You are currently viewing Apa Cat Kayu untuk Finishing Interior Furniture Jati? Cek Produknya

Apa Cat Kayu untuk Finishing Interior Furniture Jati? Cek Produknya

Memilih cat kayu untuk finishing interior furniture jati sangat penting diperhatikan, gunakan cat kayu jati terbaik untuk interior dari Biovarnish.

Furniture interior sangat mempengaruhi nuansa pada suatu bangunan, terutama pada rumah. Selain berfungsi  untuk menempatkan suatu barang, furniture juga berfungsi untuk memberikan tampilan yang apik pada ruangan. Kesan suatu furniture akan membangun nuansa dalam ruangan, sesuai dengan gaya dan tampilan furniture tersebut.

Penggunaan furniture dari kayu jati untuk interior di Indonesia masih menjadi primadona. Kayu jati memiliki daya tahan yang lama, bahkan hingga ratusan tahun. Selain itu, kayu ini sangat kuat dan memiliki tekstur yang indah sehinga tidak salah apabila banyak peminat terhadap kayu ini untuk kebutuhan furniture interior. Untuk mendapatkan hasil finishing terbaik pada furniture interior kayu jati, simak ulasan lengkapnya pada artikel ini.

Gaya Finishing Cat Furniture Interior Kayu Jati

Kayu jati memiliki serat yang sangat eksotis dan menjadi ciri khasnya. Hal ini pula yang membuat jenis kayu ini menjadi idola dalam pembuatan furniture. Untuk menonjolkannya, gaya finishing natural dipilih untuk mendapatkan furniture jati yang lebih menarik.

Agar serat kayu jati tetap terlihat maka diperlukan cat yang memiliki transparansi warna yang baik pula. Anda juga perlu memilih cat yang aman dan ramah lingkungan untuk digunakan. Sehingga dapat menjaga kualitas furniture jati serta tidak mengganggu kesehatan anda dan keluarga.

Untuk mengatasinya, anda bisa memilih bahan finishing yang berbahan air. Sebab, cat jenis ini lebih aman dan ramah lingkungan untuk digunakan. Pecinta furniture jati di Indonesia juga lebih menyukai gaya natural untuk furniture jati. Hasil finishing natural furniture interior jati dapat anda peroleh dengan menggunakan cat water based dari biovarnish.

Cat ini dapat dilarutkan dengan menggunakan air, sehingga lebih mudah dan aman untuk digunakan. Tingkat transparansi yang tinggi juga menjadi pertimbangan utama penggunaan cat ini untuk finishing furniture jati.

Biovarnish Untuk Cat Finishing Furniture Kayu Jati

Cat berbahan air atau cat water based sudah berkembang di Indonesia beberapa tahun terakhir ini. Meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya penggunaaan bahan finishing yang aman, membuat peminat cat water based meningkat pula. Sehingga, inilah yang menjadi salah satu faktor alasan manufaktur cat water based di Indonesia mulai mengembangkan cat water based.

Biovarnish adalah cat water based memang diformulasikan sebagai pengganti cat solvent based yang sudah berkembang jauh di Indonesia. Hanya menggunakan air sebagai bahan pelarutnya, biovarnish tidak membutuhkan thinner yang tidak aman bagi kesehatan maupun lingkungan. Tingginya kadar VOC pada cat solvent based juga tidak ditemukan pada biovarnish. Sehingga cat ini dapat menjadi pilihan bahan finishing yang tepat untuk furniture interior dari kayu jati.

produk biovarnish

Cat water based biovarnish juga sudah diformulasikan sesuai dengan standar keamanan bahan kimia internasional. Biovarnish menggunakan bahan sesuai dengan standarisasi bahan kimia dari regulasi ECHA dan kandungan VOC dari US EPA. Anda dapat mengurangi resiko terkena penyakit berbahaya akibat penggunaan cat solvent based jika menggunakan biovarnish.

hasil transparan dari finishing dengan biovarnish dapat bertahan lama dan tidak akan menguning seperti hasil finishing cat solvent. Jadi, tunggu apa lagi? Untuk finishing furniture interior kayu jati tinggal kuasin aja pakai air dengan biovarnish!

Cara Finishing Furniture Jati Interior dengan Biovarnish

Sebagai cat kayu terbaik dengan bahan dasar air, Biovarnish  dapat digunakan diberbagai media seperti kayu, rotan, bambu dan serat alam lainnya. Untuk menampilkan warna natural pada furniture kayu jati, anda juga dapat mengggunakan biovarnish. Berikut cara finishing yang bisa Anda lakukan dengan cat kayu water based Biovarnish:

Proses Panen dan Finishing Kayu Jati Hingga Perawatannya

  1. Amplas seluruh permukaan furniture kayu jati hingga halus dan rata. Bersihkan debu sisa pengamplasan.
  2. Aplikasikan Biovarnish Wood Filler untuk menutup serat kayu dan memperbaiki cacat kayu. Gunakan pisau palet, aplikasikan secara tipis merata ke seluruh permukaan media. Tunggu mengering sekitar 20 menit, lalu amplas hingga serat kayu terlihat. Bersihkan debu pengamplasan.
  3. Lanjutkan dengan tahap pewarnaan, gunakan biovarnish wood stain untuk menonjolkan warna kayu. Campurkan air dengan perbandingan 2:1, Kuaskan secara merata ke seluruh permukaan media. Tunggu hingga kering selama 1 jam kemudian amplas ambang dengan amplas no. 400.
  4. Terakhir, agar tampilan lebih optimal aplikasikan Biovarnish Clear Coat. Anda dapat memilih tingkat glossy yang diinginkan. Cara aplikasinya sama dengan aplikasi wood stain. Tunggu kering selama semalaman untuk mendapatkan hasil optimal.

Seluruh tahap aplikasi biovarnish tidak perlu anda jemur dibawah sinar matahari. Anda hanya perlu mendiamkannya di ruangan dengan sirkulasi udara yang terbuka. Kemudahan ini juga membuat anda dapat melakukan proses finishing kapan saja, karena tidak membutuhkan sinar matahari untuk mengeringkan lapisan cat.

Cat Water Based Terbaik di Indonesia

Biovarnish memang diformulasikan untuk pengganti cat solvent based seperti plitur, pernis, dan sejenisnya. Cat kayu terbaik ini jauh lebih aman dan ramah lingkungan karena tidak menggunakan bahan kimia berbahaya dan rendah VOC. Karena bahan yang digunakan telah disesuaikan dengan standarisasi keamanan internasional seperti regulasi US Enviromental Protection Agency dan ECHA.

Sangat baik jika diaplikasikan menggunakan kuas sebab Biovarnish memiliki tarikan kuas yang ringan sehingga tidak kasar ataupun berat. Tampilannya juga lebih optimal karena memiliki karakter bonding yang baik serta daya rekat filmnya yang kuat.

Hasil finishing dengan biovarnish juga dapat bertahan lama hingga bertahun-tahun. Ketahanan cat ini terhadap perubahan cuaca yang ekstrim juga menjadi alasan cat ini dapat digunakan untuk finishing furniture indoor maupun outdoor.

Dimanakah Anda bisa Membeli Cat Water Based Biovarnish?

Anda bisa membeli berbagai varian produk biovarnish di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta

Indonesia 55162

Phn / fax: +62 274 388301

e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan Jepara, Jawa Tengah 59417

Phn: +62.291.598992

e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154

Phn: +62 231 320759

e-mail: [email protected]

Anda juga dapat membeli berbagai varian produk biovarnish secara online melalui beberapa kanal kami berikut ini:

Website : https://www.biovarnish.com/

Facebook : https://www.facebook.com/officialbiovarnish/

Instagram : https://www.instagram.com/biovarnish/