Hat-Hati, Ini Bahaya Harga Pernis Murah yang Mengandung Formalin

Jangan sampai Anda tertipu dengan harga pernis murah tetapi ternyata berbahaya bagi kesehatan tubuh karena kandungan formalin yang tinggi.

Apakah Anda masih mencari produk dengan harga murah? Pernis misalnya? Sekarang Anda harus hati-hati dalam memilih produk pernis dengan harga murah karena belum tentu produk berharga murah memiliki kualitas yang bagus baik dari segi penampilan, ketahanan dan kemanan bagi kesehatan Anda dan lingkungan sekitar.

Telah banyak kasus mengenai pernis kayu yang mengandung formalin tinggi dan mengakibatkan polusi di dalam rumah. Kebanyakan formalin yang terkandung dalam pernis dengan harga yang murah. Mari kita telah lebih lanjut mengenai formalin terlebih dahulu sebelum masuk pada akibat yang diberikan.

Formalin adalah senyawa organik yang terdiri dari hidrogen, oksigen, dan karbon dengan struktur CH2O atau HCHO. Bentuk dari formalin sendiri adalah larutan yang didalamnya terkandung 37 % formaldhyde. Formalin dalam bentuk cairan ini sangat mudah sekali menguap dibandingkan dengan bahan organik lain.

Dimana saja terdapat kandungan formalin? Formalin adalah senyawa yang juga berada di dalam tubuh manusia, hewan dan tanaman karena berfungsi untuk proses metabolisme tubuh tetapi dalam kadar kecil antara 1 hingga 2 ppm saja. Formalin dalam bidang industri sangat memiliki peranan penting seperti anti bakteri sehingga sering digunakan sebagai pembersih lantai kapal, gudang serta pakaian.

Di industri fotografi, formalin digunakan pengeras lapisan gelatin dan kertas. Sedangkan fungsi lain adalah sebagai bahan pembuat pupuk urea, bahan pembuat parfum,pengawet produk kosmetik, mencegah korosi pada sumur minyak, dll. Khususnya di industri kayu formalin digunakan sebagai perkat kayu lapis (plywood), pengeras cat dalam hal ini terdapat dalam pernis.

Formalin sangat penting di bidang industri akan tetapi penggunaannya seringkali disalah gunakan baik untuk makanan atau kadar yang berlebihan pada cat karena menginginkan hasil yang cepat keras. Ambang batas penggunaan formalin di bidang industri adalah kurang dari 0.1 ppm.

Hal ini tentu akan mempengaruhi kualitas barang yang diproduksi seperti pernis, maka kebanyakan industri akan menambahkan kadar formalin yang justru berbahaya bagi kesehatan. Hal inilah yang membuat harga pernis kayu murah tetapi sangat berbahaya karena mengandung formalin yang tinggi.

Waspadai Formalin untuk Masa Depan Cerah

Dalam kehidupan sehari-hari formalin dapat masuk ke dalam tubuh manusia melalui dua cara yaitu melalui makanan atau masuk langsung ke dalam tubuh dan juga melalui pernapsana. Jika melalui makanan maka Anda harus waspada terhadap makanan yang mengandung formalin. Untuk efek langsungnya Anda bisa saja muntah, dan lama kelamaan akan terjangkit penyakit kenkar lambung.

Kadar formalin yang sangat sedikit pada makanan pun harus sangat diwaspdai karena jika dikonsumsi terus menerus bisa mengakibatkan kematian. Sedangkan pencemarannya melalui udara bisa ditimbulkan dari furniture yang ada di rumah Anda.

Harga pernis kecil yang murah dan mengandung formalin tinggi adalah penyebabnya. Formalin yang mudah menguap akan membuat polusi di dalam rumah Anda. Formalin yang menguap tidak memiliki warna dan mudah terbakar. Cirinya adalah bau yang sangat menyengat pada furniture yang telah difinishing.

Bahkan di luar pun telah dilakukan penelitian pada hewan seperti tikus yang menghirup udara tercemar formalin. Akibatnya tikus tersebut mengidap kanker yang membuktikan bahwa manusia pun bisa mengidap kanker karena menghirup udara mengandung formalin terus menerus.

Bahaya Formalin

Untuk mengetahui bahaya udara di dalam rumah yang tercemar oleh formalin, maka berikut ini efek-efek yang akan ditimbulkan baik dalam jangka panjang dan pendek :

  1. Pusing, efek pertama yang langsung bisa dirasakan jika Anda menghirup formalin dalam ruangan adalah pusing. Jika tidak segera ditindak lanjuti maka Anda akan merasakan pusing yang berkelanjutan.
  2. Air mata, Anda akan mengeluarkan air mata terus menerus karena gas formalin di dalam ruangan, bahkan jika ini terjadi terus menerus bisa mengakibatkan iritasi mata.
  3. Tenggorokan terbakar, formalin yang masuk melalui pernapasan dan melalui kerongkongan akan menimbulkan rasa terbakar pada tenggorokan.
  4. Iritasi kulit, kadar formalin yang sangat tinggi bisa langung mengakibatkan iritasi kulit terlebih pada kulit kepala yang sangat sensitif.
  5. Memicu bibit kanker, dalam formalin tekandung karsinogenik yang akan menimbuhkan bibit kanker. Zat ini sangat berbahaya bila terserap dalam tubuh. Bahkan penelitan pada tikus yang telah diakukan sudah membuktikannya sehingga banyak organisasi yang memberikan batasan penggunaan formalin pada cat atau industri kayu.

Menurut WHO (World Health Organization), formalin digunakan di bawah 0.1 ppm, menurut European E1 Standar formalin di bawah 0.1 ppm, menurut Green Guard® Enviromental Institute Certification kandungan formalin harus di bawah 0.05 ppm. Batasan-batasan inilah yang harus Anda pahami dan jangan membeli karena harga pernis kayu murah saja tetapi perhitungkan efeknya di amsa depan.

Bagaimana Harga Pernis Murah Mempengaruhi Tingginya Kadar Formalin

Cat-kayu-untuk-furniture-wooden

Seperti yang telah diketahui bahwa fungsi formalin dalam industri kayu adalah untuk merekatkan atau memiliki sifat yang mengeraskan maka tidak jauh berbeda pada industri finishing atau cat.

Dalam industri ini cat yang diproduksi seperti pernis akan cepat kering karena bantuan formalin. Jika tidak menggunakan formalin yang banyak maka cat akan lama kering bahkan tidak bisa kering sempurna. Harga formalin pun cukup murah dengan Rp. 45.000,- per liternya. Inilah yang menyebabkan harga pernis yang dijual dipasaran terbilang murah. Untuk jenis pernis yang berharga murah ini biasanya terdapat pada pernis solvent yang bahan pelarutnya adalah thinner.

Di dalam pernis saja sudah mengandung formalin berikut dengan thinner sebagai bahan pelarutnya juga mengandung formalin. Maka jika Anda menggunakan jenis pernis ini maka kandungan formalin ketika Anda akan mengaplikasikan dua kali lipat banyaknya.

Hal tersebut berbanding terbalik dengan pernis kayu yang dibandrol dengan harga tinggi karena tidak menggunakan formalin. Ketika pernis tidak menggunakan formalin, maka dibutuhkan bahan lain yang mampu memeuat pernis cepat kering.

Teknologi yang digunakan ini bernilai tinggi sehingga menjadikan harga jual pernis kayu juga tinggi. Tetapi harga yang tinggi ini sebanding dengan tingkat keamanan dan kesehatan yang akan Anda dapatkan di lingkungan rumah. Salah satu teknologi pernis kayu terbaru ini adalah cat water based.

Bahan yang digunakan untuk cat water based adalah air dan juga resin dengan formula khusus yang bisa menyatukan antara resin dan air menjadi bahan finishing. Teknologi terbaru ini sudah banyak digunakan di luar negeri karena di sana kemanan dan keshatan lingkungan sudah menjadi hal yang sangat sensitif.

Bahkan untuk negara pengekspor furniture seperti Indonesia diwajibkan menggunakan bahan finishing yang bebas formalin. Lalu apakah Anda masih ingin menggunakan produk finshing seperti harga pernis yang murah dengan kandungan formalin yang tinggi? Jangan ragu untuk membeli pernis berharga tinggi jika itu sebanding dengan efek positif yang diberikan.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Featured"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 Cat Kayu - by DH

CAT KAYU