Ikuti Tips Mudah Memilih Cat Kayu Jati untuk Furniture Tampil Memukau

Memilih cat kayu untuk furniture berkayu tidak bisa sembarangan karena akan mempengaruhi kualitas furniture. Berikut ini cat kayu jati berkualitas yang bisa menjadi acuan.

Furniture dengan material Jati sangat menjadi favorit baik dalam negeri dan luar negeri. Kayu Jati sendiri mudah tumbuh di negara-negara tropis seperti Indonesia. Pertumbuhan tanaman Jati yang paling tinggi adalah di pulau Jawa karena memiliki kandungan tanah yang tinggi zat kalsium dan zat fosfor serta memiliki sinar matahari yang cukup.

cat-kayu-BioVarnish-untuk-Furniture

Kualitas kayu Jati yang termasuk kelas I baik dari keawetan dan kekuatan, mudah dipotong dan mudah untuk diukir. Maka tidak jarang pengrajin mebel yang menambahkan ukiran pada furniturenya. Untuk memilih cat kayu jati juga tidak boleh sembarangan karena akan menentukan semuanya. Sebelum mengetahui pilihan cat kayu jati yang baik sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu cara memilih furniture berkayu Jati yang baik.

Bagaimana Memilih Furntiure Kayu Jati Tua

Pemilihan cat kayu Jati juga akan dipengaruhi oleh bagaimana cara memilih furniture berkayu Jati yang baik. Walaupun sudah dipilih cat kayu yang sangat bagus tetapi jika dari kualitas kayu tidak didukung akan menghasilkan kayu furniture yang mudah rusak juga. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda gunakan dalam memilih furniture kayu Jati yang berkualitas.

  1. Pemilihan desain ini memang sesuai selera Anda akan tetapi pilih furniture dengan desain kokoh sehingga mampu menopang beban barang atau tubuh penggunanya.
  2. Cermati warna kayu Jati. Kayu Jati tua akan memiliki warna kemerahan yang rata.
  3. Kayu Jati yang bagus memiliki serat yang padat.
  4. Jika furnituri yang Anda lihat memiliki banyak lubang maka banyak serangga yang bersarang didalamnya. Terlebih lagi jika terjadi pembubukan kayu, maka furnitire tersebut sudah keropos pada bagian dalamnya dan akan cepat rusak.
  5. Kayu Jati yang bagus akan memilki bobot yang cukup berat.
  6. Pilih furntiurie yang menggunkan cat kayu Jati berkualitas. Dalam hal ini cat kayu juga akan memberikan tampilan mewah dan melindungi kayu Jati.

Merk Cat Kayu Jati Pilihan

Setelah mengetahui bagaimana memilih furniture kayu Jati yang bagus maka selanjutnya adalah menentukan cat kayu yang akan digunakan. Memilih cat kayu terdapat dari perlindungan dan juga tampilan yang diberikan. Perlindungan tentu saja bagi furniture agar tidak mudah terserang hama kayu dan juga mudah lapuk karena perubahan cuaca. Perlindungan yang lainnya adalah untuk aplikatornya agar tidak merusak kesehatan baik itu pernapasan, iritasi mata, dan penyakit lainnya. Cat kayu yang memberikan perlindungan adalah cat kayu Jati water based.

Cat kayu water based hanya membutukan bahan pencampur air dan diaplikasikan dengan kuas saja. Anda bisa melakukan finishing sendiri di rumah dan kapan saja karena tidak tergantung alat khusus seperti kompresor. Untuk faktor kedua yaitu tampilan, cat kayu water based memiliki tampilan mengkilap yang akan menonjolkan kemewahan kayu Jati dengan warna natural transparan.

Anda bisa memilih merk cat kayu Jati Biovarnish yang memenuhi kriteria tersebut baik dari perlindungan dan tampilan furniture. Nah untuk cara aplikasi cat kayu Biovarnish pada furnitur kayu jati adalah sebagai berikut ini:

  1. Siapkan kayu jati yang bersih dan juga sudah diamplas atau siap untuk proses finshing. Kayu jati yang digunakan juga harus kering dengan level MC sebaiknya 12%.
  2. Jika sudah untuk lapisan pertama gunakan Biovarnish Wood Filler Jati dengan pisau pallet ke seluruh permukaan furnitur kayu jati. Setelah itu Anda bisa menunggu kering dengan diangin-anginkan saja selama 20 menit dalam suhu normal tanpa dijemur pada panas matahari. Amplas permukaan furnitur kayu jati dengan kertas amplas nomor 240 hingga serat kayu terlihat.
  3. Aplikasikan Biovarnish Wood Stain dengan pilihan warna yang sesuai seperti warna walnut brown, dark teak, salak brown dan warna kayu jati yang lainnya baik muda atau tua menyesuaiakan dengan hasil yang diinginkan. Tunggu hingga kering sekitar 60 menit dalam suhu ruang saja kemudian Anda bisa mengamplas ambang dengan kertas amplas no. 400.
  4. Langkah terakhir adalah dengan mengaplikasikan Biovarnish Clear Coat baik itu doft maupun gloss. Jika Anda ingin mendapatkan hasil natural maka Anda bisa menggunakan Biovarnish Clear Doft. Campurkan Clear Coat dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian dicampurkan Anda bisa langsung menguaskan ke seluruh permukaan kayu searah serat kayu. Setelah itu diamkan furnitur kayu jati hingga benar-benar kering biasanya membutuhkan waktu semalaman.

Tips Finishing Kayu Jati Tua

Mengaplikasikan cat kayu Biovarnish pada furniture kayu jati tua tentu perlu hati-hati untuk mendapatkan hasil finishing yang merata dan juga halus. Tidak sembarangan menguas atau menyemprot. pemilihan alat juga seringkali menjadi vital. Tambahan obat anti jamur atau obat atau raya sangat penting untuk menjaga kayu jati tetap tahan lama.

Walaupun kayu jati sudah dipilih yang berkualitas namun tetap tidak terlepas dari pentingnya penggunaan obat tersebut. Jika Anda akan meletakan furniture di wilayah yang lembab maka tentu saja jamur akan mudah tumbuh.

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan hasil finishing yang halus merata serta tahan lama.

    • Gunakan kuas busa atau kuas nilon. Cat kayu water based adalah produk cat yang mudah diserap oleh kuas bulu alami. Sehingga kuas bulu nilon diciptakan agar bulu kuas tidak mengeras dan rontok. Modern ini Anda juga bisa menggunakan kuas busa, hasilnya memang merata hanya saja cukup boros karena busa mudah rontok. Jika ingin mendapatkan hasil yang lebih halus lagi, Anda bisa melapisi bulu kuas nilon dengan kain katun. Balutkan dan ikat dengan kencang lalu aplikasikan tipis-tipis cat Biovarnish ke seluruh permukaan kayu.
    • Tambahkan larutan obat BioCide SFP untuk membuat lapisan top coat kuat terhadap serangan jamur. Apabila Anda akan meletakan furniture di ruangan yang lembab maka wajib menggunakan BioCide SFP ini. Caranya mudah, ketika Anda sedang membuat larutan Biovarnish clear coat maka tambahkan sedikit BioCide SFP dan aduk merata. Lanjutkan dengan penguasan maka clear coat sudah mendapatkan tambahan perlindungan dari obat anti jamur permukaan.
    • Kuaskan cat searah serat kayu. Seringkali para pemula tidak memperhatikan kemana arah serat sehingga hasilnya tidak menimbulkan permukaan yang merata. Inilah kunci utama bagi Anda untuk mendapatkan hasil finishing yang halus dan merata yaitu menguaskan ke seluruh permukaan secara searah serat kayu.
  • Aplikasikan cat kayu jati Biovarnish setiap lapisan tipis saja. Jangan pernah menambahkan lapisan cat terlalu tebal karena cat akan susah mengering dan tidak akan menghasilkan lapisan perlindungan yang baik. Jika Anda mencelupkan kuas maka yang tepat adalah tidak terlalu dalam melainkan hanya pada ujungnya saja kemudian kumasukkan ke permukaan searah serat kayu dalam satu kali sapuan.

Apabila Anda melakukan tips yang telah disebutkan ini dengan benar maka hasil finishing akan bertahan lama sekaligus halus dan merata.