Ingin Mengecat Meja Makan Kayu supaya Tampil Indah? Ini Panduannya

Mengecat meja makan kayu merupakan langkah yang penting agar  lebih nyaman dan aman digunakan. Saat anda akan mengecat meja makan kayu sebaiknya gunakan cat yang aman. Cat kayu yang aman dan ramah lingkungan akan memudahkan anda saat mengecat meja makan kayu dan tidak membahayakan kesehatan keluarga anda.

mengecat meja makan

Meja makan adalah salah satu furnitur yang sangat penting untuk ada di rumah. Terlebih jika Anda suka menghabiskan banyak waktu bersama keluarga di saat sarapan atau makan malam. Banyaknya kegiatan di luar membuat event makan bersama menjadi penting. Agar antar anggota keluarga memiliki komunikasi yang baik dan mengetahui permasalahan yang dihadapi anggota keluarga lainnya.

Baca Juga : Tips Memilih Sanding Selaer Terbaik untuk Meja Makan supaya Tahan Lama

Namun bagaimana jika ternyata selama ini Anda telah menggunakan meja makan yang dilapisi dengan bahan berbahaya? Hati-hati karena banyak bahan kimia yang menempel pada kayu berasal dari cat yang dapat mencemari makanan di atas meja makan kayu Anda.

Langkah-Langkah Mengecat Meja Makan

Setelah anda menemukan cat kayu yang tepat, sekarang saatnya untuk anda memulai proses finishing ulang meja makan. Berikut ini langkah mengecat meja makan dengan cat Biovarnish agar lebih aman digunakan:

Baca Juga : Panduan Menyamarkan Serat Kontras Oak Menggunakan Wood Filler

1. Lakukan Persiapan

Hilangkan seluruh cat lama yang mengelupas dengan benar dan sisihkan cat tersebut dan buang. Jangan sampai cat tercecer karena bahan tersebut cukup keras. Pembersihkan tidak berhenti di sini saja. Anda harus melanjutkan dengan pengamplasan.

mengecat meja makan kayu
Pengamplasan kayu whte oak

Lakukan pengamplasan untuk benar-benar membersihkan lapisan cat yang lama. Selain itu juga untuk membuka pori kayu. Jika Anda memiliki mesin amplas gunakanlah. Gunakan kertas amplas dari grit rendah seperti 150 hingga 220 dan berpindahlan secara berurutan.

Baca Juga : Warna Meja Makan Menjadi Lebih Tua? Ini Alasan dan Cara Mengatasinya

Pengamplasan juga wajib menggunakan alat pelindung tubuh ditambah dengan penutup telinga karena suara yang bising bisa mempengaruhi pendengaran Anda. Bersihkan debu kayu sisa pengamplasan. Sebaiknya Anda melakukan proses ini di luar ruangan yang berangin sehingga Anda tidak menghirup banyak serbuk kayu yang juga berbahaya bagi paru-paru.

Baca Juga : Pentingnya Menggunakan Cat Water Based untuk Keamanan dan Kenyamanan

2. Gunakan Wood Filler

Lanjutkan dengan persiapan pengecatan dengan cat kayu Biovarnish. Aplikasi pertama adalah Biovarnish Wood Filler. Setelah pengamplasan hingga habis dan halus maka Anda akan melihat warna kayu, pilih warna wood filler yang sesuai dengan warna kayu.

dempul

Cara aplikasinya campurkan wood filler dengan sedikit air untuk pengeceran. Isi semua bagian cacat kayu dengan wood filler menggunakan pisau scrape. Setelah itu lanjutkan dengan pengusapan menggunakan kain. Anda bisa menggunakan kain yang diusapkan berlawanan arah serat kayu agar filler benar-benar masuk ke dalam pori kayu.

Baca Juga : langkah mudah aplikasi plitur kayu supaya mengkilap dan tampil eksotis

Tunggu lapisan Biovarnish Wood Filler ini mengering, biasanya membutuhkan waktu 20 menit. Amplas dengan amplas 240, Anda bisa menggunakan hand sander. Pengamplasan dilakukan hingga Anda mendapatkan warna kayu dan serat kayu yang terlihat.

3. Lakukan Pengecatan

Jika sudah halus lanjutkan dengan aplikasi Biovarnish Liquid Stain. Pilihlah warna Liquid Stain yang Anda inginkan. Campurkan dengan air bersih dan aduk rata bisa menggunakan perbandingan 2 bahan : 1 air. Kuaskan secara tipis merata menggunakan kuas nylon ataupun busa. Pengaplikasikan harus sesuai arah serat kayu agar mendapatkan hasil yang halus dan rapi.

Baca Juga : cara mengecat meja kayu kusam agar tampil indah kembali

produk liquid stain

Tunggu lapisan ini kering dan amplas ambang dengan amplas 400. Dalam pengamplasan ini Anda tidak memerlukan hand sander cukup balok kayu yang dililitkan dengan amplas. Lakukan setelah kering dan hingga permukaan menjadi halus. Jika Anda belum mendapatkan warna yang sesuai, aplikasikan kembali Liquid Stain dengan langkah yang sama.

4. Gunakan Clear Coat

Langkah akhir adalah lapisan top coat, anda bisa menggunakan produk Biovarnish Clear Coat. untuk meja makan kayu Anda bisa menggunakan clear coat gloss agar tidak terlalu meperlihatkan goresan mengingat meja makan akan sering digunakan. Campurkan terlebih dahulu dengan air perbandingan 2 bahan clear coat dan 1 bahan air. Aduk rata dalam sebuah wadah bersih.

Clear Coat Terbaik Untuk Finishing Furniture Rotan Tahan Lama - biovarnish clear coat

Kuaskan secara menyeluruh ke permukaan meja makan kayu. Pastikan pengaplikasian searah serat kayu. Proses pengeringan lapisan akhir ini membutuhkan waktu 24 jam atau semalaman. Meja makan kayu wajib benar-benar kering sebelum Anda menggunakannya.

Pentingnya Menggunakan Cat yang Aman untuk Meja Makan

Apabila Anda memperhatikan bagian ini, sebaiknya ganti cat yang selama ini Anda gunakan. Ciri dari meja makan yang tidak aman adalah menimbulkan bau. Jika Anda mendapati ini pada material meja makan yaitu kayu maka lapisan cat yang digunakanlah yang berbahaya.

Cat yang menbimbulkan bau menyengat adalah pertanda bahwa cat tersebut mengandung banyak formalin. Larutan formalin yang menguap akan berubah menjadi formaldehyde kemudian dihirup oleh semua anggota keluarga. Tidak hanya itu, jika makanan bersentuhan langsung dengan bagian atas meja kemudian dikonsumsi oleh manusia akan sangat berbahaya.

struktur kimia formalin

Akan ada kandungan cat yang menempel dan Anda akan mendapatkan berbagai macam penyakit. Jika hal ini dibiarkan saja dan berlanjut terus menerus maka Anda akan mendapatkan bahayanya di masa depan. Resiko kanker yang muncul akibat banyak menghirup formaldehyde sudah terbukti di banyak pabrik finishing. Sedangkan untuk makanan yang terkena lapisan cat juga menjadi penyebab utama penyakit kanker yang ada pada tubuh manusia.

Menghindari hal ini maka sebaiknya lakukan perubahan dalam semua furnitur di rumah bahkan jika perlu tidak hanya meja makan kayu saja namun beberapa perabotan lain yang bisa mengancam nyawa keluarga Anda. Jika Anda ingin melakukan refinishing maka Anda berada di tempat yang tepat. Karena dalam artikel ini akan dijelaskan bagaimana finishing yang tepat harus Anda lakukan.

Cat Kayu Terbaik untuk Finishing Meja Makan

Hanya ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk memulai finishing meja makan. Yaitu mencari bahan finishing aman, membersihkan lapisan cat lama pada meja makan kayu kamudian lakukan pengecatan dengan cat yang aman tersebut. Terakhir Anda bisa menunggu cat mengering sebelum menggunakan meja makan kembali.

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah mencari jenis cat yang aman. Selama ini jenis cat aman yang dianjurkan oleh negara bahkan banyak digunakan oleh pabrik furnitur ekspor adalah cat kayu water based. Anda bisa menggunakan cat water based Biovarnish untuk proses finishingnya.

Ingin Anyaman Bambu Tampak Natural Gunakan Cat Kayu Yang Bagus Dan Tahan Lama - biovarnish

Cat kayu Biovarnish adalah cat pengganti pernis atau plitur kayu yang cocok digunakan oleh para DIY. Proses aplikasinya hanya membutuhkan kuas dan juga air. Anda tidak membutuhkan alat semprot atau alat profesional yang lainnya. Jika Anda tidak ingin menggunakan kuas Anda juga bisa memanfaatkan teknik wipping menggunakan kain agar hasil lebih halus setelah cat diaplikasikan dengan kuas.

Dalam artikel ini nantinya Anda akan belajar aplikasi menggunakan kuas busa yang bebas brush mark. Cat kayu water based Biovarnish juga menawarkan hasil yang maksimal dengan finishing aan dan ramah lingkungan. Kandungan logam berat seperti formalin ada di bawha ambang batas regulasi internasional yang banyak digunakan seperti ECHA dan EPA.

Jika Anda menggunakannya maka Anda tidak perlu khawatir masalah keamanan meja makan kayu Anda. Untuk langkah kedua setelah menentukan bahan finishing lanjutkan dengan membersihkan lapisan cat meja kayu yang lama. Anda memerlukan bahan kimia khusus yang mengandung solvent untuk menghilangkannya.

Anda bisa mendapatkan bahan kimia pembersih tersebut di toko bahan bangunan terdekat. Pastikan jika Anda ingin menggunakannya, gunakan masker, sarung tangan dan juga kacamata. Bahan ini sangat keras, Anda bisa menuangkannya langsung ke permukaan meja dan menunggu munculnya reaksi setelah itu hilangkan semua lapisan cat dengan pisau scrape.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top