Cara Mudah Mengecat Pagar Kayu Teras Tahan Lama

157
Cara Instan Mengecat Pagar Kayu Teras Tahan Lama

Banyak yang mengira bahwa pagar kayu adalah bagian yang tidak terlalu penting dalam sebuah rumah. Beberapa menganggap bahwa pagar adalah bagian penghias rumah namun fungsinya lebih dari itu. Pagar memiliki fungsi sebagai pembatas antara halaman rumah dengan jalan.

Arti dari fungsi pagar yakni sebagai perlindungan dalam rumah terhadap orang asing yang tidak dikenal. Tidak semua orang bisa masuk ke dalam halaman rumah dengan mudah karena dibatasi oleh pagar. Kayu adalah material yang paling banyak dipilih dalam pembuatan pagar.

Alasan ketahanan dan keindahan kayu menjadikan material ini sangat banyak digunakan. Kayu yang digunakan untuk pagar tentu saja kayu solid yang berkualitas tinggi. Jenis kayu yang digunakan tidak jauh berbeda dengan kayu untuk material bangunan misalnya merbau, jati, ulin bahkan kayu kelapa.

Letak kekuatan dari kayu sebagai pagar adalah tidak mengalami perubahan bentuk dan kerusakannya sangat minim jika terkena panas dan hujan terus menerus. Para pemilik rumah tidak perlu khawatir akan ketahanan dari pagar kayu terhadap serangan rayap, jamur dan hama kayu lainnya.

CS Biovarnish

Pagar juga memerlukan cat agar memiliki tampilan yang menarik sekaligus mendapatkan perlindungan yang maksimal. Mengecat pagar seringkali menjadi kegiatan yang membosankan sehingga banyak orang menyerahkan pekerjaan mengecat kepada tukang atau ahli mengecat pagar lainnya.

Padahal jika Anda bisa mendapatkan cara mengecat pagar yang instan, kegiatan mengecat bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Ada banyak cara instan mengecat pagar kayu agar tahan lama yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga hingga anak-anak. Mengecat bisa menjadi kegiatan di akhir pekan sambil mengisi waktu.

Cara Mengawetkan Pagar Sebelum Proses Pengecatan

Pengawetan pagar kayu sebelum proses pengecatan biasanya seringkali terlupakan. Sebagus dan semahal apapun jenis kayu yang digunakan, obat pengawet kayu dibutuhkan untuk menghindari rayap dan juga hama kayu. Obat pengawet ini tidak lain adalah BioCide Insecticide dan juga Wood Fungicide.

Cara Instan Mengecat Pagar Kayu Teras Tahan Lama
pagar kayu yang belum diawetkan

Kedua produk ini berfungsi untuk menghilangkan rayap dan juga jamur kayu yang sudah merusak pagar. Selain itu juga bisa digunakan sebagai obat pencegahan sebelum proses finishing dimulai. Cara kerja keduanya hanya membutuhkan pelarut air yang akan mempermudah obat meresap ke dalam serat kayu.

Pengawetan dapat dilakukan juga tidak hanya kayu sudah berbentuk sebagai pagar dan furniture lainnya. Obat pengawetan anti jamur dan rayap dapat digunakan sewaktu kayu masih berbentuk log dan sawn timber. Bagi pabrik kayu pengawetan dapat dilakukan dengan cara merendam kayu ke dalam larutan obat selama 2 hingga 3 jam baru kayu masuk ke dalam proses pengeringan.

Apabila ingin melakukan pengawetan sebaiknya siapkan, wadah yang besar untuk pencampuran bahan, kuas dan juga amplas. Lakukan proses aplikasi satu hari sebelum mengecat dimulai agar obat dapat meresap ke dalam serat kayu dan mengering. Pastikan juga Anda melakukannya dalam kondisi cuaca yang panas.

Pertama-tama, amplas seluruh permukaan pagar kayu. Pengamplasan dilakukan untuk menghilangkan debu dan juga kotoran. Lakukan dengan amplas kasar nomor 180-220. Pengamplasan selesai diikuti dengan menghilangkan seluruh debu dan kotoran, gunakan kain bersih.

Kedua, lakukan pencampuran BioCide dengan air ikuti petunjuk dalam kemasan mengenai takaran dan bahan pelarut yang dibutuhkan. Aduk dengan alat pengaduk hingga rata kemudian gunakan kuas dan oleskan pada seluruh permukaan pagar kayu. Obat akan mengering selama terkena panas matahari.

Apabila pagar sudah kering maka keesokan harinya Anda bisa memulai mengecat pagar kayu dengan cara yang instan. Pagar kayu yang sudah diawetkan akan tahan terhadap serangan rayap dan juga jamur di kemudian hari.

Cara Mengecat Pagar Kayu Tahan Lama

Ketahanan dari pagar kayu terhadap perubahan cuaca juga tergantung dari bahan cat yang dipilih. Anda sebaiknya memberikan lapisan Biothane yang merupakan lapisan cat sangat kuat terbuat dari bahan polyurethane. Cara ini sangat praktis bahkan Anda bisa mengaplikasikannya dengan alat semprot.

Selain Biothane jika Anda menghendaki hasil finishing warna natural menggunakan BioColours sanding sealer. Aplikasi sanding sealer ini berfungsi untuk menutup pori kayu sehingga lapisan Biothane nantinya juga akan mudah merekat dengan kuat.

Cara Instan Mengecat Pagar Kayu Teras Tahan Lama
Mengecat pagar dengan alat spray

Bahan pelarut yang digunakan hanyalah air sehingga Anda tidak perlu bingung dan menggunakan thinner. Air sangat murah dan dapat Anda temukan di lingkungan rumah. Menggunakan cat water based yang aman untuk pagar ini juga untuk keamanan lingkungan serta kesehatan Anda.

Ketika Anda menggunakan bahan cat ini, Anda tidak perlu lagi bermasalah dengan bau menyengat bahkan proses pengeringan cat yang lama. Cat water based akan cepat mengering dan tidak perlu menunggu waktu lama untuk aplikasi. Pada lapisan akhir Biothane sebaiknya Anda menambahkan larutan BioCide SFP.

BioCide SFP adalah produk yang digunakan untuk mengatasi serangan dari jamur permukaan. Anda tidak perlu takut dan bingung lagi karena bahan ini dapat dilarutkan bersamaan dengan Biothane. Cara yang praktis untuk memberikan perlindungan pada pagar kayu lebih tahan lama.

Nah, bagi Anda yang sudah bersiap dengan alat semprot dan kompresor, berikut ini langkah-langkah aplikasi instannya.

    • Amplas seluruh permukaan pagar kayu dengan amplas nomor 180-220. Amplas hingga permukaan kayu menjadi halus. Bersihkan debu amplas dan pastikan tidak ada kotoran dan minyak yang masih menempel pada permukaan.
    • Larutan BioColours sanding sealer dengan air. Gunakan perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk rata. Lanjutkan dengan penyemprotan ke seluruh permukaan pagar kayu. Lakukan searah serat kemudian berlawanan arah serat agar cat masuk ke dalam pori. Tunggu sanding sealer mengering 60 menit.
    • Setelah kering, lanjutkan dengan pengamplasan. Cara mengamplas yang benar adalah secara ambang. Lakukan dengan amplas halus nomor 400. Bersihkan debu amplas setelah semua teramplas dengan rapi.
  • Lapisan akhir adalah Biothane. Larutkan Biothane ke dalam wadah dengan air dan juga tambahkan BioCide SFP. Ikuti petunjuk jumlah takaran sesuai pada kemasan cat dan obat anti jamur. aduk rata kemudian semprotkan ke seluruh permukaan pagar kayu. Lakukan searah serat kemudian berlawanan arah serat kayu. Lapisan Biothane akan mengering setelah 24 jam.

Apabila lapisan cat sudah mengering maka Anda akan mendapatkan tampilan pagar kayu yang natural dan mengkilap.

Tampilan pagar membutuhkan tingkat glossy seperti yang dihasilkan Biothane yakni 85% agar jika terjadi goresan tidak terlalu terlihat. Biothane yang terbuat dari polyurethane tidak hanya dapat digunakan pada pagar namun juga untuk lantai kayu bahkan untuk deck kolam renang.

Kekuatan dan ketahanan yang diberikan untuk melindungi pagar kayu membuat banyak diminati tidak hanya untuk rumah namun untuk perkantoran. Adanya tambahan dari obat anti jamur permukaan membuat kerusakan yang diakibatkan akan semakin berkurang. Obat akan memberikan tingkat perlindungan yang lebih baik lagi.

Pada saat mengecat jangan lupa untuk menggunakan masker wajah karena bahan tambahan BioCide SFP cukup keras dan tidak baik apabila dihirup. Menggunakan masker dan respirator akan membuat kesehatan lebih terjaga.

CS Biovarnish