Cara Mudah Menggunakan Pernis Kayu

Bagi Anda pemula di bidang finishing pasti ada banyak pertanyaan menggunakan pernis kayu terbaik dan benar. Simak artikel ini untuk menemukan jawabannya.

Cara Mudah Menggunakan Pernis Kayu Terbaik

Pernis adalah produk finishing yang sudah digunakan manusia sejak berabad-abad lamanya. Pernis memiliki kemampuan untuk menutup pori-pori kayu. Ada berbagai jenis pernis yang saat ini sudah dikembangkan. Lalu bagaimana cara menggunakan pernis kayu tersebut? Ikut langkah-langkah berikut ini:

  1. Kunci sukses dari hasil finishing yang baik adalah pengamplasan, Sebelum Anda menggunakan pernis atau pengecatan pastikan media kering dengan MC 12% dan juga bersih, bebas dari kotoran atau debu. Caranya mudah, Anda hanya perlu mengamplas seluruh permukaan dengan amplas alumunium oxide nomor 180 atau 150. Raba permukaan media, jika sudah halus teksturnya dilap menggunakan kain katun bersih dan kering.
  2. Jika Anda sudah menyiapakan pernis baik itu solvent based atau water based, campurkan bahan pencampurnya sesuai dengan jenis pernis. Aduk hingga rata pernis dengan bahan pencampur hingga tercampur benar. Lakukan pengadukan setiap Anda akan mengecat karena pernis sering mengendap dan terpisah dengan bahan pencampurnya.
  3. Siapkan kuas yang sudah dilapisi kain katun warna putih bersih dan kering. Kain katun warna putih dipilih agar warna dari pernis tidak tercampur dengan warna kain. Karena terkadang ada jenis kain yang luntur sehingga bisa mempengaruhi warna hasil dari pernis.
  4. Celupkan kuas tersebut ke dalam pernis dan oleskan ke seluruh permukaan media hingga rata. Jika media kayu maka harus searah serat kayu. Lakukan pengolesan tahap pertama ini, kemudian jemur media (jika menggunakan cat solvent). Jika menggunakan cat water based cukup diangin-anginkan saja.
  5. Jika media sudah kering maka ulangi tahap pengecatan hingga mendapatkan warna yang sesuai.

Faktor Penentu Pernis Kayu Yang Mudah Diaplikasikan

Cara mengecat kayu dengan pernis bukanlah hal yang sulit, tetapi terkadang sering terjadi kegagalan misalnya saja timbul brush mark karena salah penggunaan kuas atau produk yang kurang bagus. Menghindari hal-hal semacam itu maka mari dipelajari apa saja faktor penentu cat pernis kayu terbaik yang mudah diaplikasikan.

  • Pilih bahan pengencer air. Jika Anda memilih bahan pengecer solvent, maka ketika diaplikasikan akan cenderung menimbulkan brush mark. Mengapa? Cat solvent memiliki ciri lengket dan ketika diaplikasikan tidak akan semudah pernis dengan pengencer air. Ketika pernis memiliki bahan pencampur air, maka  tidak bersifat lengket ketika diaplikasikan bahkan memiliki tarikan kuas yang ringan.
  • Berikan bahan pencampur sesuai yang dianjurkan pada petunjuk pemakaian. Ketika Anda salah memberikan takaran bahan campuran maka cat bisa jadi terlalu kental atau terlalu cair yang mengakibatkan sagging atau leleh pada permukaan media.
  • Cat dengan merk tentu sudah memiliki kepercayaan karena buktinya cat tersebut sudah digunakan oleh banyakan costumer. Contohnya saja cat kayu Biovarnish. Dalam hal aplikasi dibandingkan dengan merk lain memiliki tarikan kuas yang ringan. Bahkan Anda bisa membuktikannya sendiri.
Cara Mudah Menggunakan Pernis Kayu Terbaik
  • Selain bahan pencampur, bahan, merk dan takaran, hal terakhir adalah jenis kuas yang digunakan. Dalam dunia finishing ada berbagai macam juenis kuas sesuai ukuran media yang akan diaplikasikan. Tidak mungkin jika Anda akan mengaplikasikan pernis dengan kuas yang berukuran kecil untuk bidang yang luas? Untuk menghindari brush mark juga Anda harus memilih kuas yang halus dan bisa ditambah dengan dilapisi kain perca yang bersih dan kering.

Bagi Anda yang sedang mencari produk pernis berkualitas maka jangan ragu untuk menggunakan pernis kayu water based. Produk pernis kayu water based atau pernis berpelarut air ini adalah pernis yang akan memberikan hasil natural transparan salah satu merknya adalah Biovarnish.

Cara Aplikasi Pernis Kayu Water Based, Biovarnish

Langkah awal, pastikan media kayu sudah kering, bebas dari kotoran maupun minyak. Siapkan alat untuk aplikasi, yaitu kuas polos serta kain/kertas amplas. Siapkan pula bahan-bahan yang akan digunakan, yaitu Biovarnish series yang terdiri dari Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Wood Stain, Biovarnish Clear Coat. Amplas media kayu menggunakan kertas amplas no 120. Bersihkan menggunakan lap bersih.

Aplikasi Biovarnish Wood Filler

Aplikasikan dengan pisau scrub (palet) atau kuas. Encerkan jika dianggap perlu. Setelah diaplikasikan, tunggu hingga kering. Setelah kering, amplas permukaan kayu dengan kertas amplas no 240. Pastikan wood filler telah teramplas habis dan yang tersisa hanya yang ada dalam pori-pori kayu.

Aplikasi Biovarnish Wood Stain

Siapkan Biovarnish Wood Stain sesuai warna yang diharapkan. Tambahkan air bersih untuk mengencerkan atau untuk menurunkan kepekatan warna. Gunakan rasio 2:1 atau sesuaikan dengan kebutuhan.

Aplikasikan larutan menggunakan kuas searah serat. Diamkan hingga kering, yaitu sekitar 60 menit. Tidak disarankan untuk dijemur secara langsung di bawah sinar matahari. Setelah kering, amplas ambang menggunakan amplas no 400. Ulangi prosesnya dengan rasio pengenceran 4:1. Tunggu hingga kering ± 30 menit.

Aplikasi Biovarnish Clear Coat

Tahap terakhir, aplikasi Biovarnish Clear Coat. Fungsi dari clear coat ini adalah untuk melindungi, melapisi, sekaligus memberikan efek glossy. Tambahkan air bersih dengan perbandingan 2:1, aduk perlahan hingga homogen. Aplikasikan menggunakan kuas hingga didapatkan tampilan yang halus dan rata. Biarkan mengering pada suhu kamar.

Untuk mendapatkan produk Biovarnish ini Anda bisa langsung membelinya melalui costumer service yang tersedia. Bahkan terbuka juga peluang usaha bagi Anda yang ingin bergabung menjadi agen cat kayu Biovarnish di kota Anda. Caranya mudah cukup dengan mengisi formulir pendaftaran yang akan diikuti oleh respon costumer service kepada Anda.

Cara menggunakan pernis kayu yang baik dimulai dari pemilihan produk. Semakin produk yang akan digunakan berkualitas maka hasil finishing akan tetap bagus walaupun Anda bukanlah seorang profesional.

Artikel "Finishing Kayu"

About Us

Catkayu.com merupakan web official untuk produk Biovarnish, bahan finishing kayu water based yang aman dan ramah lingkungan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft.

WA: 082219357399

©2015 - 2019 CatKayu.com - All Right Reserved.