Bahaya Cat Kayu Transparan yang Mengandung Formaldehyde pada Pintu

Timbulnya penyakit kanker dan leukimia salah satu penyebab terbesar adalah formaldehyde yang terdapat pada cat kayu transparan untuk pintu, kusen, jendela atau furniture.

Apa itu formaldehyde? Bahan ini berbedntuk gas dengan ciri tidak memiliki bau dan juga tidak memiliki warna. Bahan kimia ini sering digunakan pada bahan pembangunan material bangunan dan peralatan rumah tangga. Bahan kimia ini penting digunakan sebagai bahan pembuatan berbagai kebutuhan manusia dalam bentuk chemical.

Pada tahun 1996 kebanyakan bahan produksi di pabrik menggunakan formaldehyde hingga mencampai 8.7 juta ton per tahunnya. Industri yang menggunakan formaldehyde adalah industri resin seperti hanlnya yang dibutuuhkan untuk adhesive, coating dan pengawetan.

Bentuk dari  formaldehyde yang tercemar bisa juga berasal dari asap rokok, asap atau gas yang dihasilkan oleh bahan bakar kendaraan, kompor atau keroson. Akan tetapi yang paling banyak dihasilkan atau digunakan pada produk-produk engineering wood (plywood, particle board, MDF), produksi adhesive atau bahan perekat, produksi coating atau cat serta produksi bahan pengawetan.

Jika di ranah rumah tangga, formaldehyde digunakan pada obat, kosmetik, sabun cuci, softener atau bahan konsumsi rumah tangga yang lainnya.  Padahal untuk engineering wood sendiri juga sering digunakan untuk pembuatan lantai, jendela, pintu, dll. Belum lagi penggunaan cat kayu transparan untuk pintu atau furniture lainnya.

Cat Kayu Transparan Untuk Pintu

Berawal dari penggunaan produk-produk tersebut di dalam sebuah rumah maka pencemaran formaldehyde yang menimbulkan bau cat berbahaya akan mencemari lingkungan. Lalu bagaimanakah cara formaldehyde mencemari lingkungan? Bentuk dari formaldehyde adalah gas yang mudah larut dalam cairan dan dikenal dengan formalin sedangkan pencemarannya adalah melalui udara.

Walaupun berbentuk cairan akan tetapi mudah menguap terlebih dalam suhu ruangan. Dari gas yang berada di udara ini maka akan dihirup oleh manusia dan lama-kelamaan akan menimbulkan penyakit. Bahkan sudah banyak sekali riset yang membuktikan bahwa formaldehyde adalah produk yang berbahaya untuk kesehatan. Bahkan bisa menimbulkan berbagai jenis kanker dan leukimia.

Apa Saja Efek Formaldehyde pada Tubuh?

Efek Formaldehyde Pada Tubuh

Pada tahapan penggunaan formaldehyde yang sangat berlebihan pada cat kayu transparan untuk pintu akan mempercepat pertumbuhan kanker dan juga leukimia.

Pada hasil riset, penggunaan formaldehyde di udara sebanyak lebih dari 0.1 ppm dapat menimbulkan berbagai efek penyakit seperti iritasi mata yang membuat keluar air mata terus menerus, mata hidung dan tenggorokan terasa lebih terbakar, batuk, bersin-bersin dan pusing kepala.

Sesuai dengan American Cancer Society, tikus yang telah menghirup gas formaldehyde terjangkit penyakit kanker dan juga leukimia. Sedangkan tikus yang mengkonsumsi air yang mengandung formaldehyde langsung terjangkit penyakit tumor perut.

Jika manusia menghirup gas formaldehyde dalam jumlah 1.9 ppm selama 40 menit memang tidak akan meningkatkan tekanan darah.  Tetapi hasil dari beberapa pembelajaran dari riset banyak para pekerja di pabrik coating yang menggunakan resin akan menimbulkan jenis penyakit cancer of the nasopharynx (kanker tenggorokan), cancer of the nasal sinuses (kanker lubang hidung) dan leukimia.

Tidak hanya pada pegawai pabrik saja, tetapi penghuni rumah yang perabotannya banyak menghasilkan gas  formaldehyde ini juga bisa terjangkit penyakit-penyakit tersebut. Baik itu berasal dari cat kayu warna solid atau cat kayu transparan pada pintu, kusen, jendela, dll.

Jika melihat kanker masih masuk akal karena yang diserang adalah saluran pernapasan manusia dimana gas formalin ini akan terhirup. Sedangkan bagaimana dengan penyakit leukimia? Penyakit leukimia dari formaldehyde diserap melaui pernapasan dan memiliki jumlah kromosom yang lebih tinggi dari normal sehingga dapat mengubah sel darah putih pada tulang. Inilah yang mengaitkan antara formaldehyde dan penyakit leukimia.

Pada hasil riset yang telah dilakukan pada tikus dan juga pengamatan pada manusia yaitu kanker dan juga leukimia banyak lembaga yang sudah menyetujuinya. The National Toxilogy Program ( NTP) yang mengatakan bahwa formaldehyde “known to be a human carcinogen”. Sedangkan The International Agency for Research on Cancer mengklasifikaskan sebagai “ carcinogenci to humans” karena salah satu bahan yang beresiko tinggi menimbulkan kanker dan leukimia.

The Enviromental Protection Agency (EPA) yang mengatur Integrated Risk Information System (IRIS) yaitu data elektronik yang berisi tentang informasi efek kesehatan manusia yang terganggu akibat berbagai macam bahan kimia. EPA mengklasikfikasikan formaldehyde sebagai “probable human carcinogen”.

Melindungi Kesehatan Tubuh dari Formaldehyde

Jika Anda memahami dan takut akan bahayanya formaldehyde pada kesehatan tubuh Anda  maka tentu harus melakukan pencegahan dari saat ini. Hindari Anda sadar bahaya formaldehyde setelah mengidap penyakit kanker atau leukimia. Lebih baik mencegah sekarang juga daripada mengobati.

Banyak hal kecil yang harus diperhatikan seperti pada cat kayu transparan untuk pintu atau furniture  atau mungkin material yang digunakan untuk membuat furniture. Berikut ini beberapa langkah pencegahan yang mudah dan bisa dilkukan sejak dini:

  1. Gunakan air conditioner. Pencemaran formaldehyde salah satunya adalah karena udara yang panas di dalam ruangan. Menggunakan air conditioner akan membuat stabil kondisi ruangan sehingga mengurangi atau menekan penyebaran
  2. Tingkatkan ventilasi udara, jika Anda tidak bisa menggunakan air conditioner maka alternatif lainnya adalah menggunakan jendela. Jika ventilasi udara diperbanyak maka sirkulasi udara yang ada di dalam ruangan akan lebih baik sehingga pertukaran udara baru dengan udara yang mengandung formaldehyde akan berjalan dengan baik.
  3. Bebas asap rokok. Sebuah ruangan yang digunakan untuk merokok maka pasti akan tercemar dengan asapnya. Udara ruangan menjadi tidak sehat dan mengandung Anda akan menghirup gas tersebut, maka jadikan ruangan bebas rokok dalam sebuah hunian, selain bau di udara asap rokok juga akan menempel pada pakaian dan benda lainnya.
  4. Pemilihan bahan coating atau cat kayu transparan untuk pintu, kusen, jendela, dinding, lantai yang telah rendah VOC (Volatile Organic Compound). Kandungan yang rendah ini dibuktikan dengan adanya label yang mengatakan kandungan VOC rendah.

Produk Cat Kayu Transparan untuk Pintu atau Furniture yang Bebas Formaldehyde

Apa produk penyumbang terbesar formaldehyde? Jawabannya adalah cat kayu transparan untuk pintu, furniture, jendela, kusen atau perabotan kayu lainnya. Menindaklanjuti produk yang bahan yang berbahaya pada coating atau cat ini maka Anda harus memilih yang aman dan ramah lingkungan bahkan tidak mengandung formaldehyde. Anda bisa menemukan di produk cat water based yang bahan pelarut dan bahan pembuatnya adalah air.

Produk yang dirkemondasikan adalah Biovarnish yang aplikasinya mudah yaitu hanya dengan air saja. Produk ini memang dibuat atau diciptakan aman dan ramah lingkungan tidak seperti produk coating lainnya yang menggunakan solvent sebagai bahan pelarutnya. Penciptaan formula Biovarnish telah sesuai dengan US EPA dan juga ECHA (Enviromental Chemical Agency).

Apa yang terjadi ketika sebuah produk mengikuti kedua regulasi tersebut? Tentu saja tidak ada bahan kimia yang berbahaya seperti formaldehyde dan juga 82 jenis bahan kimia lainnya yang berbahaya yang terkandung. Selian itu juga kandungan VOC yang telah ditetapkan saat ini cukup tinggi sedangkan Biovarnish hanya mengandung dibawah 50 gr/ liternya.

Tentu saja dengan kandungan yang sedikit tidak akan menimbulkan penyakit seperti kanker atau leukimia. Jadi menggunakan produk Biovarnish sebagai cat kayu transparan untuk pintu atau perabotan indoor lainnya tidak akan menyebarkan gas berbahaya formaldehyde.

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

——– Bioindustries on Tokopedia ——–

——– BioPolish on Bukalapak ——–

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Isu Kesehatan Dan Lingkungan"

Youtube Channel

Channel youtube Bio Paint kami berisi konten tutorial finishing dan produk unggulan Bio.

About Us

catkayu.com merupakan website yang memuat artikel – artikel tentang finishing menggunakan cat kayu, perawatan, dan pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 Cat Kayu - by DH

CAT KAYU