Cat Pernis yang Mempercantik Furniture Taman dari Kayu Keruing

Kayu keruing membutuhkan perlindungan dari cat pernis. Terutama jika anda menggunakan kayu keruing sebagai furniture taman sangat penting untuk menggunakan cat pernis kayu. Aplikasi cat pernis untuk kayu keruing tidaklah sulit, terlebih jika anda menggunakan cat pernis kayu water based.

Cat Pernis Praktis Buat Kayu Keruing Sebegaai Furniture Taman

Furniture taman membutuhkan perlindungan dari pernis kayu yang merupakan cat dengan ketahanan yang tinggi. Namun sayangnya karena anggapan bahwa menggunakan pernis kayu adalah hal yang sulit, banyak orang yang menghindari penggunaannya.

Aplikasi pernis kayu tidaklah sulit, ditambah dengan penggunaannya yang penting untuk melindungi kayu sebaiknya anda tetap perlu menggunakannya. Penggunaan pernis kayu dari cat water based lebih mudah dan praktis. Anda bisa mengaplikasikannya dengan cepat dan mudah, terlebih anda tidak membutuhkan bantuan sinar matahari langsung untuk mengeringkannya.

Selain pernis, pemilihan kayu yang terbaik untuk furniture taman tidak bolah dilupakan. Sehingga ketika furniture digunakan kayu tidak akan mudah rusak. Salah satu jenis kayu yang paling sering digunakan sebagai bahan baku furniture taman adalah kayu keruing. Kayu ini memiliki kualitas yang cukup baik dan dapat bersaing dengan jenis kayu lainnya yaitu merbau, ulin, bengkirai dan juga jati.

Kayu Keruing untuk Furniture Taman

Kayu ini banyak tumbuh di tiga pulau di Indonesia yaitu Sumatra, Jawa dan juga Kalimantan. Pohon kayu keruing bisa tumbuh hingga ketinggian 50 meter dengan panjang batang cabang mencapai 35m. Diameternya cukup besar yaitu sekitar 120cm dengan bentuk silidris berbanir setinggi 1-2 m.

Tekstur kayunya kasar dibalut dengan warna kayu coklat-merah, coklat, kelabu coklat atau warna merah coklat kelabu. Untuk kayu gubalnya berwarna kuning atau coklat muda semu kelabu dan mempuanyai batas yang jelas dengan kayu teras yang memiliki lebar 2-10cm.

Tekstur kayu yang kasar tersebut membuat rasa ketika diraba menjadi licin dan seringkali lengkat. Untuk menghilangkannya dibutuhkan pengeringan yang tepat agar air serta kandungan minyak kayu benar-benar hilang. Sedangkan untuk permukaan yang kasar dibutuhkan proses pengamplasan yang cukup lama untuk mendapatkan permukaan yang halus. Kayu keruing memiliki  bau damar yang agak menyolok.

Proses pengeringan kayu keruing agak sulit, penyusutan kayu keruing berbeda antara arah tangensial dan arah radial sehingga kayu ini mudah untuk pecah dan juga melengkung ketika dikeringkan. Proses pengeringan kayu yang berukuran 2cm, 4cm, dan 5cm membutuhkan waktu masing-masing 4, 5, 8 bulan untuk kering alami. Namun untuk pengeringan menggunakan alat pengeringan dalam waktu 7 dan 10 hari, pengeringan akan berlaku mulai dari kadar kayu basah hingga kering di bawah 15%.

Sifat pengerjaan kayu keruing bervariasi menurut kadar silika dan damar yang dikandungnya. Kayu yang mempunyai kadar silika tinggi mudah menumpulkan gigi gergaji. Demikian pula jika kadar damarnya tinggi, sukar sekali digergaji dan diserut. Namun jika kayu sudah kering maka akan lebih mudah untuk dikerjakan baik dipotong maupun diserut.

Produk Pernis Praktis untuk Kayu Keruing

Kayu keruing membutuhkan lapisan luar yang akan melindungi dari gangguan seperti rayap, jamur dan juga perubahan cuaca. Terlebih lagi jika Anda menggunakannya sebagai furniture taman, maka perlindungan dari cat dalam hal ini adalah pernis kayu harus sangat diperhatikan.

Garden Furniture Jamur Lumut

Seperti yang telah diungkapkan di awal bahwa cat water based akan memberikan tampilan maksimal lalu bagaimana dengan perlindungan yang akan diberikan oleh cat water based? Selama ini kebanyakan orang mengetahui bahwa cat yang bagus untuk digunakan pada furniture outdoor adalah cat kayu solvent, namun kini cat water based memiliki kemampuan yang lebih baik dibandingkan dengan cat solvent.

Finishing Meja Trembesi

Produk pernis kayu Biovarnish menjadi produk yang praktis dan juga sangat mudah digunakan untuk mendapatkan hasil finishing yang maksimal. Untuk proses aplikasi, pernis kayu Biovarnish hanya membutuhkan kuas dan juga air sebagai alat aplikasi dan bahan pencampurnya. Tanpa harus dijemur pada panas matahari lapisan pernis dari Biovarnish akan kering dengan sempurna bahkan dalam waktu yang singkat dibandingkan merk cat water based yang lainnya.

Untuk lebih lengkapnya apabila Anda ingin melakukan proses finishing furniture taman dari kayu keruing menggunakan pernis kayu Biovarnish maka ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Lakukan Persiapan

Persiapkan furniture kayu dari kayu keruing yang sudah kering sempurna. Furniture harus bebas dari kotoran bahkan debu. Apabila masih tertinggal debu maka akan mengganggu cat merekat dengan baik pada permukaan kayu. Bersihkan kotoran tersebut dengan kain kering yang bersih.

2. Gunakan Wood Filler

Dempul Kayu

Siapkan Biovarnish Wood Filler sesuai dengan warna yang akan Anda dapatkan. Untuk warna natural pada kayu keruing sebaiknya memilih warna kayu jati. Aplikasi Biovarnish Wood Filler dengan pisau palet ke seluruh permukaan furniture hingga rata. Aplikasikan searah serat kayu setelah itu tunggu kering sekitar 20 menit. Jika sudah kering amplas permukaan kayu hingga menjadi halus dan serat kayu terlihat dengan baik.

3. Lakukan Pewarnaan

Anda bisa melakukan pewarnaan dengan menggunakan produk Biovarnish Liquid Stain. Pilihlah warna sesuai dengan yang anda diinginkan. Anda bisa menggunakan warna kayu yellow ox atau candy brown dan pilihan warna lainnya. Aplikasinya sangat mudah, pertama campurkan Biovarnish Liquid Stain dengan air bersih pada perbandingan 2 bahan : 1 air.

Produk Liquid Stain

Kemudian Anda bisa langsung mengaplikasikannya, jika anda menggunakan kuas maka kuaskan secara rata searah serat kayu. Lalu tunggu hingga kering sekitar 60 menit tanpa dijemur dibawah sinar matahari langsung. Jika sudah kering, amplas ambang dengan kertas alumunium oxide nomor 400. Jika warna belum sesuai dengan yang diinginkan maka Anda bisa mengulang aplikasi cat kembali.

4. Aplikasikan Pernis Kayu

Pada proses terakhir aplikasi, anda bisa menggunakan BioThane sebagai pernis kayu. Aplikasi BioThane akan  lebih melindungi kayu keruing yang digunakan sebagai furniture taman. Anda bisa mengaplikasikannya setelah diencerkan dengan air bersih pada perbandingan 2 bahan : 1 air. Aduk hingga homogen lalu bisa langsung anda aplikasikan.

Cat Untuk Lantai

Anda bisa mengaplikasikannya menggunakan kuas, alat spray, maupun roll untuk mempermudah proses aplikasi yang anda lakukan. Cara aplikasi BioThane tidak jauh berbeda dengan aplikasi Wood Stain. Hanya saja proses pengeringan pernis kayu ini membutuhkan waktu hingga 24 jam atau sekitar satu malam penuh. Pada proses pengeringan sebaiknya simpan furniture di ruangan yang bersih dan juga kering. Agar tidak ada debu atau kotoran yang menempel pada furniture.

Melakukan finishing furniture menggunakan produk Biovarnish akan membuat Anda mendapatkan beberapa keuntungan. Selain itu, cara aplikasinya juga sangat praktis untuk anda lakukan. Saat menggunakan kuas, anda juga tidak akan menemukan noda efek bekas sapuan kuas (brush mark) yang akan mengganggu hasil tampilan furniture.

Ada satu lagi kelebihannya, karena tidak mengandung formalin cat kayu water based ini tidak memiliki tampilan furniture yang menguning. Tampilan menguning yang muncul akibat dari kandungan formalin akan membuat furniture tampak buruk. Biasanya, efek menguning muncul setelah beberapa waktu furniture digunakan dan tidak bisa dihilangkan kecuali Anda melakukan proses recoating.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Knowledge"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 Cat Kayu - by DH

CAT KAYU