Tips Mengaplikasikan Cat Kusen Kayu agar Tampak Baru Kembali

Menggunakan cat kusen kayu yang tepat agar tampak baru saat menyambut lebaran adalah hal yang menyenangkan. Simak tips lengkapnya disini!

Memiliki tampilan baru saat lebaran bukan hanya berlaku bagi anda. Punya tampilan cat baru pada kusen pinttu kayu juga salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menyambut lebaran. Kusen adalah salah satu bagian rumah yang sering terlupakan. Dari sini, Anda bisa memperbaikinya dengan mudah atau mungkin bagi Anda yang baru saja pindah ke rumah baru tetapi belum mengecat beberapa bagian rumah, anda bisa melakukannya sendiri.

2 Tahapan Mengecat Kusen Kayu Dengan Pernis Mudah Untuk Dilakukan Siapa Saja

Untuk mendapatkan hasil finishing terbaik, anda dapat melakukannya dengan cara memilih bahan finishing dan cara aplikasi yang benar. Kedua hal ini adalah kunci utama suksesnya proses finishing yang akan anda lakukan. Simak tips lengkap mengenai finishing kusen kayu menjelang lebaran di artikel ini.

subsidi ongkir

Tips Aplikasi Cat Kusen Kayu Bebas Brush Mark untuk Lebaran

Mengecat kusen kayu adalah hal yang paling mudah karena bidang yang diaplikasikan tidak luas tetapi siku dan sempit sehingga jika hasil pengecatan tidak terlalu rapi tidak akan terlihat. Berikut ini alat-alat yang Anda butuhkan ketika melakukan pengecatan pada kusen:

  1. Kuas berukuran 3 inci atau kuas sponge
  2. Cat kayu warna natural
  3. Bahan pelarut (thinner atau air)
  4. Amplas alumunium oxide no. 400
  5. Kain lap bersih dan kering

Cara Aplikasi:

  • Pertama pastikan kusen kayu bersih dan kering, jika Anda melakukan recoating maka hilangkan lapisan cat yang lama hingga bersih.
  • Campurkan cat kayu dengan bahan pelarut yang sesuai dan gunakan takaran sesuai dengan cara aplikasi dalam kemasan. Aduk hingga tercampur benar. Ingat, ketika akan mengaplikasikan pada kusen selalu aduk cat karena pasti terjadi pengendapan yang akan memberikan tampilan warna berbeda.
  • Untuk bebas brush mark sebaiknya gunakan kuas dengan bulu halus atau jenis kuas sponge. Kuas sponge dapat menyerap cat dengan baik dan tidak meninggalkan brush mark karena sapuan sponge yang halus.
  • Lakukan sapuan searah serat kayu karena jika berlawanan maka serat kayu akan tertutup oleh sapuan kuas. Tunggu cat hingga kering benar baru diamplas. Perhatikan pengamplasan harus diamplas ambang agar cat tidak hilang semua. Pengamplasan ini bertujuan untuk memperhalus tekstur saja.
  • Jika sudah diamplas aplikasikan kembali cat dengan kuas searah serat kayu. Anda bisa mengaplikaskan cat berulangkali hingga mendapatkan warna yang sesuai.
  • Hal terakhir adalah pemberian clear coat sesuai dengan tampilan yang Anda inginkan.

Jika Anda melakukan cara mengecat kusen kayu di atas maka bekas sapuan kuas atau brush mark tidak akan muncul terutama pada arah sapuan kuas yang serah serat kayu.

Produk Cat Bebas Brush Mark Biovarnish

Jika Anda sudah mengerti cara aplikasi yang mudah tersebut maka selanjutnya Anda harus mendapatkan produk cat yang bebas bruhs mark. Setiap merk cat kayu pasti memiliki formula yang berbeda. Formula inilah yang akan menentukan apakah cat yang Anda gunakan akan meninggalkan brush mark atau tidak. Produk cat yang tidak meninggalkan brush mark biasanya adalah cat water based. Tetapi Anda juga tidak bisa asal memilih produk cat water based.

Kenalan Dulu Yuk Dengan Kayu Mindi Sebagai Alternatif Kayu Jati Belanda

Hanya produk water based Biovarnish yang tidak akan meninggalkan brush mark. Cara mengecat kusen kayu dengan Biovarnish liquid stain adalah cara yang paling mudah  dan cepat. Dibandingkan dengan produk Biovarnish lainnya, kecepatan kering Biovarnish liquid stain hanya membutuhkan waktu maksimal 60 menit saja, bahkan tanpa dijemur pada panas matahari. Kemudahan lain yang tidak memberikan efek brush mark adalah karena tarikan kuas wood stain liquid biovarnish sangat ringan. Biasanya produk cat lainnya tarikan kuas yang lain cukup berat.

Produk cat dengan tarikan kuas yang ringan dan bebas brush mark ini adalah cat yang tidak mengandung bahan kimia berbahya, sehingga Anda tidak perlu takut terserang resiko penyakit kanker yang banyak diakibatkan dari bahan kimia beracun. Anda bisa mengeceknya dari bau yang dikeluarkan.

Ketika cat kayu mengelurakan bau yang menyengat dapat dipastikan jika bahan cat tersbut mengandung formalin yang tinggi sehingga Anda harus waspda dengan efek dari cat tersebut. Biovarnish liquid stain tidak menimbulkan bau menyengat baik pada saat masih berbentuk cat maupun setelah diaplikasikan.  Mengecat kusen kayu dengan Biovarnish adalah hal yang Anda butuhkan untuk menyambut lebaran tahun ini.

Keunggulan Biovarnish Liquid Stain

Berikut ini beberapa keunggulan yang dimiliki oleh biovarnish liquid stain yang menjadikannya sangat cocok digunakan sebagai pewarna natural fiber, diantaranya adalah:

Kayu Cedar : Pengolahan Hingga Cara Finishingnya Yang Mudah
  • Aman dan ramah lingkungan

Diformulasikan sebagai cat water based yang ramah lingkungan dengan memperhatikan standar keamanan sesuai dengan regulasi yang ditetapkan oleh EU-ECHA Reach Regulation compliance dan US EPA Regulation Compliance dengan kadar VOC yang rendah sehingga aman dan ramah lingkungan untuk digunakan baik bagi aplikator maupun bagi lingkungan sekitar

  • Cepat kering

Anda dapat mengeringkan lapisan finishing dengan biovarnish liquid stain tanpa perlu menggunakan panas matahari. Pengeringan dapat terjadi ±20 menit dengan mengandalkan suhu ruang, sehingga anda dapat melakukan finishing kapan saja meski dalam kondisi hujan.

  • Transparansi warna baik

Produk ini memiliki transparansi warna yang tidak kalah dengan cat solvent based. Transparansi warnanya akan bantu menonjolkan serat kusen kayu sehingga lebih terekspos.

  • Penetrasi warna cepat

Dari segi waktu, anda dapat lebih cepat saat melakukan finishing dengan produk ini karena biovarnish liquid stain dapat meresap dengan cepat setelah diaplikasikan pada media termasuk pada kusen kayu. Selain itu, anda juga akan lebih hemat karena tidak perlu berulang kali melakukan aplikasi agar mendapat warna yang lebih tajam.

  • Tahan terhadap perubahan cuaca ekstrim

Keunggulan selanjutnya adalah, produk ini tahan terhadap perubahan cuaca yang ekstrim. Sehingga produk ini juga dapat digunakan untuk furniture indoor maupun outdoor. Penggunaannya akan melindungi furniture dari pengaruh sinar UV maupun kondisi hujan.

  • Mudah diaplikasikan

Dan tentu saja, produk ini sangat mudah diaplikasikan. Proses aplikasinya dapat dilakukan dengan menggunakan kuas maupun menggunakan spray gun. Dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan anda.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Biopolish Linseed Oil"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.