Dapatkah Finishing Pernis Kayu Solvent Di Atas Cat Water Based?

Apakah bisa mengaplikasikan cat solvent kemudian cat water based agar tampilan tetap mengkilap tetapi terlindungi dari debu? Anda tidak mengaplikasikan cat water based di atas cat minyak, karena antara minyak dan air tidak dapat menyatu. Ini disebabkan cat minyak atau cat solvent membutuhkan waktu kering yang lama. Bahkan apabila furniture sudah kering, sisa bahan cat solvent yang belum kering masih menempel, bahkan bahan yang menguap sering membutuhkan beberapa tahun untuk kering sempurna.

Bahan finishing water based yang berbahan acrylic banyak disukai, karena memiliki kecepatan kering yang lebih baik dibandingkan dengan cat berbahan dasar solvent. Bahkan, cat water based tidak mengandung bahan kimia berbahaya termasuk toxic. Cat water based lebih kuat dan mampu bertahan lebih lama apabila Anda melakukan cara finishing yang tepat pada bahan finishing seperti pernis kayu. Akan tetapi, tidak semua jenis pernis cocok untuk digunakan sebagai bahan finishing furniture. Beberapa jenis juga perlu membutuhkan bahan finishing solvent tergantung dengan hasil finishing yang ingin didapatkan.

Contoh

Misalnya saja Anda menginginkan hasil yang sangat mengkilap pada kitchen set agar terlihat lebih mewah. Anda tidak bisa mendapatkannya pada cat water based, karena tingkat maksimal gloss adalah 80 -85 %. Anda perlu menggunakan cat minyak atau cat solvent pada permukaan kayu. tampilan memang akan berubah menjadi sangat mengkilap, akan tetapi Anda tidak bsia terhindar dari debu. Cat kayu minyak sangat mudah sekali untuk debu menempel.

Tetapi untuk cat water based lebih kering dengan cepat, sehingga apabila Anda ingin menutup bagian atasnya dengan cat solvent masih sangat memungkinkan. Tetapi beda halnya jika Anda ingin mengaplikasikan cat solvent di atas cat water based. Aplikasi ini memang sangat tidak disarankan. Hasil yang diberikan tidak akan memuaskan, karena hasilnya tidak dapat sempurna. Cat solvent yang telah dipalikasikan di atas cat water based akan memberikan efek menguning dalam jangka waktu yang pendek. Anda mungkin bisa saja kehilangan warna asli yang telah Anda aplikasikan sebelumnya. Maka sebaiknya gunakanlah cat sesuai dengan jenisnya baik itu cat water based maupun cat solvent.

Mengenal Keunggulan Cat Water Based Dibanding Solvent

Cat kayu water based telah diciptakan mulai dari Perang Dunia ke II dan hingga sekarang masih dalam tahapan penyempurnaan terus menerus, demi memenuhi kebutuhan dari masyarakat. Penemu cat water based adalah kimiawan Otto Rohm dan Otto Haas. Saat ini jumlah penduduk dunia yang telah menggunakan cat water based mencapai 80 persen lebih. Penemuan ini dilakukan karena pada saat itu penggunaan cat solvent, cat minyak dan cat alkyd sangat besar-besaran. Padahal cat solven banyak mengandung bahan kimia berbahaya seperti formalin.

Bahan cat water based yang diciptakan kebanyakan adalah acrylic. Bahan finishing diciptakan dari synthetic polymers dan dapat dilarutkan dengan air. Acrylic polymer memiliki kualitas paling bagus sedangkan cat yang menggunakan 100 persen bahan acrylic polymer adalah cat dengan kualitas paling baik.

Keuntungan yang akan didapatkan apabila menggunakan cat water based dibanding solvent :

  1. Tidak memiliki resiko pengaruh buruk pada kesehatan karena rendahnya kandungan VOC (Volatile Organic Compound).
  2. Beberapa lapisan cat dapat diaplikasikan dengan cepat bahkan dapat diselesaikan dalam satu hari. Ini dipengaruhi oleh kecepatan keringnya bahkan tanpa dijemur di bawah matahari.
  3. Mudah dibersihkan dengan peralatan yang mudah ditemukan seperti air hangat yang sudah dicampur dengan sabun.
  4. Tidak muncul efek yellowing walaupun sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  5. Bahan finishing yang fleksibel (lentur) sehingga tidak mudah retak.

Bagaimana Hasil Finishing yang Baik?

biovarnish-series

Jika bertanya bagaimanakah finishing yang baik? Ada berbagai macam cara finishing seperti menggunakan kuas ataupun dengan spray system. Cara paling mudah adalah dengan kuas, aplikator kuas dapat Anda temukan di toko besi terdekat bahkan harga kuas tidak mahal. Hasil finishing yang baik untuk warna natural ada berbagai macam yaitu sebagai berikut ini:

1. No Brush Mark

Dengan tidak adanya brush marking maka menandakan bahwa cat yang diaplikasikan sangat halus dan rata. Cat yang meninggalkan brush marking biasanya memiliki formula yang terlalu kental bahkan cenderung lebih sulit untuk diaplikasikan. Cat water based memiliki hasil yang bebas brush marking.

2. Mudah Diamplas

Cat yang mudah diamplas menandakan cat tersbut cepat kering. Jika cat lama untuk kering maka proses pengamplasan juga mundur. Proses finisihng akan berjalan lambat.

3. Transparansi Tinggi

Cat water based tidak menimbulkan efek yellowing atau menguning sehingga warna kayu tidak berubah. Tidak menguning maka transparansi serat kayu tidak tertutup bahkan warna dari wood stain akan lebih tajam. Transparansi ini bisa didapatkan walaupun menggunakan tampilan gloss maupun doff.

4. Lapisan Film Kuat

Melihat dari lapisan film yang kuat tentu saja material akan mendapatkan proteksi yang sangat baik. Apabila terdapat perubahan cuaca dari panas dan hujan, cat akan melindungi dengan baik. Cat tidak mudah mengelupas bahkan luntur. Ancaman dari perubahan cuaca yang ekstrim bukan menjadi masalah lagi.

5. Bau Tidak Menyengat

Cat yang tidak menimbulkan aroma menyengat menandakan tidak banyak kandungan toxic yang tinggi. Biasanya aroma menyengat tersebut diakibatkan gas dari bahan kimia beracun dalam cat menguap. Padahal cat solvent sendiri membuthkan waktu yang sangat lama untuk kering bahkan bisa beberapa bulan. Jika manusia menghirup udara yang bercampur gas toxic terlalu lama juga akan membahayakan kesehatan.

Produk Cat Kayu Water Based Yang Direkomendasikan

Jika Anda sedang mencari cat kayu water based yang memiliki kualitas terbaik maka Anda bisa menggunakan cat kayu Biovarnish. Cat kayu Biovarnish diciptakan tanpa menggunakan bahan kimia berbahaya seperti formalin, merkuri dan juga timbal. Proses aplikasinya cukup mudah yaitu dengan bahan pelarut air dan dengan kuas saja.

Berbeda dengan produk finishing water based lainnya, cat kayu Biovarnish hanya mengandung 50 gr per liter VOC. Produk cat water based lainnya memiliki kandungan yang lebih tinggi. Padahal standar regulasi dari US EPA minimal penggunaan VOC content adalah 100 hingga 300 gr per liternya. Standar ini banyak digunakan untuk seluruh produk cat di seluruh dunia khususnya produk yang ingin memasuki pasar dunia.

Jadi tak heran apabila produk Biovarnish sudah banyak digunakan untuk furniture yang di ekspor ke luar negeri seperti di Eropa dan juga Amerika. Cat kayu Biovarnish sangat cocok apabila digunakan oleh Anda yang memiliki anggota keluarga yang sangat sensitif dan alergi terhadap pada cat. Bahkan para penghobi cocok menggunakan cat water based yang lebih aman dan ramah lingkungan.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.