You are currently viewing Hanya dengan 5 Langkah Ini Meja Rias Kayu Jati Tampak Baru Kembali

Hanya dengan 5 Langkah Ini Meja Rias Kayu Jati Tampak Baru Kembali

Meja rias dari kayu jati adalah furnitur yang seharusnya tahan lama, oleh karena diperlukan langkah yang tepat untuk menggunakan cat saat proses finishingnya.

Meja rias jati merupakan salah satu kebutuhan wanita yang sangat penting. Bagi wanita merias wajah dan tubuh adalah salah satu hal yang sangat penting dan tidak boleh dilewatkan. Meja rias yang menyimpan berbagai kebutuhan tersebut pun harus dipelihara dengan baik.

Meja rias

Satu bagian yang sering dilewatkan dalam membeli meja rias jati adalah finishing yang digunakan. Mungkin desain menjadi bagian utama atau hal yang Anda pilih pertama kali kemudian menentukan ukuran. Ukuran meja rias yang dapat masuk ke dalam ruang tidur atau ruang merias Anda. Jadi seringkali melakukan finishing salah satu hal yang sering dilewatkan.

Maka memilih membeli meja rias jati yang belum difinishing adalah pilihan yang tepat. Anda bsia membeli bahan finishing sendiri kemudian mengecat dengan cara yang mudah adalah dengan kuas. Bagi Anda yang ingin mengecat furnitur meja rias sendiri maka berikut ini beberapa langkah mudahnya.

Memilih Bahan Finishing untuk Meja Rias Jati

Persiapan pertama yang perlu Anda lakukan adalah memilih bahan finishing. Dengan media kayu jati, maka memperlihatkan serat kayu yang etnik dan juga artistik adalah sebuah keharusan. Menggunakan cat kayu warna natural transparan adalah pilihan yang tepat. Cat yang akan memberikan hasil finishing transparansi yang sangat baik pada meja rias adalah cat water based.

Bahan cat water based ini akan Anda temukan dengan mudah pada cat kayu Biovarnish. Produk Biovarnish akan membantu Anda mendapatkan hasil warna natural sama seperti warna kayu jati. Anda juga bisa memilih dengan memberikan warna yang lebih tajam.

Baca Juga :  4 Teknik Mudah Mengecat Kayu dengan Cat Solid Menggunakan Kuas

Teknik Finishing Kursi Rotan

Warna dari kayu jati belanda cenderung memberikan efek keemasan. Jika Anda menggunakan produk Biovarnish dengan lengkap maka efek tersebut akan Anda dapatkan. Ada tiga produk yang bisa Anda dapatkan antara lain adalah cat kayu Biovarnish wood filler, Biovarnish liquid stain dan Biovarnish Clear Coat.

Kombinasi dari ketiga produk tersebut akan membantu memperlihatkan serat kayu jati. Ketiga produk ini juga akan memberikan perlindungan yang terbaik dengan memberikan lapisan film yang kuat untuk meja rias anda.

Persiapan Alat Aplikasi Finishing

Dalam proyek aplikasi yang mudah ini, tentu saja Anda tidak membutuhkan banyak alat. Agar Anda mendapatkan hasil yang maksimal maka Anda juga perlu mempersiapkan peralatan yang tepat. Di sini Anda hanya perlu mempersiapkan kuas dan juga air.

Ada berbagai macam kuas, Anda perlu memilih kuas yang compatible dengan air yaitu kuas nylon. dan kuas busa. Bahan nylon cenderung tidak meresap air sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan hasil yang kasar. Adapula kuas busa yang lebih mudah diaplikasikan dan memiliki harga yang lebih murah. Anda tidak perlu khawatir akan bulu kuas yang tertinggal apabila menggunakan kuas busa.

Furniture Masih Berjamur Padahal Sudah Dicat? Ini Solusinya

Selanjutnya adalah persiapan gelas aqua sebagai tempat untuk mencampur, persiapan kertas amplas ukuran 400 dan 240 jenis aluminium oxide yang cocok untuk kayu selanjutnya adalah kain lap kering dan bersih untuk membersihkan substrat kayu.

Persiapan Material Finishing Meja Rias Jati

Anda perlu mempersiapkan meja rias jati jika ingin hasil yang halus dan rata. Apabila Anda memilih meja rias dengan banyak ukiran atau ornamen pastikan semua bagian sela kayu bersih tidak ada debu. Anda bisa menggunakan amplas kasar ukuran 150 untuk mengamplas seluruh bagian terutama bagian lekukan.

Baca Juga :  Harga Cat Kayu Water Based Biovarnish di Indonesia yang Terjangkau

Memilih Wood Filler Yang Sesuai Dengan Proyek Pekerja Kayu

Bersihkan debu amplas dengan kain lap kering yang sudah disiapkan. Anda perlu memastikan agar debu hilang, jika perlu Anda bisa menggunakan mesin vakum. Selanjutnya adalah menutup seluruh bagian kaca dengan lakban kertas agar laisan pernis tidak mengotori cermin dan hasil yang diberikan lebih rapi.

Proses Pengecatan Meja Rias dengan Biovarnish

Kini Anda sudah masuk ke tahapan pengecatan cat kayu Biovarnish. Ada beberapa step atau langkah yang perlu Anda lakukan dan harus urut agar lapisan pori kayu tertutup dan Anda mendapatkan finishing yang halus.

  • Pertama campurkan Biovarnish wood filler dengan air aduk rata dan apliaksikan dengan pisau scrape. Gunakan hingga seluruh filler masuk ke dalam pori kayu. Tunggu kering sekitar 20 menit dan amplas dengan amplas 240. Amplas hingga serat kayu terlihat dan permukaan berubah menjadi halus.
  • Kedua campurkan Biovarnish liquid stain dengan air. Gunakan sendok untuk menakar dan gunakan perbandingan 2 bahan : 1 air. Untuk warna yang lebih pekat, anda dapat menggunakan perbandingan 1:1. Campurkan dalam gelas plastik dan aduk hingga rata. Kuaskan searah serat kayu secara merata pastikan tidak ada brush mark. Tunggu lapisan cat mengering sekitar 60 menit, amplas ambang dengan amplas 400. Bersihkan debu amplas.

Kayu Cedar : Pengolahan hingga Cara Finishingnya yang Mudah

  • Terkahir aplikasikan Biovarnish Clear Coat dengan air ke dalam gelas plastik dengan perbandingan 2 : 1. Aduk merata, aplikasikan searah serat kayu. Tunggu lapisan akhir ini mengering selama 24 jam. Seluruh proses pengeringan tidak membutuhkan panas jadi Anda hanya perlu menyimpannya dalam ruangan yang kering dengan sirkulasi udara yang baik.

Perawatan Meja Rias Jati dengan Poles Kayu

Setelah Anda mendapatkan meja rias jati yang dilapisi dengan cat tepat maka selanjutnya adalah proses aplikasi perawatan. Anda perlu merawat meja rias agar tampak selalu baru dan Anda akan mendapatkan meja rias yang lebih tahan lama.

Baca Juga :  Sederhana! Ini Cara Mengaplikasikan Chalk Paint Pada Meja Kayu

Meja rias

Proses perawatan bisa dilakukan dengan produk Biopolish Linseed Oil yang merupakan produk dari madu lebah yang aman dan ramah lingkungan. Untuk proses aplikasi Anda hanya membutuhkan kain lap kering dan bersih.

Proses aplikasi Biopolish cukup menggunakan kain dan Anda dapat memoles sambil ditekan ke seluruh permukaan kayu. Lalu Anda bisa langsung menunggu kering. Jangan gunakan produk ples terlalu banyak karena hanya akan menimbulkan jamur. Proses aplikasi dapat Anda lakukan setiap tiga atau satu bulan sekali.

Fungsi dari perawatan poles pada meja rias adalah untuk menjegah jamur yang akan mengundang rayap dan merusak substrat kayu jati. Selain itu juga akan menambah tampilan kemilau keemasan yang lebih bertahan lama sehingga debu dan kotoran tidak mudah menempel pada meja rias.