Apa Cat yang Bagus untuk Finishing Baku Kayu? Ini Dia Produknya

Mempercantik tampilan bangku kayu dapat dilakukan dengan menggunakan cat berkualitas saat proses finishing bangku kayu tersebut.

cat-untuk-bangku-kayu

Furniture interior yang kerap digunakan untuk menghiasi ruang tamu atau ruang tengah diantaranya adalah bangku. Dengan tampilan natural kayu, maka furniture tersebut dapat lebih netral untuk disesuaikan dengan suasana ruangan tersebut.

Untuk lebih mudah mendapat bangku kayu berkualitas, anda perlu memperhatikan jenis cat yang digunakan. Hal ini juga akan mempengaruhi tampilan bangku tersebut agar lebih menarik. Tentu saja hal ini akan mempermudah peletakan bangku kayu tersebut dengan gaya ruangan yang diinginkan.

Baca Juga : apa warna finishing kayu jati yang bagus untuk furnitur outdoor

Aplikasi Cat Kayu Yang Aman Pada Bangku Kayu

Agar tampilan bangku menarik, maka diperlukan lapisan cat kayu yang memiliki daya rekat film yang kuat. Pastikan Anda memilih cat dengan bahan yang aman, tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

Bermasalah Dengan Warna Wood Filler? Ini Solusinya

Cat kayu yang aman digunakan sangat lah penting untuk diketahui oleh masyarakat. Penggunaan cat ini pada umumnya tidak menggunakan bahan pelarut thinner atau sejenisnya. Karena cenderung akan menggunakan bahan pelarut air atau dikenal dengan cat water based. Selain lebih aman, tentu saja hal ini juga membuat budget finishing anda lebih murah.

Anda tidak perlu membeli thinner dan mengeluarkan biaya tambahan. Selain itu, karena menggunakan pelarut air bersih cat ini juga tidak mempunyai bau yang menyengat. Anda akan nyaman melakukan proses finishing meski di dalam rumah karena tidak takut akan bau yang ditimbulkan.

Salah satu cat water based yang sudah terjamin kualitas serta keamanan bahannya adalah Biovarnish. Cat ini sangat cocok digunakan untuk finishing furniture warna natural seperti pada bangku. Biovarnish diformulasikan khusus untuk menggantikan plitur konvensional sehingga hasil serta aplikasinya pun sangat mudah.

Cara Finishing Bangku Kayu dengan Cat Biovarnish

https://youtu.be/Zqq4wyGyGKo

Adapun cara aplikasi Biovarnish pada bangku kayu adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan bangku telah bersih sebelum dilapisi cat. Amplas terlebih dahulu seluruh permukaan bangku guna meratakan sekaligus menghilangkan kotoran yang masih menempel
  2. Selanjutnya, lanjutkan tahap finishing dengan mengaplikasikan Biovarnish Wood filler. Berfungsi untuk menutup pori-pori maupun cacat pada kayu. Gunakan pisau scrape dan aplikasikan secara tipis merata. Tunggu mengering sekitar 20 menit lalu amplas hingga serat kayu terlihat.
  3. Lanjutkan dengan tahap pewarnaan, gunakan Biovarnish Liquid Stain yang sudah dicampur air dengan perbandingan 2:1. Aplikasikan ke seluruh permukaan kayu menggunakan kuas, anda juga bisa menggunakan spray gun. Tunggu lapisan mengering sekitar 60 menit kemudian amplas halus. Ulangi aplikasinya jika diperlukan.
  4. Aplikasikan Biovarnish Clear Coat ke seluruh permukaan kayu. Cara penggunaannya sama seperti biovarnish liquid stain. Untuk mendapat hasil finishing terbaik, anda bisa mengeringkannya selama semalaman. Cukup simpan dan diamkan di sebuah ruangan tanpa perlu dikeringkan dibawah sinar matahari langsung.

Keunggulan Biovarnish Liquid Stain

Berikut ini beberapa keunggulan yang dimiliki oleh biovarnish liquid stain yang menjadikannya sangat cocok digunakan sebagai pewarna bangku kayu, diantaranya adalah:

  • Aman dan ramah lingkungan

Diformulasikan sebagai cat water based yang ramah lingkungan dengan memperhatikan standar keamanan sesuai dengan regulasi yang ditetapkan oleh EU-ECHA Reach Regulation compliance dan US EPA Regulation Compliance dengan kadar VOC yang rendah sehingga aman dan ramah lingkungan untuk digunakan baik bagi aplikator maupun bagi lingkungan sekitar

Kayu Cedar : Pengolahan hingga Cara Finishingnya yang Mudah

  • Cepat kering

Anda dapat mengeringkan lapisan finishing bangku kayu dengan biovarnish liquid stain tanpa membutuhkan panas matahari. Pengeringan dapat terjadi ±20 menit dengan mengandalkan suhu ruang, sehingga anda dapat melakukan finishing kapan saja meski dalam kondisi hujan.

  • Transparansi warna baik

Produk ini memiliki transparansi warna yang tidak kalah dengan cat solvent based. Transparansi warnanya akan bantu menonjolkan serat natural dari bangku kayu agar lebih terekspos. Sehingga kesan natural dari bangku kayu akan lebih menonjol.

  • Penetrasi warna cepat

Dari segi waktu, anda dapat lebih cepat saat melakukan finishing dengan produk ini karena biovarnish liquid stain dapat meresap dengan cepat setelah diaplikasikan pada media termasuk saat finishing bangku kayu. Selain itu, anda juga akan lebih hemat karena tidak perlu berulang kali melakukan aplikasi agar mendapat warna yang lebih tajam.

  • Tahan terhadap perubahan cuaca ekstrim

Keunggulan selanjutnya adalah, produk ini tahan terhadap perubahan cuaca yang ekstrim. Sehingga produk ini juga dapat digunakan untuk furniture indoor maupun outdoor. Penggunaannya akan melindungi furniture dari pengaruh sinar UV maupun kondisi hujan. Jika anda ingin menggunakan bangku kayu sebagai furniture outdoor anda juga bisa menggunakan biovarnish liquid stain untuk finishingnya.

  • Mudah diaplikasikan

Dan tentu saja, produk ini sangat mudah diaplikasikan. Proses aplikasinya dapat dilakukan dengan menggunakan kuas maupun menggunakan spray gun. Dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan anda.

Dimanakah Anda bisa Membeli Biovarnish Liquid Stain?

Anda bisa membeli biovarnis liquid stain dan berbagai varian produk biovarnish lainnya di service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta

Indonesia 55162

Phn / fax: +62 274 388301

e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan Jepara, Jawa Tengah 59417

Phn: +62.291.598992

e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154

Phn: +62 231 320759

e-mail: [email protected]

Anda juga dapat membeli berbagai varian produk biovarnish secara online melalui beberapa kanal kami berikut ini:

Website : https://www.biovarnish.com/

Facebook : https://www.facebook.com/officialbiovarnish/

Instagram : https://www.instagram.com/biovarnish/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top