Jepara. Khususnya untuk pembuatan garden furniture.

— Kayu Jati Jawa Timur

Sedangkan untuk wilayah Jawa Timur, kayu jati banyak ditemukan di daerah Kabupaten Bojonegoro dan masih ebrbatasa dengan kabupaten Blora. Iklim dan struktur tanah di wilayah Bojonegoro hampir sama dengan wilayah Blora yaitu dataran rendah dan perbukitan dengan ketinggian 20 hingga 280 meter dpl.

Cara Mengecat Kayu Jati Emas Agar Memiliki Warna Seragam

Untuk kualitas kayu jati yang dihasilkan juga tidak jauh berbeda. Warna dari kayu jati yang dihasilkan adalah warna coklat pucat. Kayu gubal yang dihasilkan cukup banyak namun lebih awet jika dibandingkan dengan kayu jati yang ada di Jawa Barat. MC kayu yang dihasilkan juga lebih stabil yaitu mencapai 14% dibandingkan dengan kayu jati di jawa barat yang masih memiliki pengaruh pada cuaca sehingga bisa menjadi lebih lembab.

Penggunaan Kayu Jati Pada Garden Furniture

Melihat bermacam-macam jenis kayu jati yang digunakan untuk pembuatan furniture dan juga ekspor di Indonesia maka manakah jenis kayu jati yang paling cocok apabila diolah menjadi garden furniture? Tentu saja apabila Anda tidak memiliki budget yang tinggi maka dibutuhkan jenis kayu jati yang tidak terlalu mahal. Tapi apakah ada kayu jati yang tidak mahal? Apabila melihat dari jenis kayu jati maka kayu jati kampung adalah pilihan yang paling pas.

Pernis Kayu Terbaik Untuk Garden Furniture Dari Kayu Jati Kampung

Alasannya cukup simple yaitu kayu jati kampung memiliki masa tebang tidak terlalu lama, kekuatannya tidak terlalu buruk dibandingkan dengan kayu jati mas. Namun tidak semahal dengan kayu jati perhutani yang memiliki masa tebang lama sekitar lebih dari 25 tahun.

Kayu jati kampung memang menjadi primadona khususnya untuk para pengrajin yang ada di kota Jepara. Kayu jati terbilang cukup kuat jika digunakan untuk furniture outdoor karena memiliki pori-pori kayu yang lebih kecil sehingga penyerapan air tidak terlalu banyak yang akan memudahkan untuk proses pengolahannya.

Untuk itu berikut ini beberapa ciri dari kayu jati yang memiliki kualitas baik untuk digunakan sebagai pembuatan garden furniture:

→ Melihat kesuburan tanah

Anda harus mengenali dimanakah kayu jati tersebut tumbuh. Kayu jati yang baik yaitu tumbuh di tanah yang subur dengan curah hujan sedang. Karena jika kayu jati tumbuh pada tanah dengan curah hujan tinggi akan membuat kayu jati cepat tumbuh sehingga akan memperbesar pori-pori kayu. Jadi kualitas kayu akan kurang baik jika digunakan sebagai garden furniture. Maka kayu jati kampung yang tumbuh di daerah Blora akan memberikan kualitas baik karena membutuhkan waktu cukup lama untuk tumbuh.

→ Faktor pegunungan

Kayu jati yang tumbuh pada daerah pegunakan akan sangat bagus. Karena air yang dihasilkan di daerah pegunungan akan lebih sedikit dibandingkan dengan kayu jati yang tumbuh di dataran rendah.

Kandungan air yang terlalu banyak akan sangat mempengaruhi proses pengolahan dimana kayu jati akan berubah menjadi kayu yang susah untuk dikeringkan. Kandungana air akan merusak kayu setelah dibentuk menjadi furniture dan memicu pertumbuhan jamur.

→ Lama umur pohon

Anda mungkin akan memilih jenis kayu jati yang akan digunakan, maka Anda bisa menanyakannya langsung pada penjual kayu.

Kayu jati yang memiliki kualitas bagus biasanya tumbuh lebih dari 25 tahun seperti kayu jati perhutani namun harganya akan sangat mahal. Jadi sebaiknya Anda menggunakan kayu jati kampung yang juga tumbuh cukup lama sekitar 15 hingga 20 tahun.

Pernis Kayu Untuk Finishing Kayu Jati Kampung

Jika melihat dari jenis kayu jati maka kayu jati kampung adalah pilihan yang sangat ekonomis namun berkualitas. Apabila Anda akan menggunakan kayu jati ini maka sebaiknya gunakan juga pernis kayu jati yang berkualitas terbaik. Karena pernis akan memberikan tampilan pada garden furniture dari kayu jati kampung tersebut.

Pernis Kayu Terbaik Untuk Garden Furniture Dari Kayu Jati Kampung

Jenis pernis kayu yang digunakan dan disarankan kali ini adalah Biovarnish. Produk Biovarnish akan memberikan tampilan natural transparan dengan tidak mengubah warna kayu jati kampung yang digunakan.

Produk Biovarnish yang bisa Anda gunakan adalah sanding sealer dan juga produk BioThane. Kedua produk ini digunakan untuk bisa Anda gunakan untuk mendapatkan hasil yang maksimal khususnya perlindungan. Produk Biovarnish Sanding Sealer sendiri akan memberikan lapisan yang akan menutup pori-pori dari kayu jati kampung sehingga tidak akan menyerap air atau kelembaban udara.

Ingin Anyaman Bambu Tampak Natural Gunakan Cat Kayu Yang Bagus Dan Tahan Lama - Biovarnish

Selain itu juga akan memberikan permukaan yang halus dan juga menjadi lapisan intermediate pada lapisan yang ada di atasnya. Sedangkan untuk peranan dari BioThane adalah untuk memberikan lapisan film paling luar dari garden furniture. Lapisan film yang diciptakan ini memiliki kekuatan dan kelenturan dua kali lipat dibandingkan dengan produk water based lainnya.

Sebagai lapisan yang akan melindungi, BioThane mampu melindungi dari cuaca ekstrim seperti panas dan hujan terus menerus. Apabila Anda membutuhkan maka cara penggunaannya sangat mudah sekali.

Cara menggunakan Biovarnish Sanding Sealer dan BioThane adalah sebagai berikut ini:

1. Lakukan Persiapan

Siapkan garden furniture dari kayu jati kampung dengan MC kayu sekitar 12 %. Kayu harus bersih dan juga bebas dari kotoran khususnya dari debu amplas yang biasanya menutup pori kayu.

2. Aplikasikan Sanding Sealer

Campurkan Biovarnish Sanding Selaer dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian Anda bisa langsung menyemprotkan ke seluruh permukaan kayu secara menyilang agar semua bahan masuk ke dalam pori-pori kayu.

Sudahkah Lantai Kayu Anda Menggunakan Biovarnish Sanding Sealer - Aplikasi Sanding Sealer

Tunggu kering sekitar 60 menit di dalam suhu ruang tanpa dijemur pada sinar matahari langsung. Apabila sudah kering maka Anda bisa langsung melakukan pengamplasan dengan kertas amplas nomor 400 secara ambang dan kayu bisa menjadi lebih halus permukaannya.

3. Gunakan Biothane

Campurkan BioThane dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian Anda bisa langsung mencampurkan dan menyemprotkan ke seluruh permukaan furniture hingga rata.

Polyurethane

Jika sudah maka Anda bisa langsung menunggu kering sekitar satu malam. Maka garden furniture akan terlapisi dengan baik oleh lapisan cat.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Coating Schedule"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.