Perbandingan Cat Kayu Jati Water Based dan Solvent, Mana yang Bagus?

Mengenal karakter kayu jati sangatlah penting sehingga Anda dapat menentukan cat kayu jati aman yang ccook untuk digunakan.

furniture-kayu-jati

Kabanyakan masyarakat mengenal kayu jati dari tingkat keawetannya. Memang kayu jati itu awet tetapi dikarenakan jenis kayu jati tua. Ada dua jenis kayu jati yaitu kayu jati tua dan kayu jati muda.

subsidi ongkir

Kayu jati tua memiliki umur lebih dari 80 tahun hingga ratusan tahun dengan diameter mencapai 1.5 meter lebih yang sekarang mulai langka dan sangat dilindungi. Sedangkan kayu jati muda adalah jenis kayu jati yang memiliki masa panen sekitar 20 tahun.

Tidak heran harganya pun akan berbeda, di sini akan dibahas tentang karakter kayu jati tua yang memiliki harga tinggi sehingga finishingnya pun seperti pemilhan cat kayu jati  harus diperhatikan dengan baik agar tidak mengecewakan.

Karakter kayu jati tua yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki serat yang unik serta lingkaran tahun yang terlihat dengan baik sehingga finishing yang dipilih harus memperlihatkan keindahan serat kayu jati.
  2. Daya awet kelas satu, karena tahan terhadap rayap, jamur, busuk karena udara yang lembab, dll.
  3. Memiliki warna kayu gubal krem atu putih kecokelatan, warna kayu gubalnya adalah cokelat keemasan.
  4. Ciri pohonnya adalah berbatang lurus dengan sedikit cabang sehingga tidak banyak alur minyak atau kantong minyak.

Jenis Cat Kayu Jati yang Tepat untuk Finishing

Pengenalan karakter kayu jati diatas bisa ditarik satu kesimpulan yang penting untuk hasil finishing yang bagus adalah dengan warna natural. Cat warna natural akan memperlihatkan warna kayu jati yang unik, serat kayu serta lingkaran tahun kayu jati yang bernilai mahal.

Dalam menentukan cat kayu jati yang akan digunakan, maka kenalilah berbagai macam cat yang beredar dan yang sering digunakan. Berikut ini macam-macam cat kayu berdasarkan bahan pencmpurnya yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Cat Solvent Based

Cat ini menggunakan bahan pelarut thinner atau minyak. Untuk hasil cat solvent bisa dikatakan lebih unggul karena memiliki tingkat kilap atau gloss tinggi. Akan tetapi cat solvent sendiri sudah jarang digunakan di negara-negara maju seperi Eropa dan Amerika.

Cat solvent memiliki permasalahan di tingkat kesehatan manusia karena dapat mengganggu pernapasan manusia yang bisa juga mengakibatkan kanker. Aplikasi cat solvent saat ini pun sudah mulai bergeser dan digantikan oleh cat water based. Dari segi harga, total biaya yang akan dikeluarkan akan lebih banyak karena mempertimbangkan bahan pencmpur minyak atau thinner yang cukup menguras budget.

Cat Water Based

Jenis cat ini hanya membutuhkan bahan pencampur air saja. Bertolak belakang dengan cat solvent, cat water based sudah banyak digunakan oleh negara di Eropa dan Amerika. Walaupun tingkat kilap dari cat water based lebih rendah daripada cat solvent tetapi hasilnya tidak kalah baik.

Bahkan saat ini masih banyak dikembangkan cat water based untuk menandingi tingkat kilap dari cat solvent. Mengingat dari kandungan cat water based yang lebih aman dibandingkan dengan cat solvent tentu tidak akan mempengaruhi kesehatan manusia sebagai pengguna bahan kimia.

Dari segi harga, cat water based lebih unggul karena hanya membutuhkan bahan pencmpur air yang tidak akan menguras isi dompet Anda.

Dari perbandingan kedua jenis cat warna transparan tersebut, maka saatnya Anda memilih jenis cat kayu jati mana yang sesuai dan tepat dalam kebutuhan finishing kayu jati Anda? Silahkan mencoba.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.