Ini Dia Cara Mudah Menghapus Cat Mengandung yang Timbal Berbahaya

Cat yang mengandung timbal sangat berbahaya bagi kesehatan, anda perlu mengetahui dan menghapus bahaya cat yang mengandung timbal agar lebih waspada. Timbal pada cat akan memberikan efek bahaya pada kesehatan tubuh manusia. Tidak menghapus bahaya akibat timbal pada cat akan menimbulkan berbagai penyakit berbahaya bagi tubuh manusia.

Pasti Anda mengenal bahwa cat menggunakan timbal sebagai bahan pembuatnya. Bahkan pada jenis cat yang termasuk kategori low voc (volatile organic compound) pasti memiliki kandungan timbal walaupun sedikit. Seperti yang telah disebarkan oleh banyak media, bahwa timbal adalah salah satu bahan logam berat yang berbahaya jika mencemari manusia.

Jika berbahaya mengapa timbal hingga kini masih banyak digunakan? Apa yang membuat timbal begitu penting di dalam cat sehingga penggunaannya tidak bisa dihindari? Begitu banyak pertanyaan yang terkait dengan timbal. Hal ini tentu saja sangat merisaukan para pengguna cat.

Cat sudah menjadi bagian hidup, dimana saja baik di rumah atau di kantor semua furniture, dinding atau apapun menggunakan cat sebagai bahan pelapisnya. Mengingat cat memiliki fungsi untuk memberikan perlindungan pada material tersebut baik kayu atau besi. Cat juga memberikan penampilan menarik membantu mendekorasi ruangan.

Mengenal Timbal di Dalam Cat yang Berbahaya

Cat yang menggunakan bahan dasar timbal telah digunakan secara luas dimulai dari Amerika Serikat pada awal tahun 1940 an. Biasanya cat yang mengandung timbal ini digunakan untuk melindungi berbagai macam material outdoor hingga tahun 1976. Pada tahun 1971 pemerintah mengeluarkan  Lead-Based Paint Poisoning Prevention Act.

Bahaya VOC, Timbal Dan Merkuri Pada Tubuh

Disusul pada tahun 1976  Consumer Product Safety Commission (CPSC) mengeluarkan aturan dibawah aksi tersebut untuk membatasi penggunaan timbal. Timbal yang digunakan di dalam cat baik untuk cat rumah atau furniture harus berada di bawah angka 0,06%.

Saat ini, timbal masih saja diproduksi untuk aplikasi yang tidak berhubungan atau tidak menentang aturan dari CPSC tersebut. Misalnya saja cat untuk besi biasanya digunakan untuk mengecat baja. Bahkan semua jenis cat masih menggunakan timbal tetap diproduksi dan dijual di berbagai toko peralatan untuk rumah.

Sebuah studi yang digalangi oleh Environmental Protection Agency tahun 1986 menyatakan  bahwa 42 juta rumah di Amerika Serikat baik interior atau eksterior menggunakan cat bertimbal. Oleh karena itulah, bagaimana cara untuk mengurangi efek dari timbal pada cat di rumah tersebut menjadi subjek yang selalu ramai diperbincangkan.

Timbal yang Terdapat pada Cat Berbahaya

Banyak studi yang menyatakan bahwa menghirup timbal bahkan dalam jumlah yang sedikit akan menimbulkan efek yang berbahaya. beberapa akibat yang fatal adalah mengganggu kinerja otak, ginjal, dan juga sel darah merah. Sedangkan dalam jumlah yang sedikit, timbal akan mengakibatkan berkurangnya kemampuan pendengaran.

Bahaya Timbal Agi Kesehatan

Pada anak yang sedang tumbuh bahkan janin, akan mengganggu pertumbuhannya dan menurunkan IQ. American Academy of Pediatrics menganggap bahwa timbal adalah bahan yang sangat berbahaya untuk anak-anak. Cat mengandung timbal yang diaplikasikan pada eksterior rumah sangatlah berbahaya jika tidak menghapus nya.

Perubahan cat menjadi bubuk karena panas, hujan dan juga sinar ultraviolet membuat debu mudah dihirup. Inilah yang menjadi salah satu penyebab berbagai masalah kesehatan akhirnya dialami. Debu timbal sangatlah halus, dan akan menumpuk di tanah dekat rumah membuatnya lebih mudah masuk ke dalam rumah.

Selain itu, debu timbal akan dihasilkan ketika cat sudah tua dan rusak. Debu tidak bisa sepenuhnya dihapus hanya dengan bahan kimia pembersih rumah.

Metode yang Dibutuhkan untuk Membersihkan Debu Timbal

Partikel debu dari timbal berukuran mikro dan dapat mengudara untuk periode yang substansial sehingga tidak dapat dihapus sepenuhnya. Bahkan hanya dibersihkan dengan cara pembersihan standar saja. Saat membersihkan harus dipahami bahwa satu atau lebih dari lapisan film mengandung timbal.

Membersihkan cat yang mengandung timbal bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius. The U.S. Department of Health and Urban Development (HUD) telah mengambil peran utama dalam memberikan pedoman terbaik menghilangkan cat berbasis timbal. Ada tiga cara yang bisa dipilih, diantaranya:

  1. Menutup permukaan yang dicat dengan papan atau fiberglass atau wallpaper yang dipasang secara permanen.
  2. Menghilangkan cat.
  3. Mengganti seluruh cat yang mengandung timbal.

Ada hal yang dilarang untuk dilakukan karena justru akan membuat debu timbal menyebar yaitu menggunakan vakum udara dengan efisiensi tinggi. Menghilangkan cat dengan mengamplas atau menggunakan scrape justru tidak menimbulkan solusi.

Mengikis lapisan cat yang kering sangat dilarang, karena debu kering akan sangat mudah terhirup pada prosesnya. Bahan kimia khusus harus digunakan untuk menghilangkan cat bertimbal tergantung dengan jumlah lapisan coating yang dibentuk. Semakin tebal maka semakin banyak bahan kimia yang diperlukan.

Mengganti Cat dengan yang Lebih Aman

cat timbal mengelupas

Apapun material yang dulunya telah dilapisi oleh cat mengandung timbal harus segera dihilangkan dan diganti dengan cat yang baru. Jenis cat yang disarankan untuk digunakan tidak lain adalah cat berbahan dasar air atau cat water based. Cat water based termasuk dalam kategori low voc sehingga kandungan timbal telah dibatasi.

Jenis cat yang bisa digunakan untuk material kayu adalah Biovarnish. Cat ini merupakan cat water based menggantikan pernis kayu yang biasa mengandung solvent. Biovarnish terdiri dari tiga jenis cat yaitu Wood Filler, wood stain dan juga Clear Coat.

Cat Plitur Kayu Pernis

Wood Filler berperan untuk menutup pori kayu sehingga menghasilkan permukaan kayu yang sangat halus. Wood stain berfungsi untuk memberikan tampilan warna natural pada kayu sehingga akan memberikan tampilan yang indah. Terakhir adalah Clear Coat yang berfungsi sebagai pernis untuk memberikan tingkat gloss dan film.

Ketiga produk dari Biovarnish ini akan memberikan lapisan cat pelindung rendah timbal yang aman. Bahkan kapan saja Anda bisa menggantinya dengan aman apabila sudah bosan dengan warnanya. Cat bisa diaplikasikan dengan kuas, roll, bahkan spray tergantung hasil yang diinginkan.

Langkah Aplikasi Cat Aman Biovarnish

Cat yang rendah kandungan timbal sangat berbeda, dia tidak mengeluarkan bau sehingga mengganggu pernapasan. Bahan pelarutnya adalah air dan bukan lagi solvent. Siapa saja bisa menggunakan cat ini dengan mudah dan juga cepat. Proses aplikasinya dimulai dari wood filler, kemudian wood stain dan terakhir clear coat.

Warna Dempul Kayu

Alat yang dibutuhkan adalah wadah untuk melarutkan, pengaduk, kuas berbulu nilon dan juga amplas. Simak cara aplikasi Biovarnish yang mudah berikut ini.

  • Bersihkan permukaan kayu, bahkan dari sisa cat timbal yang menempel. Hilangkan semua debu bekas pengamplasan dan kotoran keras lainnya.
  • Campurkan Biovarnish Wood Filler dengan sedikit air. Usapkan bahan dengan kain katun ke seluruh permukaan kayu sehingga menutup pori. Tunggu kering sebentar tanpa dijemur maka lanjutkan dengan pengamplasan. Gunakan amplas 240 hingga warna dan serat kayu terlihat.
  • Aplikasikan Biovarnish Wood Stain dengan air kemudian aduk merata.

lemari dapur Kuaskan cat ke seluruh permukaan kayu searah dengan serat. Diamkan hingga kering, amplas ambang dan ulangi aplikasi jika warna kurang bagus.

  • Campurkan Biovarnish Clear Coat dengan air kemudian aduk hingga merata. Kuaskan dengan cara yang sama kemudian tunggu lapisan terakhir ini kering selama 24 jam. Cat akan mengeras dan membentuk lapisan film yang sangat kuat.
Pernis Water Based Yang Aman

Cari Artikel Berdasarkan Judul

——– About Biovarnish !!! ——–

Biovarnish

——– Biovarnish on Tokopedia ——–

——– Biovarnish on Bukalapak ——–

——– Biovarnish on Shopee ——–

——– BioCide on Tokopedia ——–

Anti Rayap Jamur Kayu Terbaik

——– Official Web BioIndustries ——–

Artikel "Isu Kesehatan Dan Lingkungan"

Youtube Channel

Logo Biopaint

About Us

CAT KAYU merupakan website yang memuat artikel tentang finishing menggunakan cat plitur dan pernis kayu, perawatan, serta pencegahan furniture kayu dari kerusakan.

Biovarnish merupakan bahan finishing kayu berbahan dasar water-based acrylic dengan sistem aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior / exterior seperti interior & eksterior furniture, wood building (gazebo, door, wall, pergola, pagar), toys and craft, yang aman dan ramah lingkungan.

Telp / WhatsApp : Klik Disini

©2015 - 2021 catkayu.com - All Right Reserved.