Refinishing Meja Makan Oak Menggunakan Wood Stain Walnut Brown agar Tampak Baru

Meja makan oak yang telah digunakan selama bertahun-tahun biasanya hanya akan mengalami kerusakan pada bagian pernis dan wood stain saja. Furnitur yang terbuat dari bahan kayu oak memiliki kekuatan, ketahanan dan juga tampilan menarik. 

Pola serat kayunya dan beberapa permukaan kayu akan bergantung bagaimana cara memotongnya. Meja makan yang dibuat oleh pengrajin terbaik biasanya bisa bertahan selama bertahun-tahun. 

Jika terdapat kerusakan pada tampilannya maka finishing dengan wood stain adalah solusi yang paling tepat. Anda tidak perlu khawatir soal finishing ulang karena bisa melakukannya sendiri di rumah tanpa mengeluarkan biaya banyak. 

Jadi, jika saat ini Anda memiliki meja makan dari kayu oak di rumah yang tampilannya kusam atau banyak goresan, ikuti cara finishing ulangnya di sini. Warna tampilan yang bisa dicoba adalah walnut brown dari stain. 

Mengapa Memilih Wood Stain Warna Walnut Brown?

Pemilihan warna kayu menjadi sangat penting dalam proyek finishing tak ada bedanya seperti hendak finishing pertama kali. Saat ini meja makan dari oak di rumah Anda mungkin tidak memiliki warna oak asli. Warnanya mungkin saja mahoni, jati atau warna apapun itu.

Anda harusnya tahu seperti apakah warna kayu oak yang asli. Ada dua jenis warna oak yaitu oak putih kekuningan dan oak merah, namun kebanyakan kayu oak di Indonesia yang digunakan adalah putih kekuningan. 

Berkat warna inilah Anda sebenarnya bisa dengan leluasa untuk menggunakan warna stain jenis apapun. Hanya saja warna walnut brown memiliki keistimewaan tersendiri. Berikut ini beberapa keistimewaannya. 

  1. Warnanya lebih eye catching dan bisa dipadupadankan dengan warna solid lain seperti putih untuk menciptakan kesan kontras. 
  2. Cocok digunakan untuk berbagai macam gaya contohnya gaya kontemporer, klasik, modern hingga minimalis. 
  3. Bisa digunakan untuk furnitur besar atau kecil yang menjadi primadona dalam sebuah ruangan. 
  4. Warnanya akan tampak sedikit keemasan ketika Anda mengarahkan lampu spot ke arah meja makan. 

Keempat alasan inilah yang membuat warna walnut tak hanya disukai di Indonesia tetapi juga di banyak tempat lain di dunia. Berkat warna kayu asli walnut yang indah, akhirnya banyak produk wood stain yang menyediakan warna ini. 

Untuk mendapatkan warna yang tepat dan indah Anda harus memilih produk yang sesuai. Biovarnish Wood Stain  adalah pilihan tepat jika Anda ingin mengecat ulang meja kayu di rumah. 

Kelebihan dari Biovarnish bukan hanya keindahan warnanya tetapi juga mudah dalam proses finishing. 

Refinishing Meja Makan Oak dengan Stain Walnut Brown

Untuk teman-teman yang masih pemula dalam hal finishing bukan berarti tidak bisa melakukan refinishing yang sempurna pada meja makan oak. Sebuah langkah awal yang tepat jika Anda memilih Biovarnish untuk finishingnya. Selanjutnya Anda hanya perlu tahu langkah serta tekniknya. 

Ikuti langkah-langkah finishing lengkap dengan Biovarnish Wood Stain berikut ini demi meja makan kayu oak di rumah tampil baru. 

Persiapan Meja Makan Kayu Oak sebelum Finishing Ulang

Anda tidak bisa langsung mengaplikasikan wood stain di atas meja makan yang masih memiliki lapisan coating lama. Anda perlu mempersiapkannya dengan menghilangkan lapisan coating lama, membersihkan kotoran lalu mengampleas. 

Tiga langkah persiapan berikut ini bisa Anda lakukan. 

  1. Tuangkan sedikit demi sedikit cat remover pada permukaan meja. Jangan lupa kenakan masker dan sarung tangan. Bersihkan cat mengelupas dengan scrape. 
  2. Selanjutnya setelah semua coating bersih, Anda perlu mengelap seluruh bagian meja dengan kain yang dibasahi. Buatlah campuran air dan sabun. Lap semua bagian meja lalu jemur. 
  3. Terakhir Anda bisa menggunakan kertas ampelas nomor 220 untuk merapikan permukaan meja makan. Jangan lupa bersihkan debunya dengan kain kering. 

Usai melakukan tiga langkah persiapan ini artinya meja sudah siap untuk dilapisi dengan coating. 

Mengaplikasikan Wood Stain Walnut Brown 

Bersiaplah untuk mengecat dengan stain, produk yang dibutuhkan adalah Biovarnish Wood Stain warna walnut brown. Jangan lupa sediakan air sebagai pelarutnya. Siapkan wadah untuk melarutkan bahan, ampelas 400 dan juga kuas dari bulu nilon. 

Disarankan untuk menggunakan kuas ini agar hasilnya halus dan merata. Hindari kuas dari bulu alami yang mudah rontok dan mengeras. Cara menggunakan wood stain sendiri ada beberapa langkah yaitu sebagai berikut ini. 

  1. Campurkan dulu stain walnut brown dengan air dengan perbandingan 2:1. Aduk sampai merata hingga tak ada stain yang mengendap. 
  2. Anda bisa langsung menguaskan stain ke permukaan meja. Cara menguas harus searah dengan serat kayu agar hasilnya rapi. 
  3. Tunggu hingga meja mengering kira-kira selama 60 menit dalam ruangan. Anda tidak perlu menjemur meja yang sudah diaplikasi karena menggunakan cat water based. 
  4. Usai kering Anda bisa mengampelasnya ambang, kemudian ulangi lagi aplikasi stain dengan menguaskannya ke arah yang sama. 

Anda bisa membuat dua atau tiga lapisan tergantung dengan ketebalan serta kepekatan warna yang diinginkan. Semakin banyak lapisan yang dibuat warnanya akan semakin gelap. Buatlah warna sesuai dengan keinginan. 

Mengaplikasikan Pernis Kayu pada Meja Makan

Seperti finishing meja pada umumnya, Anda tidak boleh melewatkan lapisan coating dari pernis. Pada lapisan akhir ini Anda bisa menggunakan Biovarnish Clear Coat gloss yang memberikan tampilan kilap tinggi. 

Berikut ini proses aplikasinya yang mudah. 

  1. Campurkan clear coat gloss dengan air di wadah yang berbeda. Perbandingannya adalah 2:1. Aduk clear coar hingga merata dan tidak ada clear coat yang masih mengendap. 
  2. Kuaskan searah dengan serat kayu sampai merata. Cukup kuas sama dengan arah stain pada aplikasi awal. 
  3. Jika sudah selesai Anda bisa membiarkan meja makan kering dengan sendirinya selama semalaman. 

Meja makan kayu sudah sampai pada tahapan akhir refinishing. Ketika sudah kering Anda bisa menggunakannya kembali, tentu saja dengan tampilan lebih baru baru. 

Perawatan Meja Makan Warna Walnut Brown

Sama seperti finishing ulang yang jadi bagian dari perawatan meja, Anda juga perlu melanjutkannya dengan proses pemolesan. Meja makan adalah furnitur yang sering digunakan, sering terkena tumpahan air juga kotoran lainnya. 

Anda pasti sering mengelap meja dengan kain lap basah yang akhirnya menciptakan goresan. Supaya meja makan yang sudah direfinishing dengan wood stain water based tidak mudah rusak, Anda perlu menggunakan bahan poles kayu.  Anda bisa memanfaatkan Biopolish Beeswax untuk memoles meja setiap satu bulan sekali. 

Perlakuan yang tepat akan membuat warna walnut brown lebih awet dan Anda tidak perlu lagi melakukan finishing ulang dalam waktu dekat. Warnanya akan bertahan hingga tiga sampai lima tahun. 

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Finishing Kayu"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.